Ingin rumah semakin cantik dan estetik? Sedulur wajib coba rekomendasi tanaman gantung di bawah ini. Rumah akan semakin cantik dan lebih estetik.

Rumah yang indah dan asri bisanya memiliki beberapa unsur, pertama rapi, kedua bersih dan ketiga wangi. Dari ketiga unsur tersebut, banyak yang menggunakan tanaman hias gantung agar bisa mendapatkan ketiga unsur untuk dapat membuat rumah lebih indah dan asri.

Tidak semua tanaman bisa dijadikan tanaman gantung, terdapat beberapa jenis tanaman gantung yang khusus digunakan sebagai tanaman gantung hias. Salah satu jenis tanaman hias gantung atau tanaman gantung indoor yang paling banyak digunakan adalah jenis tanaman menjuntai ke bawah.

Tidak jarang juga banyak rumah yang menggunakan jenis tanaman hias gantung murah dengan hanya bermodalkan pot bunga gantung saja. Ada juga yang menggunakan tanaman gantung tahan panas agar tanaman cantik tanpa harus banyak perawatan. Superapp.id akan membahas beberapa jenis tanaman gantung yang bisa jadi referensi bagi Sedulur. Yuk, mending kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 10 Manfaat Tanaman Lidah Mertua & Cara Merawatnya

Daftar Jenis Tanaman Gantung yang Bisa Bikin Rumah Menjadi Cantik dan Estetik!

1. Lantana

1. Lantana
lazada.com

Jenis tanaman gantung pertama bernama Lantana yang berasal dari benua Amerika di bagian wilayah yang tropis. Yaitu Amerika Latin atau Amerika Selatan. Di habitat aslinya, tanaman ini tumbuh liar yang menjalar ke dinding, pagar hingga pepohonan.

Karena Lantana merupakan tanaman yang tumbuh menjalar, membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias dan tanaman gantung untuk mempercantik rumah. Selain itu, Lantana juga memiliki bunga dengan warna yang cerah. Mulai dari warna kuning, orange, hingga merah jambu.

2. Petunia

2. Petunia
pinterest.com

Jenis tanaman gantung selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi adalah bunga Petunia. Jenis tanaman gantung ini juga selalu menjadi favorit setiap rumah dan digunakan sebagai tanaman gantung. Bukan hanya pada masa sekarang. Namun, sejak dari zaman dahulu, bunga Petunia telah digunakan sebagai tanaman hias yang digantung.

Keuntungan menggunakan tanaman gantung satu ini adalah karena di Indonesia yang memiliki iklim tropis dapat membuat Petunia hidup lebih lama, walaupun di tempat asalnya tanaman ini sangat rentang terhadap badai dan hujan. Namun hal tersebut bisa Sedulur akali dengan rajin memberi pupuk dan menyiramnya.

3. Million Bells

3. Million Bells
gruopon.co.uk

Jika melihat namanya, tanaman satu ini berasal dari luar negeri. Tanaman gantung yang memiliki nama latin calibrachoa ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang masih merupakan kerabat dari bunga petunia. Bunga dari tanaman ini tidak menghasilkan dan menaburkan benih baru, dan juga tidak membutuhkan perawatan ekstra untuk dapat membuatnya tetap mekar.

Sedulur hanya membutuhkan beberapa tanah berair yang telah diberikan pupuk. Selain itu, tempatkan tanaman ini di tempat yang akan terpapar sinar matahari. Gunakan pot bunga gantung atau juga pot bunga dinding, asalkan beberapa syarat untuk tanaman ini bisa dipenuhi.

4. Fuchsia

4. Fuchsia
istock.com

Salah satu tanaman gantung yang digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah adalah Fuchsia. Tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah di daerah sejuk dan lembab. Bagi Sedulur yang tinggal di daerah beriklim sejuk dan lembab bisa menyediakan tanaman fuchsia sebagai tanaman hiasan.

