air terjun tancak

Selain terkenal dengan banyaknya pantai yang memukau, ternyata Jember juga memiliki destinasi wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yakni Air Terjun Tancak, sebuah air terjun yang dinilai paling tinggi di wilayah Jember.

Di samping itu, air terjun yang satu ini juga dikenal dengan suasananya yang sejuk dan juga damai berkat adanya pepohonan yang mengelilingi area air terjun. Ya, tentu saja nuansa semacam ini mungkin tidak akan bisa ditemukan di berbagai objek wisata yang lainnya.

Merasa tertantang untuk berkunjung dan juga menikmati pesona dari air terjun yang satu ini? Jika iya, simak dulu beberapa informasi penting mengenai Air Terjun Tancak yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Air Terjun Antrokan Manggisan: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Pesona Air Terjun Tancak

air terjun tancak
Unsplash/Mamun Srizon

Air Terjun Tancak merupakan destinasi alam yang memikat dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Tersembunyi di dalam hutan yang lebat dan berlokasi di bagian selatan Gunung Argopuro, air terjun ini menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Air terjun ini mengalir deras dari tebing yang tinggi, menciptakan suara gemuruh yang menenangkan dan menyegarkan. Kejernihan air yang mengalir memperlihatkan keindahan alami sekitarnya, menjadikan Air Terjun Tancak sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan petualang.

Air terjun yang megah, dikelilingi oleh hutan hijau yang lebat, menciptakan suasana yang menakjubkan dan menenangkan. Kolam alami di bawah air terjun menjadi tempat yang sempurna untuk berendam dan bermain air, memberikan kesegaran dan kesejukan setelah perjalanan yang melelahkan.

Lokasi Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak berlokasi di barat daya Kota Jember, atau lebih tepatnya di area Gunung Argopuro. Air terjun yang satu ini berada kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur berangkat dari Jalan Gatot Subroto, maka dapat berkendara melalui Jalan Gatot Subroto menuju ke Jalan Nasional. Kemudian silahkan lanjutkan perjalanan ke arah Mrapa dengan jarak sekitar 7,4 kilometer. Berikutnya lanjut ke Jalan Gurami ke arah Pegunungan Argopuro.

Sekitar 16 kilometer berikutnya, nantinya Sedulur akan tiba di Desa Suci. Setibanya di Desa Suci, Sedulur akan menemukan banyak jalur yang telah dilengkapi dengan papan penunjuk arah ke kawasan Air Terjun Tancak. Setelah itu, Sedulur bisa jalan kaki melewati hutan, kebun kopi, dan jalan berbatu selama 60 menit.

Perjalanan yang Menarik

Perjalanan menuju Air Terjun Tancak menambah daya tariknya dengan pengalaman trekking yang menarik dan menantang. Perjalanan ini menawarkan pengalaman mendebarkan dengan melewati sungai-sungai kecil, jembatan kayu, dan medan yang berbatu.

Namun, keindahan alam sepanjang perjalanan, termasuk pemandangan perkebunan kopi dan sungai yang jernih, membuat setiap langkah terasa begitu berharga. Sesampainya di Air Terjun Tancak, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa.

BACA JUGA: Air Terjun Tujuh Bidadari: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

air terjun tancak
Unsplash/Noh Feldman

Ketika Sedulur berkunjung ke Air Terjun Tancak, terdapat sejumlah aktivitas yang dapat membuat pengalaman berkunjung menjadi lebih berkesan dan menyenangkan. Nah, kurang lebih berikut ini adalah beberapa aktivitas yang menarik untuk dilakukan di air terjun tersebut.

  • Berendam di aliran air terjun yang jernih

Salah satu aktivitas yang paling dinikmati oleh pengunjung adalah berendam di kolam alami di bawah air terjun. Airnya yang jernih dan segar menyegarkan tubuh setelah perjalanan melelahkan yang sebelumnya sudah dilakukan untuk bisa mencapai air terjun.

Berendam di kolam alami juga memberikan kesempatan untuk bersantai sambil menikmati suara gemuruh air terjun yang menenangkan.

