pantai prigi

Bagi sebagian orang, Malang mungkin lebih identik dengan wisata alam berupa dataran tinggi dan hawa dingin. Akan tetapi, Malang rupanya juga memiliki wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi, misalnya Pantai Sipelot. Pantai satu ini menawarkan pesona keindahan laut biru serta hamparan pasir yang memanjakan mata. Tak hanya itu, ada pula air terjun yang juga akan menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, bagi Sedulur yang berminat untuk mengunjungi Pantai Sipelot, tak ada salahnya menyimak rangkuman berbagai informasi berikut terlebih dahulu. Berbagai informasi ini bisa menjadi panduan agar kunjungan sekaligus agenda rekreasi Sedulur makin menyenangkan.

BACA JUGA: Pantai Watu Ulo Jember: Lokasi, Daya Tarik, Legenda, dan Rute

Pantai Sipelot Malang

pantai prigi
Unsplash/Camille Minouflet

Pantai Sipelot merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam memukau. Pantai satu ini juga patut disebut hidden gem alias permata tersembunyi karena lokasinya berada di balik jalur panjang nan berliku yang dikelilingi oleh bukit batu yang megah.

Hal ini juga membuat perjalanan menuju Pantai Sipelot terbilang menantang dan membutuhkan kesabaran karena lokasinya yang cukup terpencil. Meski demikian, perjalanan panjang itu seolah terbayar lunas setelah Sedulur tiba di lokasi.

Pantai ini memiliki pemandangan laut biru yang begitu cantik. Tak berhenti sampai di situ, keindahan laut itu berpadu dengan hamparan pasir yang membentang dan melingkar sejauh 2 kilometer.

Arti Nama Pantai Sipelot

Pantai Sipelot ternyata menyimpan kisah tersendiri berkaitan dengan namanya. Menurut berbagai sumber, mulanya pantai ini bernama Spelot. Istilah ini disebut berasal dari bahasa Belanda dan memiliki arti sebagai persinggahan. Hal ini tidak lepas dari sejarah pantai tersebut yang sempat menjadi tempat persinggahan pasukan Belanda.

Daya Tarik

Boleh dikatakan pemandangan alam terutama laut yang eksotis menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Apalagi dengan kondisinya yang masih dibiarkan asri dan asli membuat Pantai Sipelot memberikan kesan istimewa yang mungkin tak akan Sedulur temukan di pantai lainnya.

Perlu diketahui bahwa keindahan alam Pantai Sipelot hanya bisa Sedulur nikmati dari tepi pantai. Pasalnya, ombak di pantai ini cukup besar dan membahayakan sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di sana.

Kendati demikian, Sedulur tidak perlu bersedih apalagi sampai mengurungkan niat untuk berkunjung ke pantai ini. Apalagi ada beragam pesona yang bisa Sedulur nikmati saat datang ke sana. Satu di antaranya adalah kehadiran air terjun setinggi 10 meter yang menambah keelokan pantai ini.

Air terjun bernama Coban Sipelot itu berasal dari perbukitan di sekeliling pantai. Jajaran pepohonan rindang di sekitarnya pun turut menambah pesona air terjun tersebut.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di samping menikmati berbagai pesona keindahan alam yang memanjakan mata, Sedulur juga bisa melakukan beragam aktivitas saat berkunjung ke Pantai Sipelot. Ya, meski tidak bisa berenang di laut, masih banyak opsi kegiatan lain yang tak serunya yang bisa Sedulur lakukan di sana.

Berikut beberapa pilihan aktivitas yang bisa Sedulur lakukan saat berekreasi ke Pantai Sipelot.

  • Berfoto

Setelah puas bersantai dan menikmati panorama pemandangan laut, tak ada salahnya Sedulur mengabadikan momen dengan berfoto. Sedulur bisa mengabadikan potret keindahan alam ataupun berfoto dengan latar laut sebagai kenangan.

  • Memancing

Meski tidak dianjurkan untuk berenang di laut, Sedulur bisa melakukan aktivitas lain seperti memancang. Hal ini tentu menarik dicoba terutama bagi Sedulur yang memang menggemari kegiatan memancing. Apalagi di sana juga sudah disediakan spot khusus untuk memancing.

  • Berenang di muara sungai

Meski tidak bisa berenang di laut, bukan berarti Sedulur tidak bisa bermain air sama sekali. Sebab, terdapat muara air di tepi pantai dengan aliran air yang tenang. Nah, di lokasi tersebut pengunjung diperbolehkan untuk bermain atau berenang. Apalagi muara tersebut memiliki kedalaman yang cenderung dangkal sehingga cukup aman.

  • Berkemah

Kegiatan lain yang juga bisa menjadi alternatif adalah berkemah. Sedulur bisa mendirikan tenda di tepi pantai untuk bermalam sekaligus menjadi kesempatan untuk melihat matahari tenggelam maupun terbit pada keesokan harinya.

BACA JUGA: 10 Hotel di Batu Terjangkau dan Bagus di Bawah 300 Ribu

Lokasi dan Jam Buka

pantai sipelot
Unsplash/Saksham Gangwar

Pantai Sipelot berlokasi di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur. Tepatnya, pantai ini berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Malang.

Adapun obyek wisata satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Oleh karena itu, Sedulur bisa lebih mudah mengatur jadwal kunjungan maupun kegiatan yang akan dilakukan, termasuk apabila ingin berkemah di sana.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Pantai Sipelot, Sedulur akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp 10 ribu. Selain itu juga terdapat biaya parkir, yakni Rp 10 ribu untuk sepeda motor dan Rp 15 ribu untuk mobil atau roda empat.

Rute Menuju Pantai Sipelot

Disampaikan sebelumnya, Pantai Sipelot berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Malang. Jika dihitung waktunya, Sedulur setidaknya perlu menempuh perjalanan selama 2,5 jam untuk tiba di pantai tersebut.

Adapun rute yang bisa Sedulur lalui dari Malang adalah menuju ke Gadang, kemudian lanjut ke Turen hingga masuk Kecamatan Dampit. Selanjutnya, Sedulur dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk jalan mengarah ke Desa Pujiharjo. Dari desa tersebut hanya tinggal 2 kilometer perjalanan untuk sampai ke Pantai Sipelot.

Fasilitas yang Tersedia

Meski tetap mempertahankan keasrian alamnya, pihak pengelola juga telah menyediakan sejumlah fasilitas di Pantai Sipelot yang dapat menunjang aktivitas pengunjung ketika berekreasi di sana.

Fasilitas yang disediakan di antaranya ada musala, toilet umum, serta lahan parkir. Selain itu, juga tersedia warung-warung di sekitar pantai yang menjual aneka makanan maupun minuman.

Tips Berkunjung ke Pantai Sipelot

Agar agenda kunjunganmu kian menyenangkan, berikut ada beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan.

  • Pastikan fisik dalam kondisi baik karena Sedulur akan menempuh perjalanan panjang.
  • Bawa uang tunai secukupnya.
  • Sebaiknya datang pada pagi atau sore hari agar matahari tidak terlalu terik.
  • Apabila ingin berkemah, bawa perlengkapan sendiri sesuai kebutuhan.
  • Selalu jaga kebersihan dan taati aturan maupun imbauan petugas yang berjaga.

Itu dia rangkuman informasi mengenai Pantai Sipelot yang patut masuk daftar destinasi wisata saat berkunjung ke Malang, Jawa Timur.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!