taman aman galaxy hember

Sebagai salah satu kota yang cukup dikenal dengan wisata, Jember juga memiliki area terbuka hijau yang cantik dan ramah untuk berlibur bersama keluarga. Destinasi satu ini dikenal dengan nama Taman Galaxy Jember.

Wahana taman terbuka ini memiliki keunikan dimana Sedulur bisa menikmati pepohonan rindang yang diisi oleh jenis palem. Bahkan, pesona pepohonan di sini juga semakin eksotik karena ada beberapa jenis bonsai unik yang membuat setiap sudut taman begitu estetik.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran dengan Taman Galaxy Jember dan ingin mencoba menjadikannya sebagai lokasi wisata bersama keluarga. Berikut ini ulasan lengkap yang bisa Sedulur simak!

BACA JUGA: Dira Park Jember: Ragam Wahana, Harga Tiket dan Jam Buka

Mengenal Taman Galaxy Jember

taman aman galaxy hember
Unsplash/Szabo Viktor

Aman Galaxy Jember merupakan taman wisata yang berlokasi di Desa Temprejo,Jember. Area terbuka hijau ini ditumbuhi rerumputan hijau di lahan yang berbentuk seperti bukit-bukit kecil. Pepohonan palem dan bonsai juga menghiasi sudut-sudut taman ini.

Taman ini dikelola secara mandiri oleh sebuah Pondok Pesantren Al -Waffa. Oleh karenanya seluruh karyawan taman adalah santri dari pondok pesantren tersebut. Khusus di hari Jumat, taman ini tutup dari pukul 10.00 sampai 13.000 untuk beribadah sholat Jumat.

Jumlah pengunjung pada hari kerja di Taman Galaxy Jember termasuk banyak. Setiap hari bisa ada sekitar 100 sampai 200 orang yang berkunjung, sejak dibuka pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Intensitas pengunjung ini juga bisa melonjak tajam saat hari libur tiba. Dimana rata-rata jumlah pengunjung bisa mencapai tiga kali lipat dibanding hari biasa. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pengunjung yang selalu membludak dan tak kunjung surut hingga petang.

Lokasi dan Rute

Kalau Sedulur penasaran dengan lokasi wisata Taman Galaxy Jember. Sedulur bisa menemukannya di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jarak tempuh menuju Taman Galaxy sekitar 17 km dari Alun-alun kota Jember. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit berkendara.

Berikut gambaran rute ke Taman Galaxy dari Alun-alun Kota Jember: Mulaidari Jl. R.A. Kartini ke Jl. Nasional III. Mengemudi dari Jl. Mr Wahid dan Jl. Soekarno Hatta ke Galaksi. Kemudian belok kiri, lokasi Taman Galaxy berada disebelah kiri.

BACA JUGA: Pantai Watu Ulo Jember: Lokasi, Daya Tarik, Legenda, dan Rute

Jam Buka

taman aman galaxy hember
Unsplash/Mason Dahl

Wisata satu ini memang sangat mempesona dan bisa menjadi pilihan menarik untuk berlibur bersama keluarga. Apalagi jam bukanya memang sedari pagi yaitu pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Tetapi sebaiknya Sedulur memilih jam berkunjung terbaik seperti di jam 09.00 sampai 10.00 WIB atau pukul 15.00 sampai 17.00 WIB. Dua pilihan waktu ini bisa memberikan keleluasaan Sedulur untuk menikmati suasana taman yang asri tanpa harus kepanasan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk wisata ini juga sangat ramah di kantong. Sedulur tidak dipungut biaya sama sekali saat hendak masuk ke area taman dan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

Untuk biaya parkirnya pun sangat murah yaitu Rp500 per motor dan Rp1.000 untuk mobil. Tetapi harga ini bisa berubah sewaktu-waktu ya Sedulur.

Fasilitas yang Tersedia

Taman Galaxy menawarkan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan para pengunjung saat menikmati semua suasana di sana. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Tempat parkir

Tersedia area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung, baik mobil maupun sepeda motor. Area parkir ini mudah diakses dan aman.