Namun, tentu saja merawat tanaman satu ini cukup rumit dibanding dengan mengurus tanaman gantung lainnya.. Namun intinya Sedulur harus rajin memberikan tanaman ini pupuk dan juga harus selalu disiram setiap hari. Tanaman ini memiliki bentuk seperti lonceng dan memiliki warna yang sangat cerah.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Pertanian Rumahan Modal Kecil & Cepat Untung

5. Hoya Carnosa

5. Hoya Carnosa
pistilsnursery.com

Tanaman gantung hoya carnosa atau yang dikenal dengan nama ‘tanaman tali Hindu’ karena daunnya yang berlilitan mernyerupai tali. Tanaman gantung ini merupakan salah satu tanaman unik karena memiliki kelopak daun yang melengkung, tebal dan bertekstur licin seperti lilin.

Selain itu, yang membuat bunga ini semakin indah juga adalah bentuk bunga yang seperti bintang dan memiliki aroma seperti bunga. Menyimpan tanaman gantung ini di rumah, selain dapat membuat rumah semakin cantik, Sedulur juga dapat membuat rumah Sedulur tetap wangi.

6. Tradescantia

6. Tradescantia
worldofsucculents.com

Jenis tanaman gantung adalah tradescantia. Tanaman ini juga memiliki sebutan lain, yaitu hati ungu. Ciri khas dari tanaman hias satu ini adalah warna dari daun yang memiliki warna ungu keemasan dan warna biru indigo, pink dan putih. Kombinasi dari warna daun tersebut yang membuat bunga ini sangat digandrungi untuk dijadikan hiasan rumah.

Tanaman hias ini juga dikenal sebagai simbol keabadian karena ketahanannya yang sanggup bertahan pada suhu hingga minus 7 derajat celcius. Namun, bukan berarti tanaman ini tidak akan bertahan di cuaca panas yang beriklim tropis. Tanaman ini juga bisa tetap tumbuh di iklim tropis termasuk Indonesia.

7. Anggrek

7. Anggrek
kompas.com

Hampir setiap orang mengetahui bunga anggrek. Tanaman yang memiliki keindahan ini sudah sering dan menjadi langganan dijadikan sebagai tanaman hias. Baik sebagai tanaman gantung atau tanaman yang ditanam seperti biasa. Bunga anggrek yang memiliki warna yang sangat indah, cocok sebagai tanaman yang ditanam dengan berbagai cara. Selain itu, karena bunganya yang indah, Sedulur tidak akan sulit mencari bibit bunga anggrek dan menanamnya di rumah.

8. Ekor Kucing

8. Ekor Kucing
agrotek.id

Tanaman gantung yang memiliki bentuk seperti ekor kucing ini memiliki nama latin yaitu Acalypha. Bentuk bunga yang eksotis dan warnanya yang indah membuat tanaman ini sering menjadi pilihan sebagai tanaman gantung untuk mempercantik rumah.

Selain sebagai hiasan, ternyata tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat-obatan, karena tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman herbal dan obat tradisional. Khasiatnya di antaranya dapat menghilangkan asam urat, mengobati luka infeksi dan juga dapat menghilangkan cacingan. Menanam tanaman gantung ini dapat sekaligus memberi dua fungsi, sebagai obat dan juga sebagai hiasan rumah.

9. Begonia

9. Begonia
kompas.com

Begonia merupakan jenis tanaman dan bunga yang berasal dari daerah subtropis dan tropis lembab. Warna bunga dari begonia yang beraneka ragam, mulai dari warna kuning, pink, dan putih membuat tanaman ini sering kali digunakan sebagai tanaman hias.

Selain itu, kelopak bunga dari tanaman ini juga memiliki keunikan, yaitu akan berubah warna menjadi warna pucat hijau yang menandakan bahwa tanaman tersebut telah kelebihan cahaya matahari. Jika mengalami perubahan warna tersebut, Sedulur tinggal memindahkan tanaman bunga tersebut.

