pusat oleh-oleh blitar

Bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke Blitar, salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi adalah pusat oleh-oleh Blitar. Ya, rasanya akan tidak lengkap apabila Sedulur datang ke daerah ini, tanpa membawa pulang buah tangan untuk keluarga, teman, dan kerabat di rumah.

Di daerah Blitar sendiri, terdapat banyak sekali jenis makanan maupun barang yang memiliki ciri khas. Bahkan tidak sedikit makanan dan barang khas Blitar yang tidak bisa ditemukan di daerah yang lain. Jadi tidak heran jika oleh-oleh khas Blitar wajib untuk dibawa pulang.

Oleh sebab itu, jangan sampai lupa untuk mendatangi pusat oleh-oleh Blitar ketika berkunjung ke daerah ini. Sedulur juga tidak perlu khawatir dalam mencari oleh-oleh khas Blitar, sebab ada banyak sekali toko oleh-oleh Blitar yang bisa dikunjungi.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari pusat oleh-oleh Blitar, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang tidak boleh dilewatkan!

BACA JUGA: Mengenal Rujak Otek, Makanan Khas Lumajang yang Jadi Warisan Budaya

1. Toko Kawentar

pusat oleh-oleh blitar
Unsplash/Valentina Locatelli

Rekomendasi pusat oleh-oleh Blitar yang pertama adalah Toko Kawentar. Toko Kawentar merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang menawarkan berbagai pilihan kuliner khas daerah. Toko ini menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Beberapa produk andalan yang tersedia di Toko Kawentar antara lain aneka olahan tempe, kue kering, jenang, dan kopi Blitar. Selain itu, toko ini juga menyediakan berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik, cocok sebagai kenang-kenangan dari Blitar.

Dengan pelayanan yang ramah dan suasana toko yang nyaman, Toko Kawentar selalu berhasil memikat hati para pengunjungnya.

  • Alamat: Jalan Kusuma Bangsa, RT.03/RW.03, Jajar, Kanigoro, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0852-3178-7327
  • Jam buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 22.00 WIB

2. Odabli

Odabli menjadi salah satu pusat oleh-oleh Blitar yang wajib dikunjungi para wisatawan untuk membawa pulang kenangan khas dari kota ini. Odabli menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh Blitar berupa makanan khas. Pengunjung dapat menemukan berbagai jajanan khas seperti getuk, jenang, dan kripik tempe.

Hanya saja, produk andalan dari pusat oleh-oleh Blitar ini adalah wajik kletik yang khas. Jangan sampai lupa untuk membelinya ketika Sedulur berkunjung ke sini.

Dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terjamin, Odabli menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang ingin membawa pulang buah tangan dari Blitar sebagai kenang-kenangan oleh untuk keluarga dan teman-teman.

  • Alamat: Jalan Dr. Ismail No.3, Sananwetan, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0822-3191-8133
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB

3. Kampung Coklat

Kampung Coklat menjadi salah satu destinasi wisata sekaligus pusat oleh-oleh terkenal di Blitar. Terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kampung Coklat menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung yang ingin melihat langsung proses pembuatan coklat.

Mulai dari biji kakao hingga produk jadi, bisa Sedulur saksikan di sini. Selain wisata edukasi, tempat ini juga menyediakan berbagai macam oleh-oleh berbahan dasar coklat, seperti coklat batangan, minuman coklat, dan aneka camilan coklat.

Kampung Coklat menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang ingin membawa pulang kenangan manis dari Blitar dalam bentuk oleh-oleh khas yang lezat dan berkualitas.

  • Alamat: Jalan Banteng Blorok No.18, Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0822-2056-7818
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB

4. Kios Oleh-oleh Makam Bung Karno

Kios Oleh-oleh Makam Bung Karno merupakan pusat oleh-oleh yang terletak di sekitar area makam Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Kios ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Blitar yang sangat beragam, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan, hingga berbagai produk lokal lainnya.

Pengunjung dapat menemukan makanan tradisional seperti Jenang, gethuk, dan aneka keripik yang menjadi favorit wisatawan. Selain itu, terdapat juga berbagai cinderamata seperti miniatur, kaos, dan aksesori yang menggambarkan semangat nasionalisme Indonesia.

Kios Oleh-oleh Makam Bung Karno tidak hanya menjadi tempat untuk membeli oleh-oleh, tetapi juga menjadi bagian dari pengalaman berkunjung ke makam Bung Karno.

  • Alamat: Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon:
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Madiun Terlengkap dan Murah

5. Pasar Buah Brongkos

pusat oleh-oleh blitar pasar buah
Unsplash/Claudio Schwarz

Berikutnya adalah Pasar Buah Brongkos, pasar yang sering menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang ingin membeli berbagai macam buah-buahan segar dan produk oleh-oleh khas Blitar. Di sini, Sedulur bisa menemukan berbagai jenis buah lokal seperti manggis, durian, salak, dan mangga.

