mumbul garden

Jember menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Jadi tak heran kalau kabupaten ini dikenal sebagai daerah wisata populer. Dan salah satu yang sedang viral dan banyak dibicarakan adalah Mumbul Garden.

Lokasi wisata satu ini cocok banget untuk Sedulur yang ingin mencoba kesegaran berwisata air di Jember. Apalagi kalau ingin mengajak anak berenang sambil menikmati agrowisata perkebunan, maka Mumbul Garden memang begitu tepat. Penasaran seperti apa wisata satu ini? Langsung Sedulur simak aja ulasannya di bawah ya.

BACA JUGA: 10+ Tempat Kolam Renang di Sidoarjo, Cocok untuk Liburan

Sekilas Tentang Mumbul Garden

mumbul garden
Unsplash/Arisa Chattasa

Mumbul Garden Jember merupakan bekas pabrik pengolahan kopi yang dialihfungsikan menjadi taman rekreasi. Didirikan pada tanggal 18 April 2010, Mumbul Garden memiliki luas 24 hektar dan merupakan destinasi wisata yang unik dan menarik.

Terletak 7 km sebelah selatan Kota Jember, merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Jember yang paling populer.  Agrowisata Mumbul Garden merupakan salah satu objek wisata baru yang dimiliki oleh PTPN XII (Persero) Kebun Mumbul.

Objek wisata ini dikenal juga dengan nama Mumbul Garden sebagai kolam renang dan pemandian. Kawasan taman rekreasi ini memiliki kolam dengan berbagai ukuran. Berbagai wisata seru tersedia di sini. 

Selain kolam renang, destinasi wisata ini juga menyuguhkan pemandangan alam berupa taman dengan suasana asri. Pengunjung dapat berjalan-jalan dan menikmati keindahan taman. Bagi yang ingin bermalam, Mumbul Garden juga menyediakan guest house. Destinasi wisata ini juga memiliki ruang pertemuan yang mampu menampung hingga 300 orang.

Lokasi Mumbul Garden

Ingin berkunjung ke suatu tempat bersama teman atau keluarga tapi masih bingung mau ke mana? Cobalah untuk pergi ke tempat wisata yang bernama Mumbul Garden ini. Taman rekreasi ini terletak di Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari Jember, sekitar 7 kilometer ke arah selatan kota Jember.

Lokasinya strategis jadi mudah untuk Sedulur temukan. Jika bingung Sedulur bisa menggunakan Google Maps.

Rute Menuju Mumbul Garden

Destinasi wisata alam Mumbul Garden dapat Sedulur capai dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum seperti sepeda motor, mobil atau bus wisata. Alternatifnya, Sedulur bisa menggunakan angkutan umum dan berhenti di halte terdekat, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Mumbul Garden, atau bisa juga menggunakan jasa ojek setempat.

Mumbul Garden lokasinya berada di Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari, kurang lebih sekitar 10 km sebelah selatan Alun-alun Jember. Waktu tempuh sekitar 25 menit. Kalau Sedulur dari arah alun-alun. Berikut ini rutenya:

  • Ambillah rute dari Alun-alun Jember dengan mengarah ke Jl. R.A. Kartini Jl. Nasional III.
  • Lanjutkan berkendara ke Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Pak Wahid menuju Lengkong.
  • Setelah itu belok kiri, objek wisata Mumbul Garden ada di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Mumbul Garden

Destinasi wisata ini juga memiliki fasilitas pendukung yang cukup baik dibandingkan tempat wisata lainnya. Didirikan pada tanggal 18 September 2010, taman ini memiliki luas 24 hektar dan merupakan destinasi wisata yang sangat unik. 

Di sini wisata air dipadukan dengan wisata perkebunan karet, pepohonan sengon laut, tebu, pisang, dan buah naga. Semua hal tersebut memberikan suasana sejuk dan pemandangan indah pada objek wisata ini. Harga tiket masuknya Rp 15 ribu per orang.

Jam Operasional Mumbul Garden

Untuk jam operasional Mumbul Garden, mulai dari jam 7 pagi sampai dengan tutup pukul 5 sore. Waktu terbaik datang ke sini adalah pagi dan sore hari. Pasalnya, cuaca tidak terlalu terik. Tapi udaranya akan selalu menyejukkan.

