wawasan nusantara adalah

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terkait tujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Cara pandang tersebut diwujudkan dengan mengedepankan kepentingan nasional dibandingkan dengan kepentingan pribadi, kepentingan kelompok hingga kepentingan golongan tertentu.

Wawasan nusantara adalah sebuah pegangan dan pedoman hidup masyarakat Indonesia, yang digunakan sebagai motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan kebijakan, keputusan dan tindakan dalam bernegara dan bermasyarakat. Agar Sedulur lebih paham lagi, mending langsung aja kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Deklarasi Djuanda: Pengertian, Sejarah, Tokoh, & Hasilnya

Pengertian wawasan nusantara

Merdeka

Wawasan nusantara adalah wawasan yang memandang Indonesia lebih dari sekadar negara, hal ini berkaitan dengan ideologi bangsa itu sendiri. Wawasan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang bermakna pandangan, sementara nusantara berarti istilah untuk menyebut kepulauan yang ada di Indonesia, atau Indonesia sendiri.

Dapat ditarik kesimpulan secara sederhana, bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang atau cara melihat kesatuan kepulauan yang terletak di antara (Asia dan Australia) juga dua samudera (Hindia dan Pasifik). Sementara itu, berdasarkan Ketetapan MPR tahun 1999, wawasan nusantara adalah sebagai berikut:

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa mengenai diri dan lingkungan yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan tujuan mencapai tujuan nasional.

Mundur beberapa tahun ke belakang, berdasarkan TAP MPR tahu 1993 dan 1998 tentang Garis Besar Haluan Negara (GBHN), wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia, tentang jati diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kesatuan wilayah demi tercapainya tujuan nasional.

Tujuan wawansan nusantara

Jalan Damai

Dari pengertian di atas, terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan dari wawasan nusantara itu sendiri. Tujuan wawasan nusantara adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang kian mendunia maupun kehidupan dalam negeri. Kemudian turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, dengan sikap saling menghormati.

Sebagai sebuah bangsa dan negara, Indonesia harus ikut berperan aktif secara internasional mengamankan dan menjaga kepentingan nasionalnya dalam setiap aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial budaya hingga pertahanan dan keamanan. Hal tersebut bertujuan untuk tercapainya tujuan nasional yang terdapat dalam UUD 1945.

Tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berupaya mencegah faktor-faktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa sedini mungkin, juga terus mengupayakan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam Kebhinekaan.

Asas wawasan nusantara

wawasan nusantara adalah
Pikiran Rakyat

Asas wawasan nusantara adalah ketentuan dasar atau kaidah yang wajib dipatuhi, dilakukan dan dijaga oleh setiap unsur masyarakat Indonesia. Hal ini bertujuan agar terciptanya perdamaian dan keseimbangan di Indonesia. Secara menyeluruh terdapat 6 asas wawasan nusantara yang wajib Sedulur pahami. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Asas solidartas berkaitan dengan hubungan emosional dan moral antara individu atau kelompok yang berlandaskan rasa percaya, kesamaan tujuan dan cita-cita, serta rasa kesetiakawanan dan rasa sepenanggungan.
  2. Asas kejujuran berkaitan dengan tindakan yang berani dan siap untuk bertindak dengan fakta dan kenyataan yang dilakukan untuk tercapainya kemajuan.
  3. Asas kesamaan tujuan yang berkaitan dengan tujuan bersama yang dicapai dengan berjuang bersama-sama. Hal ini dapat dilihat di masa lalu pada saat para pejuang dan pahlawan mengusir penjajah.
  4. Asas keadilan yang berkaitan dengan hak yang sama bagi setiap masyarakat Indonesia, terutama dalam menerima keadilan. Keadilan harus dijunjung tinggi, tidak membela sekelompok orang atau golongan tertentu.
  5. Asas kerja sama berkiatan dengan tujuan dan kepentingan yang sama untuk mencapai tujuan nasional.

Hakikat wawasan nusantara

Suara Merdeka

Pengertian wawasan nusantara menurut para ahli, sebagaimana yang disarikan dan dijadikan landasan wawasan nusantara itu sendiri, menyatakan bahwa wawasan nusantara penting untuk keberlangsungan Indonesia. Sementara itu, hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara atau negara Indonesia itu sendiri.

Hal tersebut dikarenakan wawasan nusantara dapat dimaknai sebagai cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional. Hal ini dapat terlihat dalam contoh wawasan nusantara, ketika masyarakatnya membela negara dari ancamanan asing. Dan banyak contoh lain yang dapat dijadikan rujukan terkait hakikat wawasan nusantara itu sendiri.

