Greysia Polii pensiun jadi pemain bulu tangkis

Greysia Polii pensiun jadi pemain bulu tangkis

Greysia Polii pensiun jadi pemain bulu tangkis
Kompas

12 Juni 2022 menjadi catatan sejarah tersendiri untuk bulu tangkis Indonesia. Salah satu atlet terbaik Tanah Air yakni Greysia Polii secara resmi pensiun sebagai pemain bulu tangkis. Hal itu ditandai dengan seremoni yang digelar di Istana Olahraga Gelora Bung Karno atau lebih dikenal sebagai Istora Senayan, Jakarta.

Dalam acara bertajuk Testimonial Day: Greysia Polii itu, turut hadir sejumlah tokoh. Di antaranya ialah Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Adapun sebelumnya kabar mengenai Greysia Polii pensiun jadi pemain bulu tangkis sempat disampaikan dalam konferensi pers pada Jumat (3/6/2022) lalu. Pada kesempatan itu, Greysia mengaku sangat mensyukuri berbagai pencapaian dan prestasi yang telah ia raih selama 19 tahun berkarir sebagai atlet bulu tangkis. Di sisi yang lain, ia merasa perjalanannya sebagai atlet sudah cukup.

Sementara dirangkum dari berbagai sumber, keputusan untuk pensiun telah lama dipertimbangkan oleh seorang Greysia Polii. Namun perempuan berdarah Minahasa itu kemudian memilih bertahan dan melanjutkan karirnya sebagai atlet bulu tangkis. 

Olimpiade London 2012 disebut menjadi salah satu momen di mana Greysia berpikir untuk pensiun. Diketahui kala itu Greysia yang berpasangan dengan Meiliana Jauhari mendapatkan sanksi diskualifikasi karena dianggap melanggar kode etik. Mereka dinilai sengaja mengalah agar tidak menghadapi lawan yang sulit di babak perempat final. Akan tetapi, setelah mempertimbangkan banyak hal, ia akhirnya memutuskan untuk tetap bertahan dan melanjutkan perjalanannya sebagai seorang atlet.

Keinginannya untuk pensiun pun kembali muncul pada momen Olimpiade Rio 2016. Namun lagi-lagi Greysia akhirnya memutuskan untuk menunda pensiunnya setelah diminta untuk membantu pemain muda. Pada momen itu jugalah ia kemudian dipasangkan dengan Apriyani Rahayu.

Pertemuan Greysia dengan Apriyani yang berusia hampir 11 tahun lebih muda darinya ternyata berbuah manis. Keduanya sukses mengumpulkan deretan prestasi di berbagai ajang. Terakhir, mereka memenangkan medali emas dari ajang Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang pada 2021 lalu. Kala itu, Greysia juga disebut sebagai atlet bulu tangkis tertua yang meraih medali emas di Olimpiade. Diketahui, saat itu ia berusia 33 tahun 356 hari. 

BACA JUGA: Benarkah Ronaldo Bakal Main sampai Umur 42 Tahun Saja?