pohon pelangi bondowoso

Ketika musim liburan, salah satu tempat yang bisa menjadi rekomendasi untuk berlibur bersama keluarga adalah Hutan Pelangi Bondowoso. Tempat tersebut menyediakan pohon berwarna-warni. Hutan yang satu ini tentu berbeda dengan hutan kebanyakan yang ada di Indonesia. Pasalnya, bisa dijadikan objek wisata karena punya daya tarik tersendiri. 

Hutan yang jadi tempat wisata Bondowoso ini pada bagian batang pohon penuh dengan warna sehingga diberi nama Pohon Pelangi Bondowoso. Namun sayang, saat ini tumbuhan tersebut dinodai dengan aksi vandalisme oleh oknum tak bertanggung jawab. Sejumlah tulisan terlihat jelas di batang pohon itu.

Tulisan di pohon pelangi yang bernama Eucalyptus Deglupta itu, dilakukan dengan cara digores menggunakan benda keras. Sehingga membentuk huruf dan kata. Paling banyak ditemui adalah nama seseorang bersama pasangannya. Ada yang terlihat sudah lama, ada pula yang masih baru digores. 

Kini Hutan Pelangi sudah mulai banyak dikunjungi, termasuk dari wisatawan luar daerah. Maklum saja, tumbuhan jenis ini masih jarang ditemui di tempat lain. Meskipun sebenarnya, Hutan Pelangi belum termasuk dalam destinasi wisata resmi. Namun, jika Sedulur tertarik datang ke sini, simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Keindahan Pantai Bajulmati Malang: Daya Tarik, Lokasi, dan HTM

Sekilas Tentang Pohon Pelangi Bondowoso

pohon pelangi bondowoso
Unsplash/Alexandra Tran

Tak seperti pohon pada umumnya yang berwarna cokelat, batang pohon ini berwarna hijau, kuning, merah muda, cokelat dan berbagai warna lainnya. Dilihat sekilas, pohon itu seperti dicat warna-warni. Bahkan, kalau dalam gambar seperti hasil editan. Tapi, ternyata memang keindahan alami yang disajikan pohon tersebut. 

Pohon pelangi atau yang dikenal dengan sebutan Rainbow eucalyptus ini bak lukisan tangan Yang Maha Kuasa. Ukuran yang besar dan tinggi menjulang membuat Sedulur semakin takjub dengan pesonanya. Tidak heran, jika pohon ini disebut menjadi salah satu pohon terindah dunia.

Warna-warna di pohon berasal dari kulit pohon yang sering terkelupas. Lapisan kulitnya berganti secara bergantian. Saat lapisan kulit terluarnya hilang, lapisan pertama yang berwarna hijau yang tertutupi akan tampak. Kemudian, tumbuhlah kulit baru. Kulit baru itulah, yang kemudian berubah warna menjadi merah, hijau, biru, dan warna-warna yang lain.

Pada setiap pergantian lapisan selalu muncul warna yang berbeda dari sebelumnya. Inilah yang membuat batang Rainbow eucalyptus berwarna-warni seperti pelangi. Layaknya sidik jari yang berbeda-beda pada setiap manusia, deretan pohon pelangi ini juga memiliki coretan-coretan yang berbeda dengan yang satu lainnya. Gradasi setiap pohonnya sangat memukau dan eksotis.

Pohon Pelangi Raksasa

Pohon Pelangi seperti pohon raksasa yang memiliki tinggi rata-rata sampai 70 meter, sedangkan diameternya 2,5 meter. Saat dipegang kulit kayunya licin dengan daun berbau harum khas kayu putih ketika diremas. Meski begitu, pohon pelangi tidak mengeluarkan banyak minyak aromatik.

Justru kulit kayu dan batang pohon pelangi sering dijadikan sebagai bahan baku dalam industri bubur kertas (pulp). Batang kayunya dapat dijadikan sebagai bahan baku konstruksi bangunan.

Pohon dengan nama ilmiahnya Eucalyptus deglupta ini tumbuh di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin sekitar 34 kilometer dari pusat kota. Tumbuhan ini juga menjadi salah satu tumbuhan tertua yang ditanam di hutan ini.

Tak hanya pohon pelangi saja yang ditanam di hutan ini. Setidaknya ada 3.879 pohon dari 59 jenis telah ditanam di hutan seluas 23,6 hektare. Warnanya yang apik, pengunjung banyak menjadikan pohon ini sebagai latar foto karena keindahannya.

Hutan Pelangi (Rainbow Forest) sesuai dengan karakteristiknya yang menunjukkan gradasi warna-warna seperti pelangi, yang disebabkan oleh proses oksidasi kambium batang dengan oksigen, sehingga berturut-turut menghasilkan warna hijau, kuning, biru, jingga hingga cokelat.

Karakter pohon ini juga lain dari pohon umumnya, karena tak memiliki cabang dan ranting. Sedangkan, batang pohonnya lurus menjulang. Kalau pun ada dahan dan ranting, biasanya di bagian atas dan hanya sedikit.

Pernah Diajukan Masuk UNESCO Global Geopark

Karena keunikan Hutan Pelangi, pada 2020 lalu lokasi ini pernah diajukan untuk masuk ke dalam UNESCO Global Geopark. Kawasan ini diajukan sebagai Global Geological Park ke UNESCO untuk bidang biologi. Tak heran jika pohon pelangi menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. 

