Tak hanya membuat wangi ruangan, essential oil adalah pilihan tepat bagi Sedulur yang butuh relaksasi.

Belakangan ini, essential oil menjadi salah satu barang yang sering menjadi incaran ibu rumah tangga. Wanginya yang menenangkan serta macam-macam essential oil dan fungsinya mampu menarik perhatian para ibu di luar sana. Melalui diffuser, aroma essential oil dapat menyebar ke area yang lebih luas. Salah satu merek terkenal di Indonesia saat ini adalah diffuser young living.

Menggunakan diffuser, manfaat essential oil bisa dirasakan dengan maksimal. Manfaat diffuser sebagai sebuah perangkat penyebar essential oil adalah mengolah tetesan essential oil yang dicampur dengan air menjadi uap halus. Uap itu yang digunakan untuk memberikan aroma ke setiap sudut ruangan. Selain harum, uap tersebut juga berkhasiat untuk kesehatan.

Di sisi lain, pengertian essential oil sendiri adalah minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman. Minyak biasanya didapatkan dari akar, batang, daun, bunga, atau buah-buahan. Setiap aroma yang dikeluarkan memberikan karakteristik yang berbeda loh. Nama lain essential oil atau minyak esensial ini adalah minyak atsiri, minyak terbang, volatile oil, atau eterik oil.

-->

Untuk mendapatkan manfaatnya, terdapat cara menggunakan essential oil yang beragam. Selain menggunakan perangkat diffuser, Sedulur juga bisa mengoleskan essential oil ini langsung pada kulit, diteteskan pada air untuk berendam, campuran untuk air kompresan, atau meneteskan langsung pada kain, tisu, kapas, sarung bantal dan sapu tangan untuk dihirup.

Baca Juga: 6 Cara Unik Menghemat Air di Rumah, Layak Kamu Coba!

Fakta Menarik Essential Oil yang Bermanfaat untuk Tubuh

1. Beda Jenis Essential Oil, Beda Fungsi

1. Beda Jenis Essential Oil, Beda Fungsi
idntimes.com

Minyak esensial punya banyak sekali jenisnya, tergantung pada asal tumbuhan dari minyak tersebut. Selain aroma yang berbeda, ternyata fungsi dari setiap aroma  juga beda. Beberapa minyak atsiri yang populer diantaranya lavender, chamomile, rose atau mawar, akar wangi, dan peppermint.

Khasiat minyak esensial lavender adalah mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Sedangkan chamomile dapat membantu mengobati kondisi peradangan eksim. Adapun mawar bisa membantu mengobati jerawat. Di sisi lain, akar wangi bisa membantu menyembuhkan bekas luka. Untuk manfaat peppermint oil adalah meredakan gejala gangguan usus besar.

2. Manfaat Essential Oil untuk Mengatasi Ketombe

2. Manfaat Essential Oil untuk Mengatasi Ketombe
genpi.co

Mungkin Sedulur sudah familiar dengan fungsi essential oil sebagai ramuan relaksasi, mengobati luka pada kulit, hingga melancarkan pernapasan. Lantas, apakah Sedulur juga tahu bahwa ternyata minyak atsiri ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi ketombe? Jika belum, maka Sedulur harus segera mengetahuinya.

Minyak esensial yang berasal dari pohon teh atau tea tree oil tidak hanya berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Khasiat lain yang bisa didapat adalah kandungannya yang baik untuk rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini, Sedulur hanya perlu menyampurkan tea tree oil pada shampo, kemudian lakukan keramas seperti biasa.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tentang Manfaat Infused Water

3. Essential Oil dan Aromatherapy Oil adalah Berbeda

3. Essential Oil dan Aromatherapy Oil adalah Berbeda
aromaweb.com

Jika Sedulur pernah mendengar bahwa minyak esensial dan minyak aromaterapi adalah dua hal yang sama, maka itu adalah salah. Asumsi ini berangkat dari aroma yang dikeluarkan oleh dua minyak ini. Baik minyak esensial maupun aromaterapi, aromanya mampu menenangkan sekaligus membuat udara di ruangan terasa lebih segar.

Faktanya, meski minyak esensial bisa digunakan sebagai aromaterapi, namun tidak semua minyak aromaterapi bisa digunakan selayaknya minyak esensial. Misalnya saja beberapa minyak aromaterapi bisa saja tidak aman jika dioleskan langsung pada kulit. Maka, sebaiknya Sedulur selalu mengecek kandungan dan cara pemakaian apabila hendak menggunakannya.

4. Selain Menyegarkan Tubuh, Essential Oil Juga Bisa Menyegarkan Permukaan Perabotan

4. Selain Menyegarkan Tubuh, Essential Oil Juga Bisa Menyegarkan Permukaan Perabotan
okezone.com

Masih seputar segudang manfaat minyak esensial, manfaat lain dari minyak atsiri ini adalah kemampuannya untuk menyegarkan permukaan perabotan. Beberapa varian yang bisa Sedulur pilih adalah lemon atau thieves.

Cara menggunakannya bisa dengan meletakkan diffuser di ruangan yang berbau lembab. Bisa juga dengan meneteskan 2-3 tetes minyak pada kapas, lalu letakkan di bawah tempat sampah atau tumpukan baju kotor. Selain itu, cara penggunaan dengan menaburkan beberapa tetes minyak ke atas karpet juga bisa membuat karpet menjadi lebih wangi.

5. Cara Terbaik Menggunakan Essential Oil

5. Cara Terbaik Menggunakan Essential Oil
klikdokter.com

Untuk Sedulur pengguna baru minyak esensial, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu. Sedulur bisa mengoleskan 1-2 tetes pada pangkal lengan bagian dalam. Jika timbul reaksi dalam jangka waktu 5-10 menit, artinya Sedulur memiliki kulit yang sensitif. Namun, jika tidak ada reaksi, Sedulur bisa menggunakan minyak esensial dengan jumlah secukupnya.

Sebagai bahan relaksasi, Sedulur bisa menghirup atau mencampurkannya dengan air untuk mandi. Caranya, siapkan air untuk mandi lalu teteskan 2-3 tetes minyak dan Sedulur bisa segera  menikmati harum dan segarnya minyak esensial.

Itulah fakta essential oil beserta sejumlah manfaatnya. Semoga bisa menambah pilihan pewangi ruangan untuk Sedulur di rumah. Sedulur bisa mendapatkan essential oil dan bahan kebutuhan sehari-hari lainnya di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Agar bisa membeli kebutuhan sehari-hari menggunakan smartphone. Super mudah dan praktis!