bukit tunggul manik

Menikmati pemandangan indah dengan udara sejuk, tentu menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat. Hal itu bisa Sedulur dapatkan di Bukit Tunggul Manik, dimana objek wisata ini menawarkan view bernuansa bukit yang begitu indah, mempesona, dan juga romantis.

Dari atas bukit, Sedulur dapat melihat pemandangan Lereng Gunung Wilis di pagi hari. Sementara pada malam hari, pemandangan lampu-lampu kota terlihat lebih keren. Nah, bagi Sedulur yang tertarik, berikut ini informasi singkat mengenai Bukit Tunggul Manik.

BACA JUGA: 20 Wisata Lumajang dengan Alam yang Indah, Wajib Dikunjungi!

Bukit Tunggul Manik

bukit tunggul manik
Unsplash/Endika Valle

Bukit Tunggul Manik adalah sebuah desa wisata yang berdiri dari hasil kerja sama antara pemerintah desa dan warga desa Kradinan, Pagerwojo, tulungagung. Tempat wisata yang satu ini, memiliki nuansa alam dengan suasana romantis yang jadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Hasil parkir dan retribusi dari objek wisata tersebut, digunakan untuk menyumbangkan pendapatan asli desa dengan jumlah cukup besar. Hampir setiap hari, ratusan wisatawan datang berkunjung ke bukit tersebut, terutama di hari Minggu dan libur panjang jumlahnya semakin banyak.

Daya Tarik yang Dimiliki

Objek wisata alami yang satu ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang sempurna untuk mengisi liburan Sedulur. Tempat wisata ini, menyajikan pemandangan alam yang memukau, berbagai tempat hiburan, aneka kuliner, dan juga pemandangan alam yang sangat mempesona.

Alamat Bukit Tunggul Manik

Objek wisata alam ini berlokasi di Jalan Raya Pagerwojo, Dusun Krajan, Desa Kradinan, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lokasinya tersebut, cukup jauh dari pusat kota, sehingga suasana yang dihadirkan benar-benar terasa asri dan nyaman.

Jam Buka dan Tutup

Sama halnya seperti kebanyakan objek wisata alam yang lainnya, Bukit Tunggul Manik buka setiap hari. Tempat ini buka selama 24 jam penuh, sehingga Sedulur bisa datang kapan saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke dalam objek wisata, Sedulur perlu menyiapkan uang untuk membayar biaya tiket masuk. Nah, harga tiket masuk yang dikenakan di wisata alam yang satu ini juga cukup terjangkau, yakni hanya Rp5.000 saja per orangnya.

BACA JUGA: Kebun Teh Jamus Ngawi: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Rute Menuju ke Lokasi

bukit teletubbies bromo
Unsplash/Kilarov Zaneit

Bisa dibilang jika Bukit Tunggul Manik ini berjarak kurang lebih 22 km dari pusat kota atau Taman Alun-alun Tulungagung. Sedulur bisa menuju ke lokasi objek wisata ini dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor.

Nah, rute dari Taman Alun-alun Tulungagung menuju ke Bukit Tunggul Manik, yakni dengan mengambil Jalan Sutan Syahrir ke Jalan KHR Abdul Fattah di Mangunsari. Setelah itu, ambil Jalan Kauman ke Jalan Raya Pagerwojo di Kradinan.

Transportasi

Akses untuk menuju ke lokasi objek wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Jalanan yang harus dilalui juga terbilang sudah cukup baik, aspal mulus dengan ukuran yang lebar, bahkan cukup dilewati oleh kendaraan besar.

Hanya saja, Sedulur perlu melewati medan jalanan yang cukup berkelok dan naik turun. Ketika sudah hampir sampai, Sedulur juga akan menjumpai beberapa jalanan cukup yang ekstrem, seperti tanjakan yang menantang sampai berkelok tajam.

Fasilitas yang Tersedia

Nah, berikut ini beberapa fasilitas dan sarana umum yang tersedia di objek wisata Bukit Tunggul Manik.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Tempat duduk
  • Warung kuliner dan lain-lain

Bukit Tunggul Manik menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan wajib dikunjungi saat Sedulur berkunjung ke Tulungagung. Tempat yang satu ini menyajikan suasana yang benar-benar sejuk dengan pemandangan alam yang begitu memukau.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke wisata ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat bertualang Sedulur!