Fungsi wawasan nusantara

wawasan nusantara adalah
Tribunnews

Wawasan nusantara adalah pedoman dan cara pandang setiap elemen masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, terdapat beberapa fungsi dari wawasan nusantara. Fungsi tersebut terbagi menjadi 4 kategori, yang juga dikenal sebagai 4 konsep wawasan nusantara, yang meliputi:

  • Wawasan Pertahanan dan Keamanan nasional: Mengarah pada pandangan geopolitik negara Indonesia. Pandangan tersebut mencakup tanah air serta segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Wawasan Kewilayahan Indonesia: Termasuk pemahaman mengenai batas wilayah Indonesia agar terhindar dari potensi sengketa dengan negara lain.
  • Wawasan Pembangunan: Dengan beberapa unsur di dalamnya, seperti sosial politik, kesatuan politik, pertahanan serta keamanan negara, ekonomi, dan sosial ekonomi.
  • Konsep Ketahanan Nasional: Konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, serta pertahanan keamanan nasional.

Penjelasan terkait fungsi wawasan nusantara juga berkaitan erat dengan implementasi itu sendiri. Terdapat beberapa aspek atau bidang yang wajib mengimplementasikan wawasan nusantara itu. Berikut ini adalah implementasi yang dimaksud:

1. Bidang pertahanan dan keamanan

Kompas

Wawasan nusantara adalah cara pandang untuk mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu pemaknaan terhadap wawasan nusantara. Implementasi wawasan nusantara di bidang pertahanan dilakukan dengan membentuk sikap dan kedisiplinan diri dalam membela tanah air.

Serta melaporkan segala hal yang mengganggu keamanan pada aparat yang berwenang, meningkatkan rasa persatuan serta solidaritas baik dalam satu daerah yang sama atau daerah yang berbeda. Terakhir membangun sarana serta prasarana bagi kegiatan atau aktivitas pengamanan wilayah Indonesia.

2. Bidang politik

wawasan nusantara adalah
Katadata

Wawasan nusantara adalah cara pandang yang dapat dimaknai secara luas, oleh karena itu dapat juga dimaknai dalam aspek politik dan diimplementasikan. Implementasinya ada dalam pelaksanaan kehidupan berpolitik Indonesia. Terdapat juga dalam Undang-Undang, misalnya UU Partai Politik, dan UU Pemilu. Implementasi wawasan nusantara di bidang politik juga dimaksudkan untuk menciptakan pemerintahan yang kuat, bersih, dan dapat dipercaya oleh masyarakatnya

3. Bidang ekonomi

Kompas

Implementasi wawasan nusantara di bidang ekonomi terdapat pada pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia sambil menjaga kelestarian lingkungan hidupnya. Kekayaan dan letak geografis Indonesia yang strategis dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk perekonomian negara.

4. Bidang sosial

wawasan nusantara adalah
Kumparan

Implementasi wawasan nusantara di bidang sosial berada pada saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan atau keragaman yang ada di tanah air. Mulai dari perbedaan, suku, ras, agama hingga budaya. Semuanya itu dilakukan untuk menjaga keamanan NKRI.

BACA JUGA: Tari Indang: Penjelasan, Sejarah, Fungsi, & Gerakannya

Tantangan implementasi di era modern

Advetorial

Wawasan nusantara adalah pedoman dan dasar haluan negara. Selain beberapa aspek di atas yang wajib mengimplementasikan wawasan nusantara, terdapat beberapa tantangan untuk mengimplemtasikan wawasan nusantara di era modern saat ini. Berikut ini beberapa tantangannya:

1. Perkembangan Pesat Teknologi

Perkembangan teknologi serta perkembangan masyarakat global dikaitkan dengan dunia tanpa batas yang tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk wawasan nusantara. Mengingat perkembangan ini dapat mempengaruhi pola pikir, pola sikap dan pola tindak masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

2. Kapitalisme

Kapitlisme yang merupakan sistem ekonomi yang dianut banyak negara saat ini, mengharuskan Indonesia menyesuaikan sistem tersebut dengan pedoman negara. Wawasan nusantara adalah pedoman yang dimaksud dalam hal ini, untuk dapat bertahan dalam era baru kapitalisme harus membuat strategi baru yaitu keseimbangan (balance) antara paham individu dan sosialis. Indonesia perlu melakukan penyesuaian di era modern ini.

3. Pemberdayaan masyarakat

Memberi peranan dalam bentuk aktivitas dan partisipasi masyarakat untuk mencapai tujuan nasional hanya dapat dilaksanakan oleh negara-negara maju dengan Buttom Up Planning, sedang untuk negara berkembang dengan adanya keterbatasan kualitas SDM sehingga diperlukan landasan operasional berupa GBHN.

Kondisi nasional (pembangunan) yang tidak merata mengakibatkan keterbelakangan dan hal ini merupakan ancaman bagi integritas. Pemberdayaan masyarakat diperlukan terutama untuk daerah-daerah tertinggal.

Itulah beberapa penjelasan terkait wawasan nusantara, di mana wawasan nusantara adalah haluan dan pedoman penting bangsa Indonesia dalam bernegara dan bermasyarakat. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur dan memperkuat rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!