pecel punten kediri

Ketika berlibur ke suatu daerah seperti Kediri, tentu saja akan terasa kurang lengkap jika belum mencoba makanan khas di daerah tersebut. Kediri sendiri adalah kota yang punya banyak sekali destinasi makanan, salah satunya pecel. Bahkan pecel Kediri telah banyak dikenal dan menyebar ke berbagai daerah.

Sudah pasti, Sedulur bisa menemukan banyak sekali penjual pecel di kota yang satu ini, terutama pada malam hari. Seperti yang telah diketahui, pecel merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia.

Dengan harga yang relatif terjangkau, dijamin hidangan ini akan membuat para penikmatnya merasa kenyang dan ketagihan. Apalagi varian lauk dari pecel juga cukup beragam, Sedulur dapat memilih sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA: Bakso President Malang: Keseruan Nikmati Bakso di Pinggir Rel

Rekomendasi Warung Pecel Kediri

Nah, bagi yang mencari pecel Kediri asli di kota kelahirannya, berikut ini ada beberapa kedai atau warung yang bisa dikunjungi!

1. Nasi Pecel Bu Darmo

kuliner mojokerto
Unsplash/Tubagus Topan

Untuk rekomendasi warung pecel Kediri yang pertama, yakni Nasi Pecel Bu Darmo. Warung nasi pecel yang satu ini, sangat cocok bagi Sedulur yang sedang mencari hidangan segar dan mengenyangkan untuk sarapan di pagi hari. Sedulur bisa menikmati nasi pecel yang lezat lengkap dengan peyek yang gurih.

Bisa dibilang jika Pecel Bu Darmo ini merupakan warung pecel yang legendaris di kota Kediri, dan telah berdiri sejak tahun 1974 silam. Jadi tidak heran jika Sedulur yang berkunjung di sini harus rela mengantri, karena warung ini tidak pernah sepi.

  • Alamat: Jl. Banjaran 1 Jl. Letjen Suprapto Gg.1 No.139, Kota Kediri
  • Jam buka: Pukul 05.00 WIB – 11.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp5.000

2. Pecel Punten Mbenjing Mriki Malih

Berikutnya ada Pecel Punten Mbenjing Mriki Malih yang terkenal di wilayah Kediri dan sekitarnya. Warung pecel ini memiliki ciri khas yang unik, yakni selalu meneriakkan “mbenjing mriki malih” yang berarti “besok kesini lagi” kepada setiap pembeli yang datang.

Berada di dekat persawahan, menciptakan suasana yang terasa nyaman dan asri bagi para pengunjung. Pecel Punten juga sangat cocok bagi Sedulur yang bosan menyantap hidangan pecel biasa. Karena disini beras yang diolah seperti jadah, lalu dipadukan dengan sayuran, bumbu pecel, dan kerupuk upil.

  • Alamat: Jl. Durian, Ketami, Pesantren, Kota Kediri
  • Jam buka: Pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp15.000

3. Nasi Pecel Bu Benny

Bagi Sedulur yang sedang mampir ke Kota Kediri, akan terasa kurang lengkap jika belum mencoba hidangan yang satu ini. Di Nasi Pecel Bu Benny ini, Sedulur tidak hanya dapat menyantap nasi pecel yang nikmat saja.

Hal ini dikarenakan warung pecel tersebut masih berbagai macam menu rumahan lain yang dapat dicoba. Jadi jika Sedulur sedang merasa bosan dengan pecel, maka dapat memilih beberapa hidangan lain yang tentu saja tidak kalah menarik.

  • Alamat: Jl. Letjen Suparman No. 25, Pakunden, Pesantren, Kota Kediri
  • Jam buka: Pukul 06.30 WIB – 13.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp8.500

4. Nasi Pecel dan Tumpang Pincuk

Rekomendasi warung pecel Kediri yang berikutnya adalah Nasi Pecel & Tumpang Pincuk. Bagi yang berada di wilayah Kecamatan Tepus dan mencari hidangan lezat dan menyehatkan untuk sarapan atau makan siang, maka warung ini bisa menjadi tujuan yang tepat.

Bisa dibilang jika menu pecel disini cukup terjangkau, namun kualitasnya juara. Disajikan secara lengkap dengan gorengan, rempeyek kacang, serta sambel pecel dan tumpang yang legit ketika berada di lidah. Dijamin Sedulur akan kangen untuk menikmati lagi pecel di warung satu ini.

  • Alamat: Jl. Joyoboyo 1, Sukorejo, Tepus, Kota Kediri
  • Jam buka: Pukul 05.30 WIB – 13.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp6.000

BACA JUGA: 11+ Spot Food Court Surabaya Paling Worth It, Wajib Dikunjungi!

