pantai pangi blitar

Mungkin bukan hal baru jika Blitar merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menyediakan berbagai wisata alam. Salah satu objek wisata alam yang menarik dikunjungi adalah Pantai Pangi Blitar, yang mana terletak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Blitar.

Walau tidak sepopuler Pantai Tambakrejo atau Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit, namun pantai yang satu ini ternyata menyimpan berbagai aspek yang mampu membuat para pengunjung yang datang terpesona dan ingin kembali lagi.

Karena tidak terlalu populer, mungkin Sedulur belum tahu banyak mengenai pantai ini. Untuk itu, langsung saja simak keistimewaan dan ulasan menarik dari Pantai Pangi Blitar di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Teluk Asmara Malang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Pantai Pangi Blitar

pantai pangi blitar
Pexels/John

Pantai Pangi Blitar merupakan salah satu pantai yang ada di bagian selatan dari provinsi Jawa Timur. Di pantai yang satu ini, Sedulur bisa melihat indahnya pasir putih yang cantik dengan ombak yang cukup besar khas pantai selatan.

Akan tetapi, yang membuat pantai ini istimewa yakni adanya batu karang yang mengapit di bagian kanan dan kiri, serta bentuknya yang sedikit cekung. Secara tidak langsung, kondisi tersebut membuat arus air laut menjadi lebih tenang, dan tentu saja sangat aman untuk berenang atau bermain air

Tidak hanya itu, objek wisata alam ini juga turut menyuguhkan pemandangan alam yang benar-benar memukau. Para pengunjung dapat menikmati air laut yang biru, berpadu dengan pepohonan pinus rindang yang ada di sekitar area pantai.

Pantai yang satu ini juga mempunyai keistimewaan yang lain, berupa muara sungai berbentuk telaga payau dengan air yang jernih dan pastinya masih alami.

Lokasi Pantai Pangi

Lokasi dari Pantai Pangi Blitar sendiri ada di Dusun Krajan, Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Ya, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Blitar.

Untuk bisa sampai ke pantai yang cantik ini, Sedulur dapat datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil atau sepeda motor. Kemudian untuk rute perjalanan, dari pusat Kota Blitar, Sedulur bisa langsung ambil jalur ke selatan menuju Kecamatan Wlingi.

Setelah itu, ambil arah timur menuju ke Kecamatan Bakung. Jika merasa kesulitan, Sedulur bisa menggunakan bantuan Google Maps, lalu ikuti petunjuk yang diberikan sampai pada akhirnya tiba di Desa Tumpakkepuh.

Jam Buka dan Jam Tutup

Objek wisata pantai yang ada di Blitar ini, buka setiap hari mulai dari pagi sampai petang. Dengan begitu, Sedulur dapat datang kapan saja sesuai waktu luang yang dimiliki. Tetapi jika Sedulur ingin menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan, silahkan datang ketika waktu matahari terbit atau terbenam.

Di waktu-waktu tersebut, Sedulur bisa melihat pemandangan pantai yang berpadu dengan langit yang indah. Pastinya momen ini akan menjadi salah satu bagian yang mengesankan selama hidup. Oleh sebab itu, pastikan Sedulur datang dengan kamera  untuk mengabadikannya.

Harga Tiket Masuk

Berbeda dari kebanyakan objek wisata pantai di Jawa Timur, para pengunjung yang ingin datang berkunjung ke Pantai Pangi Blitar ini tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Ya, pantai yang satu ini tidak menerapkan biaya masuk alias gratis.

Hanya saja, bagi Sedulur yang datang dengan membawa kendaraan pribadi harus menyiapkan uang untuk membayar tarif parkir kendaraan. Namun tidak perlu khawatir, tarif parkir kendaraan tersebut juga masih terbilang standard, seperti berikut ini!

  • Tiket Masuk: Gratis
  • Parkir Mobil: Rp10.000 per mobil
  • Parkir Sepeda Motor: Rp5.000 per sepeda motor

Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk menyisihkan dana untuk pengelolaan serta pengembangan dari Pantai Pangi. Dana tersebut bersifat sukarela, jadi Sedulur bebas untuk memberikan uang dengan besaran berapapun.

