Pantai Sine Tulungagung, Panorama yang Cocok untuk Liburan

Tulungagung dikenal memiliki pesona alam yang cantik. Jadi tidak heran kalau kabupaten ini memiliki banyak wisatawan setiap tahun. Salah satu destinasi yang banyak dikunjungi dan jadi favorit adalah Pantai Sine.

Pantai Sine sendiri merupakan pantai berpasir putih yang memiliki panorama alam yang begitu cantik. Garis pantainya begitu panjang dengan pemandangan perbukitan di segala sisinya. Belum lagi, karakter pasirnya begitu lembut sehingga sangat nyaman untuk bermain-main di pantai.

Kalau Sedulur tertarik untuk mengunjungi Pantai Sine dan mengisi waktu liburan bersama keluarga. Coba simak baik-baik ulasan tentang daya tarik Pantai Sine sampai harga tiket masuknya berikut ini ya!

BACA JUGA: Pantai Pacar Tulungagung: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Mengenal Pantai Sine

pantai sine
Unsplash/Maryia Zmsuhko

Pantai Sine Tulungagung menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan untuk menghabiskan hari liburnya. Pantai ini menyuguhkan keindahan dan panorama alam yang indah.

Berdasarkan laman resmi kabar.tulungagung.go.id, Pantai Sine merupakan pantai bebas dengan ombak yang cukup besar. Selain itu, pantai ini juga merupakan pantai alam berbentuk teluk di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung.

Di sebelah utara terdapat tebing dengan pancuran alami yang mana airnya berasal dari mata air di atasnya dan di sebelah selatan Pantai Sine, terdapat hutan yang masih terlindungi. Sebelum berkunjung ke pantai ini, alangkah baiknya jika wisatawan mengetahui informasi lebih lanjut tentang Pantai Sine.

Lokasi dan Rute

Pantai Sine Tulungagung berada di Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi wisatawan bisa menikmati keindahan pantai ini pada pagi hari, siang hari atau sore hari.

Rute untuk menuju ke pantai Sine dari pusat Kabupaten Tulungagung ini sekitar 29 kilometer dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Selain itu juga Sedulur bisa menggunakan dua rute yang menjadi jalan utama menuju pantai Sine.

Rute pertama Sedulur bisa melalui jalan ke perempatan Gragalan, setelah itu ke arah kiri sampai menemui Kecamatan Kalidawir. Dari Kecamatan Kalidawir Sedulur bisa mengikuti petunjuk jalan yang tersedia karena sudah cukup dekat.

Lalu rute kedua ini khusus Sedulur yang berasal dari arah Tulungagung. Rute ini akan melalui pasar Campur Darat. Jadi dari arah Tulungagung ini Sedulur terus saja mengikuti jalan raya hingga menemui lampu lalu lintas pasar Campur Darat. Setelah itu, belok kiri untuk menuju Kecamatan Tanggung Gunung dan pilih jalur pantai Sine.

Jadi intinya Sedulur tidak usah bingung untuk memutuskan rute perjalanan ke pantai Sine ini. ada beberapa rute yang bisa Sedulur tempuh. Selain itu juga Sedulur tidak akan tersesat karena sudah ada petunjuk jalan bisa Sedulur ikuti agar bisa sampai tepat sampai tujuan tanpa tersesat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Sine terbilang cukup murah. Wisatawan dikenakan tarif mulai dari Rp5.000 untuk hari biasa, dan Rp7.500 untuk hari libur. Selain tiket masuk, wisatawan juga harus membayar tiket parkir kendaraan. 

Untuk sepeda motor sebesar Rp5.000, mobil Ro10.000, dan kendaraan travel atau bus Rp15.000. Harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jadi usahakan membawa uang lebih untuk berjaga-jaga.

BACA JUGA: Keseruan Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi

Daya Tarik Pantai Sine

pantai sine
Unsplash/Eunsong Jo

Ketika Sedulur berkunjung ke Pantai Sine Tulungagung, ada beberapa hal yang membuat pantai ini begitu cantik dan berharga untuk didatangi. Berikut ini diantaranya:

1. Pemandangan bukit dan pantai

Daya tarik pertama sudah pasti karena pemandangannya yang indah dengan perpaduan pantai, laut dan perbukitan. Keindahannya bahkan sangat mirip dengan lukisan kanvas dari seorang pelukis profesional.

