sudut lurus adalah

Salah satu jenis sudut yang tidak banyak dibahas adalah sudut lurus. Dalam kehidupan sehari-hari, penerapan dari sudut lurus adalah pada dinding tembok, alas meja, dan jam yang menunjukkan pukul 6.

Sebelum membahas lebih jauh, Sedulur harus mengerti apa itu sudut. Sudut merupakan suatu bentuk yang dihasilkan dari adanya dua buah garis yang saling bertemu. Pembagian jenis sudut dibagi berdasarkan besarnya dan letak posisinya.

Nah, apa saja jenis-jenis sudut yang lain selain sudut lurus? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Sudut Istimewa Trigonometri Beserta Tabel & Contoh Soalnya

Pengertian sudut

sudut lurus adalah
iStock

Sudut merupakan pertemuan dua garis lurus yang bertemu pada satu titik. Sudut juga dapat dikatakan sebagai sebuah ruang di antara dua garis lurus yang saling berpotongan, jika berada di dalam bangun dua dimensi dengan ukuran beraturan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sudut adalah bangun yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. Secara umum, besaran pada sudut dinyatakan dalam satuan derajat. Berdasarkan besarnya, sudut dibagi menjadi 7 jenis, yaitu:

1. Sudut lancip adalah

sumber.belajar.kemdikbud

Sudut lancip berapa derajat? Sudut lancip merupakan sudut yang memiliki besaran tidak lebih dari 90 derajat atau di antara 0 derajat sampai 89 derajat. Contoh sudut lancip dalam kehidupan sehari-hari, adalah sepotong pizza, jam dinding yang menunjukkan pukul 11, dan huruf A.

2. Sudut siku-siku adalah

sumber.belajar.kemdikbud

Sudut siku-siku merupakan sudut yang memiliki besaran tepat pada 90 derajat. Sudut ini dihasilkan dari dua garis lurus yang saling berpotongan sehingga menghasilkan garis yang saling tegak lurus. Dalam kehidupan sehari-hari, sudut siku-siku dapat ditemukan pada buku, bingkai foto, jendela, dan keramik.

3. Sudut tumpul adalah

sumber.belajar.kemdikbud

Sudut tumpul berapa derajat? Sudut tumpul merupakan sudut yang memiliki besaran lebih dari 90 derajat atau berada diantara 91 derajat dan 179 derajat. Contoh sudut tumpul dalam kehidupan sehari-hari adalah atap rumah, jam yang menunjukkan pukul 7, dan kursi goyang. 

BACA JUGA: Kumpulan Simbol Matematika Beserta Arti & Cara Membacanya

4. Sudut lurus adalah

sudut lurus adalah
sumber.belajar.kemdikbud

Sudut lurus adalah sudut yang besarnya 180 derajat. Jika dilihat sekilas, sudut ini seperti sebuah garis lurus dengan bentuk horizontal dengan dua lengan. Sudut lurus adalah sudut yang besarnya sama dengan 180 derajat, seperti pada alas meja dan dinding tembok. 

5. Sudut refleks adalah

sudut lurus adalah
sumber.belajar.kemdikbud

Sudut refleks merupakan sudut yang memiliki besaran mulai dari 181 derajat hingga kurang dari 360 derajat. Besaran sudut yang dimiliki oleh sudut refleks membuat sudut ini menjadi lebih besar dari sudut tumpul, sudut siku-siku, dan sudut lancip.

6. Sudut nol derajat adalah

sudut lurus adalah
math only math

Sudut nol derajat merupakan sudut yang memiliki besaran sudut sebesar nol derajat. Sudut ini terbentuk dari dua garis yang saling berhimpitan, namun tidak membentuk suatu daerah sudut. 

Meskipun ketika dilihat sekilas hanya tampak seperti dua garis lurus saja, tetapi sudut nol derajat sebenarnya berupa dua garis yang berhimpitan.

BACA JUGA: Persamaan Kuadrat dalam Matematika Beserta Contoh Soalnya

7. Sudut penuh adalah

sudut lurus adalah
teachoo

Sudut penuh merupakan sudut yang memiliki besaran sudut sebesar 360 derajat. Sudut ini secara umum berbentuk lingkaran, dimana garis lurus biasanya akan memenuhi satu putaran 360 derajat atau untuk kembali ke posisi awal dibutuhkan sebuah rotasi.

Jenis sudut berdasarkan letak posisi

sudut lurus adalah
iStock

Selain berdasarkan besaran sudutnya, pembagian sudut juga berdasarkan letak posisinya. Berikut adalah pembagian selengkapnya: 

  • Sudut bersebelahan merupakan sudut yang dihasilkan dari tiga garis yang dihubungkan dengan satu titik vertex. 
  • Sudut vertikal merupakan sudut yang dihasilkan dari dua sudut yang dipertemukan dengan posisi saling bertolak belakang yang membentuk sebuah potongan dua garis.
  • Sudut komplementer merupakan sudut yang dibentuk melalui pertemuan antara dua sudut yang bersebelahan dengan besaran sudut tepat 90 derajat.
  • Sudut suplementer merupakan sudut yang dibentuk melalui pertemuan antara dua sudut yang bersebelahan dengan besaran sudut tepat 180 derajat.

Cara mengukur sudut

sudut lurus adalah
iStock

Setelah mengetahui jenis-jenis sudut, Sedulur juga perlu tahu bagaimana cara mengukur besaran sudut tersebut. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur sudut adalah busur atau lebih dikenal dengan busur derajat.

Berikut adalah cara mengukur sudut menggunakan busur derajat yang bisa Sedulur ikuti:

  • Letakkan titik pusat busur pada titik sudut
  • Pastikan salah satu kaki sudut berimpit dengan garis alas busur atau pada 0°.
  • Perhatikan angka yang berimpit pada busur derajat

Nah, itulah jenis-jenis sudut serta cara mengukur dan besarannya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur untuk belajar matematika lebih baik lagi. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.