pantai selok dadap

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata alam terindah yang banyak dicari para pecinta alam. Blitar Selatan memiliki beberapa deretan pantai indah dengan berbagai jenis pasir dan keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Selok Dadap yang masih belum terjamah.

Tersembunyi di Blitar Selatan, tempat wisata ini masih alami karena belum banyak diketahui. Pantai Selok Dadap masih belum terjamah wisatawan meski lokasinya dekat dengan Pantai Pudak yang saat ini sedang direnovasi. Meski aksesnya tidak terbuka untuk wisatawan, namun banyak pengunjung yang menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Selok Dadap yang tersembunyi ini jalannya masih sulit diakses. Namun pantai ini tetap salah satu destinasi wisata alam terindah yang banyak dicari oleh para pecinta alam. Jadi wisatawan yang ingin ke pantai ini harus ekstra hati-hati dan hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua yang kuat.

Jalanan masih terjal, terdapat tanah lubang berkelok-kelok di daerah pegunungan yang sangat berbahaya apalagi jika musim hujan tiba. Untuk itu, sebelum ke sini Sedulur perlu menyimak informasi lengkapnya!

BACA JUGA: 10 Pusat Oleh-Oleh Blitar yang Terlengkap dan Wajib Dikunjungi

Sekilas Tentang Pantai Selok Dadap

pantai selok dadap
Unsplash/Jeffrey Thumann

Pantai Selok Dadap terletak di Desa Ngadipuro yang bisa menjadi pilihan wisata pantai Blitar jika Sedulur suka berpetualang. Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Pudak Blitar. Hanya dipisahkan oleh sebuah teluk. Pantai ini masih cukup sulit dijangkau dari jalan utama, sehingga Sedulur bisa merasakan sedikit petualangan.

Pantai Selok Dadap, salah satu pantai di Blitar yang masih belum banyak diketahui orang. Pantai ini berada di sisi barat Pantai Pudak yang cukup sulit diakses. Bahkan kendaraan roda dua pun kesulitan untuk sampai ke pantai. Hanya kendaraan roda dua yang bisa parkir di tebing dekat pintu masuk Pantai Pudak.

Lokasi Pantai Selok Dadap

Pantai Selok Dadap berada di sebelah barat Pantai Pudak dengan pasir putihnya. Secara administratif pantai ini termasuk dalam wilayah Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pantai ini dipisahkan dari Pantai Pudak oleh sebuah tanjung atau teluk yang disebut Patuk Ngaret. Tempat ini dekat dengan Puncak Songgo Langit. Namun, Sedulur juga sudah bisa mencari titik pantai lewat Google Maps.

Rute Menuju Pantai Selok Dadap

Untuk menuju Pantai Selok Dadap disarankan Sedulur memarkir kendaraan di parkiran Puncak Songgo Langit dan turun dengan berjalan kaki. Daripada membawa sepeda motor, apalagi matic, menuruni bukit berbatu yang kondisi jalannya cukup buruk bisa membahayakan.

Berjalan kaki menuju pantai ini tidak terlalu melelahkan karena hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit dari Puncak Songgo Langit. Selain itu dalam perjalanan menuju pantai ini Sedulur juga bisa lebih leluasa mengabadikan keindahan perbukitan di sekitarnya.

Sedangkan untuk rute dan akses menuju Pantai Selok Dadap sama dengan Pantai Pudak. Setidaknya terdapat tiga rute yang bisa Sedulur pilih dari Kota Blitar. Berikut diantaranya:

  • Dari Kota Blitar – Kanigoro – Sutojayan – Ngeni – Ngadipuro – Lewat JLS dikit dan langsung menuju pantai. Ini merupakan rute paling pendek namun memiliki akses jalan yang cukup sulit
  • Dari Kota Blitar – Kanigoro – Sutojayan – Margomulyo – Panggungrejo – Serang – JLS – Pantai Pudak. Jalur ini memiliki akses yang cukup mudah namun agak memutar
  • Dari Kota Blitar – Kademangan – Wonotirto – Pantai Tambakrejo via JLS – Pantai Pudak. Jalur ini memiliki akses yang cukup mudah namun agak memutar

Kondisi Jalan ke Pantai Selok Dadap

Kondisi jalan dari Blitar menuju Desa Ngadipuro sebenarnya sudah beraspal. Namun ada jalan berlubang di beberapa titik. Sedulur harus berhati-hati saat melewatinya. Setelah Sedulur melewati pemukiman terakhir, jalan menuju Pantai Selok Dadap berupa jalan yang cukup terjal.

Persiapkan diri Sedulur secara fisik dan pastikan kendaraan dalam kondisi terbaik untuk melintasi medan ini. Jika hujan Sedulur juga harus ekstra waspada karena jalanan lebih licin.

Harga Tiket Masuk Pantai Selok Dadap

Kondisi pantai ini masih belum terawat atau dikelola, sehingga pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk. Jadi tiket masuk Pantai Selok Dadap masih gratis karena belum ada fasilitas di sini. Pantai ini masih sangat asri dan indah dengan bebatuan yang menambah keindahan pemandangannya.

Jam Operasional Pantai Selok Dadap

Untuk jam operasionalnya, Pantai Selok Dadap buka 24 jam. Tapi waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi dan sore hari. Sedulur bisa menikmati matahari terbit atau sunset. Jika ingin bermalam sedikit sulit, karena belum ada fasilitas yang mendukung. 

Fasilitas di Pantai Selok Dadap

Karena masih tersembunyi dan dikelola, pantai ini belum memiliki fasilitas pendukung wisata. Jadi, seperti toilet  umum atau tempat makan belum tersedia. Jadi, Sedulur bisa membawa perbekalan sendiri.

Perlu dicatat juga pantai ini masih sepi dan jauh dari pemukiman warga. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pertolongan akan membutuhkan waktu untuk tiba di lokasi.

Daya Tarik Pantai Selok Dadap

Pantai ini lokasinya berada di teluk seperti Pantai Keben versi lebih kecil. Pantai ini berpasir putih yang indah. Saat air surut, Sedulur bisa melihat terdapat bebatuan karang di tengah pantai. 

Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Selok Dadap adalah saat air sedang pasang sehingga bebatuan karang yang ada di pantai tidak terlihat dan bisa dijadikan background foto. Namun pada saat air naik, rumput laut yang di bebatuan karang tidak terlihat.

Pantai Selok Dadap menawarkan pemandangan yang indah. Pantai kecil ini terlihat menawan dari atas bukit. Begitu Sedulur keluar dan mencapai pantai, keindahannya berlipat ganda. Pantai Selok Dadap memiliki pasir putih yang lembut yang terlihat serasi dengan warna air laut yang jernih.

Aktivitas Seru di Pantai Selok Dadap

Ketika datang ke sini, Sedulur bisa bermain pasir atau bermain air di pinggir pantai. Disarankan jangan berenang di sini karena fasilitas seperti tim pengawas pantai belum ada. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang membahayakan seperti terseret arus. Jika ingin berkemah, juga belum ada fasilitas pendukungnya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Selok Dadap Blitar. Pantai ini masih belum terjamah. Fasilitas belum begitu memadai dan akses jalannya juga cukup sulit. Tapi keindahan pantainya tak perlu diragukan lagi.

Oia, biar menikmati suasana pantai indah ini makin asik saat bersama teman dan keluarga, Sedulur jangan lupa untuk membawa Liven Up ya. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini, bisa menjadi teman bertualang dan jalan-jalan yang seru.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.