Pemandian Air Panas Padusan: Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket

Pacet merupakan kecamatan yang terletak di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, namun juga menawarkan tempat wisata yang terus meningkat dan menjadi favorit para wisatawan. Salah satu tempat wisata Pacet yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi adalah Pemandian Air Panas Padusan.

Padusan merupakan kolam air panas alami yang mengandung belerang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Terletak di sebelah Gunung Penanggungan, obyek wisata Mojokerto ini menawarkan pengalaman yang sangat menyenangkan dan sejuk bagi pengunjungnya.

Sebagai destinasi favorit, wisata Padusan sering dikunjungi berbagai kalangan untuk berendam di air panas yang dikenal dapat membantu mengatasi berbagai penyakit kulit serta meregangkan otot dan saraf yang tegang. Beristirahat di sini merupakan pilihan yang sangat cocok dan tepat untuk menjadikan liburan Sedulur semakin indah dan tak terlupakan. Kalau Sedulur tertarik coba simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Banyu Biru Pasuruan: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Sekilas Tentang Pemandian Air Panas Padusan

pemandian air panas padusan
Unsplash/Romeo

Sebelumnya, pada 11 Desember 2002, terjadi tragedi tanah longsor di wisata Pemandian Air Panas Padusan yang menyebabkan 26 orang meninggal dunia. Lalu bagaimana kondisi pemandian air panasnya saat ini? Dan langkah apa yang telah diambil pemerintah untuk memastikan bencana ini tidak terulang kembali?

Koordinator Sumber Air Panas Padusan Heru Utomo menjelaskan, destinasi Pemandian Air Panas Padusan saat ini sudah relatif aman dari banjir bandang dan tanah longsor. Hal ini disebabkan adanya mitigasi yang dilakukan rutin dan membersihkan pohon-pohon tumbang di sekitar permandian. Pasalnya, biasanya banjir bandang terjadi karena aliran sungai tidak lancar, terhenti, hingga akhirnya jebol menjadi banjir bandang.

Sementara itu, Direktur Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Abdul Khakim menjelaskan ada dua langkah penting untuk mencegah terulangnya tragedi tahun 2002. Pertama, mitigasi dengan membersihkan pohon tumbang yang menghalangi aliran sungai di dekat sumber air panas Padusan. 

Kedua, dipasang sistem peringatan dini yang beroperasi di lereng Gunung Welirang di atas sumber air panas Padusan. Jika terjadi runtuhan, diketahui jumlah kilometernya, sehingga wisatawan bisa waspada, karena sirine peringatan pasti akan berbunyi.

Pasca tragedi banjir yang terjadi 21 tahun lalu, pemandian air panas Padusan, Pacet, Mojokerto masih populer di kalangan wisatawan. Faktanya, tempat wisata di sekitarnya semakin banyak dengan sumber air panas, penginapan, dan jalur pendakian.

Sumber Air Panas Padusan sendiri memiliki beberapa sumber air panas yang berasal dari Gunung Welirang. Wisatawan bisa berenang sepuasnya di kolam yang ukurannya cukup besar. Menawarkan suasana alam yang segar dan asri, Padusan memang jadi tempat menarik bagi wisatawan yang berlibur serta melepas penat di Pacet.

Tempat ini juga dikelilingi perkebunan teh alami dan keindahan alam yang menakjubkan jadi tidak heran juga menyajikan panorama latar foto yang cantik. Kunjungan ke Padusan sangat cocok bagi traveler yang ingin bersantai dan merasakan ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan.

Info Lokasi dan Tiket

pemandian air panas padusan
Unsplash/Ezra Jeffrey

Padusan merupakan salah satu destinasi wisata di Pacet yang paling banyak dicari dan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para pelancong yang mencari ketenangan, kesejukan alam, dan pengalaman berendam air panas yang baik untuk kesehatan. 

Suasana sejuk dan asri serta panorama alam sekitar, membuat pemandian air panas Padusan menjadi tempat yang tepat bagi wisatawan untuk melepas penat dari kesibukan. Berikut lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuknya.

  • Lokasi: Jl. Air Panas, Padusan, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374.
  • Jam operasional: 08.00 WIB – 18.00 WIB
  • Harga tiket: Anak-anak Rp10.500 (weekday) dan Rp13.000 (weekend), Dewasa Rp13.000 (weekday) dan Rp15.500 (weekend), Camping: Rp5.000

Perlu diingat bahwa harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola setempat. Mungkin bisa berbeda di musim liburan atau hari raya.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Padusan

Sedulur hanya perlu menempuh perjalanan dari Surabaya sekitar dua jam melalui jalur Surabaya-Pertigaan Krian hingga Mojosari-Pacet. Sebaliknya, berjarak 29 km dari Malang atau Pandaan, tempat wisata ini bisa Sedulur capai melalui jalur Prigen-Trawas-Pacet.

