Jangankan digigit nyamuk, mendengar suaranya saja cukup untuk membuat kegiatan terganggu hingga bikin emosi! Simak tips dan tanaman pengusir nyamuk di bawah ini!

Sebagai salah satu jenis hewan, keberadaan nyamuk sering kali sulit dikontrol. Namun, nyamuk pun tidak datang tanpa sebab dan memiliki habitatnya sendiri. Beberapa faktor yang bisa membuat nyamuk semakin ditemui di rumah adalah rendahnya sanitasi karena kepadatan penduduk dan pengaruh musim.

Habitat nyamuk yang paling dekat dengan kehidupan manusia adalah genangan air. Nyamuk senang berkembang biak disana. Di musim hujan, genangan tersebut menjadi hilang karena mengalir, terbawa arus air hujan. Sedangkan di musim kemarau, genangan air justru menjadi bertambah karena tidak ada arus yang bisa membawa genangan.

Selain itu, perkembangbiakan nyamuk juga terbilang pesat. Kebutuhan makanan menjadi faktor utama kenapa para nyamuk menyerang manusia dan mengambil darahnya. Sedulur juga harus tau bahwa nyamuk yang selama ini menghisap darah manusia hanyalah nyamuk betina. Pasalnya, nutrisi dalam darah manusia mampu membantu nyamuk betina berkembang biak.

Meski demikian, Sedulur tidak perlu khawatir. Ternyata, nyamuk juga memiliki ketidaksukaan terhadap sesuatu loh. Banyak diantaranya bau hingga warna yang tidak disukai nyamuk. Adapun kedatangan nyamuk di rumah-rumah bisa dihalau dengan beberapa tanaman pengusir nyamuk.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman yang dijadikan Aromaterapi + Manfaatnya

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Pilihan, Bisa Menghias Rumah Sekaligus Menghalau Nyamuk

Untuk menghadapi serangan nyamuk, ada beberapa hal yang bisa Sedulur siapkan selain memastikan daerah di sekitar tempat tinggal tidak tergenang oleh air, terutama air kotor. Cara tersebut adalah dengan menempatkan beberapa tanaman pengusir nyamuk di rumah Sedulur. Yuk, simak 10 opsi tanaman pengusir nyamuk yang bisa menghiasi rumah Sedulur berikut ini.

1. Pohon Geranium, Tanaman Gantung Penghalau Nyamuk

1. Pohon Geranium, Tanaman Gantung Penghalau Nyamuk
hgtv.com

Tanaman pengusir nyamuk yang pertama adalah pohon geranium. Geranium dikenal sebagai salah satu tanaman gantung terbaik yang mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Perawatan dan upaya perkembangbiakannya bisa dilakukan dengan cara stek tanaman batang dan Sedulur hanya perlu memotong batangnya untuk ditanam kembali di tanah.

Kandungan yang membuat pohon geranium ini dihindari oleh nyamuk adalah zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Penempatannya sebagai bunga hias gantung menjadikan geranium semakin cantik dan ampuh untuk mengusir nyamuk.

2. Tanaman Rosemary Pengusir Nyamuk

2. Tanaman Rosemary Pengusir Nyamuk
alodokter.com

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah rosemary. Tanaman ini sudah dikenal oleh banyak orang sebagai tanaman hias yang bisa dipangkas menjadi berbagai macam bentuk. Tanaman rosemary akan bertahan dengan baik di iklim panas dan kering.

Tidak hanya memiliki penampilan yang cantik, rosemary juga bermanfaat untuk bahan memasak. Selain itu, tanaman rosemary juga menjadi salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk. Aromanya yang mirip seperti minyak kayu putih mampu membuat nyamuk lebih memilih menghindari tanaman ini.

Baca Juga: 14 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah Kamu Makin Estetik!

3. Basil Kemangi, Tanaman Serumpun Pencegah Gigitan Nyamuk

3. Basil Kemangi, Tanaman Serumpun Pencegah Gigitan Nyamuk
liputan6.com

Tidak hanya mengusir nyamuk, basil dan kemangi ini sama-sama memiliki aroma tajam yang tidak disukai oleh serangga. Serangga yang sering kali mengganggu aktivitas adalah lalat dan nyamuk. Sedulur bisa menanam kedua tanaman ini untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah.

4. Tanaman Zodia Obat Malaria

4. Tanaman Zodia Obat Malaria
bobo.grid.id

Tanaman zodia sering ditemui di wilayah Papua. Biasanya, penduduk di Papua akan mengoleskan tanaman ini pada tubuh mereka sebelum memasuki hutan karena ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kabar baiknya, meski habitat aslinya ada di Papua, kini tanaman zodia banyak dibudidayakan sehingga bisa ditemui dimanapun di Indonesia.

Kandungan yang menjadikannya tanaman pengusir nyamuk adalah evodiamine dan rutaecarpine. Tak hanya sering digunakan untuk mencegah terkena gigitan nyamuk, tanaman zodia juga dikenal mampu untuk mengobati malaria dan menambah stamina.

