Wisata

Pemandian Alam Selokambang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Meskipun terkenal karena kemegahan Gunung Semeru, Lumajang memang memiliki keindahan dataran tinggi yang cantik. Salah satunya adalah pemandian alam Selokambang. Pemandian alami ini begitu terkenal karena kesegaran serta kejernihan airnya. Jadi tidak heran kalau pemandian ini menjadi pilihan untuk menjernihkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Kalau Sedulur tertarik untuk mencoba kesegaran di pemandian Selokambang. Sebaiknya simak beberapa informasi penting lokasi wisata unik ini dalam artikel di bawah. Simak baik-baik ya Sedulur!

BACA JUGA: Pantai Peh Pulo: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Selokambang

pemandian alam selokambang
Unsplash/Delphine Fant

Pemandian Alam Selokambang menawarkan pemandangan alam dengan danau besar yang bisa dijadikan tempat berenang yang menyenangkan. Masyarakat sekitar percaya jika mandi di tempat tersebut maka penyakitnya akan sembuh. Itu sebabnya banyak orang yang memanfaatkan pemandian alam ini sebagai tempat terapi atau hidroterapi.

Air di Pemandian Selokambang sangat menyegarkan. Sebab, sumber mata air tersebut berasal dari mata air alami dan langsung dari Gunung Semeru. Selain kesegaran airnya, daya tarik utama pemandian alam Selokambang adalah terapi airnya.

Mitos Pemandian Selokambang

Beberapa wisatawan mengunjunginya karena ingin merasakan hidroterapi di pemandian. Warga meyakini melakukan terapi secara rutin di Pemandian Alam Selokambang sebelum matahari terbit bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti kencing manis, rematik, kolesterol, gatal-gatal, stroke, dan lainnya.

Asal Usul Pemandian Selokambang

Pemandian Alam Selokambang memiliki cerita menarik mengenai asal muasal permandian alami tersebut. Pada 700 tahun yang lalu, konon daerah yang dikuasai Adipati Arya Wiraraja yang kini bernama Lumajang ini merupakan pemberian raja Majapahit karena Adipati Arya Wiraraja berjasa besar bagi Majapahit.

Kediaman Adipati Arya Wiraraja digunakan oleh para prajurit kadipaten untuk latihan militernya, atau sekarang disebut Situs Biting. Setelah Adipati Arya Wiraraja wafat, 35 hari setelahnya Desa Biting diserang tentara Majapahit. Warga sekitar Biting tidak melakukan perlawanan sama sekali, namun kemudian meninggalkan lokasi.

Demang Ploso atau kepala distrik pada zaman itu juga turut dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Demang Ploso mempunyai seorang Abdi Kinasih (pembantu) yang saat itu sedang berusaha mencari majikannya yang buron. Abdi Kinasih dibawa ke rumah Demang Ploso yang tak berpenghuni untuk melindungi barang-barang berharga tuannya.

Abdi Kinasih berencana menitipkan barang berupa cepu-cepu milik Demang Ploso di Padepokan Teposono milik Mpu Teposono. Bersama Mpu Teposono dan kelima cantriknya, ia berencana menyimpan sebuah cepu-cepu berisi permata berharga di balik batu besar di tepi telaga.

Mpu Teposono mengambil keris Aji Pameling dan bermeditasi memohon kepada Yang Maha Kuasa agar mengangkat batu besar tersebut. Anehnya, sebuah batu besar melayang tertiup angin dan meluncur ke tengah telaga, sedangkan Abdi Kinasih dan beberapa cantrik menggali batu tersebut ke dalam lubang dan mengendapkan cepu-cepu tersebut.

Danau kecil tempat batu terapung itu berada, bertambah besar setelah bertahun-tahun, air hujan sedikit demi sedikit menghanyutkan batu terapung tersebut. Danau itu sering dikunjungi warga untuk mandi, dan nama tempat itu adalah Selokambang.

Lokasi Pemandian Alam Selokambang

Wisata alam di Kabupaten Lumajang ini gak hanya menawarkan keindahan alamnya saja. Tapi suasana di lokasi juga begitu menyegarkan dan sejuk. Pemandian alam ini menyuguhkan kesegaran karena sumber airnya langsung dari Gunung Semeru.

Untuk lokasinya berada di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sedulur pun bisa mencarinya lewat Google Maps dengan nama Pemandian Alam Selokambang.

Rute Menuju Pemandian Alam Selokambang

Pemandian Alam Selokambang kurang lebih berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Lumajang atau sekitar 15 menit perjalanan dengan mobil. Untuk menuju tempat wisata ini wisatawan dapat menggunakan jasa travel dari Terminal Minak Koncar Wonorejo atau menggunakan ojek online yang terletak di Pusat Kota Lumajang.

