puncak jowin

Tulungagung memang tidak pernah gagal dalam menghadirkan objek wisata alam. Belakangan ini, muncul wisata baru di Tulungagung yang bernama Puncak Jowin. Bisa dibilang jika ini adalah wisata yang unik, karena menghadirkan fenomena alam dari atas.

Jadi memang tidak heran jika banyak orang yang menyebutnya sebagai wisata negeri atas awan. Walaupun terkesan sederhana, namun dijamin Sedulur akan mendapatkan pengalaman menarik yang tidak akan pernah bisa dilupakan selamanya.

Namun sebelum itu, Sedulur perlu menyimak dulu beberapa informasi penting mengenai Puncak Jowin yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Goa Petapa, Hidden Gem dengan View Jembatan Suromadu

Puncak Jowin

puncak jowin
Unsplash/Kyle Frost

Puncak Jowin merupakan salah satu objek wisata alam di Tulungagung yang belakangan ini sedang banyak dibicarakan. Nama Jowin sendiri merupakan singkatan dan Joho-Winong, yang merupakan nama desa dimana tempat wisata tersebut berada.

Bahkan Puncak Jowin ini telah ditetapkan oleh Kementerian ESDM sebagai warisan bumi dari Tulungagung. Walaupun masih tergolong sebagai objek wisata baru, terdapat berbagai macam aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Lokasi Puncak Jowin

Alamat dari Puncak Jowin berada di Jalan Jowin – Jalan Raya Joho No.01, Nglegok, Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Dari pusat kota Tulungagung, objek wisata ini berjarak kurang lebih 14,5 kilometer.

Jarak tersebut dapat Sedulur tempuh menggunakan kendaraan dengan waktu sekitar 27 menit. Rute yang harus diambil, yakni melalui Jalan Raya Podorejo, kemudian pilih Jalan Raya Ngambel. Ikuti saja jalan tersebut sampai bertemu dengan lokasi dari objek wisata alam ini.

Harga Tiket Masuk

Keindahan panorama alam yang dihadirkan di objek wisata puncak ini, bisa Sedulur nikmati dengan biaya yang cukup terjangkau. Namun selain itu, Sedulur juga perlu menyediakan biaya untuk tarif parkir di area wisata. Berikut informasi mengenai harga tiket masuk dan tarif parkir yang perlu disiapkan.

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Tarif Parkir: Rp5.000

Jam Buka dan Jam Tutup

Puncak Jowin dibuka untuk wisatawan umum setiap hari, mulai dari dini hari sampai malam hari. Jadi Sedulur yang ingin menyaksikan matahari terbit, maka tempat wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk penjelasan secara lebih jelas, berikut ini jam operasional dari objek wisata tersebut.

  • Senin: 04.30 WIB – 21.30 WIB
  • Selasa: 04.30 WIB – 21.30 WIB
  • Rabu: 04.30 WIB – 21.30 WIB
  • Kamis: 04.30 WIB – 21.30 WIB
  • Jumat: 04.30 WIB – 21.30 WIB
  • Sabtu: 04.30 WIB – 21.30 WIB
  • Minggu: 04.30 WIB – 21.30 WIB

BACA JUGA: Coban Kedung Darmo Malang: Daya Tarik, Rute, dan Tips

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

puncak jowin
Unsplash/Miikka Luotio

Puncak Jowin menawarkan berbagai aktivitas yang menarik dan dapat dinikmati oleh para pengunjung yang mencari ketenangan serta keindahan alam. Di bawah ini beberapa aktivitas menarik yang bisa Sedulur lakukan ketika berkunjung ke Puncak objek wisata Tulungagung ini.

1. Menikmati pemandangan alam

Dari puncak, Sedulur dapat menikmati pemandangan luas yang meliputi perbukitan hijau. Bahkan terkadang kabut muncul mampu menambah kesan mistis di lokasi ini. Ya, ini adalah tempat wisata yang sempurna untuk bersantai dan juga menenangkan pikiran.

2. Menyaksikan matahari terbit

Menyaksikan matahari terbit dari Puncak Jowin merupakan salah satu pengalaman yang tak akan pernah bisa dilupakan. Dengan pemandangan perbukitan yang membentang luas dan suasana alam yang tenang, momen ini dapat terasa sangat menakjubkan.

3. Camping

Dengan suasana alam yang masih asri, objek wisata ini menyediakan tempat yang sempurna untuk berkemah. Menghabiskan malam di bawah bintang dikelilingi oleh keheningan alam, bisa menjadi cara terbaik untuk melepas penat dan merasakan kedekatan dengan alam.

4. Berburu foto keren

Keindahan alam yang sangat indah dan fotogenik, menjadikannya sebagai lokasi yang ideal untuk fotografi. Baik Sedulur yang merupakan fotografer amatir atau profesional, bisa menemukan banyak spot menarik untuk mengabadikan momen.

5. Menikmati Matahari Terbenam

Selain matahari terbit, objek wisata ketinggian ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan matahari terbenam alias sunset. Walaupun tidak seindah di pantai, pemandangan tersebut tetap terasa memuaskan.

Tips Sebelum ke Sana

Mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung ke Puncak Jowin adalah langkah yang sangat penting. Jadi jika Sedulur merasa tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, pahami dan ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini.

  • Bawa barang-barang pribadi yang dibutuhkan, terlebih kebutuhan dan obat-obatan pribadi.
  • Jangan lupa bawa kamera atau handphone untuk mengambil foto di objek wisata.
  • Jangan lupa untuk membawa uang saku, terlebih jika memilih untuk berkemah.
  • Jika Sedulur memutuskan untuk berkemah, pastikan jaga kesehatan.
  • Menjaga sikap dan tidak merusak fasilitas yang tersedia di objek wisata.
  • Sebelum berangkat, pastikan tubuh Sedulur berada dalam kondisi yang prima.
  • Selalu jaga barang pribadi supaya tetap aman.

Puncak Jowin mampu memberikan pengalaman baru yang memungkinkan para pengunjung untuk bisa lebih dekat dengan alam. Objek wisata ini bisa menjadi tempat yang sangat ideal bagi Sedulur yang sedang mencari suasana tenang dan menghilangkan penat setelah aktivitas rutin sehari-hari.

Agar menikmati suasana Puncak Jowin makin asik, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas mulai dari jalan-jalan dan bertualang di alam akan semakin seru.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.