10. Portulaca

10. Portulaca
gardenbeast.com

Portulaca atau yang dikenal dengan nama bunga pukul sembilan ini memiliki keunikan. Yaitu karena bunganya yang selalu mekar pada pukul sembilan. Tanaman ini juga memiliki variasi warna yang beragam, mulai dari warna yang cerah yang digunakan sebagai hiasan di depan rumah. Dan warna yang agak gelap yang dapat digunakan sebagai hiasan di dalam rumah.

Tanaman gantung merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak terlalu rumit untuk dirawat. Tidak membutuhkan cara perawatan yang rumit dan sulit.

11. Lili Paris

11. Lili Paris
tokopedia.com

Tanaman gantung selanjutnya bernama bunga Lili Paris atau yang memiliki nama latin Chlorophytum comosum. Tanaman ini merupakan tanaman gantung populer di dunia karena mudah beradaptasi di berbagai cuaca dan suhu, mulai dari iklim dingin dan panas.

Tanaman asal Afrika ini memiliki kombinasi warna hijau dan putih yang terlihat estetis. Karena daunnya yang tumbuh memanjang ke bawah, tanaman ini cocok digunakan sebagai dekorasi tanaman gantung minimalis.

12. Paku Sarang Burung

12. Paku Sarang Burung
klikhijau.com

Tanaman selanjutnya bernama paku sarang burung atau pakis Kadaka. Merupakan tanaman jenis epifit yang dapat menumpang untuk hidup dari tanaman lainnya. Selain itu, keunikan tanaman ini terletak pada bentuk kelopak yang tumbuh tergantung dengan konsumsi sinar matahari.

Semakin banyak sinar matahari, makan kelopak akan mengkerut ke atas. Sebaliknya, kelopak daun akan terlihat data jika tidak mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

13. Sirih Belanda

13. Sirih Belanda
tribunnews.com

Warna daun dari tanaman hias bernama sirih Belanda ini atau juga tanaman hias yang dikenal dengan nama “devil’s ivy” , memiliki warna bunga yang berwarna kuning keemasan, saat tanaman terkena cahaya. Tanaman ini dapat memberikan kesan dekorasi rumah yang elegan. Daun yang merambat dan berbentuk hati ini juga sanggup menarik perhatian banyak orang.

Untuk perawatannya, Sedulur dapat meletakkan tanaman hias ini di ruangan yang lembab dengan cahaya tidak langsung. Tanaman hias gantung sirih belanda memiliki khasiat mempurifikasi udara ruangan dari kotoran seperti asap rokok, cocok bagi para perokok pasif. Cocok di tanaman di rumah para perokok, nih!

14. Kaktus Anggur

14. Kaktus Anggur
suara.com

Tanaman gantung yang bisa menjadi tanaman hias selanjutnya adalah kaktus anggur. Tidak semua tanaman kaktus berduri, lho. Contohnya kaktus anggur satu ini. Tanaman yang juga memiliki nama latin Sedum morganianum ini memiliki keunikan yang tanah panas dan tidak membutuhkan air banyak, sebagaimana tanaman kaktus lainnya.

Sedulur hanya perlu merawat tanaman ini dengan menyiram tanaman dengan air sehari sekali. Tanaman ini juga merupakan tanaman hias yang menjuntai ke bawah, sangat cocok dijadikan sebagai hiasan tanaman gantung dan akan membuat rumah Sedulur semakin tampak cantik dan estetik.

Masih banyak lagi jenis tanaman gantung yang bisa Sedulur jadikan tanaman hias, namun beberapa daftar tanaman hias yang telah dijelaskan di atas merupakan tanaman hias yang umum digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah. Untuk membeli kebutuhan terkait interior dan kebutuhan sehari-hari di rumah, Sedulur bisa cek Aplikasi Super. Karena tersedia banyak barang kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk langsung mengunjungi website Super Eats Aplikasi Super dan cek langsung kelengkapan barangnya. Atau Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan cek kelengkapannya di smartphone, semakin mempermudah kebutuhan Sedulur, kan? Selamat mencoba!