air terjun antrokan

Seperti yang telah kita ketahui, Jember menyimpan banyak sekali objek wisata yang sangat unik dan juga menakjubkan. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Antrokan Manggisan, objek wisata yang bisa dijadikan alternatif destinasi ketika berkunjung ke Jember.

Bisa dibilang jika Air Terjun Antrokan ini merupakan salah satu air terjun paling indah di daerah Jember dan sekitarnya. Dengan dinding batu yang tidak terlalu tinggi serta dikelilingi oleh pepohonan hijau, membuat para wisatawan benar-benar terpukau.

Nah, bagi yang sedang bingung mencari destinasi wisata untuk liburan yang berikutnya, Air Terjun Antrokan Manggisan ini bisa menjadi opsi yang sangat tepat. Namun sebelum itu, ketahui dulu sedikit informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Coban Pelangi: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket dan Rute

Pesona Air Terjun Antrokan Manggisan

air terjun antrokan
Unsplash/Derek Owens

Air Terjun Antrokan Manggisan merupakan salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Jawa Timur. Tersembunyi di dalam hutan yang lebat, air terjun ini menawarkan pesona alam yang memikat dengan keindahan air yang jatuh dari ketinggian dan suasana sekitar yang tenang dan alami.

Kedamaian dan keasrian alam yang terjaga di sekitar air terjun ini membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Satu hal yang menarik dari air terjun ini adalah aksesnya yang menantang, namun sebanding dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati trekking yang menantang melalui hutan belantara. Selain memberikan pengalaman petualangan yang tak terlupakan, setiap langkah perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alam yang menakjubkan di sepanjang perjalanan.

Ketika tiba di lokasi air terjun, Sedulur akan langsung disambut dengan keindahan air terjun yang spektakuler dan suasana yang tenang. Air terjun yang tinggi dan deras mengalir di antara dinding-dinding tebing yang hijau, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Suasana sekitar yang tenang dan alami juga membuat air terjun ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Lokasi Air Terjun Antrokan Manggisan

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Antrokan Manggisan berlokasi di Kali Tengah, Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Dari Alun-alun Jember, jarak dari air terjun hanya kurang lebih 34 kilometer saja, dan perjalanan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur ingin berkunjung, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja. Hal ini karena di 4 kilometer terakhir sebelum lokasi air terjun, jalannya hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua alias sepeda motor saja.

Dengan mengendarai sepeda motor, Sedulur dapat mengambil rute jalan ke arah barat, dengan melewati Pasar Rambipuji – Pasar Petung – Bangsalsari – Gambriono. Usai melewati SPBU Pertamina 54.681.33, Sedulur bisa langsung belok ke arah kanan hingga masuk ke Jalan Karya Budi.

Dari SPBU yang satu ini, jarak sampai ke air terjun hanya tinggal sekitar 9 kilometer lagi. Nah, jika Sedulur membuka Google Maps di area SPBU ini, maka nantinya akan diberi 3 opsi rute jalan yang dapat dipilih. Tapi karena perjalanan menggunakan motor, rute serta kondisi jalan tentu bukanlah masalah berat.

Sedulur bisa memilih rute paling cepat dan dekat yang disarankan oleh Google Maps. Nah, dalam perjalanan menuju ke lokasi parkir kendaraan, Sedulur sudah bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar. Terdapat banyak sekali persawahan dan kebun warga yang memanjakan mata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Di Air Terjun Antrokan Manggisan, terdapat beragam aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Kurang lebih, berikut ini adalah empat kegiatan yang dapat menambah keseruan petualangan di destinasi alam ini.

  • Menikmati keindahan alam

Salah satu aktivitas utama di Air Terjun Antrokan Manggisan adalah menikmati keindahan alam sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun yang spektakuler dan suasana hutan yang hijau dan sejuk.

Berjalan-jalan di sekitar air terjun sambil mendengarkan gemericik air dan bersantai di tepiannya dapat memberikan pengalaman yang menyegarkan dan memuaskan.

  • Berfoto dan piknik

Air Terjun Antrokan juga merupakan tempat yang sempurna untuk berfoto dan berpiknik bersama keluarga atau teman-teman. Pemandangan alam yang menakjubkan dan suasana yang tenang menciptakan latar belakang yang ideal untuk mengabadikan momen bersama dengan kamera.