Fasilitas di Mumbul Garden

Bagi yang ingin berkunjung ke destinasi wisata alam ini wajib mengetahui fasilitas dan prasarana apa saja yang tersedia di Mumbul Garden. Tempat wisata ini menyediakan tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir mencari tempat parkir. 

Ada juga ruang tunggu pengunjung, ruang pertemuan, tempat ibadah, ruang ganti atau toilet, dan banyak lagi. Mumbul Garden juga memiliki lapangan tenis dan jogging track bagi wisatawan yang ingin berolahraga. Semua layanan ini disediakan untuk membuat wisatawan tetap tinggal di sini. 

Destinasi wisata ini juga cocok bagi Sedulur yang ingin berfoto seru bersama teman atau keluarga. Liburan Sedulur pastinya akan semakin tak terlupakan. Sayang sekali kalau datang ke sini tapi tidak mengabadikan momen bersama teman atau keluarga saat berkunjung.

Daya Tarik Mumbul Garden

Jika Sedulur sedang mengunjungi objek wisata Mumbul Garden bersama teman atau keluarga dan ingin mengambil beberapa foto seru, ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui. Sedulur bisa mengambil foto di sekitar perkebunan karet atau area wahana wisata. 

Atau Sedulur juga bisa memotret di bawah air untuk membuat foto Sedulur semakin bagus. Sedulur juga bisa merasakan udara segar dan kesejukan yang ada di sini. Hanya hanya duduk santai sambil menikmati alamnya. Dijamin Sedulur akan merasa lebih fresh kembali.

BACA JUGA: Kolam Renang GOR Sidoarjo: Fasilitas, Harga Tiket, dan Aktivitas

Aktivitas Seru di Mumbul Garden

mumbul garden
Unsplash/Mutzii

Selain daya tariknya, di Mumbul Garden Sedulur juga bisa menikmati beberapa aktivitas seru. Pasalnya, ada beberapa wahana yang harus Sedulur coba ketika ke sini. Ada apa saja kira-kira? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Kolam renang dan wahana air

Pertama tentu saja Sedulur harus merasakan kesegaran kolam renangnya. Di Mumbul Garden memiliki beberapa kolam renang dengan beberapa ukuran. Pasti menyenangkan bermain air di sini.

2. Kolam perahu

Selain itu ada juga kolam perahu dan jet ski. Sedulur pasti akan merasa senang bermain perahu dan berputar-putar menggunakan jet ski.

3. Arena outbound

Di sini juga tersedia area outbound yang cocok untuk aktivitas bersama teman atau keluarga. Mencoba flying fox pasti akan memacu adrenalin kamu.

4. Agrowisata perkebunan Mumbul

Mumbul Garden memadukan konsep edukasi juga tentang bercocok tanam. Terdapat wisata agro berupa kebun pepaya dan pisang, pada hari-hari tertentu pengunjung bisa memetik buah dari pohonnya langsung.

5. Taman yang asri

Taman di sini memiliki susana yang masih sangat asri. Sedulur bisa jalan-jalan santai menyusuri keindahan kebun karet, sengon laut, pisang hingga buah naga.

Tips Berwisata ke Mumbul Garden

Kalau Sedulur ingin berkunjung ke Mumbul Garden, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Dengan begitu aktivitas wisata Sedulur bisa berjalan dengan nyaman. Simak beberapa tips di bawah ini.

  • Hormati petugas yang ada dan mengikuti arahannya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Siapkan kamera untuk mengabadikan momen kamu.
  • Sedulur bisa membawa bekal secukupnya, makanan, minuman, dan uang tentunya.
  • Bawalah baju ganti dan peralatan mandi.

Itulah tadi informasi seputar wisata di Mumbul Garden. Jadi kalau Sedulur sedang berada di Jember, jangan lupa untuk mampir dan menikmati suasana menyenangkan di taman rekreasi ini.

Oia, karena berenang dan bermain air tetap bisa menguras tenaga maka Sedulur harus mempersiapkan bekal yang cukup ya. Sedulur bisa membawa snack dan Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menyegarkan tubuh setelah bermain air di kolam renang.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.