Water Park Sumber Udel: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Wisata Sumber Udel di Blitar merupakan destinasi wisata di mana Sedulur dapat menikmati indahnya pemandangan pepohonan hijau dan mata air alami. Di sini terdapat banyak wahana yang cocok untuk rekreasi anak-anak dan keluarga. Kota Blitar Jawa Timur mempunyai banyak tempat wisata ramah keluarga yang sangat cocok untuk dikunjungi anak saat liburan sekolah. 

Terdapat atraksi alam, sejarah, dan edukasi, termasuk wahana seru, pemandangan indah, dan spot foto Instagramable. Water Park Sumber Udel merupakan kolam renang umum terbesar di Kota Blitar dengan banyak pilihan permainan seru dan menyenangkan. Kolam ini juga disebut sebagai kolam renang tertua di Kota Blitar dan masih terawat dengan baik.

Seluruh fasilitas akan tetap tersedia untuk digunakan sebagaimana mestinya dan pengembangan fasilitas baru akan semakin meningkatkan kenyamanan pengunjung. Kalau Sedulur ingin ke sini, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Kolam Renang di Gresik, Murah dan Bisa Main Air Sepuasnya!

Sekilas Tentang Water Park Sumber Udel

water park sumber udel
Pexels/Freestockpro

Kata “udel” berasal dari bahasa Jawa yang artinya pusar. Pasalnya, sumber air kolam ini berupa mata air berbentuk seperti pusar yang menyembur sepanjang tahun dan konon baik untuk kesehatan. Airnya segar dan Sedulur bisa menikmati pemandangan pepohonan hijau serta pohon beringin besar yang konon berusia ratusan tahun.

Mata air berbentuk pusar ini berfungsi sebagai sumber air untuk taman rekreasi air. Di taman bermain air ini, Sedulur tidak hanya bisa menikmati air tawar, tapi juga pepohonan hijau. Ada juga pohon beringin besar yang konon berumur ratusan tahun. 

Salah satu keunggulan dari mata air alami ini adalah setiap orang yang bermain atau berenang dapat merasakan kesegaran air alaminya, dan area waterpark yang dikelilingi pepohonan rindang menambah suasana liburan keluarga semakin sejuk dan nyaman.

Kolam dengan air alami, kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan akan Sedulur rasakan ketika berada di sini. Karena Water Park Sumber Udel merupakan pilihan yang tepat untuk liburan Sedulur maupun dan keluarga.

Lokasi dan Rute ke Water Park Sumber Udel

Water Park Sumber Udel mempunyai area yang cukup luas. Tempat ini terletak di pinggiran kota Blitar dan memiliki luas kurang lebih 1 hektar. Objek wisata ini menawarkan banyak aktivitas seru dan menarik untuk dinikmati sambil bersantai. Wisata Sumber Udel juga mempunyai beberapa spot selfie yang keren dan menarik. Selain itu, terdapat tempat kuliner di sini. Berikut alamatnya:

  • Lokasi: Jl. Kalibrantas No.31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur, kurang lebih 500 meter dari PIPP dan kurang lebih 3 km dari Stasiun Kota Blitar. 

Objek wisata Water Park Sumber Udel dapat dicapai melalui rute yang mudah. Lokasinya masih dekat pusat kota Blitar. Objek wisata ini hanya berjarak 1 km dari Alun-alun Kota Blitar. Dibutuhkan sekitar 5 menit waktu perjalanan menggunakan kendaraan. Tapi kalau jalan kaki hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Koneksi jalan sangat baik, mirip dengan jalur perkotaan, dan mudah diakses oleh semua jenis kendaraan. Ada juga rambu atau petunjuk wisatanya untuk membantu Sedulur selama perjalanan.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Waterpark Sumber Udel merupakan tempat piknik keluarga dengan harga terjangkau. Menikmati segarnya air akan membuat liburan Sedulur seru dan menyenangkan, serta membantu Sedulur menghilangkan rasa bosan sehari-hari.

Sumber Udel Waterpark merupakan kolam dengan berbagai macam permainan. Merupakan tujuan wisata untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Berikut jam operasional dan tiket masuknya.

  • Jam Buka: 06.00 WIB–16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp20.000 per orang

Fasilitas di Water Park Sumber Udel

Ketika Sedulur ke Water Park Sumber Udel, Sedulur tak perlu soal fasilitas yang ada. Bisa dibilang sarana dan prasarananya cukup komplit. Jadi, Sedulur akan merasa nyaman selama liburan di sini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Mushola
  • Toilet dan kamar mandi
  • Wahana permainan air
  • Spot foto
  • Food court
  • Persewaan ban dan pelampung
  • Ruang ganti
  • Tempat penitipan barang
  • Area bersantai
  • Fasilitas air bersih

Daya Tarik Water Park Sumber Udel

Water Park Sumber Udel merupakan tempat piknik keluarga dengan harga terjangkau. Menikmati segarnya air kolam dan pemandangan alam khas Blitar akan membuat liburan Sedulur seru dan menyenangkan. 

