waduk semantok

Untuk saat ini, Kabupaten Nganjuk kini telah memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari kabupaten-kabupaten lain, salah satunya adalah Bendungan Semantok atau yang juga sering disebut sebagai Waduk Semantok.

Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini berupa sebuah bendungan yang telah dibangun sejak 2017. Menariknya, bendungan ini baru diresmikan pada tanggal 20 Desember 2022 kemarin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

BACA JUGA: Navara Water Park, Kolam Renang Baru di Bondowoso

Waduk Semantok

waduk semantok
Unsplash/Markus Winkler

Waduk Semantok yang juga dikenal sebagai Bendungan Semantok, merupakan sebuah waduk yang dibangun dengan tujuan utama untuk irigasi, namun seiring waktu juga telah berkembang menjadi destinasi wisata yang populer, terutama karena keindahan alam sekitarnya dan suasana yang tenang.

Waduk Semantok juga memiliki peran penting dalam konservasi alam dan penyediaan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna lokal. Kehadiran waduk telah membantu dalam mempertahankan kelembaban lokal dan mendukung keberlangsungan hidup berbagai spesies tumbuhan dan hewan.

Waduk ini bukan hanya berfungsi sebagai infrastruktur penting untuk irigasi dan pengendalian banjir tetapi juga sebagai tempat yang menyenangkan untuk rekreasi dan relaksasi, menawarkan kombinasi antara manfaat ekologis dan ekonomis bagi masyarakat sekitar dan pengunjung.

Lokasi Waduk Semantok

Bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke daerah Nganjuk, jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata ini. Untuk lokasinya sendiri, Waduk Semantok berada di Jalan Nganjuk – Bojonegoro, Kedungpingit, Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika Waduk Semantok merupakan salah satu objek wisata alam di Nganjuk yang murah meriah. Bukan tanpa alasan, para pengunjung bisa berkunjung ke sini tanpa perlu mengeluarkan uang untuk biaya tiket masuk.

Hanya saja, Sedulur tetap perlu menyiapkan biaya untuk membayar parkir. Untuk lebih jelasnya, berikut ini biaya yang harus disiapkan.

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Tarif Parkir Motor: Rp2.000
  • Tarif Parkir Mobil: Rp5.000

Jam Buka dan Jam Tutup

Waduk Semantok buka setiap hari dari pukul 00.00 WIB sampai 24.00 WIB, alias 24 jam penuh. Jam operasional tersebut, tentu saja memungkinkan para pengunjung untuk datang berkunjung kapan saja sesuai keinginan dan juga waktu luang yang dimiliki.

BACA JUGA: Museum De Javasche Bank: Lokasi, Tiket Masuk dan Koleksi

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

waduk semantok
Unsplash/Lisha Riabinina

Waduk Semantok adalah salah satu objek wisata yang menarik di Nganjuk. Menawarkan kombinasi dari keindahan alam, kesempatan rekreasi, dan manfaat ekonomi untuk masyarakat setempat, berikut ini beberapa daya tarik utama dari objek wisata tersebut.

1. Keindahan alam

Waduk ini terletak di antara perbukitan yang hijau, menyuguhkan pemandangan alam yang memukau. Keindahan alam ini menjadikan waduk ini tempat yang ideal untuk bersantai dan melarikan diri dari kesibukan sehari-hari.

2. Aktivitas rekreasi

Waduk Semantok menyediakan berbagai aktivitas rekreasi yang bisa dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Mulai dari memancing, hingga piknik di sekitar waduk yang sangat cocok untuk piknik keluarga. Ada banyak spot teduh yang ideal untuk duduk dan bersantai.

3. Tempat berkumpul komunitas

Objek wisata ini juga menjadi tempat berkumpulnya komunitas lokal dan pengunjung dari daerah lain. Acara-acara komunitas, seperti festival atau pertemuan sosial, sering diadakan di sekitar waduk, menambah dinamika kegiatan di area ini.

4. Area flora dan fauna

Waduk ini dikelilingi oleh berbagai spesies flora dan fauna. Hal ini menawarkan kesempatan untuk mempelajari dan mengamati berbagai jenis tumbuhan dan hewan di habitat alaminya, menjadikannya lokasi yang menarik bagi pecinta alam dan pengamat burung.

5. Fotografi

Untuk para penggemar fotografi, Waduk Semantok menyediakan banyak objek menarik mulai dari pemandangan alam, aktivitas di air, hingga potret kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Cahaya alami yang berubah-ubah menambah keindahan dan tantangan tersendiri.

Tips Sebelum Berkunjung

Bagi Sedulur benar-benar tertarik berkunjung ke objek wisata waduk ini, simak dulu beberapa tips penting yang ada di bawah ini!

  • Pastikan membawa peralatan seperti payung atau topi, sunscreen, kamera, dan mungkin beberapa camilan dan air minum.
  • Cek prakiraan cuaca sebelum berkunjung, terutama jika berencana melakukan kegiatan di luar ruangan.
  • Selalu bawa kembali sampah dan menjaga kebersihan lingkungan agar Waduk Semantok tetap bersih dan menyenangkan untuk semua orang.

Waduk Semantok menawarkan sesuatu bagi semua orang, dari kesempatan untuk relaksasi, kegiatan rekreasi, hingga pengalaman edukatif tentang alam dan lingkungan.  Oia, Sedulur juga bisa mencoba untuk membawa Air Minum Pirlo untuk menemani jalan-jalan ke waduk lho.

Tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp