kampung durian jember

Jombang memang terkenal dengan berbagai macam objek wisata alam yang menarik dan sulit untuk dilupakan. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada, salah satu yang wajib untuk Sedulur kunjungi adalah Agrowisata Duran Duren Wonosalam.

Mungkin sudah banyak orang yang tahu akan objek wisata tersebut. Namun sebelum memutuskan untuk berkunjung, ada baiknya Sedulur mengetahui beberapa informasi penting mengenai Agrowisata Duran Duren Wonosalam tersebut.

Dengan begitu, maka Sedulur bisa menyiapkan apa saja yang sekitarnya dibutuhkan dan juga mendapatkan apa yang diinginkan ketika berkunjung. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak informasi Agrowisata Duran Duren Wonosalam berikut!

BACA JUGA: Wisata Kampung Durian Jember: Lokasi, Harga Tiket dan Tips

Agrowisata Duran Duren Wonosalam

kampung durian jember
Unsplash/Jim Teo

Agrowisata Duran Duren Wonosalam sendiri merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di Kota Jombang. Objek wisata alam yang satu ini, baru dibuka untuk umum pada Januari tahun 2022 lalu. Jadi memang umurnya sendiri baru 2 tahun.

Kendati demikian, daya tarik yang dimilikinya mampu membuat para wisatawan yang berkunjung semakin banyak.

Daya Tarik yang Dimiliki

Dapat dikatakan jika Agrowisata Duran Duren Wonosalam menawarkan paket yang lengkap. Selain keindahan alam yang dihadirkannya, terdapat juga beberapa wahana keren yang dapat dinikmati. Nah, kurang lebih berikut ini daya tarik yang dimiliki objek wisata Duran Duren Wonosalam.

1. Pemandangan pegunungan

Pemandangan yang tersaji di sini benar-benar indah. Hal ini karena objek wisata tersebut berada di dataran tinggi yang penuh dengan pepohonan rimbun. Untuk bisa mendapatkan view yang bagus, Sedulur bisa mendaki bukit sampai mencapai titik paling tinggi, sehingga pemandangannya semakin indah.

2. Rainbow slide

Wahana pertama yang wajib untuk Sedulur coba di tempat ini yaitu rainbow slide. Permainan yang satu ini sangat seru, karena para wisatawan bisa meluncur dari ketinggian sekitar 8 meter menuju lintasan warna-warni mirip seperti pelangi yang indah.

3. Mini zoo

Pihak pengelola dari Duran Duren Wonosalam telah mengembangkan area kebun binatang mini di wilayah objek wisata tersebut. Hal ini ternyata sukses menjadi pemanis pada tempat wisata serta mampu menambah daya tarik bagi wisatawan.

Dengan adanya Mini Zoo, setiap wisatawan bisa mengajak anak mereka untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan. Sampai saat kini, sudah ada beragam jenis hewan. Mulai dari ayam, burung, kelinci, dan juga ikan di dalam kolam.

4. Mini playground

Selain Mini Zoo, pihak pengelola wisata juga sangat memperhatikan wisatawan bagi anak-anak. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan area bermain yang dibuat khusus untuk anak-anak. Terdapat jembatan, perosotan, serta terowongan untuk anak-anak. Ya, anak-anak tentu lebih senang bermain di area ini.

5. Rumah hobbit

Daya tarik yang berikutnya adalah Rumah Hobbit. Rumah Hobbit sendiri adalah replika atau miniatur dari rumah kurcaci. Tempat ini dibuat di area taman yang indah. Dengan dekorasi berbentuk menyerupai jamur raksasa dan taman sekitar rumah hobbit, membuatnya disukai banyak pengunjung.

6. Kolam renang

Objek wisata satu ini semakin semarak, berkat adanya wahana air. Yakni sebuah kolam renang yang sangat digunakan untuk anak-anak. Kolamnya memang tidak terlalu dalam, dengan kedalaman hanya sampai lutut orang dewasa. Di dalamnya, juga ada wahana perosotan serta ember tumpah.

7. Villa

Di Agrowisata Duran Duren Wonosalam ini juga menyediakan akomodasi villa, yang membuat para wisatawan tidak perlu kebingungan lagi ketika mencari tempat untuk menginap. Kamar yang tersedia juga cukup besar, bersih, dan tentu saja nyaman.

Ada kamar yang bertipe deluxe room atau semacam glamping. Bukan hanya bersih, penginapan yang ada di sini juga mempunyai akses yang mengarah langsung pada pemandangan pegunungan yang memanjakan mata dan pikiran.

8. Kuliner di rumah makan joglo

Seperti yang telah diketahui, konsep rumah makan ala rumah adat Jawa alias Joglo memang sangat menarik. Nuansa tradisional yang berpadu dengan menu khas nusantara mampu, tentu saja mampu menggugah selera siapa saja yang berkunjung.

Tidak hanya suasana yang nyaman, rumah makan ini juga menawarkan menu yang cukup bervariasi dengan harga yang terbilang terjangkau. Para wisatawan dapat bersantap di rumah makan ini sembari menikmati pemandangan hijau di sekitarnya.

