pantai tampora

Kabupaten Situbondo mempunyai banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Tampora. Pantai ini mempunyai panorama alam yang tidak seindah pantai Situbondo lainnya. Pengunjung disuguhi pasir putih dengan tekstur agak kasar karena bercampur dengan bebatuan putih serta bebatuan karang.

Daya tarik lain dari Pantai Tampora adalah keindahan alamnya yang mempesona. Pasalnya, berada di balik bukit yang dipenuhi pepohonan rimbun, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai ini.  Terletak di paling barat Situbondo, Tampora memiliki ciri hamparan pasir putih sepanjang 100 meter dari ujung ke ujung.

Pantai ini juga memiliki air laut yang jernih, hijau di pinggir pantai dan biru di tengah laut. Bahkan, kejernihannya membuat wisatawan bisa melihat berbagai biota laut dan terumbu karang.  Kalau Sedulur ingin ke sini, simak dulu informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Pantai Siring Kemuning: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Pantai Tampora

pantai tampora
Unsplash/Oktavia Ningrum

Pantai Tampora mempunyai panorama alam yang tidak seindah pantai lain di Situbondo. Kawasan wisata ini berbatasan langsung dengan kawasan konservasi hutan lindung seluas 2,40 haektar kelasLDTI, karena wisatawan harus melewati jalan hutan lindung berbatu dan berpasir berkelok-kelok untuk mengakses wisata pantai Tampora. 

Selain itu, tidak ada pembatas di jalan menuju pantai sebagai pengamanan. Namun jalan ini dapat diakses oleh kendaraan bermotor sehingga cukup memudahkan wisatawan untuk mengunjungi wisata pantai Tampora. Kawasan wisata hutan dan pantai dikelola oleh Perum Perhutani. Saat ini hanya kawasan Pantai Tampora yang dijadikan tempat wisata. 

Pengembangan kawasan wisata Pantai Tampora juga tidak boleh mengganggu aktivitas hutan lindung di sekitarnya. Kawasan wisata Tampora merupakan destinasi yang memiliki potensi wisata alam, yang menyuguhkan pemandangan menarik berupa pantai berpasir putih dan daratan yang terbentuk dari karang seperti pemecah gelombang. 

Selain itu, wisata ini juga berpotensi sebagai sarana edukasi karena menjadi rumah bagi banyak satwa dan tumbuhan serta biota laut. Kawasan wisata Pantai Tampora merupakan salah satu tempat wisata pantai utara yang dapat dikembangkan seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahunnya. 

Kawasan wisata ini mempunyai potensi untuk berkembang menjadi kegiatan wisata yang lebih baik dan menjadi tujuan wisata yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wisata Pantai Tampora. 

Kegiatan di kawasan wisata tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat lokal Desa Kalianget. Secara teoritis terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kawasan wisata tersebut, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan kawasan wisata pantai Tampora.

Lokasi Pantai Tampora

Pantai Tampora lokasinya berada  di daerah Banyuglugur, Situbondo. Tepatnya di Tampora, Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur jika dilihat dalam Google Maps.

Lokasi pantainya sedikit masuk. Tapi tenang pintu masuknya sudah terlihat di tepi Jalan Pantura. Tulisannya berupa “Wahana Wisata Pantai Tampora” yang dibuat dari neon box, sehingga cukup mencolok sekaligus bikin penasaran orang yang melihatnya.

BACA JUGA: Wisata Bukit Geger: Lokasi, Harga Tiket, Pesona, dan Rute

Rute Menuju Pantai Tampora

Unsplash/Josh Sorenson

Pantai Tampora berjarak sekitar 45 km jika Sedulur berjalan dari Alun-alun Situbondo. Selama perjalanan kurang lebih waktu tempuh sekitar 1 jam. Ke sini Sedulur bisa memakai kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Pasalnya, aksesnya sudah terbilang bagus. Berikut beberapa rute yang bisa Sedulur pilih.

  • Dari Alun-alun Situbondo: Jalan ke arah utara di Jalan Achmad Jafar ke Jalan Hasanudin. Lalu belok kiri ke Jalan Ahmad Yani-Jalan Raya Banyuwangi Situbondo-Jalan Raya Pantura. Kemudian ikuti Jalan Raya Pantura. Sedulur akan melihat petunjuk arah menuju ke Pantai Tampora.

Lokasi Pantai Tampora juga cukup dekat kalau dari arah Terminal Jenguki Situbondo. Kalau menggunakan rute ini, Sedulur hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Berikut rutenya:

  • Dari Terminal Jenguki Situbondo: Jalan ke arah barat menuju Jalan Niaga. Kemudian ke Jl. Raya Jenguki-Situbondo atau pilih Jalan Raya Pantura maupun Jalan Raya Pasir Putih kurang lebih 10 km. Selanjutnya Sedulur bisa mengikuti petunjung arah menuju ke Pantai Tampora.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Tampora terdapat dua akses masuk dan keluar. Akses utama (entry) lewat jalan berbukit dan akses keluar (exit) lewat jalan bawah gang dekat masjid. Lalu parkir kendaraan Sedulur yang sudah tersedia tempatnya.

