pantai peh pulo

Di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, banyak terdapat objek wisata alam maupun buatan yang sudah dikelola dengan baik dan patut dikunjungi. Salah satu yang baru banyak diperbincangkan adalah Pantai Peh Pulo. Meskipun viral, pantai ini masih sepi dan menyimpan keindahan alami yang sangat cantik.

Pantai ini memang tidak terlalu luas. Apalagi ombaknya cukup besar seperti di kebanyakan pantai pesisir selatan. Namun, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan pulau kecil yang menjadi ikon pulau ini. Lokasinya yang strategis, juga membuat Pantai Peh Pulo menjadi spot untuk melihat matahari terbit dan tenggelam.

Walaupun Pantai Peh Pulo kurang cocok untuk bermain air, namun pengunjung tetap bisa menikmati keindahannya dari pinggir pantai. Kalau Sedulur tertarik dan ingin mencoba berkunjung ke Pantai Peh Pulo, coba simak baik-baik informasi kali ini ya!

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Rumah Makan di Blitar yang Paling Enak

Sekilas Tentang Pantai Peh Pulo

pantai
Unsplash/Glen Jackson

Pantai Peh Pulo dikenal karena satu kumpulan dengan beberapa pantai lain yang ada di sana, seperti Pantai Wedhi Ombo, Pantai Wedhi Ciut, dan Pantai Wedhi Kembar. Pantai ini mendapatkan namanya dari pulau yang berada di seberangnya dengan nama sama yaitu Pulau Peh.

Banyak orang yang belum mengetahui pantai ini karena Pantai Peh Pulo masih tersembunyi. Namun pemandangannya tidak bisa dilewatkan begitu saja, nyatanya keindahan pantainya disebut mirip dengan Raja Ampat di Papua. Meski pantai ini tidak seluas pantai di Blitar lainnya, namun punya pasir putih yang indah saat menyatu dengan birunya air laut. 

Selain itu, terdapat pepohonan rindang di sekitar pantai. Dinas Pariwisata Jawa Timur menyebut bahwa Pantai Peh Pulo sebagai surga tersembunyi. Pantainya masih asri, bersih, alami dan menyegarkan bagi para wisatawan yang ingin menyegarkan diri dengan berpetualang. Terdapat juga beberapa pulau kecil di kawasan pantai yang dapat dicapai dengan perahu nelayan.

Lokasi Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo menyuguhkan panorama pantai yang indah. Pantainya berpasir putih dan terdapat pulau-pulau kecil di depannya. Ini benar-benar seperti Raja Ampat ala Jawa Timur. Lokasi Pantai Peh Pulo terletak di Dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Pantai ini mempunyai ombak yang besar, seperti pantai selatan pada umumnya. Namun terdapat ‘benteng besar’ yang menghalangi ombak mencapai bibir pantai, yaitu deretan pulau-pulau kecil di depannya. Tentu saja, pulau kecil ini seperti pelindung dan memecah ombak yang besar.

Rute Menuju Pantai Peh Pulo

Untuk menuju ke destinasi wisata pantai ini, ada beberapa rute yang bisa Sedulur lalui. Jarak dari kota Blitar ke Pantai Peh Pulo sekitar 45 km. Kurang lebih untuk waktu tempuhnya 1 jam 30 menit. Wisatawan dapat memilih jalan yang menuju ke Lodaya. Kemudian ikuti rambu di sepanjang jalan menuju Pantai Serang karena tidak ada rambu menuju Pantai Peh Pulo. 

Kemudian Sedulur bisa melanjutkan perjalanan ke arah pertigaan Panggungrejo. Lalu ke Desa Sumbersih dan ikuti petunjuk jalan hingga sampai ke Pantai Peh Pulo.

Atau, Sedulur bisa menempuh perjalanan ke Pantai Peh Pulo melalui Jalan Raya Gaprang. Lalu ke arah Jalan Manukwari, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Raya Sukorejo, Jalan Protokol hingga sampai ke Pantai Peh Pulo.

Kondisi Jalan ke Pantai Peh Pulo

Sedulur dapat menggunakan kendaraan pribadi baik  mobil atau sepeda motor untuk mencapai lokasi Pantai Peh Pulo. Namun kendaraan roda empat tidak bisa mengakses jalan sampai ke titik pantai. Sedulur hanya bisa sampai ke pantai yang berada di sebelah barat Pantai Peh Pulo.

Kendaraan roda dua bisa sampai ke bukit dan turun dengan berjalan kaki karena jaraknya tidak terlalu jauh. Kendaraan roda empat disarankan parkir hanya di Pantai Sumbersih saja. Lalu berjalan kaki tidak terlalu jauh menuju Pantai Peh Pulo.