5. Bunga Sedap Malam, Pengharum Ruangan Alami yang Mengusir Nyamuk

5. Bunga Sedap Malam, Pengharum Ruangan Alami yang Mengusir Nyamuk
idntimes.com

Dari namanya saja, bunga yang satu ini jelas memiliki aroma yang sedap wangi. Dengan memeliharanya saja, bunga sedap malam mampu mengharumkan ruangan tanpa bantuan pengharum ruangan yang terbuat dari bahan kimia. Aromanya dapat melegakan pernapasan dan membantu meredakan hidung tersumbat.

Selain itu, sifatnya yang larvasida mampu mengusir berbagai serangga, khususnya nyamuk. Bunga sedap malam juga bisa digunakan sebagai disinfektan alami. Penggunaannya bisa untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang ditemukan pada permukaan benda-benda di rumah.

6. Lavender Antiseptik Pengusir Nyamuk

6. Lavender Antiseptik Pengusir Nyamuk
warstek.com

Sudah tidak asing lagi, lavender sering kali dijadikan bahan dasar lotion atau semprotan anti nyamuk. Hal itu disebabkan oleh aroma dari munyak esensial serta kandungan linalool dan lynalyl asetat yang mampu mengusir keberadaan nyamuk. Selain dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, lavender juga berperan sebagai tanaman antiseptik dan antijamur.

7. Serai Wangi (Citronella), Khasiat Minyak Serai

7. Serai Wangi (Citronella), Khasiat Minyak Serai
distan.bulelengkab.go.id

Sedulur mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah citronella karena sering dijumpai sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk dan aroma terapi. Meski bentuknya terlihat seperti rumput liar, ternyata serai wangi justru bisa mengusir nyamuk.

Kandungan yang membuatnya menjadi tanaman pengusir nyamuk adalah aromanya yang tidak disukai nyamuk, yakni geraniol. Sedangkan sitronnellol merupakan kandungan yang mampu membunuh nyamuk. Sedulur bisa menanam serai wangi di rumah dan mengolah minyak serai sendiri dengan cara menyuling bagian atas tanaman serai tersebut.

8. Bunga Kucai, Tanaman Pengusir Nyamuk

8. Bunga Kucai, Tanaman Pengusir Nyamuk
bobo.grid.id

Tanaman kucai memiliki bunga berwarna putih, berdaun pipih dan ramping sehingga sering kali dianggap sebagai rerumputan. Padahal, tanaman kucai memiliki segudang manfaat. Khasiatnya dapat diperoleh baik dari daun, akar, maupun bijinya. Aroma kucai menjadi salah satu penyebab nyamuk tidak senang berada di sekitarnya.

9. Kecombrang atau Kincung, Bahan Masakan Pengusir Nyamuk

9. Kecombrang atau Kincung, Bahan Masakan Pengusir Nyamuk
liputan6.com

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah kecombrang atau kincung. Sama halnya seperti tanaman-tanaman lain, kecombrang juga memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Bunga kecombrang biasanya mengeluarkan bau asam yang mampu membuat nyamuk dan serangga lain tidak tahan berlama-lama disana.

Di negara lain, kecombrang hanya bisa ditemui selama akhir musim semi dan selama musim panas. Sedangkan di Indonesia, tumbuhan ini tersedia sepanjang tahun. Selain berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk, di Indonesia, biji, bunga, dan buah tanaman kecombrang sering dipakai sebagai bahan penyedap masakan.

10. Daun Selasih, Daun Unik Pengusir Nyamuk

10. Daun Selasih, Daun Unik Pengusir Nyamuk
tribunnews.com

Selain bijinya yang sering digunakan untuk penyegar minuman, bagian daun selasih ternyata juga memiliki manfaat, yakni sebagai salah satu tanaman anti nyamuk. Kandungan eugenol, linalool, dan geraniol merupakan senyawa-senyawa yang mengeluarkan bau yang tidak disukai nyamuk.

Nah, itulah 10 tanaman pengusir nyamuk yang bisa Sedulur coba pelihara di rumah. Meski nyamuk bisa diusir dengan pembasmi rumput liar, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu pilihan terbaik sekaligus untuk menghiasi rumah Sedulur.

Sedulur bisa menempatkan tanaman pengusir nyamuk tersebut di dekat jendela, pintu rumah, maupun ruang tamu sebagai penghias ruangan. Semoga opsi tanaman pengusir nyamuk di atas bisa membantu Sedulur agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Sedulur juga bisa cek produk atau barang pengusir nyamuk yang ampuh di Aplikasi Super, harga dijamin super murah dan kualitas terbaik. Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang dari Aplikasi Super, dan klik di sini untuk download Aplikasi Super agar bisa melakukan transaksi melalui smartphone. Selamat mencoba!