pemandian patemon

Patemon merupakan objek wisata berupa kolam renang di Kecamatan Tanggul Jember yang diyakini berkaitan dengan legenda Dewi Rengganis. Patemon juga digunakan sebagai nama  destinasi wisata dan juga sebagai nama desa setempat, yaitu Desa Patemon.

Tempat wisata Patemon yang merupakan tempat wisata langganan masyarakat Kabupaten Jember dan Lumajang ini merupakan milik Pemerintah Kabupaten Jember. Tempat wisata ini seperti taman dan kolam dengan sumber mata air alami dari lereng Gunung Argopuro.

Destinasi ini merupakan wisata tradisional yang selalu ramai pengunjung saat hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Jadi tidak heran kalau Patemon menjadi  desa wisata dengan kolam renang terbaik di Jember. Kalau Sedulur ingin datang ke sini, simak dulu informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Air Terjun Tujuh Bidadari: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Sekilas Tentang Pemandian Patemon

pemandian patemon
Unsplash/Alex George

Kesejukan air pemandian serta indahnya panorama alam membuat pengunjung betah berada di Pemandian Patemon. Mata air yang berasal dari lereng pegunungan Argopuro menjadikan tempat ini sebagai taman rekreasi dan berenang alami. Letaknya 30 km sebelah barat pusat kota Jember. 

Dulunya Pemandian Patemon dipercaya merupakan sebuah danau kecil dengan aliran air yang sangat besar dan jernih sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata. Air telaganya sangat jernih.

Bahkan saking jernihnya konon katanya kalau untuk bercermin siapa saja orangnya, kalau laki-laki akan terlihat ganteng dan perempuan kelihatan cantik. Di kota bersuhu tinggi seperti Jember, sumber air seperti Pemandian Patemon ibarat oase penyegaran bagi masyarakat setempat.

Pemandian Patemon sendiri merupakan destinasi wisata yang sangat populer di kalangan masyarakat Jember dan Jawa Timur. Para pengunjung kerap datang untuk menyegarkan diri dengan mandi dan bermain di kolam Patemon.

Meski banyak terdapat pemandian serupa di Jember dan sekitarnya, Patemon menjadi yang paling populer di masyarakat. Sebab, pemandian yang sudah ada sejak sebelum zaman penjajahan Belanda ini relatif mudah diakses dari berbagai arah. Apalagi lokasinya memang berada di jalur Surabaya – Jember yang ramai.

Mitos Pemandian Patemon

Dari cerita turun-temurun menyebutkan bahwa pemandian tertua di kota penghasil tembakau ini merupakan tempat terjalinnya cinta antara Dewi Rengganis dan Pangeran Andi Sose dari Makassar. Itu sebabnya airnya masih dipercaya bisa membuat hubungan romantis dan langgeng. 

Di masa lalu, pemandian ini adalah sebuah danau. Dewi Rengganis kerap mandi di tempat yang terletak di lereng Gunung Argopuro ini. Suatu hari dia mengetahui bahwa seorang pria bernama Andi Sose sedang memata-matainya. Akibatnya Dewi Rengganis murka kepada Pangeran makassar itu.

Setiap kali Andi melewati perbukitan, dia selalu melihat Rengganis. Setelah pertemuan ini, mereka jatuh cinta dan menjalin hubungan serius. Hingga akhirnya muncul istilah patemon yang artinya pertemuan dalam bahasa Madura. Kisah cinta mereka pun melahirkan mitos. 

Masyarakat percaya bahwa pasangan pengantin muda yang mandi di sini memiliki hubungan yang panjang. Seringkali mereka masih mengenakan baju pengantin saat mandi. Bahkan ada pula yang datang dari luar Jember. Air yang berasal dari Danau Taman Hidup dipercaya mempunyai khasiat penyembuhan. 

Menurut Sunarko, sesepuh setempat mengatakan di Pemandian Patemon adalah air suci. Pemberian dari Sang Hyang Widhi. Saat Imlek, warga Tionghoa mengambil air di sini untuk membersihkan rumah. Air tersebut juga menjadi obat bagi pengunjung yang mengalami gangguan gaib dan hal mistis lainnya.

Namun, karena banyaknya orang yang menyalahgunakan pemandian ini menjadi tempat ritual gaib. Pemerintah setempat akhirnya memberikan larangan keras kepada para pengunjung untuk melakukan ritual tertentu di lokasi ini.

