Sering mengalami darah tinggi? Jangan khawatir, Sedulur bisa coba obat darah tinggi dari bahan herbal di bawah ini!

Biasanya, para penderita darah tinggi atau hipertensi akan mengkonsumsi obat hipertensi atau obat tekanan darah tinggi yang disarankan oleh dokter. Obat penurun tensi darah tersebut biasanya sangat ampuh dan dapat meredakan sakit akibat tekanan darah tinggi dengan cepat.

Namun, terlalu sering obat darah tinggi generik akan memberikan efek samping. Untuk mengatasi itu, Sedulur bisa meminum atau mengkonsumsi tanaman herbal sebagai obat darah tinggi alami. Tanaman herbal bisa menjadi obat darah tinggi yang bagus dan sekaligus obat hipertensi yang aman.

Banyak obat tradisional darah tinggi berasal dari tanaman herbal ramuan penurun darah tinggi. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas tanaman yang bisa dijadikan obat herbal penurun darah tinggi. Lalu, apa saja tanaman yang bisa dijadikan obat hipertensi alami? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 8 Obat Alami Paling Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan

Daftar Tanaman yang Bisa Dijadikan Obat Darah Tinggi

1. Seledri

1. Seledri
idntimes.com

Tanaman pertama yang bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi adalah seledri. Seledri merupakan tanaman yang seringkali digunakan sebagai pelengkap makanan, seperti bakso, soto dan bubur ayam. Namun, jangan salah, ternyata seledri menyimpan segudang khasiat, salah satunya sebagai obat darah tinggi.

Seledri memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Apigenin dalam seledri berfungsi sebagai beta bloker yang dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan kekuatan kontraksi jantung. Sehingga aliran darah yang terpompa menjadi lebih sedikit dan tekanan darah menjadi normal.

2. Kumis Kucing

2. Kumis Kucing
detik.com

Sedulur pasti mengetahui tanaman satu ini, tanaman yang memiliki bentuk persis seperti kumis kucing ini memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat darah tinggi. Kumis kucing dapat digunakan sebagai diuretik dan peluruh batu ginjal. Kandungan dari kumis kucing bisa bermanfaat untuk darah tinggi.

Kumis kucing memiliki efek sebagai diuretik alami, hal ini disebabkan oleh kandungan kalium pada bagian daunnya. Selain itu, kandungan inositol serta flavonoid sinensetin juga dapat berkontribusi terhadap diuretik untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 12 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Kamu Coba

3. Pegagan

3. Pegagan
bola.com

Tanaman selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi adalah pegagan. Pegagan dapat digunakan untuk memperlancar aliran darah. Di daerah Jawa Barat dan Banten banyak yang menggunakan pegagan sebagai obat tradisional untuk menurunkan darah tinggi.

Kandungan dan senyawa yang terdapat dalam pegagan bisa meningkatkan mikrosirkulasi  dan menurunkan permeabilitas kapiler dan memproteksi memburuknya proses mikrosirkulasi. Sedulur bisa mencoba pegangan sebagai obat darah tinggi alami. Dijamin ampuh dan aman.

4. Temulawak

4. Temulawak
halodoc.com

Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia dan secara tradisional telah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah darah tinggi Hal tersebut disebabkan karena temulawak mengandung senyawa yang sangat efektif untuk meredakan tekanan darah yang tinggi.

Kandungan flavonoid yang memiliki fungsi melindungi endotel vascular.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, menunjukan bahwa pemberian temulawak dalam kombinasi dengan kumis kucing, seledri, pegagan, kunyit dan meniran dosis 72 mg/kg bb memberikan efek penurunan tekanan darah pada tikus Wistar hipertensi yang diinduksi prednisone 1,5 mg/kg bb dan NACl 2 persen.

5. Meniran

5. Meniran
grid.id

Beberapa suku di daerah Sumatera Selatan menggunakan meniran sebagai obat darah tinggi tradisional. Meniran, atau sebagian wilayah menyebutnya dengan nama putri malu, mengandung senyawa yang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan kalium dalam meniran dapat bermanfaat meningkatkan cairan intraseluler dengan cara menarik cairan ekstraseluler. Hal tersebut dapat menciptakan keseimbangan pompa natrium-kalium yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah tinggi.

6. Daun Basil

6. Daun Basil
jawapos.com

Tanaman selanjutnya yang sangat efektif untuk menurunkan darah tinggi adalah daun basil. Daun basi merupakan salah satu daun yang digunakan untuk bumbu masakan, hal tersebut dikarenakan daun basil memiliki aroma yang sangat wangi. Mirip seperti aroma daun kemangi. Selain itu, daun basil juga sangat ampuh untuk mengatasi darah tinggi.

Kandungan eugenol yang terdapat dalam daun basil dapat menghalangi zat tertentu yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan menjadi penyebab utama untuk mengatasi darah tinggi. Namun, khasiat daun basil untuk darah tinggi harus dibuktikan melalui penelitian ilmiah yang dilakukan secara komprehensif.

7. Kapulaga

7. Kapulaga
jawapos.com

Tanaman selanjutnya yang bisa dijadikan obat alami untuk meredakan sakit hipertensi adalah kapulaga. Salah satu rempah-rempah khas Indonesia dan India ini bisa memberikan efek untuk meredakan tekanan darah. Para ahli telah melakukan penelitian dan studi terkait manfaat kapulaga untuk menurunkan tekanan darah.

Setiap 20 orang penderita hipertensi akan mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan setelah mengonsumsi 1.5 gram bubuk kapulaga dua kali sehari selama 12 minggu. Menggunakan kapulaga sebagai bahan makanan akan sangat ampuh bagi penderita darah tinggi.

8. Biji Rami

8. Biji Rami
bijirami.com

Tanaman herbal selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah adalah biji rami. Biji rami memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega-3, dan telah terbukti sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah. Biji rami dapat melindungi tubuh agar terhindar dari penyakit kardiovaskular aterosklerotik dengan mengurangi kolesterol serum dan meningkatkan toleransi glukosa dan bertindak sebagai antioksidan.

9. Bawang Putih

9. Bawang Putih
tirto.id

Salah satu bumbu dapur yang wajib kita sediakan adalah bawang putih. Banyak manfaat yang diberikan oleh bawang putih untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Setiap makanan yang mengandung bawang putih, dapat memberikan kemungkinan untuk menurunkan tekanan darah.

Kandungan yang terdapat dalam bawang putih menjadikannya sebagai obat darah tinggi. Bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan darah tinggi dengan membantu meningkatkan zat dalam tubuh, yaitu oksida nitrat yang dapat menyebabkan pembuluh darah rileks dan melebar.

10. Jahe

10. Jahe
popmama.com

Tanaman herbal selanjutnya adalah jahe. Jahe bisa memberikan efek untuk mengobati darah tinggi. Oleh karena itu jahe sangat cocok dijadikan sebagai obat darah tinggi. Jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-oto di sekitar pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, jahe juga dapat memberikan efek untuk menghangatkan badan dan juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak dari dulu. Banyak minuman yang menyehatkan yang berasal dari jahe. Sedulur bisa menyeduh jahe dan meminumnya setiap pagi, Sedulur juga bisa mencampurnya dengan madu atau dengan bahan lainnya agar semakin lezat.

Semoga daftar tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat darah tinggi di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur yang sering mengalami hipertensi. Jangan lupa untuk membeli tanaman herbal di atas di Aplikasi Super agar Sedulur mendapatkan kesehatan dan terhindar dari darah tinggi. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Selamat mencoba!