Jalan menuju pantai ini kondisinya belum cukup baik. Wisatawan akan melewati daerah perbukitan. Saat sudah mendekati pantai, jalannya berupa jalan tanah yang sempit. Meski mobil bisa melintas, namun wisatawan tetap perlu berhati-hati. Jalan ini akan sangat licin, apalagi setelah hujan.

Terdapat juga jalan tanah di titik tertentu. Jalan ini sangat berlumpur dan cukup menyulitkan roda kendaraan setelah hujan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua atau motor saat berkunjung ke sini.

BACA JUGA: Pantai Pangi Blitar: Harga Tiket, Lokasi, Rute, dan Jam Buka

Harga Tiket Masuk Pantai Peh Pulo

pantai peh pulo
Unsplash/Ayadi Ghaith

Pantai ini sangat cocok bagi yang suka dengan fotografi dan camping, karena suasana dan pemandangannya sangat indah dengan bebatuan yang menghiasi pantai dan mengingatkan kita pada Raja Ampat. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk masuk ke pantai ini.

Jam Operasional Pantai Peh Pulo

Sedulur sebenarnya bisa datang ke Pantai Peh Pulo kapan saja karena buka 24 jam setiap harinya. Tapi memang disarankan agar tidak melakukan perjalanan di malam hari, sebab penerangan jalan masih sangat kurang dan membahayakan.

Fasilitas di Pantai Peh Pulo

Untuk fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap. Jadi, bisa mendukung kegiatan wisata Sedulur dengan nyaman. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Lokasi parkir kendaraan
  • Warung wisata
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Camping ground
  • Gazebo
  • Tempat duduk, dll.

Daya Tarik Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo memiliki daya tarik pesona alam yang menakjubkan. Jadi, pengunjung juga bisa melihat panorama bawah laut yang menawan. Berupa ikan dan biota laut berwarna-warni lainnya. Atau berjalan kaki menuju puncak bukit untuk melihat panorama laut dari atas yang tentunya terkesan lebih jernih dan indah.

Sebagai pantai wisata, Pantai Peh Pulo masih cukup sepi yang menawarkan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Ombak pantai ini cukup besar karena letaknya di pesisir selatan Pulau Jawa. 

Salah satu keunikan Pantai Peh Pulo adalah terdapat beberapa pulau karang di sepanjang pantai. Oleh karena itu, pantai ini sering disebut sebagai miniatur Raja Ampat. Pasalnya pemandangan Pantai Peh Pulo mirip dengan tempat wisata yang ada di Papua tersebut.

Aktivitas Seru di Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo mempunyai garis pantai yang luas. Selain menikmati keindahan alam, garis pantai yang luas memberi pengunjung kesempatan untuk melakukan banyak aktivitas. Misalnya berlari di hamparan pasir, bermain air di bibir pantai, bermain sepak bola, voli pantai, dll. Berikut beberapa aktivitas seru lain yang bisa Sedulur lakukan di sini:

1. Spot diving

Ekosistem Pantai Peh Pulo masih sangat alami dan terawat. Kesamaan Pantai Peh Pulo dengan Raja Ampat tidak hanya terletak pada pemandangan pantai dan letak pulau-pulau kecilnya saja. Kemiripannya juga terletak pada keindahan bawah lautnya.

Ada beberapa spot diving yang sangat bagus di sini. Tapi Sedulur harus membawa perlengkapan sendiri. Sebab, belum tersedianya jasa penyewaan alat di lokasi.

2. Camping

Destinasi wisata ini juga direkomendasikan oleh pengunjung yang suka berkemah. Sedulur dapat memilih tempat perkemahan. Letaknya bisa di garis pantai yang luas atau di perbukitan yang mengelilingi pantai. 

Pengunjung yang hendak berkemah wajib membawa perlengkapan dan perbekalan berkemah secukupnya. Selain itu, pengunjung harus memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan. Keindahan alamnya masih alami serta suasana malam yang tenang dan damai. 

3. Berburu foto

Pantai Peh Pulo menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Wisatawan disuguhi berbagai spot foto Instagramable di pantai ini. Selain itu di tengah laut dekat pantai juga terdapat beberapa pulau kecil dan cukup besar yang sangat unik jika difoto.

Itulah tadi informasi mengenai Pantai Peh Pulo Blitar. Semoga informasi ini membantu Sedulur jika ingin berwisata ke sini ya.

Oia, biar suasana jalan-jalan dan menjelajah wisata alam makin krezi , Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan perjalanan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman bersantai menikmati suasana pantai, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.