Selain memiliki gradasi warna menakjubkan, banyak di antara mereka yang menjadikan pohon unik ini sebagai latar foto karena keindahannya. Bahkan pohon pelangi disebut-sebut sebagai salah satu pohon terindah dan menakjubkan di dunia.

BACA JUGA: Taman Apsari Surabaya: Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket

Lokasi dan Rute Menuju Pohon Pelangi Bondowoso

pohon pelangi bondowoso
Unsplash/Chris Stenger

Saat Sedulur berencana liburan di Pohon Pelangi Bondowoso atau Rainbow Eucalyptus, destinasi satu ini bisa dikunjungi dengan mudah karena akses jalan yang baik. Baik menggunakan kendaraan sepeda motor maupun mobil, bisa masuk untuk explore keindahan dan spot terbaik Pohon Pelangi Bondowoso.

Jika Sedulur hendak berwisata di tempat ini, lokasi Pohon Pelangi berada di Rejo Agung, Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Saat Sedulur mengunjungi tempat wisata Rainbow Eucalyptus dari pusat kota Bondowoso Jawa Timur, jarak yang harus ditempuh menggunakan kendaraan kurang lebih 30 km.

Tapi untuk memudahkan Sedulur bisa menggunakan akses peta lokasinya dengan Google Maps karena sudah sesuai titik. Hal ini akan mempermudah perjalanan libur akhir pekan Sedulur di Bondowoso. 

Harga Tiket dan Jam Operasional

Ketika mengunjungi tempat piknik di Bondowoso satu ini Sedulur tidak akan kehilangan banyak biaya. HTM murah meriah siap memanjakan kantong saat menghabiskan libur akhir pekan bersama orang tercinta. Untuk harga tiket masuk Pohon Pelangi Bondowoso, Sedulur cukup mengeluarkan biaya Rp3.000 saja per orang.

Dengan harga itu, Sedulur bisa puas explore keindahan alam dengan sudut dan spot terbaik yang ditawarkan destinasi wisata Hutan Pohon Pelangi. Jika Sedulur berencana menghabiskan hari libur bersama keluarga di tempat menarik Bondowoso terbaru satu ini, jam operasional dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Nikmati liburan anti mainstream dengan explore keindahan Pohon Pelangi dan fenomena indah di dalamnya bersama orang tercinta. Tapi perlu dicatat bahwa harga tiket masuk objek wisata Pohon Pelangi Bondowoso ini bisa berubah setiap waktu dan belum termasuk tiket parkir kendaraan.

Fasilitas di Pohon Pelangi Bondowoso

Ketika Sedulur mengunjungi tempat wisata Pohon Pelangi Bondowoso, di dalamnya sudah terdapat beberapa fasilitas menarik yang bisa menunjang kenyamanan wisatawan. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

  • Tempat parkir kendaraan cukup luas
  • Warung wisata
  • Toilet umum
  • Tempat ibadah
  • Camping area
  • Spot foto instagramable
  • Tempat duduk dan gazebo

Daya Tarik Wisata di Pohon Pelangi

Jika Sedulur berkunjung ke Pohon Pelangi, nikmati kedamaian dan suasana terbaiknya. Tempat yang cocok untuk ngadem merelaksasi pikiran dan jiwa penat dengan kesibukan setiap harinya. Jangan lewatkan aktivitas fotografi, jelajah sudut terbaik dari obyek wisata Pohon Pelangi dan dapatkan setting kecenya.

Dapatkan gambar instagenic dengan fenomena alami yang tergolong unik saat explore tempat wisata Bondowoso satu ini. Ketika Sedulur mengunjungi tempat wisata murah di Bondowoso satu ini, cobalah aktivitas camping. Menikmati suasana malam romantis dengan kesegaran pagi hari untuk jiwa yang fresh dan siap melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Tips Berkunjung

Saat Sedulur inginkan liburan berkualitas di Hutan Warna Warni Bondowoso, persiapkan aktivitasmu dengan beberapa tips berikut. Simak sampai selesai!

  • Waktu terbaik untuk explore keindahan alam Pohon Pelangi yaitu di pagi hari. Nikmati keindahannya untuk merelaksasi jiwa dan pikiran yang haus akan liburan.
  • Siapkan kamera dengan baterai penuh karena banyak spot instagramable yang rekomended untuk Sedulur explore di Pohon Pelangi.
  • Jelajah sudut terbaiknya, jaga kebersihan dan keasrian tempat ini ketika explore keindahannya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pohon Pelangi Bondowoso. Kalau Banyuwangi punya Hutan De Jawatan, hutan unik dengan pohon trembesi bak di film Lord of the Rings, Bondowoso juga punya hutan yang tak kalah unik. Ya, Sedulur bisa menemukan hutan dengan pohon berwarna-warni atau yang disebut sebagai Hutan Pelangi.

Oia, karena untuk bisa menikmati keindahan Pohon Pelangi, Sedulur harus berjalan cukup jauh. Maka sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Salah satu yang mungkin bisa Sedulur bawa adalah Air Minum Pirlo yang bisa menyegarkan tubuh saat berwisata.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!