Akses jalan ke pantai tidak bisa menggunakan kendaraan. Sedulur bisa jalan kaki di perbukitan dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Jam Operasional Pantai Tampora

Pantai Tampora selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun luar kota. Bahkan, juga dari wisatawan luar negeri. Jika musim libur, pantai ini hak pernah sepi pengunjung.

Pantai ini cocok menjadi tempat wisata keluarga maupun bersama teman. Untuk jam operasionalnya 24 jam. Tapi waktu terbaik adalah pagi saat sunrise dan sore saat sunset.

Harga Tiket Pantai Tampora

Pantai Tampora menjadi salah satu pantai terindah di Situbondo. Kalau Sedulur ke sini wajib untuk membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut rincian biayanya:

  • Harga tiket masuk: Rp10 ribu per orang
  • Parkir motor: Rp2 ribu
  • Parkir mobil: Rp5 ribu

Tapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Terutama di saat musim liburan, tergantung dari kebijakan pengelola setempat.

Fasilitas Pantai Tampora

Untuk mendukung kenyamanan pengunjung, fasilitas yang tersedia di Pantai Tampora terbilang cukup baik. Di sini sudah ada tempat parkir yang luas, ada mushola, tempat makan, toilet, sewa perahu, gazebo untuk bersantai, tempat bermain, pendopo, dan lainnya.

Kebersihan di pantai juga terjaga dengan baik. Saat ke sini pastikan Sedulur tidak meninggalkan sampah atau buang pada tempatnya. Tapi perlu hati-hati juga karena terkadang muncul monyet liar berkeliaran yang suka mengambil makanan.

BACA JUGA: Bukit Kapur Arosbaya: Lokasi, Rute, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Daya Tarik Pantai Tampora

pantai tampora
Unsplash/Alvian Hasby

Pantai Tampora punya pemandangan alam yang indah. Sedulur bisa melihat panorama air lautnya, pemandangan sekitar pantai hingga pegunungan. Ekosistem pantai ini juga masih bagus terjaga. Berikut ini beberapa daya tarik yang bisa Sedulur nikmati ketika berwisata ke Pantai Tampora.

1. Pemandangan laut dan pantai pasir putih

Pemandangan pantai tidak lepas dari pemandangan air lautnya. Pantai Tampora memiliki pemandangan laut yang jernih serta berwarna hijau di pinggir pantai dan biru di tengah laut. Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat beragam biota laut dan terumbu karang di tepi pantai.

Jika melihat ke arah timur, pengunjung akan melihat pemandangan pegunungan yang indah. Gunung tersebut adalah Gunung Ringgit Timur. Kemudian ekosistem pantai ini masih tergolong alami karena banyak terdapat pepohonan dan kelompok monyet. 

Pengunjung dapat menikmati panorama pantai dari menara pengawas. Pantai Tampora mempunyai keistimewaan lain yaitu pasir putih sepanjang sekitar 100 meter dari ujung ke ujung. Di beberapa tempat, tekstur pasir di pantai ini kasar karena bercampur dengan batu-batu karang kecil. Oleh karena itu, pengunjung dapat memakai sepatu untuk keselamatan.

2. Berombak tenang

Pantai Tampora merupakan salah satu pantai di Jawa bagian utara. Sehingga mempunyai sifat gelombang yang tenang. Tak terkecuali pantai ini. Ombaknya yang tidak terlalu besar berguna bagi pengunjung yang ingin bermain-main di pinggir pantai.

Namun, ombak di pantai ini juga terkadang tidak selalu tenang. Terkadang pantai ini menghasilkan ombak yang cukup besar pada waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu, pengunjung harus berhati-hati terutama jika ingin berenang.

3. Ada bukit dan pepohonan rindang

Pantai Tampora terletak di balik perbukitan dengan pepohonan hijau rindang. Tak heran jika banyak orang yang menyebutnya sebagai pantai indah di balik gunung. Pepohonan hijau rindang menjadi ciri keindahan pantai ini.

Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan ini sambil berjalan atau duduk di gazebo pinggir pantai. Berkat hembusan angin laut dan sejuknya suasana pepohonan di sekitarnya, sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan jiwa. 

4. Petilasan Syekh Maulana Ishaq

Selain wisata alam, pengunjung dapat melakukan wisata religi dengan mengunjungi petilasan salah satu ulama penyebar Islam di Situbondo yaitu Syekh Maulana Ishaq. Ia adalah ayah dari Raden Paku atau Sunan Giri.

Ada juga Goa Kucing yang bisa Sedulur kunjungi selama berlibur di Pantai Tampora. Goa ini terletak di pinggir pantai, kurang dari 70 meter dari tempat parkir. Goa ini tidak terlalu dalam dan berukuran kecil. Namun, warga setempat menjadikannya sebagai goa keramat.

5. Spot matahari terbit dan terbenam

Matahari terbit dan terbenam tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sini. Pemandangan indah langit jingga yang membelah air laut memang tak terlupakan. Jika Sedulur ingin melihat matahari terbit, harap tiba mulai pukul 05.00 WIB.

Sedangkan jika ingin melihat matahari terbenam, pengunjung bisa datang pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB. Cara mudah untuk melihat kedua pemandangan tersebut adalah dengan menghabiskan hari berkemah di pantai.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Tampora Situbondo. Jika Sedulur sedang berada di Jawa Timur khususnya Situbondo, wajib mampir ke pantai ini.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati berkeliling di pantai.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!