pantai batu bengkung

Malang Selatan merupakan surganya pantai-pantai indah dan unik di Jawa Timur. Salah satunya adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai ini memiliki keindahan pemandangan seperti pasir putih dan bebatuan yang unik. Pantai Batu Bengkung juga memiliki pasir lembut dan bersih sehingga cocok untuk bermain-main di pantai bersama keluarga.

Salah satu pemandangan yang menarik adalah pemandangan bebatuan karang yang menjulang tinggi di pinggir pantai sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri. Pantai ini memiliki kolam alami yang terletak di pinggir pantai dan terbuat dari bebatuan karang yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang. 

Batu Bengkung juga terkenal dengan ombaknya yang cukup tenang sehingga sangat aman bagi pengunjung yang ingin bermain air. Kalau Sedulur mau ke sini, simak dulu informasinya di bawah ini.

BACA JUGA: Pantai Bolu Bolu: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Pantai Batu Bengkung

pantai batu bengkung
Unsplash/Rafael Lopez

Pantai Batu Bengkung menjadi yang terunik di pesisir selatan Malang. Dimana yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah pantainya yang berada di sisi kiri dan kanannya.Alhasil pantai ini memiliki pemandangan indah dari dua pantai yang berbeda.

Layaknya kebanyakan pantai di Selatan Jawa, ombak di pantai ini biasanya sangat kuat dan besar. Sehingga cukup berbahaya jika terlalu jauh dari daratan dan ombaknya besar hingga ke laut. Namun di sini terdapat terumbu karang yang unik, Sedulur bisa bermain air di bawah pengawasan tim SAR.

Di sebelah selatan Pantai Batu Bengkung, karangnya tampak seperti benteng sehingga ombak yang masuk bisa tertahan sementara di tepinya. Air laut yang tertahan ini kemudian membentuk sebuah kolam yang sering digunakan wisatawan untuk berenang.

Kawasan sekitar pantai ini juga terdapat bukit karang yang besar sehingga bentuknya hampir menyerupai pulau tanpa pepohonan.

Asal Usul Nama “Batu Bengkung”

Pantai Batu Bengkung mendapatkan namanya dari bentuk bebatuan karang di sekitarnya. Jika dilihat dari atas dengan drone, terlihat batu tersebut melengkung dan terdapat dua bukit di sebelahnya. Bentuknya menyerupai seorang wanita yang mengenakan bengkung, selendang panjang yang sering dikenakan wanita setelah melahirkan. 

Jika dilihat dari atas, bentuknya sangat unik dan indah. Perpaduan warna hijau, biru dan putih pasir dan tumbuh-tumbuhan menjadikannya pemandangan yang mempesona dan tak terlupakan.

Lokasi Niagara Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung lokasinya terletak di Malang Selatan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya pantai ini berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Alamat yang jelas ini akan membantu Sedulur menemukan tempat ini dengan lebih mudah, baik Sedulur berasal dari Malang maupun kota sekitarnya.

Pantai ini menjadi tujuan wisatawan yang mencari kedamaian, keindahan, dan petualangan di pesisir selatan pulau Jawa.

BACA JUGA: Banyu Biru Pasuruan: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

pantai coro pantai batu bengkung
Unsplash/Caleb George

Ada dua jalur utama menuju Pantai Batu Bengkung, tergantung dari mana Sedulur memulai perjalanan. Jika memulai perjalanan dari pusat kota Malang, Sedulur bisa melalui Turen. Selama perjalanan Sedulur akan melewati beberapa pantai lainnya seperti Pantai Sendangbiru, Pantai Goa Cina dan Pantai Banjulmati. 

Perjalanan ini akan menyuguhkan Sedulur dengan pemandangan alam yang segar meski jalannya berkelok-kelok. Ingatlah untuk mengemudi dengan hati-hati. Alternatif selanjutnya Sedulur bisa melalui Kepanjen. Rute ini membawa Sedulur melewati Bantur dan Gondanglegi. 

Perlu diperhatikan bahwa beberapa bagian jalan ini mungkin berlubang, jadi persiapkan kendaraan Sedulur dengan baik sebelum berangkat. Dari pusat Kota Malang perjalanan menuju pantai ini memakan waktu sekitar 2 jam dan jarak tempuh sekitar 64 kilometer. Ingatlah untuk memeriksa kondisi jalan dan memilih rute yang paling sesuai untuk kendaraan.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Batu Bengkung adalah biaya masuknya yang sangat terjangkau. Hanya Rp10.000 per orang, Sedulur sudah bisa menikmati keindahan alam pantai ini yang luar biasa. Selain itu, biaya parkir sepeda motor kurang lebih Rp5.000 dan mobil sekitar Rp10.000 saja.