Selain buah-buahan, Pasar Buah Brongkos juga menawarkan berbagai macam camilan tradisional, keripik, dan olahan buah yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, sehingga membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat musim liburan. Bagi Sedulur yang berkunjung ke Blitar, Pasar Buah Brongkos adalah tempat yang wajib dikunjungi untuk mendapatkan oleh-oleh segar.

  • Alamat: Bambang, Nambang, Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon:
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

6. Nasionalism

Nasionalism adalah salah satu pusat oleh-oleh Blitar yang bisa dikunjungi. Dikenal sebagai salah satu destinasi utama bagi wisatawan yang mencari cendera mata khas Blitar, toko ini menawarkan berbagai produk lokal yang unik dan berkualitas.

Di sini, Sedulur dapat menemukan berbagai macam makanan khas seperti keripik tempe, aneka jajanan tradisional, hingga kopi lokal yang terkenal. Selain itu, Nasionalism juga menyediakan berbagai kerajinan tangan dan souvenir khas Blitar yang cocok dijadikan kenang-kenangan oleh untuk keluarga dan teman.

Pelayanan yang ramah dan suasana toko yang nyaman, membuat Nasionalism menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin membawa pulang sepotong kenangan dari Blitar.

  • Alamat: Jalan Tanjung No.54, Sanan Kulon, Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon:
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB

7. Amanah

Amanah menyediakan berbagai macam produk lokal khas Blitar yang cocok dibawa pulang. Mulai dari makanan ringan hingga aneka souvenir unik yang mencerminkan budaya dan kekayaan Blitar, bisa ditemukan di sini.

Sedulur dapat menemukan berbagai camilan khas seperti gethuk, keripik tempe, dan aneka kue tradisional. Selain itu, Amanah juga menjual berbagai produk olahan, seperti dodol dan jenang, yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Pelayanan yang ramah dan harga terjangkau juga menjadi nilai plus yang ditawarkan oleh Toko Amanah. Sehingga toko ini menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan.

  • Alamat: Jalan Veteran No.201, Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0856-4653-5610
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.30 WIB

8. Toko Roti Orion

Toko Roti Orion adalah pusat oleh-oleh Blitar yang telah berdiri sejak tahun 1950-an. Toko ini menawarkan berbagai jenis roti dan kue tradisional yang lezat, seperti roti semir mentega, roti podeng, dan roti montor yang menjadi favorit banyak orang.

Tidak hanya itu, ada juga varian roti isi, roti donat, roti pizza, roti manis keju, dan lain sebagainya. Kualitas produk yang konsisten menjadikan Toko Roti Orion sebagai pilihan utama para wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Blitar.

Jangan lupa untuk mampir dan mencoba sendiri kelezatan roti dan kue khas Blitar di Toko Roti Orion saat berkunjung ke kota ini.

  • Alamat: Jalan Merdeka No.115, Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: (0342) 801441
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB

9. Srikandi

Toko Srikandi menjadi pusat oleh-oleh Blitar yang dapat dikunjungi berikutnya. Toko ini menawarkan berbagai macam produk khas Blitar yang bisa dijadikan buah tangan. Di antaranya seperti geti, sambal pecel, peyek uceng, dan lain sebagainya.

Semua produk yang ada di toko ini tersedia dengan kualitas terbaik. Dengan pelayanan yang ramah, Toko Srikandi bisa menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang ingin membawa pulang kenangan dari Blitar berupa makanan yang lezat.

  • Alamat: Jalan Ciliwung No.373Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon:
  • Jam buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 21.00 WIB

10. Goedang Oleh-oleh Blitar

pusat oleh-oleh blitar kue kering
Pixabay/COngerdesign

Terakhir adalah Goedang Oleh-Oleh Blitar, yang menawarkan berbagai macam produk khas daerah. Di sini, pengunjung dapat menemukan aneka camilan tradisional seperti dodol belimbing, geti, wajik kletik, sagon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Goedang Oleh-Oleh Blitar selalu memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan suasana toko yang nyaman serta pelayanan yang ramah.

  • Alamat: Jalan Veteran No.203, Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0857-3591-0689
  • Jam buka: Setiap hari, 13.00 WIB – 21.00 WIB

Sebenarnya masih ada beberapa pusat oleh-oleh Blitar lain yang bisa ditemukan di kota ini. Namun beberapa pusat oleh-oleh yang ada di atas, adalah yang paling direkomendasikan. Jangan sampai lupa untuk membawa pulang kenangan terbaik usai berkunjung ke Blitar!

Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!