toroan

Selama ini, Madura dikenal sebagai salah satu penghasil garam terbesar di Indonesia hingga mendapatkan julukan sebagai Pulau Garam. Akan tetapi belum banyak orang yang tahu bahwa daerah tersebut juga memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikulik. Salah satunya adalah Air Terjun Toroan yang berada di Kabupaten Sampang.

Air terjun dengan ketinggian mencapai 20 meter itu memiliki pesona yang akan memanjakan mata Sedulur. Penasaran dengan keindahan Air Terjun Toroan di Madura? Yuk, simak rangkuman informasi seputar Air Terjun Toroan, mulai dari lokasi, harga tiket masuk, hingga rute yang bisa Sedulur lalui.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tempat Wisata Sampang yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Toroan

toroan
Pexels/Quang Nguyen

Air Terjun Toroan terletak di Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Jawa Timur. Air terjun yang berlokasi di pesisir pantai ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter dengan dikelilingi pepohonan yang asri.

Menariknya, aliran air dari air terjun tersebut langsung jatuh ke muara laut lepas pantai utara atau laut Jawa. Hal tersebut pun memberikan pesona tersendiri yang membuatnya berbeda dengan kebanyakan air terjun.

Cerita Legenda di Balik Air Terjun Toroan

Bicara soal sejarahnya, air terjun ini ternyata menyimpan cerita legenda yang berkembang di masyarakat. Diceritakan bahwa di lokasi air terjun tersebut pernah hidup sepasang suami istri bernama Sayyid Abdurrahman dan Siti Fatimah.

Suatu ketika, sepasang suami istri tersebut bertengkar. Siti Fatimah kemudian bersumpah jika dia tidak bersalah, jasadnya akan hanyut ke bawah sungai. Demikian juga dengan Sayyid Abdurrahman juga bersumpah jika ia tidak bersalah, jasadnya akan mudah dikuburkan di atas sungai.

Sumpah keduanya ternyata terbukti setelah meninggal. Hal itu pun membuat masyarakat setempat meyakini Air Terjun Toroan sebagai tempat keramat. Pengunjung pun diimbau untuk menghormati adat setempat.

Dalam versi yang lain, dikatakan bahwa sepasang suami istri tersebut bersumpah jika ucapan mereka benar, kuburan masing-masing tidak akan tenggelam oleh banjir. Pada akhirnya, ucapan mereka menjadi kenyataan. Banjir tidak menenggelamkan kuburan mereka hingga terbentuk dua aliran sungai. Hal itu juga diyakini sebagai penyebab mengapa Air Terjun Toroan terlihat seolah membelah.

Lokasi

Air Terjun Toroan berlokasi di Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Jawa Timur. Tepatnya destinasi wisata alam ini berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Talabang atau berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Sampang.

Tidak seperti air terjun lain yang umumnya berada di kawasan pegunungan, Air Terjun Toroan terletak di tepi laut sehingga akan memberikan pemandangan yang berbeda.

Harga tiket

Untuk memasuki area wisata Air Terjun Toroan, Sedulur perlu membayar tiket masuk dan parkir kendaraan. Berdasarkan informasi, setiap orang dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu untuk tiket masuk. Sementara, biaya parkir yang dikenakan adalah sebesar Rp 10 ribu.

Jam buka

Sebelum mengunjungi Air Terjun Toroan, Sedulur juga perlu mengetahui jam buka destinasi wisata alam satu ini. Dengan demikian, Sedulur tidak akan kecele saat tiba di lokasi. Adapun Air Terjun Toroan buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB.

BACA JUGA: Gili Iyang: Lokasi, Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket

Pesona Air Terjun Toroan

air terjun coban baung
Unsplash/Brady Stoeltzing

Selain cerita legenda yang menarik untuk disimak, Air Terjun Toroan juga memiliki pesona lain yang perlu Sedulur ketahui. Terlebih jika Sedulur berminat untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Disampaikan sebelumnya, Air Terjun Toroan memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Airnya yang bening mengalir deras dan langsung menuju laut bebas. Hal ini membuat suasana di sekitar air terjun terasa sejuk sekaligus memanjakan mata. Di sisi lain, hamparan bebatuan cadas dan kesejukan pepohonan juga kian menambah indah keunikan air terjun ini.

1. Spot foto menarik

Keindahan Air Terjun Toroan membuatnya menjadi salah satu spot favorit untuk berburu foto. Pesona pemandangan indah air terjun dapat dijadikan latar yang indah untuk berfoto ria.

Tak hanya itu, Sedulur yang menggemari aktivitas memotret pemandangan alam juga akan dimanjakan dengan pesona tempat ini. Terlebih jika Sedulur dapat saat pagi atau sore hari. Pasalnya cahaya matahari yang berpadu dengan penampakan air terjun makin mempercantik kawasan tersebut.

2. Cocok untuk relaksasi

Suara gemericik air terjun serta angin sepoi-sepoi dari pepohonan di sekitarnya juga memberikan efek relaksasi. Tak heran, tempat ini kerap dipilih sebagai spot untuk menenangkan diri sekaligus melepaskan penat dari berbagai aktivitas yang telah dilakoni sehari-hari.

Rute Menuju Air Terjun Toroan

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Toroan, ada beberapa rute yang bisa Sedulur lalui. Misalnya, untuk Sedulur yang memulai perjalanan dari Kota Surabaya bisa menyeberang ke Pulau Madura dengan melintasi Jembatan Suramadu.

Adapun jarak tempuh dari Surabaya ke Kabupaten Sampang adalah sekitar 80,7 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan menggunakan mobil. Selanjutnya, Sedulur dapat melanjutkan perjalanan dari pusat kota Sampang menuju Desa Ketapang Daya yang merupakan lokasi Air Terjun Toroan.

Jarak yang ditempuh adalah sekitar 26 kilometer atau satu jam perjalanan. Setiba di lokasi, Sedulur perlu berjalan kaki sekitar 50 meter untuk mencapai ke air terjun. Untuk itu, Sedulur juga perlu menyiapkan kondisi fisik yang prima karena perjalanan yang ditempuh cukup panjang.

Itu dia rangkuman informasi seputar Air Terjun Toroan di Madura. Air terjun ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata saat Sedulur berkunjung ke Madura.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!