  • Spot foto-foto

Banyak spot foto yang menarik dan Instagramable di taman ini. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan taman yang indah dan hijau.

  • Toilet umum

Fasilitas toilet umum tersedia di beberapa titik di taman. Toilet-toilet ini dijaga kebersihannya untuk kenyamanan pengunjung.

  • Area edukasi

Taman ini juga memiliki area edukasi di mana pengunjung, terutama anak-anak, dapat belajar tentang alam, tanaman, dan lingkungan.

BACA JUGA: 9 Restoran di Jember Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Daya Tarik Taman Galaxy Jember

kebon rojo blitar
Unsplash/Daiga Ellaby

Taman Galaxy menawarkan suasana taman yang asri. Banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa Sedulur nikmati di taman wisata ini. Taman wisata yang ramah cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Berikut ini beberapa daya tariknya.

1. Mini zoo

Salah satu daya tarik utama Taman Super Galaxy adalah keberadaan mini zoo-nya. Taman ini memiliki koleksi beberapa satwa menarik, diantaranya adalah buaya, burung kasuari, rusa, kancil, ular, burung elang, burung hantu, bangau dan merak.

Dengan demikian, anak-anak bisa memiliki kesempatan untuk mengenal berbagai macam satwa yang tersedia di taman. Sehingga berkunjung ke taman ini tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga sebagai wisata edukatif.

2. Spot piknik di rerumputan hijau

Pengunjung bisa duduk-duduk santai di atas rerumputan untuk bercengkrama dengan keluarga. Atau pengunjung juga bisa menggelar tikar dan makan bersama dengan perbekalan yang dibawa. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan taman dengan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Keberadaan mushola terapung

Salah fasilitas andalan di taman ini adalah keberadaan mushola di tengah kolam. Mushola ini dikelilingi air kolam, sehingga terlihat seperti terapung. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, tapi mushola ini menawarkan suasana yang berbeda dari biasanya.

4. Kolam ikan mas

Di kolam ikan ini ada banyak sekali ikan mas yang berukuran besar. Para pengunjung bisa memberi makan ikan-ikan di sana. Sedulur bisa membeli pakan ikan disamping sebelah selatan kolam terdapat toko ikan.

5. Banyak pilihan kuliner

Satu spot makan yang menarik di taman ini adalah di bawah payung yang terbuat dari jerami, sehingga membentuk seperti saung-saung. Tiap saungnya berbentuk melingkar dan tidak terlalu besar. Sembari makan, pengunjung bisa menikmati kolam ikan di sekitarnya. Anak-anak juga bisa memberi makan ikan-ikan di sana dengan membeli pakan ikan terlebih dahulu.

Tak hanya di bawah payung jerami, pengelola juga menyediakan tempat makan outdoor dengan payung biasa di area taman. Pengunjung bisa menunggu makanan diantar ke meja sambil menikmati suasana taman di bawah payung yang teduh.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Sedulur merencanakan kunjungan ke Taman Galaxy Jember agar pengalaman yang didapatkan terasa lebih menyenangkan dan seru.

  • Kunjungi taman di pagi atau sore hari untuk menghindari panas terik siang hari.
  • Jika ingin suasana yang lebih sepi, hindari berkunjung di akhir pekan atau hari libur.
  • Bawa botol air minum untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  • Manfaatkan tempat duduk dan gazebo untuk beristirahat atau menikmati makanan.
  • Jaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan.
  • Jaga ketenangan dan hormati pengunjung lain dengan tidak membuat keributan.
  • Ikuti semua aturan dan petunjuk yang ada di taman untuk menjaga ketertiban dan keselamatan.

Selain beberapa tips di atas, tempat ini juga bisa menjadi area menghabiskan waktu yang sangat nyaman. Sedulur bisa mencoba membawa perbekalan baik itu snack dan minuman ringan ke sini. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati sejuknya Taman Flora.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Taman Galaxy Jember. Semoga informasi ini bisa memantapkan rencana berlibur Sedulur bersama keluarga supaya bisa menikmati momen liburan dengan asyik!