  • Menikmati panorama sekitar

Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar Air Terjun Tancak dengan duduk bersantai di tepi kolam atau berjalan-jalan di sekitar area air terjun. Pemandangan hutan hijau yang lebat dan tebing-tebing batu yang mengelilingi air terjun menciptakan suasana yang menakjubkan dan menenangkan.

Bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah semacam ini menjadi salah satu cara refreshing pikiran dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

  • Berfoto di bawah Air Terjun Tancak

Spot-spot foto yang indah tersedia di sekitar air terjun satu ini, menjadikannya tempat yang ideal untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung dapat mengambil foto-foto yang indah di bawah air terjun atau di sekitar kolam alami sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka.

Jadi jangan sampai lupa untuk datang dengan membawa kamera atau ponsel dan pastikan kondisi baterainya dalam keadaan penuh.

  • Trekking yang seru

Bagi para petualang, air terjun yang satu ini menawarkan pengalaman trekking yang menantang dan menyenangkan. Perjalanan menuju air terjun melalui jalur setapak yang melewati hutan dan sungai kecil memberikan pengalaman petualangan yang seru.

Trekking di tengah alam yang indah ini akan memberikan pengalaman yang cukup menantang dan juga tak terlupakan bagi para pengunjung.

  • Bermain di kebun kopi

Di sekitar air terjun terdapat kebun kopi yang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Pengunjung dapat menjelajahi kebun kopi, belajar tentang proses penanaman dan pengolahan kopi, serta mencicipi kopi segar yang dipetik langsung dari pohonnya.

Bermain di kebun kopi juga memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika harga tiket masuk ke Air Terjun Tancak ini sangat terjangkau. Dengan begitu, maka Sedulur bisa lebih hemat dalam menghabiskan waktu liburan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini rincian harga tiket masuk dan juga tarif parkir yang perlu untuk dipersiapkan.

  • Harga Tiket Masuk: Rp5.000
  • Tarif parkir motor: Rp2.000
  • Tarif parkir mobil: Rp5.000

Jam Buka dan Jam Tutup

Sedulur bisa berkunjung ke Air Terjun Tancak kapan saja, baik itu pagi, siang, sore, maupun malam hari. Hal ini karena air terjun yang satu ini memiliki jam operasional selama 24 penuh setiap harinya. Kendati demikian, dianjurkan untuk tetap mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pihak pengelola.

Apabila sewaktu-waktu ada anjuran untuk tidak naik ke lokasi air terjun seperti ketika musim hujan, sebaiknya cari waktu lain untuk datang. Tentu saja hal ini dilakukan demi keselamatan dan juga kenyamanan para pengunjung ketika berwisata.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun Air Terjun Tancak merupakan destinasi alam yang berada di dalam hutan, terdapat beberapa fasilitas dasar yang tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas yang biasanya tersedia di air terjun tersebut adalah sebagai berikut ini.

  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Toilet dan MCK
  • Warung Makan dan Penjual Makanan
  • Tempat Istirahat
  • Area Bersantai di Sekitar Air Terjun

Tips Berkunjung

Berkunjung ke Air Terjun Tancak memang bukan hal yang mudah. Untuk bisa mendapatkan pengalaman yang maksimal selama berkunjung ke objek wisata alam ini, ikuti beberapa tips dalam merencanakan kunjungan ke air terjun ini.

  • Pastikan dalam kondisi fisik dan mental yang baik untuk menyelesaikan perjalanan menuju lokasi.
  • Kenakan pakaian yang nyaman serta perlengkapan untuk aktivitas trekking.
  • Persiapkan bekal makanan ringan dan air minum yang cukup untuk dikonsumsi selama perjalanan.
  • Hindari membuang sampah sembarangan di sepanjang perjalanan dan di area air terjun.
  • Selalu patuhi peraturan dan tanda peringatan yang terpasang di sepanjang perjalanan menuju air terjun.
  • Pastikan membawa kamera atau ponsel pintar dan baterai dalam keadaan penuh.
  • Memanfaatkan momen-momen indah selama perjalanan.

Dengan pesona alamnya yang memukau dan petualangan yang menantang, Air Terjun Tancak di Jember merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan bagi siapa saja yang mencari keindahan alam dan ketenangan secara maksimal.

Agar menikmati suasana air terjun makin asik, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas bertualang di alam akan semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.