Apakah Sedulur mengetahui harga baking soda beserta dengan manfaatnya? Jika belum, Sedulur wajib simak penjelasannya di bawah ini!

Baking soda merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat kue. Mengetahui baking soda harga tentu saja sangat diperlukan. Terutama bagi Sedulur yang sering membuat kue dan membutuhkan soda kue dan baking soda. Banyak tempat jual baking soda yang bisa Sedulur datangi, bisa ke pasar, toko kelontong atau warung.

Selain mengetahui harga baking Soda, Sedulur juga wajib mengetahui manfaat baking soda untuk kue. Bukan hanya untuk kue, terdapat juga manfaat baking powder untuk kulit, manfaat baking soda untuk kesehatan dan manfaat baking soda untuk tubuh lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan baking soda itu sendiri.

Walaupun gambar baking powder dan soda kue tidak begitu meyakinkan memiliki manfaat. Namun kenyataan berkata lain. Lantas, apa saja manfaat dari baking soda itu sendiri? Yuk, mari kita langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Harga Bibit Jahe Merah Super Murah & Terupdate 2021

Daftar Manfaat Baking Soda

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

1. Mengatasi Masalah Pencernaan
merdeka.com

Salah satu manfaat dari baking soda adalah dapat mengatasi masalah pencernaan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam baking soda yang bisa meredakan kondisi asam lambung yang meningkat. Baking soda juga bisa digunakan untuk menenangkan perut yang sakit dan mengatasi gangguan pencernaan.

Sedulur jika tiba-tiba merasakan sakit perut, bisa coba meminum satu gelas air yang telah dicampur dengan baking soda sebanyak seperempat sendok teh. Aduk air dan baking soda hingga merata, dan minum. Sakit perut yang dirasakan pun akan perlahan hilang.

2. Membersihkan Sayur dan Buah dari Pestisida

2. Membersihkan Sayur dan Buah dari Pestisida
liputan6.com

Salah satu manfaat dari baking soda yang sangat berguna untuk bahan makanan adalah terhadap sayur dan buah-buahan. Terutama sayur dan buah yang menggunakan bahan kimia pada proses penanaman. Kandungan pestisida dalam buah dan sayuran akan sangat berbahaya untuk tubuh.

Sedulur bisa membersihkannya dengan menggunakan baking soda. Hal ini yang menjadikan harga baking soda bukan sebuah persoalan, mengingat segudang manfaat yang diberikan. Sedulur cukup merendam sayuran dan buah-buahan menggunakan baking soda, kandungan dari baking soda akan menyerap dan mengikat pestisida yang berbahaya yang menempel pada sayur dan buah-buahan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Mentega & Harga Terbaru 2021

3. Mengatasi Bau Ketiak

3. Mengatasi Bau Ketiak
halodoc.com

Ternyata baking soda juga sangat bermanfaat untuk mengatasi bau ketiak. Bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang mengubah bau keringat menjadi asam sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap. Bau ketiak berasal dari protein yang dipecah oleh bakteri yang hidup di area lipatan kulit yang berkeringat.

Salah satu manfaat baking soda bisa menghilangkan bau keringat pada ketiak, Sedulur hanya perlu menepuk-nepuk baking soda di area ketiak. Dan bau ketiak pun akan hilang secara perlahan, karena baking soda bisa menetralkan bau yang tidak sedap.

4. Mengatasi Bau Mulut

4. Mengatasi Bau Mulut
alodokter.com

Karena baking soda memiliki kandungan yang dapat menetralkan bau yang tidak sedap, hal tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut. Selain membuat kita tidak percaya diri, bau mulut juga dapat membuat lawan bicara kita tidak nyaman. Cara mendapatkan manfaat satu ini sangat mudah.

Sedulur hanya perlu mencampurkan baking soda pada segelas air, dan kumur-kumur menggunakan air tersebut. Hal tersebut bisa menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi dan gusi. Harga baking soda bukan lai persoalan, karena manfaatnya yang sangat berguna satu ini.

5. Mengatasi Kulit Gatal dan Terbakar Sinar Matahari

kompas.com

Sinar matahari bisa membuat kulit terbakar dan gatal-gatal. Hal tersebut bisa Sedulur atasi dengan menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal mencampurkan baking soda dengan air, perbandingannya 1:3. Aduk rata, hingga baking soda menyerupai pasta, dan oleskan pada kulit yang terbakar atau gatal. Perlahan kulit akan membaik dan sehat kembali.

6. Membersihkan Alat Masak

6. Membersihkan Alat Masak
suara.com

Alat masak seringkali kotor dan terdapat noda yang membandel. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan baking soda, karena kandungan baking soda bisa mengurai noda-noda membandel yang menempel pada alat-alat masak. Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga menyerupai pasta. Oleskan pada bagian alat masak yang terdapat noda, lalu sikat sambil bilas menggunakan air mengalir. Noda pun akan luntur dengan sendirinya.

7. Menetralkan Aroma di Dalam Kulkas

7. Menetralkan Aroma di Dalam Kulkas
tribunnews.com

Manfaat satu ini juga disebabkan oleh manfaat baking soda yang dapat menetralkan bebauan. Baking soda bisa menyerap bau bauan dan mengikatnya. Aroma di dalam kulkas sering kali tidak jelas karena bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Sedulur tinggal menyimpan baking soda secara terbuka dan menyimpannya di dalam kulkas, aroma tidak sedap akan dinetralkan dan diserap oleh baking soda sehingga kulkas menjadi tidak bau lagi.

Melihat beberapa manfaat penting dari baking soda di atas, lalu apa saja merek dan daftar harga baking soda yang tersedia di pasaran dan bisa dibeli. Sedulur bisa menyimak daftar harga baking soda di bawah ini.

Daftar Harga Baking Soda di Pasaran Tahun 2021

Daftar Harga Baking Soda di Pasaran Tahun 2021
kompas.com

Terdapat beberapa merek dan daftar harga baking soda yang bisa Sedulur beli. Berikut akan dirangkum dalam poin di bawah ini:

  • Health Paradise Natural Baking Soda – Harga Rp 75.000 – 101.000 per 500 gram
  • Alco Baking Soda – Harga Rp 3000 per 15 gram
  • Crescent Baking Powder – Harga Rp 265.000 per 2 kg
  • Hercules Baking Soda – Harga Rp 17.000 – 23.000 per 110 gram
  • Baking Soda Arm – Harga Rp 18.500 per 227 gram
  • Koepoe-Koepoe – Harga Rp 5.500 per 125 gram

Masih banyak lagi harga baking soda yang tersedia di pasaran di tahun 2021 ini. Namun jika Sedulur menginginkan harga baking soda yang murah, Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, dan mendapatkan harga harga baking soda yang murah di Aplikasi Super. Selamat mencoba!