Puncak Pringgitan, Spot Menikmati Keindahan Ponorogo dari Ketinggian

Memiliki bentang alam yang dikelilingi banyak pegunungan membuat Ponorogo menjadi salah satu kota terbaik untuk berlibur. Bahkan, Sedulur bisa menikmati pemandangan yang eksotik dari Pringgitan Ponorogo, karena bisa melihat kerlap-kerlip kota dari ketinggian.

Pringgitan sendiri merupakan salah satu gunung kecil yang berada di sisi selatan Ponorogo. Gunung kecil ini sebenarnya hanya setinggi 600 meter di atas permukaan laut, tapi ketinggian itu sudah cukup untuk memanjakan mata para wisatawan untuk bisa menikmati keindahan kota Ponorogo dari atas awan.

Kalau Sedulur tertarik untuk datang ke Pringgitan Ponorogo dan menikmati keindahannya. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

BACA JUGA: Pemandian Alam Selokambang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Wisata Gunung Pringgitan

pringgitan ponorogo
Pexels/Basmasseus

Wisata Gunung Pringgitan di Ponorogo adalah tempat wisata yang cukup ramai dengan wisatawan baik dihari biasa maupun hari liburan. Wisata Gunung Pringgitan di Ponorogo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sangat disayangkan jika Sedulur yang suka kegiatan outdoor berada di kota Ponorogo tidak mengunjungi wisata Gunung Pringgitan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Gunung Pringgitan di Ponorogo merupakan tempat wisata ketinggian yang harus Sedulur masukkan dalam daftar lokasi liburan. 

Penduduk lokal daerah Wisata Gunung Pringgitan juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Gunung yang memiliki ketinggian 606 Mdpl ini memiliki puncak yang dikenal dengan nama Puncak Pertapan. 

Dari Puncak Pringgitan, khususnya pada malam hari, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan panorama malam Kota Ponorogo yang diterangi oleh gemerlap lampu kota dan di hiasi oleh taburan bintang.

Selain lokasi disekitar yang masih alami dengan banyaknya pepohonan termasuk pohon pinus, di Gunung Pringgitan juga didiami beberapa satwa salah satunya kera yang menjadi hiburan tersendiri bagi para pendaki.

Lokasi dan Rute

Lokasi Gunung Pringgitan yang terletak di wilayah Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Posisinya berada di sisi selatan Kota Ponorogo dan memiliki jarak tempuh sekitar 25 menit.

Apabila Sedulur ingin menuju ke sana, maka bisa mengambil jalur menuju arah Kabupaten Pacitan. Di depan Balai Desa Caluk, Kecamatan Slahung, wisatawan harus mengikuti jalan naik hingga masuk ke Dusun Joso, Desa Wates, Kecamatan Slahung.

Selanjutnya, wisatawan harus berjalan kaki selama sekitar 45 menit sampai 60 menit atau sejam dari penitipan kendaraan di Dusun Joso untuk bisa mencapai puncak.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Sedulur tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa memasuki area Gunung Pringgitan. Cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp5 ribu dan sudah bisa berkeliling di sekitarnya. Sementara itu, untuk jam buka lokasi wisata ini adalah 24 jam. Jadi Sedulur bisa datang kapan saja, tanpa perlu khawatir dengan jam bukanya.

BACA JUGA: Bukit Banyon: Daya Tarik, Harga Tiket, Aktivitas, dan Rute

Daya Tarik Gunung Pringgitan Ponorogo

pringgitan ponorogo
Unsplash/Samsung Memory

Ada beberapa daya tarik yang bisa Sedulur temukan di Gunung Pringgitan Ponorogo. Berikut ini diantaranya.

1. Spot camping terbaik

Puncak Pringgitan jadi rekomendasi tempat camping di Ponorogo yang memukau, terutama saat malam tiba. Di sana, Sedulur bisa menikmati pemandangan lampu-lampu kota yang berkelap-kelip dari ketinggian puncak ini. Sedulur juga bisa menikmati sunrise dan sunset di puncak ini, memberikan pemandangan yang menakjubkan dari atas gunung.

Tempat ini menjadi favorit bagi anak muda untuk camping, baik dari dalam maupun luar Ponorogo. Namun, pastikan Sedulur membawa logistik dan peralatan yang cukup karena tidak ada warung di sekitar Puncak Pringgitan.

2. Dikelilingi hutan pinus

Gunung Pringgitan memiliki pesona keindahan alam yang menarik, termasuk pepohonan yang masih alami dan keberadaan pohon pinus di sekitar area wisata. Tempat wisata yang menarik bagi pecinta aktivitas outdoor dan  pendaki gunung, terutama untuk menikmati pemandangan dan udara segar dari ketinggian.

3. Daerah hidup banyak satwa

Di Gunung Pringgitan, terdapat beberapa satwa seperti kera, burung, hingga reptil-reptil kecil yang menjadi hiburan tersendiri bagi para  pendaki. Namun, Sedulur harus tetap berhati-hati supaya tidak mengganggu satwa-satwa yang ada di sana ya. Selain itu tetap selalu jaga kebersihan di sekitar Pringgitan Ponorogo.

Tips Berkunjung ke Sana

Ada satu tips penting yang perlu Sedulur perhatikan. Apalagi wisata Gunung Pringgitan ini masih termasuk ke dalam wisata mandiri sehingga belum banyak bantuan infrastruktur dan fasilitas dari pemerintah.

Jadi karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Demikian tadi informasi lengkap tentang wisata Pringgitan Ponorogo. Gunung kecil yang ada di selatan kota ini memang jadi spot terbaik untuk menikmati Ponorogo dari malam hari. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi pedoman wisata Sedulur ya!