Perbukitan ini membentang dari garis pantai hingga menjauh. Bahkan, dari pantai tampak perbukitan yang seperti berada di laut, sehingga kesan alami sangat terasa. Siapapun pasti akan menyukai pemandangan bentang alamnya.

Selain itu, pantai ini juga memiliki butiran pasir yang lembut berwarna coklat kekuningan dengan air yang berwarna biru kehijauan dan jernih. Kombinasi antara warna pasir dan air laut ini juga tampak mengesankan.

Sehingga wajar jika pantai ini termasuk salah satu pantai terindah di Indonesia yang wajib Sedulur kunjungi. Sebab panorama alamnya yang sangat memukau dan suasana yang asri sangat sayang Sedulur lewatkan.

2. Spot sunrise dan sunset

Pantai ini berada di posisi yang sangat tepat untuk menyaksikan dua fenomena alam sekaligus. Sunrise terlihat begitu dramatis dengan warna keemasan yang muncul dari ufuk timur.

Sedangkan sunset di sore hari memancarkan rona jingga yang begitu menggoda. Banyak wisatawan sengaja berkemah untuk melihat keindahan keduanya. Jika berminat, camping di sini pun akan sangat menyenangkan.

Dari pagi hingga sore hari Sedulur bisa menghabiskan waktu sambil bersantai, bermain dan berenang. Sedangkan di malam hari nuansa syahdu malam dengan taburan bintang bisa Sedulur rasakan.

3. Terdapat pasar ikan segar

Selain menikmati keindahannya, pantai ini juga memiliki wisata kuliner yang khas. Saat berkunjung Sedulur bisa membeli ikan segar dari nelayan dan membakarnya langsung di area sekitar pantai untuk santapan.

Namun jika Sedulur tidak ingin repot, di pantai ini juga terdapat tempat kuliner khas daerah pesisir. Berbagai macam menu makanan khas Jawa tersedia di tempat ini seperti misalnya menu ikan bakar atau sajian lainnya.

Paling mantap dengan nasi pulen dan minumnya es kelapa muda utuh. Ini adalah kegiatan wisata yang harus Sedulur coba untuk menyantap makanan pesisir di lokasi. Keindahan pantai akan menambah kenikmatan bersantap.

4. Bisa bermain di pantai

Ombak pantai selatan memang selalu menggoda untuk menceburkan diri. Begitu juga dengan di Pantai Sine. Bermain air di pantai ini menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Area bibir pantai yang landai dengan permukaannya pasir halus membuatnya semakin nyaman dan aman untuk bermain air. Sensasi ombak yang menghantam tubuh menjadi momen paling asik ketika bermain air di sini. Meski begitu tetap perhatikan rambu batas aman yang ada dan jangan terlalu ke tengah.

5. Berkemah di pantai

Pantai Sine juga populer di kalangan pecinta alam yang ingin berkemah. Banyak pengunjung yang membawa tenda dan peralatan berkemah untuk menghabiskan malam di pantai, menikmati suara ombak dan keindahan langit malam.

Hanya saja, Sedulur harus membawa peralatan untuk berkemah sendiri, mengingat fasilitas untuk berkemah hanya ada camping ground dan belum ada penyewaannya.

Tips Berlibur di Pantai Sine

Mengunjungi Pantai Sine di Tulungagung bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan memuaskan jika Sedulur mempersiapkan kunjungan dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Sedulur mendapatkan pengalaman terbaik saat berkunjung ke pantai ini:

1. Periksa cuaca

Sebelum berangkat, selalu periksa prakiraan cuaca. Kondisi cuaca yang baik sangat penting untuk kegiatan pantai, terutama jika Sedulur berencana untuk menikmati matahari terbenam atau berpartisipasi dalam kegiatan air.

2. Kenakan pakaian yang tepat

Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk pantai. Bawa pakaian ganti jika berencana untuk berenang. Jangan lupa bawa topi, kacamata matahari, dan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang kuat.

3. Persiapan bekal

Pantai Sine sendiri memang cukup populer dan ramai. Namun sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang kecantikan Pantai Sine di Tulungagung. Semoga informasi di atas bisa menjadi panduan dan pedoman liburan Sedulur ya!