sendang asmoro

Tuban kini memiliki salah satu destinasi wisata populer yang dikenal dengan nama Sendang Asmoro. Salah satu objek wisata Tuban yang terkenal ini memiliki daya tarik untuk orang-orang yang ingin menyegarkan diri dengan keindahan alam. Tentunya suasana asri dan khas pedesaan, menjadi daya tarik lain dari tempat wisata Tuban ini..

Destinasi wisata ini tergolong baru yang banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Tak heran jika tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Untuk liburan keluarga, kawsan ini memang cukup memadai karena memiliki akses yang mudah dan area luas. Apalagi dengan keberadaan mata air dan rindangnya pepohonan akan membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah berada di tempat ini.

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga kerap menjadi pilihan untuk melakukan berbagai kegiatan. Misalnya seperti pertemuan dinas, outdoor learning, kemah hingga outbond. Kalau Sedulur mau ke sini, simak dulu info lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Pantai Tlangoh: Harga Tiket, Lokasi, Daya Tarik, dan Fasilitas

Sekilas Tentang Sendang Asmoro

sendang asmoro
Unsplash/Anelya Okapova

Sendang Asmoro adalah wisata yang cocok untuk keluarga yang indah di wilayah Tuban, Jawa Timur. Destinasi wisata ini memiliki taman yang dihiasi berbagai bunga cantik, pepohonan sejuk hijau, dan airnya yang tampak segar.

Kesegarannya tak jauh berbeda ketika Sedulur berkunjung ke Pantai Remen Tuban yang eksotis. Ada banyak spot foto cantik yang menjamin Sedulur tidak akan menyesal mengunjungi kawasan Sendang Asmoro. 

Tim Penggerak PKK Tuban baru meresmikan dan membuka lokasi wisata ini pada 2 Oktober 2017. Dari penamaan tempatnya konon merupakan kisah cinta leluhur di masa lalu. Di sini kolamnya cukup besar dan terletak di tengah kawasan wisata.

Air kolamnya berasal dari mata air alami dengan suasana yang sejuk dan asri. Kolam ini ditujukan untuk anak-anak, namun banyak juga orang dewasa yang menikmati kolam renangnya bersama anaknya.

Pada hari-hari tertentu atau perayaan hari besar, pihak pengelola menyiapkan berbagai hiburan seru untuk pengunjung. Bisa dipastikan tempat tersebut dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah. Pengunjung juga bisa memberi makan ikannya secara langsung karena terdapat berbagai jenis ikan di dalam air. 

Kegiatan ini biasanya sangat menarik bagi anak-anak karena sebagian besar anak menyukai ikan dan air. Yang tak kalah menarik, Sendang Asmoro menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh pengunjung karena adanya kawasan pengembangan pariwisata yaitu Taman Rimba.

Lokasi Sendang Asmoro

Sendang Asmoro terletak di Krajan, Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur . Meski berada di tengah pedesaan, tempat ini bisa dikatakan cukup strategis. Jika Sedulur berwisata ke kawasan wisata ini dan berkendara dari pusat kota Tuban, kemungkinan Sedulur akan berkendara sekitar 12 km.

Tiba dengan mobil pribadi adalah pilihan yang tepat, karena jarang sekali ada kendaraan umum untuk mengantarkan Sedulur sampai ke sana. Jika Sedulur bersama rombongan, sebaiknya sewa bus kendaraan.

BACA JUGA: Menikmati Keseruan di Pantai Camplong Sampang yang Populer

Rute Menuju Sendang Asmoro

sendang asmoro
Unsplash/Melissa Askew

Mencari tempat wisata di Sendang Asmoro sebenarnya tidaklah sulit. Sedulur dapat menuju ke Sendang Asmoro dengan mengikuti jalurnya seperti yang ada di bawah ini:

Rute menuju Sendang Asmoro dapat diawali dengan melewati Jalan Hayam Wuruk (biasa disebut Pabrik Kapur) langsung menuju pertigaan Penambangan, lalu masuk jalan ke arah Penambangan dan terus menuju desa Sambongrejo.