Pengguna kendaraan pribadi jika start dari Alun-alun Lumajang bisa belok arah barat ke lampu merah Adipura, lalu lurus ke Jalan Kapitan Kyai Ilyas hingga mencapai lampu merah. Lalu ambil lagi lurus ke Jalan Semeru. Di Simpang Srebet belok kanan dan berkendara sekitar 600 meter dan tempat permandiannya berada di sisi kanan jalan.

Jam Operasional Pemandian Alam Selokambang

Pemandian Alam Selokambang buka setiap hari pada pukul 05.00 WIB sampai sore hari pukul 16.00 WIB. Sementara untuk khusus hari Kamis ada pembersihan kolam pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Jadi, selama proses ini sebaiknya Sedulur menunggu hingga selesai baru masuk ke kolam. Untuk waktu terbaik adalah pagi hari karena udaranya akan lebih sejuk.

Harga Tiket Masuk Pemandian Alam Selokambang

Untuk masuk ke Pemandian Alam Selokambang Sedulur perlu membayar tiket dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut ini informasi untuk tiket masuknya,

  • Dewasa: Rp7.000
  • Anak-anak: Rp5.000
  • Khusus hari Minggu, hari libur nasional, hari libur keagamaan, hari libur sekolah, dan cuti bersama: Rp15.000
  • Parkir motor Rp3.000
  • Parkir mobil Rp5.000

Tapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola setempat.

Fasilitas di Pemandian Alam Selokambang

Untuk mendukung kegiatan wisata Sedulur, Pemandian Alam Selokambang memiliki sarana dan prasarana yang sudah mendukung. Jadi fasilitasnya memang sudah cukup lengkap dan membuat Sedulur lebih nyaman selama di sini. Berikut diantaranya:

  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Mushola
  • Kantin
  • Persewaan ban

BACA JUGA: Kayangan Api: Asal-Usul, Pesona, Lokasi, Rute, dan Fasilitas

Daya Tarik Pemandian Alam Selokambang

pemandian alam selokambang
Unsplash/Tapish

Pemandian Alam Selokambang merupakan pemandian alami yang sumber airnya berasal dari mata air karena letaknya di lereng Gunung Semeru. Saat Sedulur menyelam ke dalam kolam, Sedulur akan langsung merasakan sensasi sejuk dan segar di sekujur tubuh. 

Terdapat perosotan yang bisa menambah keseruan saat berenang. Pemandian ini juga terdapat kolam renang anak sehingga lebih aman bagi anak-anak untuk berenang. Kedalaman kolam anak ini hanya 50 sampai 70 cm, ukuran kolam 25 meter x 13 meter dan dilengkapi dengan perosotan. 

Pepohonan lebat yang mengelilingi permandian tak hanya memberikan kesan teduh, namun juga menyegarkan udara di sekitar. Berkunjung ke sini pasti akan menyenangkan dan Sedulur akan betah betah berlama-lama.

Aktivitas di Pemandian Alam Selokambang

Selain memiliki daya tarik yang memikat, Sedulur juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini. Pasalnya, pengelola menambahkan sarana hiburan seperti kolam ikan, perahu bebek, permainan anak, dan ada sejumlah taman di beberapa sudut. Lokasi ini bisa menjadi tempat terbaik untuk berburu spot foto.

Tips Berwisata ke Pemandian Alam Selokambang

Biar kegiatan liburan Sedulur semakin menyenangkan, nyaman, dan sesuai ekspektasi, mungkin perlu tahu beberapa tipsnya. Jadi bisa Sedulur terapkan biar semua berjalan lancar. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Datang ke Pemandian Alam Selokambang pada pagi hari saat udara masih segar atau sore hari saat matahari sudah mulai teduh untuk menghindari terik matahari di siang hari yang cukup menyengat.
  • Berhati-hatilah ketika Sedulur berjalan di sekitaran kolam untuk menghindari terpeleset sehingga dapat menimbulkan cedera.
  • Jangan paksa kemampuanmu untuk berenang di area kolam yang dalam, apabila belum cukup mahir berenang hal ini bisa membahayakan. Jadi utamakan keselamatan.
  • Kalau Sedulur membawa anak-anak ketika berkunjung, pastikan selalu diawasi mereka, jika perlu didampingi kemanapun anak pergi.
  • Jangan lupa membawa baju ganti dan peralatan mandi.

Oia, karena berenang dan bermain air tetap bisa menguras tenaga maka Sedulur harus mempersiapkan bekal yang cukup ya. Sedulur bisa membawa snack dan Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menyegarkan tubuh setelah bermain air di kolam renang.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pemandian Alam Selokambang. Kalau Sedulur sedang berada di Lumajang, jangan lupa buat mampir ke sini ya.