9. Menikmati buah durian khas Wonosalam

Agrowisata Duran Duren Wonosalam ini berdiri karena Wonosalam sendiri adalah penghasil buah durian. Wisata ini mempunyai kebun durian, sekaligus berfokus pada konservasi durian. Ya, durian di Wonosalam ini banyak diburu oleh para pecinta durian, khususnya untuk jenis durian Bido.

Ada kurang lebih 400 pohon durian yang ditanam di lahan yang cukup luas dengan usianya lebih dari 30 tahun. Sebanyak 300 pohon berusia remaja, dan sisanya adalah pohon durian asli. Selain durian bido, disini juga ada jenis durian lain seperti bawor, montong, duri hitam, musang king, sampai jenis durian petruk.

BACA JUGA: Kebun Belimbing Bojonegoro: Daya Tarik, Tiket, dan Jam Buka

Lokasi Agrowisata Duran Duren Wonosalam

kampung durian jember
Unsplash/Jonny Clow

Lokasi dari wisata Duran Duren Wonosalam yang satu ini, berlokasi di Jalan Anjasmoro, Desa Notorejo, Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Lokasi dari wisata ini memang cukup mudah untuk dijangkau. Ya, hanya berjarak sekitar 80 meter dari Kantor Kecamatan Wonosalam.

Rute Menuju Lokasi

Bagi para wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Jombang atau provinsi, dapat melalui Jalan Raya Nasional Surabaya – Madiun, kemudian menuju ke Kecamatan Mojoagung Jombang. Jika sudah sampai di Mojoagung, lanjut dengan menuju Kabupaten Wonosalam.

Perlu diketahui, jika terdapat beberapa cabang jalan di berbagai arah. Silahkan Sedulur ambil jalan menuju Lapangan Wonosalam. Kemudian masuk ke camp Wonosalam, nantinya akan menemukan pertigaan di bagian depan camp.

Perhatikan sisi kanan jalan, apabila sudah melihat tanda Duran Duren, maka Sedulur sudah sampai di tempat wisata tersebut.

Transportasi

Akses untuk menuju jalur wisata ini memang mudah, baik itu dari Surabaya-Mojokerto ataupun Malang-Kediri (melalui Kandangan). Sedulur dapat mencapai lokasi wisata yang satu ini dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Harga Tiket yang Dikenakan

Bisa dibilang jika harga tiket masuk untuk objek wisata ini cukup terjangkau. Hanya saja, untuk akhir pekan alias weekend harga yang dibanderol sedikit lebih mahal jika dibandingkan hari biasa atau weekdays. Selain itu, Sedulur juga harus menyediakan uang untuk biaya setiap wahana yang diinginkan.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini daftar harga tiket masuk, biaya parkir, dan juga beberapa wahana yang tersedia di Agrowisata Duran Duren Wonosalam.

  • Harga tiket masuk: Rp15.000 (Weekdays), Rp20.000 (Weekend)
  • Tarif parkir: Rp2.000 (Motor), Rp4.000 (Mobil)
  • Kolam renang: Rp15.000
  • Rainbow slide: Rp20.000 (1x main), Rp35.000 (2x main)

Jam Buka dan Jam Tutup

Dikutip dari akun Instagram resmi Agrowisata Duran Duren Wonosalam, objek wisata yang satu ini buka setiap hari dari pagi sampai sore. Dengan begitu, Sedulur bisa datang kapan saja, sesuai waktu luang yang dimiliki. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini jam buka dan jam tutup dari Duran Duren Wonosalam.

  • Senin: 08.00 – 17.00 WIB
  • Selasa: 08.00 – 17.00 WIB
  • Rabu: 08.00 – 17.00 WIB
  • Kamis: 08.00 – 17.00 WIB
  • Jumat: 08.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu: 08.00 – 17.00 WIB
  • Minggu: 08.00 – 17.00 WIB

BACA JUGA: 20 Wisata Lumajang dengan Alam yang Indah, Wajib Dikunjungi!

Fasilitas yang Tersedia

agrowisata duran duren wonosalam
Unsplash/Robert Eklund

Karena jumlah wisatawan yang datang ke Agrowisata Duran Duren Wonosalam semakin banyak, maka pihak pengelola dari objek wisata ini telah menyediakan berbagai macam fasilitas. Ya, fasilitas yang tersedia ini tentu saja mampu menunjang berbagai macam aktivitas para pengunjung.

1. Area parkir

Fasilitas yang pertama adalah area parkir yang cukup luas, dimana para wisatawan dapat memarkirkan kendaraan mereka dengan aman dan nyaman.

2. Mushola

Mushola juga bisa ditemukan di dalam objek wisata ini, yang mana dapat digunakan oleh wisatawan muslim untuk beribadah.

3. Toilet

Seperti yang telah diketahui, toilet menjadi fasilitas yang wajib tersedia di suatu objek wisata.

4. Gazebo

Para pengunjung yang merasa lelah setelah berjalan-jalan di area Agrowisata Duran Duren Wonosalam, bisa langsung beristirahat dan bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia.

Itulah informasi mengenai Agrowisata Duran Duren Wonosalam yang perlu Sedulur ketahui sebelum berkunjung ke sana. Untuk informasi lebih lengkapnya lagi, Sedulur bisa menuju ke situs atau akun media sosial resmi dari objek wisata alam yang satu ini.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Duran Duren ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!