Jam Operasional Pantai Batu Bengkung

Jam operasional Pantai Batu Bekung buka selama 24 jam setiap hari, sehingga Sedulur bisa mengunjungi pantai ini kapanpun Sedulur mau. Bahkan menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam yang spektakuler, jam buka yang fleksibel ini memberikan Sedulur kebebasan untuk mengatur jam kunjungan sesuai dengan preferensi kamu.

Fasilitas di Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung sebenarnya destinasi wisata yang masih tergolong baru. Namun meski begitu, pengelola sudah bisa menyediakan fasilitas pendukung yang cukup lengkap dan bisa mendukung kegiatan wisata para pengunjung. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Area untuk mendirikan tenda

BACA JUGA: Air Terjun Coban Lawe: Daya Tarik, Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung

pantai batu bengkung
Unsplash/Vidar Nordli

Salah satu objek wisata pantai di Malang Selatan menawarkan keunikan yang mungkin tidak kita temukan di objek wisata lainnya, yakni hadirnya kolam alami di pinggir pantai. Dari segi penamaannya, pantai ini mempunyai batu karang yang melengkung sehingga dinamakan Batu Bengkung.

Pantai ini didominasi oleh perbukitan. Dari puncak bukit, Sedulur bisa menyaksikan luasnya Samudera Hindia dan keindahan pemandangan alam Malang Selatan. Berikut daya tarik Pantai Batu Bengkung.

1. Tebing melengkung

Terdapat tebing melengkung yang diapit dua bukit. Bahkan ada pula yang melihat batu ini sebagai seorang wanita yang mengenakan bengkung (syal). Tebing Pantai Batu Bengkung yang melengkung sangat unik karena memiliki perpaduan warna hijau, biru, dan putih yang sejuk.

Tak heran jika banyak wisatawan yang rela mendakinya demi melihat bagian terbaik Pantai Batu Bengkung yang sayang untuk dilewatkan.

2. Kolam alami

Pantai Batu Bengkung memiliki kolam alami yang luas dan indah berbentuk panjang di antara bebatuan karang serta penuh dengan pasir. Karena kolam ini merupakan kolam alami, maka ke dalamannya cukup bervariasi, sehingga anak-anak yang berenang di sini harus didampingi oleh orang dewasa.

Di sini diperbolehkan berenang di kolam alami, sedangkan berenang di pinggir pantai dilarang karena arusnya sangat deras dan ombaknya tidak bersahabat. Meski diperbolehkan bermain di pantai pasir putihnya, namun banyak karang yang terkubur di pasirnya, sehingga wajib memakai sandal jika tidak ingin kaki tergores.

Aktivitas Seru Pantai Batu Bengkung

Banyak aktivitas seru yang bisa Sedulur lakukan di sini, salah satunya berkemah. Pengunjung yang ingin merasakan romantisme pantai bisa berkemah di salah satu bukit yang mengelilingi Pantai Batu Bengkung. Usai berkemah, nikmati indahnya matahari terbit di pagi hari yang membuat pengalaman Sedulur semakin berkesan. 

Suasana malam hari di tepi pantai dengan suara deburan ombak yang menyejukkan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Berkunjung ke pantai belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner seafood yang lezat. Di sekitar Pantai Batu Bengkung, Sedulur akan menemukan berbagai warung makan yang menawarkan makanan laut segar. 

Sedulur bisa mencoba berbagai masakan yang terbuat dari kepiting asam manis dengan saus pedas. Ini adalah cara yang bagus untuk menikmati cita rasa laut yang sesungguhnya. Selain itu, oleh-oleh khas pantai bisa didapatkan di toko-toko sekitar pantai.

Pantai ini merupakan tempat yang aman untuk bersenang-senang bersama keluarga, terutama karena tiket masuknya yang murah dan banyaknya tempat hiburan. Salah satu aktivitas yang aman bagi anak-anak adalah bermain pasir dan ombak di pantai.

Namun, ingatlah selalu untuk mengawasi anak-anak untuk memastikan mereka aman dan tidak terlalu jauh dari pantai, karena ombak di pantai selatan bisa cukup besar.

Tips Berwisata ke Pantai Batu Bengkung

Sebelum Sedulur berkunjung ke Pantai Batu Bengkung, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Jadi, kegiatan wisatamu di sini bisa semakin menyenangkan. Berikut beberapa tipsnya.

  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen indah di sini.
  • Jangan lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Tak ada salahnya membawa obat-obatan yang dibutuhkan.
  • Bawalah bekal, tapi di sini juga tersedia warung makan.
  • Siapkan fisik yang prima karena perjalanan cukup jauh dari kota Malang.
  • Taati aturan setempat dan jangan meninggalkan sampah.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Batu Bengkung. Kalau Sedulur mau liburan ke Malang, menghabiskan waktu di pantai ini bisa menjadi ide yang bagus.

Oia, supaya menikmati suasana pantai ini semakin nyaman dan Sedulur terbebas dari dehidrasi, sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.