BACA JUGA: Pemandian Bektiharjo: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Lokasi Pemandian Patemon

Unsplash/Raphael Biscaldi

Pemandian Patemon berada di Desa Patemon, kecamatan Tanggul kabupaten Jember Jawa Timur. Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi, mobil, motor atau bahkan angkutan umum.

Pemandian ini berada di lereng Gunung Argopuro dengan suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Cocok buat healing dan menghilangkan stres.

Rute Menuju Pemandian Patemon

Pemandian Patemon, sebuah taman rekreasi umum yang terletak di kawasan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, yang merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Jember dan sekitarnya. Pemandian yang berada di jalur Surabaya-Jember ini airnya dari pegunungan Argopuro yang kerap menjadi pilihan warga untuk bersantai, terutama saat liburan. 

Jika Sedulur menempuh perjalanan dari Alun-Alun Kota Jember, jarak menuju objek wisata Patemon sekitar 34 km, sedangkan dari Alun-Alun Kota Tanggul, hanya berjarak sekitar 5 km. Sedulur pun bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Purabaya atau yang juga kerap disebut terminal Bungurasih.

Harga Tiket Masuk Pemandian Patemon

Saat Sedulur merencanakan liburan di Pemandian Patemon, tak perlu khawatir kantong bolong. Pasalnya, tempat rekreasi murah ini siap memanjakan kegiatan liburanmu menjadi lebih menyenangkan. Harga tiket masuknya benar-benar terjangkau. Sedulur hanya cukup membayar Rp5 ribu per orang saja sudah bisa mandi sepuasnya.

Jam Operasional Pemandian Patemon

Pemandian Patemon bisa Sedulur datangi kapan pun karena buka tiap hari. Untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 WIB sampai sore pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik ketika datang ke sini adalah pagi atau sore hari. Ajaklah teman, keluarga, atau pasangan saat ke sini.

BACA JUGA: 10+ Tempat Kolam Renang di Sidoarjo, Cocok untuk Liburan

Daya Tarik Pemandian Patemon

pemandian bektiharjo
Unsplash/Darren Lawrence

Pemandian Patemon mempunyai sejarah yang menarik dan menjadi salah satu daya tariknya. Tapi gak hanya mitosnya, Sedulur juga bisa merasakan banyak hal menyenangkan di sini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Air terjun. Suara gemericik air dari air terjun membuat suasana dan atmosfer yang rileks untuk para pengunjung.
  • Ketenangan mata air. Kualitas airnya jernih dan segar. Sedulur menyelam dalam mata air yang tenang. Mata air ini dipercaya mempunyai khasiat yang bagus untuk kulit.
  • Tempat hijau yang sejuk. Pohon-pohonan sekitar membuat suasana teduh, sejuk, dan tenang.
  • Berenang dan bermain air. Sedulur bisa menikmati kesegaran air sambil berenang atau bermain air bersama teman atau keluarga.
  • Rekreasi dan santai. Lokasinya sangat bagus untuk rekreasi dan santai. Sedulur bisa menempatkan matras atau alas sambil santai menikmati keindahan alam sekitar.

Fasilitas Pemandian Patemon

Pemandian Patemon ini memiliki beberapa fasilitas untuk mendukung kegiatan wisata Sedulur selama di sini. Terbilang cukup komplit, jadi Sedulur tak perlu khawatir. Berikut diantaranya:

  • Tempat parkir

Pemandian Patemon memiliki tempat parkir yang luas untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Untuk tarif parkirnya kendaraan roda dua Rp3 ribu dan mobil Rp5 ribu.

  • Kamar mandi

Di sini disediakan kamar mandi baik untuk bilas atau ganti pakaian. Sedulur bisa mandi atau bilas dengan nyaman dan cukup membayar Rp2 ribu saja.

  • Tempat istirahat dan warung makan

Di sekitar pemandian ada tempat istirahat dan warung makan. Jadi Sedulur tak perlu khawatir kelaparan selama di sini. Bisa bersantai sambil menyantap makanan yang dijajakan.

Tips Berkunjung ke Pemandian Patemon

Untuk mendukung kegiatan berwisata di Pemandian Patemon, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Apa saja kira-kira? Simak di bawah ini:

  • Bawa peralatan mandi dan baju ganti, jadi Sedulur bisa bilas setelah berenang.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar dengan tidak membuang sampah sembarang atau tindakan yang merusak seperti corat-coret.
  • Jagalah kesopanan dan jangan berbuat sesuatu yang merugikan.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pemandian Patemon. Kalau Sedulur sedang berkunjung ke kota Jember, jangan lupa untuk mampir dan menikmati kesegaran air di sini. Selamat berwisata!