Penggunaan air di rumah Sedulur boros? Sedulur wajib simak langkah unik cara menghemat air di bawah ini. Layak Sedulur coba!

Air merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan, manusia tidak akan sanggup hidup jika keberadaan air di muka bumi ini habis. Untuk itu, kita wajib menggunakan air sebaik mungkin. Karena beberapa saudara kita bisa bagian penjuru bumi lainnya, banyak yang kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara menghemat air. Salah satu cara menghemat air adalah dengan menggunakan seperlunya. Terutama jika Sedulur yang mengandalkan PDAM untuk pasokan air rumah sehari-hari, Sedulur sangat wajib mengetahui cara menghemat air di rumah.

Seperti apa dan bagaimana cara menghemat air yang dimaksud? Yuk, langsung saja simak ulasan cara unik dan tindakan menghemat air yang bisa Sedulur lakukan di rumah.

-->

Baca Juga: Cara Menghitung Tagihan PDAM dengan Benar & Akurat

Daftar Cara Menghemat Air yang Layak Sedulur Coba!

1. Mematikan Keran Air Ketika Selesai Menggunakannya

1. Mematikan Keran Air Ketika Selesai Menggunakannya
mediaindonesia.com

Cara pertama ini merupakan aturan menghemat air di rumah yang harus Sedulur berlakukan, terutama kepada anak-anak Sedulur. Karena, jika keran air tidak dimatikan setelah digunakan, air akan terus mengalir dan menghabiskan persediaan air yang dimiliki. Maka dari itu, aturan mematikan keran air perlu dilakukan untuk menghemat air bersih.

2. Memasak Air Secukupnya

2. Memasak Air Secukupnya
klikdokter.com

Jika Sedulur merupakan penikmat kopi atau teh dan menggunakan air yang dimasak sendiri, harap perhatikan penggunaan air yang dimasak. Hal ini sangat penting dalam cara menghemat air. Karena jika terlalu boros memasak air, dan tidak terpakai, air tersebut akan sia-sia tanpa dimanfaatkan dengan benar.

Terutama ketika Sedulur memasak mie instan, biasanya air yang digunakan sangat banyak, memastikan agar mie bisa matang sempurna. Namun air sisa merebus mie biasanya akan dibuang dan tidak bisa digunakan lagi, hal ini yang menyebabkan penggunaan air boros dan Sedulur gagal menghemat air.

3. Gunakan Wadah Untuk Mencuci Bahan Makanan

3. Gunakan Wadah Untuk Mencuci Bahan Makanan
grid.id

Baik itu buah, sayur, daging dan bahan makanan lainnya yang perlu dicuci, Sedulur bisa membiasakan menggunakan wadah untuk mencuci bahan makanan. Jangan biasakan mencuci bahan makanan dengan menggunakan air yang mengalir, karena hal tersebut akan membuat penggunaan air sangat boros. Bukannya melakukan cara menghemat air, Sedulur malah menghamburkan air sesukanya.

Baca Juga: Cara Terbaik Menghemat Listrik Token/Pulsa, Mudah Banget!

4. Gunakan Air Secukupnya Saat Cuci Piring

4. Gunakan Air Secukupnya Saat Cuci Piring
kompas.com

Kegiatan cuci piring dan gelas yang telah dipakai memang sebuah kewajiban, namun Sedulur jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan air. Salah satu trik dalam cara menghemat air adalah dengan menggunakan air secukupnya saat mencuci piring. Jangan gunakan sabun pencuci piring terlalu banyak, agar ketika dibilas tidak akan membutuhkan air yang terlalu banyak.

5. Jangan Mandi Terlalu Lama

5. Jangan Mandi Terlalu Lama
merdeka.com

Tidak ada gunanya mandi terlalu lama, asalkan setiap badan yang kotor dan berkeringat telah selesai dicuci hingga bersih, Sedulur sudah bisa keluar dari kamar mandi. Karena, dengan mandi terlalu lama hanya akan menghamburkan air secara percuma. Jika Sedulur melakukan cara menghemat air lainnya namun masih tetap mandi dalam waktu lama dan memboroskan air, sia-sia melakukan penghematan air.

6. Menampung Air Hujan

6. Menampung Air Hujan
trubus.id

Menampung air hujan merupakan cara yang ampuh untuk menghemat air. Jangan gunakan air hujan yang ditampung untuk minum atau mandi, Sedulur bisa menggunakan air hujan untuk menyiram tanaman, membersihkan pekarangan atau bahkan membersihkan kendaraan. Hal ini akan membantu Sedulur untuk menghemat air untuk beberapa keperluan di atas.

Semoga  cara menghemat air yang dijelaskan oleh Superapp.id di atas bisa membantu Sedulur agar tidak terlalu meningkat pembayaran tagihan PDAM. Sedulur bisa memanfaatkan pelayanan yang disediakan oleh Aplikasi Super, bisa untuk membayar segala kebutuhan harian, termasuk membeli pulsa, membayar listrik, PDAM dan lainnya.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar bisa melakukan berbagai transaksi yang memudahkan. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan cek segala kelengkapan yang disediakan oleh Aplikasi Super. Selamat mencoba!