Selain itu, Sedulur juga dapat membawa bekal untuk piknik di area sekitar air terjun, menjadikan pengalaman berkunjung menjadi lebih menyenangkan.

  • Berpetualang dan trekking

Bagi para petualang yang doyan tantangan, Air Terjun Antrokan Manggisan menawarkan trekking yang menantang melalui hutan belantara. Perjalanan ini akan membawa pengunjung melewati medan yang beragam, mulai dari jalur yang berbatu hingga tebing yang curam.

Trekking di sekitar air terjun ini akan memberikan pengalaman petualangan yang tak terlupakan, di mana pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil menguji kekuatan dan ketangkasan mereka.

BACA JUGA: Coban Parang Tejo di Malang, Wisata Air Terjun Tersembunyi

Harga Tiket Masuk

Unsplash/Jared Tomasek

Dapat dikatakan jika untuk bisa masuk ke lokasi dari objek wisata ini, Sedulur tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. Hanya saja, pastikan untuk menyediakan uang untuk membayar biaya retribusi parkir, yakni sebesar Rp5.000 per kendaraan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Perlu untuk diketahui, jika sampai saat ini belum ada ketentuan secara resmi mengenai jam buka dan jam tutup dari objek wisata air terjun yang satu ini. Dengan kata lain, Air Terjun Antrokan Manggisan selalu buka selama 24 jam penuh, 7 hari berturut-turut.

Akan tetapi, waktu yang terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini pastinya adalah siang hari pada saat hari sedang panas atau terang.

Fasilitas yang Tersedia

Air Terjun Antrokan Manggisan menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung untuk menikmati pengalaman di tempat ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di sini.

  • Tempat Parkir

Fasilitas parkir yang memadai ini memudahkan para pengunjung untuk menjangkau lokasi air terjun tanpa harus khawatir tentang tempat parkir.

  • Toilet dan MCK

Untuk kenyamanan pengunjung, tersedia fasilitas toilet dan tempat cuci tangan (MCK) yang bersih dan terawat di sekitar area air terjun.

  • Warung dan Penjual Makanan

Terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman di sekitar area air terjun. Pengunjung dapat membeli makanan ringan atau minuman segar untuk dinikmati selama berada di sana.

  • Area Istirahat dan Bersantai

Air Terjun Antrokan juga menyediakan beberapa spot istirahat dan bersantai di sekitar area air terjun, berupa kayu dan bebatuan.

Peraturan yang Berlaku

Objek wisata air terjun ini menerapkan beberapa peraturan yang berlaku untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan kenyamanan para pengunjung serta untuk melindungi lingkungan sekitar. Beberapa peraturan yang berlaku di tempat wisata alam ini adalah sebagai berikut.

  • Para pengunjung diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar air terjun.
  • Para pengunjung dilarang membawa atau menggunakan barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, bahan peledak, atau obat-obatan terlarang di dalam area wisata.
  • Para pengunjung dihimbau untuk tidak merusak alam atau flora dan fauna yang ada di sekitar air terjun.
  • Para pengunjung diharapkan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain selama beraktivitas di sekitar air terjun.
  • Para pengunjung diharapkan untuk mematuhi larangan mendekati atau memanjat daerah-daerah berbahaya tersebut demi menjaga keselamatan diri.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Air Terjun Antrokan Manggisan, ada beberapa tips yang dapat membantu mempersiapkan perjalanan Sedulur agar lebih lancar dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

  • Hindari berkunjung saat musim hujan karena hal ini dapat membuat perjalanan berbahaya.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas outdoor.
  • Siapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan untuk mendukung kegiatan outdoor.
  • Pastikan untuk membawa perlengkapan fotografi.
  • Pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk serta peraturan yang berlaku di kawasan air terjun.

Air Terjun Antrokan Manggisan menjadi tempat yang populer untuk berbagai aktivitas seperti piknik atau sekadar menikmati keindahan alam. Banyak yang datang ke sini untuk menikmati suasana tenang dan menyegarkan, menjauh dari kebisingan kota serta meresapi keindahan alam yang masih asri!