klenteng kwan sing bio

Klenteng Kwan Sing Bio menjadi salah satu klenteng terbesar yang ada di Jawa Timur. Berada di dekat pesisir pantai wilayah Tuban, klenteng ini memiliki ciri khas patung kepiting raksasa di bagian atas atapnya.

Bagi Sedulur yang penasaran dan ingin mencoba mengunjungi klenteng satu ini. Mari simak ulasan lengkap tentang Klenteng Kepiting Tuban berikut ini!

BACA JUGA: Pantai Semilir Tuban: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Mengenal Klenteng Kwan Sing Bio

klenteng kwan sing bio
Unsplash/David Kristianto

Klenteng Kwan Sing Bio adalah tempat ibadah yang menghormati Dewa Kwan Kong. Ini merupakan klenteng terbesar di Asia Tenggara. Bangunan klenteng yang dominan dengan warna merah, kuning, dan hijau, serta hiasan naga, lilin, dan lampion, memancarkan nuansa khas Tionghoa yang unik.

Klenteng Kwan Sing Bio sendiri didirikan pada tahun 1773. Tempat ibadah ini mengalami berbagai perubahan yang merefleksikan transformasi masyarakat dan kepercayaan agama di Tuban. 

Pada awalnya, klenteng ini berdiri sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Buddha, Tao, dan Konghucu, atau yang dikenal sebagai Tri Dharma. Klenteng Kwan Sing Bio didedikasikan untuk menghormati Dewa Kwan Kong, yang merupakan Dewa pelindung utama dan panglima perang pada masa Dinasti Han.

Dewa Kwan Kong dikenal sebagai sosok yang memiliki sifat kesetiaan, keberanian, dan kejujuran. Prinsip yang dianut sang dewa ini juga dihayati dan dipuja oleh para penganut Agama Konghucu, Buddha, dan Tao. Ia dianggap sebagai teladan yang menginspirasi setiap individu untuk hidup dengan integritas dan menghormati janji.

Lokasi dan Jam Buka

Klenteng Kwan Sing Bio terletak di Jalan Martadinata Nomor 1, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lebih spesifiknya berada di pinggir jalan raya Pantura dan langsung menghadap ke laut.

Untuk jam operasionalnya, Klenteng Kwan Sing Bio buka setiap hari. Hari Senin hingga Jumat buka mulai pukul 06.00 sampai 21.30 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 06.00 sampai 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Sementara itu, untuk tarif atau tiket masuk Klenteng Kwan Sing Bio adalah gratis. Namun, Sedulur perlu meninggalkan tanda pengenal, seperti KTP, kepada petugas sebelum masuk. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat ibadah.

BACA JUGA: 34 Cafe di Tuban yang Cocok untuk Nongkrong

Daya Tarik Klenteng Kwan Sing Bio

Unsplash/Rizki Oceano

Ada beberapa daya tarik yang membuat banyak pengunjung datang ke Klenteng Kwan Sing Bio. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Patung raksasa

Dalam kompleks klenteng ini, patung Dewa Kwan Kong setinggi 30 meter menjadi pemandangan yang mengesankan. Patung ini bukan hanya sekadar simbol, tetapi juga mengandung nilai-nilai historis dan spiritual yang membawa kedamaian dan inspirasi bagi para peziarah dan pengunjung.

2. Ikon simbol kepiting

Daya tarik unik Klenteng Kwan Sing Bio adalah simbol kepiting yang menjulang di atas gerbang masuk klenteng. Menurut legenda, simbol ini memiliki akar dari cerita masa lalu di mana area tempat klenteng berdiri dulu dihuni oleh banyak kepiting.

Simbol kepiting ini menjadi ciri khas dan mengingatkan pada asal-usul tempat ibadah yang dihormati oleh masyarakat.

3. Fasilitas lengkap

Fasilitas Klenteng Kepiting Tuban ini tidak jauh berbeda dengan beberapa klenteng yang lainnya. Terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk para pengunjung ketika liburan di sini.

Selain itu, terdapat juga toilet umum yang bisa digunakan, dan terdapat juga rumah makan di sekitar klenteng jika pengunjung merasa lapar. Bagi pengunjung yang suka berfoto, di Klenteng Kwan Sing Bio terdapat banyak spot foto yang bisa dijadikan latar belakang yang cantik.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Kuliner Tuban yang Legendaris, Wajib Dicoba!

Rute ke Klenteng

klenteng kwan sing bio
Unsplash/Eko Herwantoro

Bagi para pengunjung yang baru pertama kali akan berkunjung ke Klenteng Kepiting Tuban, berikut ini rute perjalanannya dari Kota Tuban.

  • Dari pusat Kota Tuban, ambil arah barat di Jalan Walisongo II menuju Jalan Walisongo.
  • Belok kanan ke Jalan Walisongo.
  • Belok kiri ke Jalan SDIT BAS.
  • Belok kanan ke Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo atau Jalan Kragen – Rembang – Surabaya/Jalan Raya Dandeles atau Jalan Raya Pantura/Jalan Tuban – Surabaya.
  • Saat di bundaran, ambil jalan keluar ke- 2 menuju Jalan Kragan – Rembang – Surabaya/Jalan Raya Dandeles/Jalan Raya Pantura/Jalan Teuku Umar.
  • Keluar bundaran ke Jalan Kragan – Rembang – Surabaya/Jalan Raya Dandeles/Jalan Raya Pantura/Jalan Teuku Umar.
  • Lanjutkan untuk mengikuti Jalan Raya Dandeles/Jalan Raya Pantura hingga melewati Toko Olahraga di sebelah kanan jalan, dan sampailah ke lokasi tujuan di Klenteng Kwan Sing Bio.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Klenteng Kepiting Tuban yang memiliki arsitektur unik. Tak hanya banyak didatangi orang yang ingin beribadah, wisatawan yang datang ke Tuban jadi ikut penasaran dengan suasana klenteng ini.

Oia, agar berkunjung ke sini bisa semakin seru, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas mulai dari jalan-jalan dan bertualang akan semakin asik.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.