5. Nasi Pecel Pudakit

pecel punten kediri
Freepik/Freepik

Destinasi warung pecel yang berikutnya adalah Nasi Pecel Pudakit. Warung pecel ini letaknya berada di pusat Kota Kediri, sehingga cukup mudah untuk dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum di kota tersebut. Menariknya, Sedulur bisa datang bahkan ketika sudah larut malam.

Hal ini karena warung Nasi Pecel Pudakit buka dari malam hingga dini hari, membuat Sedulur tidak akan kelaparan di tengah malam. Namun disarankan untuk tidak datang terlalu malam, karena dijamin pasti Sedulur akan antre jika makan di tempat ini.

  • Alamat: Jl. Dhoho No.80, Setono Gedong, Kota Kediri
  • Jam buka: Pukul 21.30 WIB – 03.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp8.000

6. Nasi Pecel Bu Sur

Walaupun Kediri termasuk kota wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam dan luar daerah, Sedulur masih bisa menjumpai kuliner pecel dengan harga yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp3 ribuan saja per porsinya, lho.

Ya, warung pecel yang dimaksud adalah Nasi Pecel Bu Sur. Dalam satu porsi, Sedulur akan menemukan hidangan yang terdiri dari nasi, sambal pecel, sayur, tahu, tempe dan juga setumpuk rempeyek. Walau dibanderol dengan harga yang murah, hal itu tidak mengurangi kualitas dari citarasa pecel yang disajikan.

  • Alamat: RT 17/RW 03, Pesantren, Pesantren, Kota Kediri
  • Jam buka: Pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp3.000

7. Pecel Mak Rah

Menikmati seporsi nasi pecel ditemani dengan pemandangan sawah yang indah memang terasa sangat nikmat. Ya, hal itu bisa Sedulur dapatkan di Warung Pecel Mak Rah, salah satu warung pecel di Kediri yang sudah lama berdiri, tepatnya pada tahun 2002 silam.

Kombinasi antara rasa dengan pengalaman menyantap pecel di dekat persawahan tentu saja menjadi keunikan tersendiri yang tidak akan terlupakan. Dengan harga yang terjangkau, Sedulur sudah bisa menikmati sepiring nasi pecel dengan tahu, tempe, sayur, dan sambal yang pedas nan menggugah selera.

  • Alamat: Wonotengah, Kecamatan, Kabupaten Kediri
  • Jam buka: Pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp6.000

8. Pecel Tumpang Mbah Mursinem

Untuk saat ini Warung Pecel Mbah Mursinem telah dikelola oleh generasi keduanya. Walau begitu, citarasa yang nikmat dan khas tetap mereka pertahankan. Ciri khas dari pecel tumpang yang ada di warung ini, yakni lauk peyeknya yang tipis, renyah, serta gurih.

Tentu saja akan terasa sangat pas disantap bersama dengan sambal tumpangnya yang pedas. Uniknya warung ini buka dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore atau malam hari. Dengan begitu, sangat cocok untuk sarapan dan makan malam.

  • Alamat: Sumber Asri, Sonorejo, Grogol, Kabupaten Kediri
  • Jam buka: Pukul 04.30 – 10.00 WIB, lanjut pukul 16.00 WIB – 01.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp8.000

9. Pecel Mbah Poniman

kuliner surabaya timur
Unsplash/Inna Safa

Rekomendasi pecel Kediri yang terakhir adalah Warung Pecel Mbah Poniman. Warung ini dapat menjadi alternatif pilihan ketika Sedulur sedang berkunjung ke Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri. Ya, tempat makan ini hanya berjarak 2 km dari SLG, lho!

Sama seperti sebelumnya, warung Pecel Mbah Poniman ini juga buka dua kali dalam sehari. Baik bagi yang sedang mencari hidangan lezat untuk sarapan atau makan malam, tentu saja warung pecel yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

  • Alamat: Jl. Beringin, Wonosari, Gurah, Kabupaten Kediri
  • Jam buka: Pukul 05.30 – 12.00 WIB, lanjut pukul 17.00 WIB – 01.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp6.000

Itulah beberapa warung pecel Kediri yang direkomendasikan. Pastikan untuk mencicipi hidangan pecel di salah satu dari warung pecel yang ada di atas, untuk mendapatkan pengalaman kuliner di Kediri yang otentik dan memuaskan.

Oia, biar wisata kuliner Sedulur bisa makin mantap. Jangan lupa untuk mempersiapkan selalu air minum sendiri. Selain bisa menghilangkan rasa haus selama jalan-jalan, Sedulur juga bisa lebih hemat ketika jajan.

Salah satu pilihan yang menarik untuk Sedulur adalah Air Minum Pirlo. Air minum ini memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.