Destinasi wisata Sendang Asmoro Ngino terletak di belakang Balai Kota Ngino, berjarak sekitar 50 meter. Aksesnya dari gang Sendangsari RT 01 RW 02. Jalan menuju tempat wisata Sendang Asmoro sudah beraspal sehingga tidak terlalu banyak kendala untuk menuju lokasi wisata ini.

Jika Sedulur memilih jalur Sendang Asmoro itu, Sedulur akan lebih mudah menemukan lokasinya. Namun jika Sedulur ingin menggunakan jalur Sendang Asmoro melalui GPS, Sedulur bisa menggunakan Google Maps yang sudah ada titiknya. Ini akan membantu dan memudahkan kamu.

Jam Operasional Sendang Asmoro

Jam operasional Sendang Asmoro buka hari Senin sampai Minggu pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Jika ingin merasakan segarnya suasana destinasi wisata ini, sebaiknya datang pada pagi hari. Aroma tanaman dan wangi bunga menambah kesegaran tubuh dan pikiran.

Apalagi hijaunya tanaman menyejukkan mata. Beban pikiran dan penatnya setelah bekerja akan hilang dalam sekejap. Oleh karena itu Sedulur memerlukan refreshing untuk pergi ke tempat yang menyenangkan dan indah seperti di Sendang Asmoro karena tempat tersebut sangat menawan.

Harga Tiket Masuk Sendang Asmoro

Sebagai wisata baru yang populer di Tuban, Sendang Asmoro memiliki biaya retribusi untuk masuk ke dalam. Sedulur perlu membayar tiket dan ada biaya parkir yang perlu dibayarkan. Simak informasinya di bawah ini.

Tiket masuk:

  • Dewasa Rp10 ribu
  • Anak Rp5 ribu

Parkir Kendaraaan Roda Dua: Rp 2 ribu

Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp 5 ribu

Bagi Sedulur membawa mobil atau bus rombongan, bisa parkir di halaman PAUD. Namun perlu dicatat bahwa harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola setempat. Terutama ketika musim libur hari besar.

Fasilitas di Sendang Asmoro

Objek wisata Sendang Asmoro mempunyai beberapa fasilitas untuk mendukung kenyamanan bagi pengunjung. Di antaranya adalah kolam renang, area selfie, area camping, dan permainan yang menyenangkan. Selain itu terdapat juga arena outbound untuk anak-anak, toilet umum, tempat parkir yang luas, taman bunga, petting zoo, kincir air, dan masih banyak lagi.

Sedulur bisa membawa teman, keluarga, atau anak-anak untuk datang ke sini karena fasilitasnya sudah mencukupi. Paket liburan sekolah juga tersedia untuk anak sekolah di destinasi wisata ini. Misalnya kegiatan untuk KB & TK maupun para guru bersama murid-murid SD.

BACA JUGA: Puncak Jowin: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Daya Tarik Sendang Asmoro

air terjun tujuh bidadari
Unsplash/Seth Doyle

Sendang Asmoro menawarkan wisata alam yang sangat mempesona. Pepohonan hijau yang mengelilingi kolam membuat suasana lebih sejuk dan menyegarkan. Jernihnya air kolam seakan membawa pengunjung ke dalam kedamaian.

Dengan spot foto Instagramable dan fasilitas yang lengkap, kunjungan ke sini sayang untuk dilewatkan. Tak hanya itu, ada berbagai permainan dan wahana edukasi juga bisa Sedulur temukan di sini. Tentu sayang jika tidak mencobanya bukan? Berikut daya tariknya.

1. Wahana permainan

Objek Wisata Sendang Asmoro mempunyai beragam wahana seru dan sangat menarik yang bisa Sedulur coba. Ada mini trail, ATV, dan Flying Fox untuk memacu adrenalin. Anak Sedulur juga bisa mencoba wahana rumah balon, rumah bola dan odong-odong yang pastinya seru sekali. 