Dimana Sedulur bisa berangkat dari Surabaya. Lalu melanjutkan rute dengan melewati tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) – Keluar di pintu tol Mojokerto – Mengikuti rute menuju Pacet.  Kalau Sedulur memilih rute perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Padusan

Tak hanya memiliki pemandian air panas, taman, dan wahana atau spot foto menarik, di sini juga sudah tersedia beberapa fasilitas untuk mendukung kegiatan wisatamu. Sedulur juga menjadi semakin betah. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Area parkir
  • Kolam renang 
  • Taman bermain anak
  • Ruang ganti
  • Tempat bilas
  • Mushola
  • Warung wisata

BACA JUGA: 10 Hotel yang Ada Kolam Renang dan Murah di Surabaya

Daya Tarik Pemandian Air Panas Padusan

pemandian air panas padusan
Unsplash/Cloris Ying

Pemandian Air Panas Padusan memiliki beberapa daya tarik yang menjadikannya populer di kalangan wisatawan. Banyak wisatawan yang datang untuk merasakan manfaat ketenangan dari wisata sumber air panas ini, terutama untuk relaksasi dan terapi alam. Berikut beberapa daya tarik pemandian air panas yang bisa Sedulur temui.

1. Air panas alami

Pemandian air panas ini memiliki beberapa kolam air panas alami. Airnya kaya akan mineral dan diduga memiliki khasiat kesehatan seperti rematik, pereda nyeri, pegal-pegal, dan peningkatan sirkulasi darah.

2. Berendam di sumber air panas

Sumber Air Panas Padusan Pacet memiliki lima kolam. Kolam-kolam ini berisi air panas yang berasal dari Gunung Welirang. Sumber air panas ini mengandung belerang dan sulfur bermanfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, suhu hangat juga dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tubuh segar. 

Udara sejuk khas pegunungan membuat Sedulur bisa bersantai menikmati hamparan hutan pinus yang indah dan menawan. Di sini Sedulur juga bisa menikmati pemandangan kabut tipis yang turun di atas kawasan wahana wisata di Desa Padusan.

3. Pemandangan alam

Tempatnya dikelilingi panorama alam yang indah dengan pegunungan hijau dan udara sejuk. Pengunjung bisa menikmati suasana damai dan asri di air panas tersebut.

4. Taman kelinci

Kalian yang membawa anak-anak, bisa ajak ke Taman Kelinci! Taman Kelinci ini akan Sedulur temukan ketika memasuki kawasan Pemandian Air Panas Padusan. Taman ini memiliki rumput dan mainan yang berbeda-beda dengan banyak kelinci di sisi kanan jalan untuk anak-anak bermain dan berinteraksi dengan kelinci.

5. D’Qoem-Qoem

Bagi yang Sedulur ingin bersantai di tempat yang lebih privasi dan eksklusif, bisa mengunjungi D’Qoem-Qoem yang lokasinya masih ada di area Padusan. D’Qoem-Qoem adalah kolam renang pribadi di mana Sedulur dapat nikmati dengan membayar biaya masuk terlebih dahulu. 

Di tempat ini Sedulur akan menemukan 6 buah kolam yang mampu menampung 8-10 orang. Kolam D’Qoem-Qoem tidak hanya nyaman, tetapi juga menjaga kebersihan airnya setiap saat.

Di sana Sedulur bisa menikmati waktu berendam yang lebih eksklusif. Hebatnya lagi, setelah selesai berendam, kolam langsung dibersihkan dan diisi ulang air baru saat ada tamu lain yang datang. 

Tempat permandian ini resmi dibuka pada tahun 2019 untuk memenuhi keinginan wisatawan yang menginginkan privasi. D’Qoem-Qoem dilengkapi dengan ruang ganti dan ruang bilas. Umumnya wisatawan ramai mengunjungi kolam renang pribadi ini pada malam hari karena suhu udara lebih sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung.

6. Kolam Whirpool Padusan

Bukan sekedar kolam air panas biasa. Di destinasi wisata ini, Sedulur juga bisa menikmati kolam renang dengan whirpool. Kolam ini merupakan kolam berendam khusus, tidak sebesar kolam air panas Padusan, namun tempatnya tetap aman dan nyaman serta masih berada di area Padusan.

Tips ke Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian Air Panas Padusan merupakan wisata alam yang memberikan pengalaman relaksasi alami bagi pengunjungnya. Pemandian ini sangat populer karena air panas alaminya yang dipercaya punya berbagai manfaat kesehatan seperti mengurangi stres, relaksasi, dan nyeri otot.

Tapi sebelum itu, berikut ini beberapa tips sebelum berkunjung ke Pemandian Air Panas Padusan.

  • Siapkan fisik yang prima karena di sini juga ada jalur pendakian.
  • Jangan lupa membawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Bawa obat-obatan pribadi jika memang Sedulur membutuhkannya sebagai jaga-jaga.
  • Bagi yang membawa anak, tetap awasi ketika itu masuk ke dalam kolam.
  • Hati-hati saat berjalan di area kolam karena bisa cukup licin.
  • Taati aturan setempat dan jangan membuang sampah sembarangan.

Agar Sedulur bisa lebih menghemat pengeluaran dan menambah suasana liburan di Padusan makin krezi , Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai bekal wisata lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman jalan-jalan bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pemandian Air Panas Padusan. Apakah Sedulur tertarik ke sini? Selamat berwisata ya.