Wisatawan bisa merasakan sensasi berenang di kolam mengalir yang menyerupai sungai sungguhan. Ada juga kolam khusus anak yang dangkal dengan wahana ember air.

Di sini juga mengadakan live music dari musisi lokal dan karaoke di ruangan khusus pada hari-hari tertentu. Ingin menikmati hidangan lezat sambil menunggu anak bermain? Terdapat juga food court dengan berbagai pilihan makanan dan minuman lezat.

Wahana di Water Park Sumber Udel

Bermain air dan berenang menjadi daya tarik utamanya ketika berkunjung ke Water Park Sumber Udel. Ada berbagai macam aktivitas dan wahana di sini. Selain itu, Sedulur tidak perlu khawatir dengan keselamatan saat bermain air. Karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pengelola menyediakan lifeguard. 

Jika tidak mempunyai perlengkapan renang, Sedulur dapat membeli atau menyewa pakaian renang. Pelampung karet juga bisa disewa di taman air. Water Park Sumber Udel menawarkan berbagai macam atraksi dan permainan air, berikut beberapa wahana yang tersedia:

1. Kolam Renang Anak

Wahana ini cocok dijadikan tempat bermain anak-anak. Ada berbagai arena bermain air di sini. Mirip dengan waterpark pada umumnya, Sedulur juga bisa menikmati wahana ember, yakni sebuah ember besar yang berayun di atas platform khusus berisi air. Ketika ember terisi air, airnya meluap dan mengalir keluar seperti air terjun yang pastinya membuat anak-anak bersemangat.

Sedulur juga bisa bermain di kolam renang anak yang memiliki berbagai jenis air mancur, antara lain air mancur jamur dan air mancur ikan. Berikutnya, ada berbagai jenis perosotan. Mulai dari perosotan berbentuk kepala binatang hingga perosotan panjang dan berkelok-kelok.

2. Kolam Arus

Jika bosan dengan wahana kolamnya, cobalah wahana kolam arus. Jangan lupa memakai jaket pelampung saat memasuki kolam. Saat Sedulur bersantai di atas pelampung, arus kolam akan membawa Sedulur melewati area taman air. Wahana ini juga cocok bagi Sedulur yang ingin beristirahat selama berada di dalam air.

3. Kolam Dewasa

Kolam ini sangat cocok bagi Sedulur yang ingin memacu adrenalin. Orang dewasa juga bisa berenang di kolam yang memiliki perosotan setinggi 10 meter ini.

4. Kolam Standar Olimpiade

Pengunjung khususnya dewasa dapat berenang di kolam berstandar nasional yang dirancang untuk turnamen. Maka tak heran jika di pinggir kolam terdapat bangku penonton. Kapan lagi Sedulur bisa berenang bak atlet di kolam berstandar olimpiade?

5. Flying Fox

Kalau tidak ingin basah-basahan atau bermain air masih belum cukup, cobalah wahana seru flying fox. Wahana ini akan melewati sebuah kolam yang tingginya 10 meter dan panjang 80 meter. Jadi akan membuat Sedulur menyesal jika tidak mencoba wahana ini.

Tips Berwisata ke Water Park Sumber Udel

Tapi sebelum ke sana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburanmu berjalan lancar. Berikut beberapa tips yang perlu Sedulur tahu.

  • Waktu terbaik ketika ke sini adalah pagi dan menjelang sore. Saat pagi udara sangat sejuk dan sore tidak panas.
  • Jangan lupa membawa sunblock atau tabir surya agar kulitmu tidak terbakar, terutama jika datang siang hari.
  • Bawa perbekalan pribadi jika perlu, makanan, minuman, dan pastinya uang tunai.
  • Jangan lupa membawa baju ganti dan kamera untuk mengabadikan momen liburanmu.
  • Hati-hati saat berjalan di sekitar kolam agar tidak terpeleset.
  • Meskipun ada kolam anak, sebaiknya orangtua tetap mengawasi anaknya selama bermain air di sini.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, karena di sini disediakan banyak tempat sampah.

Itulah tadi informasi lengkap Water Park Sumber Udel. Kalau Sedulur ke Blitar, jangan lupa mampir ke sini ya. Oia, karena berenang dan bermain air tetap bisa menguras tenaga maka Sedulur harus mempersiapkan bekal yang cukup ya. Sedulur bisa membawa snack dan Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menyegarkan tubuh setelah bermain air di kolam renang.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.