Sedulur juga dapat bepergian sambil belajar tentang berbagai satwa liar. Sedulur dapat mengunjungi kebun binatang mini. Terdapat rumah reptil, rumah kelinci dan juga sekumpulan kera. Pengunjung bisa mencoba memberi makan hewan tersebut dengan makanan yang disediakan pihak pengelola. 

Perjalanan lain yang tak kalah serunya adalah menikmati suasana sendang dengan sepeda air. Sedulur bisa dengan nyaman mengayuh sepeda sambil menghirup udara segar. Ikan juga bisa diberi makan di sini. Melihat ikan-ikan datang dan berkumpul pasti sangat menyenangkan. Wisatawan biasanya membayar ekstra untuk menikmati wahana ini, tergantung wahana mana yang ingin dicoba.

2. Spot foto Instagramable

Berburu foto Instagramable wajib dilakukan di lokasi ini. Banyak tempat estetis yang bisa Sedulur manfaatkan sebagai titik selfie. Pintu masuknya bisa difoto dengan akar tanaman yang bergelantungan di koridor. Sedulur juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang mata air hijau yang indah. 

Di tepi mata air terdapat sebuah spot berbentuk hati dengan tulisan Sendang Asmoro di atasnya. Tempat ini menjadi tempat favorit para pengunjung. Sedulur juga bisa pergi ke area Taman Rimba.

Banyak spot foto estetik seperti rumah Hobbit, Selo Asmoro, Café Rimba, dan beberapa tempat indah lainnya. Tapi fotografi tidak harus selalu di tempat yang bagus, Sedulur hanya bisa mengabadikan momen bersama orang tersayang.

3. Kolam

Bagi yang suka wahana air, bisa berenang di kolam renang dengan sumber mata air alami. Kolam ini cukup dangkal sehingga aman untuk anak-anak. Airnya yang jernih dan segar membuat Sedulur lupa waktu. Sembari menunggu anggota keluarga berenang, Sedulur juga bisa bersantai sambil duduk di gazebo. 

Suasananya yang sangat menenangkan menjadikan Sendang Asmoro pilihan tepat untuk refreshing dan relaksasi. Tak hanya itu, destinasi wisata ini juga sering dijadikan sebagai tempat acara-acara seperti rapat dan pertemuan resmi, edukasi outdoor, outbond, hingga camping.

4. Rumah Baca

Lalu ada juga Rumah Baca setelah melakukan berbagai permainan. Sedulur bisa menghabiskan waktu membaca di sini. Tempatnya indah dan asik sekali untuk membaca buku. Di sekitar kawasan ini terdapat kantin yang menjual berbagai macam jajanan dan minuman dingin.

Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan membaca di perpustakaan destinasi wisata ini pastinya akan menyenangkan selama liburan. Pengelola juga biasanya mengadakan acara hiburan lain pada waktu-waktu tertentu.

Tips Berkunjung ke Sendang Asmoro

Ketika Sedulur ingin berkunjung ke Sendang Asmoro, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Hal ini untuk mendukung aktivitas berwisata kamu. Untuk itu berikut ini tipsnya.

  • Pilih waktu yang tepat dan lihat prakiraan cuaca. Cari waktu ketika cuaca sedang cerah biar Sedulur bisa menikmati wisata di Sendang Asmoro dengan maksimal.
  • Jangan lupa membawa baju ganti dan peralatan mandi jika ingin berenang.
  • Bawa uang cash yang cukup untuk memudahkan Sedulur ketika ingin membeli makanan atau minuman.
  • Membawa kamera untuk mengabadikan momen berkesan.
  • Pastikan fisik dalam kondisi baik dan cek kendaraan sebelum melakukan perjalanan.
  • Taati peraturan setempat dan jangan buang sampah sembarangan.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai wisata Sendang Asmoro. Kalau Sedulur sedang berkunjung ke Tuban, jangan lupa mampir ke tempat ini ya. Selamat berwisata.