BACA JUGA: Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Suasana Persis di China

Daya Tarik yang Dimiliki

pantai pangi blitar
Unsplash/Ake Widyastomo

Pantai Pangi Blitar merupakan sebuah destinasi yang menggabungkan keindahan alam yang masih asri dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang memukau. Nah, berikut ini beberapa daya tarik dari Pantai Pangi yang menjadikannya sebagai tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Bermain pasir dan air laut

Pantai Pangi memang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut serta formasi batuan besar yang menghiasi sepanjang pantai. Kontras antara pasir putih dan birunya laut, pastinya mampu menciptakan pemandangan yang memukau dan juga sangat fotogenik.

2. Suasana pantai yang syahdu

Berbeda dengan kebanyakan pantai populer di Jawa Timur yang sering ramai terutama saat liburan tiba, Pantai Pangi justru menawarkan suasana yang lebih sepi dan damai. Pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk Sedulur yang ingin rehat sejenak dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

3. Berziarah

Di area pantai ini, ada makam dari Mbah Pangi yang disucikan. Mbah Pangi sendiri adalah sosok tokoh sejarah yang juga menjadi inspirasi nama dari pantai yang satu ini. Nah, selain berwisata alam, Sedulur juga sekalian berwisata religi dengan berkunjung ke makam Mbah Pangi dan memanjatkan doa.

4. Menikmati alam

Di pantai ini, Sedulur bisa melakukan berbagai aktivitas alam seperti berjalan-jalan di sepanjang pantai, berenang, atau sekadar duduk menikmati pemandangan laut. Keanekaragaman tumbuhan yang ada di sekitar pantai, tentu saja juga terasa sangat menarik.

5. Spot fotografi

Keindahan alam dari Pantai Pangi ini, membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat yang sangat ideal untuk berburu foto. Baik itu fotografi lanskap, fotografi senja, maupun sesi foto khusus seperti pre-wedding, pantai ini menyediakan background yang spektakuler.

6. Pengalaman penjelajah

Bagi Sedulur yang memang suka dengan petualangan, maka Pantai Pangi menawarkan kesempatan untuk menjelajah area di sekitarnya. Batuan dan juga tumbuhan yang ada di sekitar pantai menawarkan pengalaman baru yang sangat menarik untuk dijelajahi.

BACA JUGA: Bukit Kapur Arosbaya: Lokasi, Rute, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Fasilitas yang Tersedia

pantai pangi blitar
Pexels/Pok Rie

Kemudian bicara soal fasilitas, objek wisata pantai yang satu ini tentu saja sudah menyediakan fasilitas yang lengkap dan juga memadai. Hal ini dikarenakan Sedulur menemukan sederet fasilitas umum serta fasilitas penunjang yang akan membuat kunjungan terasa semakin nyaman, sebagai berikut.

  • Warung makan khas Jawa Timur
  • Tempat parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua
  • Toilet lengkap dengan kamar mandi
  • Tempat sampah di beberapa spot keramaian
  • Warung wisata yang menyediakan oleh-oleh
  • Mushola untuk beribadah
  • Homestay dan beberapa jenis penginapan

Pantai yang memiliki keindahan setara dengan pantai-pantai terkenal ini, pastinya sangat direkomendasikan untuk Sedulur yang masih bingung mencari destinasi liburan. Terlebih lagi, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap dan mampu menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan.

Tips Sebelum Berkunjung

Kunjungan ke Pantai Pangi Blitar bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, asalkan Sedulur telah mempersiapkan kunjungan dengan baik. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Sedulur untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat berkunjung ke pantai tersebut.

  • Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca.
  • Mengingat akses menuju Pantai Pangi memang cukup menantang, jadi pastikan kendaraan yang digunakan mampu melintasi medan yang cukup berat.
  • Bawa semua kebutuhan yang diperlukan, seperti makanan, air minum yang cukup, pakaian ganti, tabir surya, topi, dan kacamata matahari.
  • Jaga kebersihan dan keaslian pantai dengan tidak meninggalkan sampah.
  • Kenakan pakaian yang nyaman, dan tentu saja sesuai untuk berbagai aktivitas di pantai.

Pantai Pangi sendiri memang menghadirkan keindahan alam yang memukau, lengkap dengan ketenangan yang jarang ditemukan di pantai lain. Hal ini tentu menjadikannya sebagai destinasi yang sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta alam serta bagi yang mencari kedamaian.

Oia, agar suasana berlibur ke pantai tidak membosankan, Sedulur bisa mencoba cemilan krezi terbaik seperti YumiKrez untuk dijadikan bekal di tempat wisata. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman bepergian yang asik, apalagi dengan isi yang banyak membuatnya terasa tak habis-habis.

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.