taman apsari surabaya

City tour atau wisata berkeliling kota tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Belakangan sejumlah daerah memiliki fasilitas yang mendukung wisata tersebut, seperti misalnya Surabaya dengan bus SSCT.

Untuk itu, Sedulur yang berkunjung ke Surabaya tak ada salahnya mencoba bus SSCT yang menawarkan pengalaman city tour. Apalagi dengan menaiki bus tersebut, Sedulur akan diajak berkeliling kota dan mengunjungi destinasi wisata menarik di Kota Surabaya.

Agar Sedulur tidak bingung, berikut rangkuman informasi seputar bus SSCT mulai dari rute, harga tiket, hingga cara memesan tiketnya. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Informasi KA Komuter Surabaya-Pasuruan, Lengkap dan Terbaru

Mengenal Bus SSCT

bus SSCT Surabaya
Unsplash/Sherlyta Santoso

Surabaya Sightseeing and City Tour atau lebih akrab disebut bus SSCT merupakan salah satu pilihan wisata di Kota Surabaya, Jawa Timur. Sesuai namanya, bus ini menawarkan kegiatan wisata dengan berkeliling Kota Surabaya alias city tour. Dalam satu perjalanan, wisatawan akan diajak berkeliling kota selama kurang lebih 2 jam.

Tak sekadar melihat pemandangan kota, Sedulur juga akan diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Surabaya sesuai rute yang ditawarkan. Menariknya lagi, ada pemandu wisata yang akan mendampingi sepanjang tour sehingga perjalanan makin menyenangkan sekaligus dapat menambah wawasan Sedulur mengenai Kota Surabaya.

Lokasi Bus SSCT

Untuk menaiki bus ini, wisatawan dapat berkumpul di Balai Pemuda yang berada di Alun-Alun Surabaya, Jalan Gubernur Suryo No 15. Lokasi ini sekaligus menjadi titik keberangkatan dan titik akhir dari wisata menggunakan bus SSCT.

BACA JUGA: Jadwal dan Rute Lengkap Wira Wiri Suroboyo Terbaru 2024

Rute Bus SSCT

Unsplash/Hobi Industri

Rute yang akan dilalui bus ini biasanya akan berubah di setiap periodenya dengan tema yang berbeda-beda pula. Menurut laman Tiket Wisata Surabaya, untuk periode April-Mei 2024, bus SSCT mengusung tema “Ulang Tahune Suroboyo”. Berikut rute yang akan dilalui bus SSCT pada periode tersebut untuk hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

  • Rute hari Jumat

Untuk jadwal hari Jumat, wisatawan akan diajakan berkeliling kotak sekaligus mengunjungi tempat bersejarah, yaitu Tugu Pahlawan, Museum 10 Nopember, dan De Javasche Bank. Berikut rute selengkapnya.

Alun-Alun Surabaya – Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember – De Javasche Bank – Alun-Alun Surabaya

Khusus untuk rute ini, wisatawan akan dikenai biaya tambahan untuk memasuki Museum 10 Nopember sebesar Rp 10 ribu untuk umum dan Rp 3 ribu untuk pelajar atau mahasiswa.

  • Rute hari Sabtu

Sedulur yang berminat berwisata menggunakan bus SSCT pada hari Sabtu akan diajak mengunjungi Taman Suroboyo dan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran. Berikut rutenya.

Alun-Alun Surabaya – Taman Suroboyo – THP Kenjeran – Alun-Alun Surabaya

Khusus untuk rute ini, wisatawan akan dikenai biaya tambahan untuk memasuki THP Kenjeran dengan tiket Rp 15 ribu per orang.

  • Rute hari Minggu

Sedulur yang ingin berkeliling kota sekaligus mengunjungi Kebun Raya Mangrove bisa memilih jadwal di hari Minggu, dengan rute sebagai berikut.

Alun-Alun Surabaya – Kebun Raya Mangrove – Alun-Alun Surabaya

Khusus untuk rute ini, wisatawan akan dikenai biaya tambahan untuk memasuki Kebun Raya Mangrove, yakni sebesar Rp 15 ribu per orang.

*) rute berlaku untuk periode 13 April – 31 Mei 2024, update informasi bisa diakses melalui tiketwisata.surabaya.go.id

Jam Operasional

Perlu diketahui, Bus SSCT hanya beroperasi setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu serta tutup pada hari libur nasional. Untuk itu Sedulur perlu memperhatikan tanggal perjalanan yang dipilih.

Adapun kegiatan city tour dilakukan dengan dua sesi keberangkatan di mana setiap sesi akan berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Layanan bus SSCT sendiri buka mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Harga Tiket

Untuk menikmati pengalaman city tour menggunakan bus SSCT, Sedulur perlu merogoh kocek Rp 10 ribu. Perlu digarisbawahi, harga tiket tersebut hanya berlaku untuk naik bus saja.

Sementara, Sedulur perlu menyiapkan biaya tambahan untuk menikmati objek wisata yang menjadi tujuan seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Adapun biaya tambahan yang dikenakan dapat berbeda untuk setiap objek wisata yang dikunjungi.

BACA JUGA: 15 Hotel Murah Dekat Terminal Bungurasih, Terbaik untuk Singgah

Cara Pesan atau Booking

bus SSCT Surabaya
Unsplash/Ina Carolino

Sedulur yang ingin berwisata menggunakan bus SSCT tentu perlu mengetahui cara memesan tiketnya. Masih mengutip dari tiketwisata.surabaya.go.id, tiket bus SSCT hanya dapat dipesan secara online melalui website tiketwisata.surabaya.go.id.

Sedulur harus memesan H-1 sebelum keberangkatan mulai pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, Sedulur harus melakukan scan atau pemindaian tiket dan pembayaran di lokasi sebelum keberangkatan bis.

Syarat dan Ketentuan

Agar perjalanan wisata dengan bus satu ini makin menyenangkan, Sedulur perlu memperhatikan syarat dan ketentuan sebagai berikut.

  • Wisatawan diimbau datang paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan dan melakukan registrasi di kantor Pusat Informasi Pariwisata Kota Surabaya (Ruang TIC).
  • Wisatawan wajib mengikuti himbauan dan petunjuk petugas wisata.
  • Wisatawan melakukan check-in tiket maksimal 10 menit sebelum keberangkatan. Wisatawan yang terlambat akan otomatis dibatalkan alias tiket hangus.
  • Dilarang makan dan minum di dalam bis.
  • Wisatawan wajib mengikuti tur hingga selesai. Dengan kata lain, Sedulur wajib memulai dan mengakhiri city tour di Alun-Alun Surabaya.
  • Tiket yang sudah dibayar tidak dapat dikembalikan atau non refundable.
  • Bus tidak beroperasi di hari libur nasional. Untuk itu, rencanakan kunjungan Sedulur dengan baik agar tidak kecele.
  • Tiket bis akan dibatalkan oleh pengelola apabila bis dalam kondisi maintenance.
  • Wisatawan dapat melakukan pembayaran dengan metode tunai maupun QRIS di lokasi.
  • Informasi lebih lanjut seputar bus SSCT dapat hubungi 031-5340444.

Itu dia rangkuman informasi seputar bus SSCT. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!