spam adalah

Walaupun sudah sering mendengarnya, istilah spam masih belum dipahami banyak orang. Spam adalah pesan berisi konten yang tidak diinginkan oleh penerima. Mendapatkan spam bisa menjadi hal yang mengganggu karena biasanya dikirim dalam jumlah besar atau dalam intensitas terlalu sering. Spam bisa terjadi di email, SMS, telepon, maupun media sosial. Spam Instagram adalah contoh yang kerap ditemui.

Tidak hanya itu, spam juga sering kali berisi pesan bersifat komersil, yang biasanya tidak diinginkan penerima pesan. Supaya Sedulur lebih memahami spam, selengkapnya akan dibahas di artikel ini. Yuk, simak!

BACA JUGA: Hakikat adalah Fakta atau Kenyataan yang Sebenarnya

Pengertian spam

spam adalah
Freepik

Pada dasarnya, kepanjangan spam adalah sending and posting advertisement in mass. Dari kepanjangan tersebut Sedulur dapat mengetahui bahwa spam adalah pesan promosi yang dikirimkan secara massal. Di media sosial, spam adalah bahasa gaul yang sering diungkapkan apabila seseorang mengirim pesan atau informasi secara banyak, terlalu sering, dan terus-menerus.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, spam artinya pesan yang dikirim tanpa diminta melalui internet, biasanya berisi iklan. Bisa dibilang, salah satu ciri khas spam adalah pesan promosi yang dikirimkan secara massal. Pesan ini sering kali ditemukan dalam kotak masuk email dan bahkan inbox ponsel Sedulur. Email spam adalah istilah untuk menyebut spam yang ada dalam email atau pesan elektronik. Biasanya, pesan ini berisi konten iklan yang mungkin tidak Sedulur inginkan.

Tujuan spam

spam adalah
Freepik

Tujuan utama proyek spam adalah untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan. Spam Laws menunjukkan bahwa 36% dari seluruh pesan spam yang dikirim setiap harinya berisi iklan. Hanya saja, mempromosikan produk atau layanan melalui pekerjaan spam adalah cara yang kerap dianggap tidak etis karena cukup mengganggu penerima.

Pekerjaan spam ini bisa dari mana saja, baik itu perorangan maupun perusahaan. Bahkan, ada perusahaan yang menjadikan pesan spam melalui email atau SMS sebagai kanal pemasarannya. Alih-alih terjadi penjualan, umumnya spam promosi tidak menghasilkan penjualan dan hanya membuat penerima terganggu.

Selain untuk tujuan promosi, spam juga bisa digunakan untuk penipuan, baik dari spam SMS, email, dan media lainnya. Modus penipuannya pun sangat beragam, contohnya mengambil alih akun online (phishing), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya. Saat ini spam penipuan yang marak terjadi adalah pencurian akun online (phishing). Biasanya pelaku mengirimkan email spam secara random di mana isi pesan menyebutkan bahwa si penerima memenangkan hadiah undian.

Di dalam email tersebut tersisipkan link ke situs tertentu di mana si penerima spam harus login menggunakan email. Pada saat inilah email dan password korban telah direkam oleh pelaku sehingga terjadi pencurian data tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Kalimat Majemuk: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Jenis-jenis spam

Freepik

Berikut bentuk-bentuk spam yang perlu Sedulur ketahui.

1. Spam melalui surat elektronik atau email

Bentuk spam ini biasanya dikirim melalui “jaringan zombi”, sebuah jaringan virus yang terinfeksi di komputer pribadi, baik rumah atau di kantor. Jaringan ini mempersulit upaya mengontrol penyebaran spam seperti banyak kasus di mana spam tidak berasal dari spammers. Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers terjadi karena pembuat perangkat perusak, pelaku spam, dan penipu keuangan saling belajar atau memungkinkan mereka membentuk berbagai jenis kerja sama.

2. Pesan instan

Pekerjaan spam juga bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya. Spam jenis ini memanfaatkan sistem dari pesan instan. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sering digunakan oleh para spammers.

3. Telepon

Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks atau SMS di ponsel. Selain mengganggu penerima telepon karena ketidaknyamanan, namun juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima.

4. Mesin pencari (web search engine spam)

Disebut juga spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Spam jenis ini mengacu pada praktik di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan kata kunci yang berulang sebagai spam dengan menggunakan analisis tata bahasa dan relevansi paling tinggi.

5. Game online

Game online biasanya menyediakan fitur pesan, ruang diskusi, atau area diskusi publik lainnya. Syarat agar pesan bisa dibilang spam bervariasi pada setiap permainan. Tetapi biasanya istilah ini berlaku untuk semua pesan yang masuk secara massal dan melanggar ketentuan game online tersebut.

Penyebab email dan nomor HP mendapatkan spam

Freepik

Apakah Sedulur kerap mendapatkan spam di email maupun nomor HP? Perlu diketahui, ada beberapa penyebab email dan nomor HP Sedulur sering terkena spam. Berikut penjelasannya.

  • Terjadi kebocoran data. Jika Sedulur pernah memasukkan nomor ponsel atau email pada suatu aplikasi di internet dan terjadi kebocoran data pada platform tersebut, data Sedulur bisa dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.
  • Nomor dan email ditemukan secara acak. Spammer bisa pula menemukan nomor ponsel atau email Sedulur dengan menebak-nebaknya secara manual.
  • Sering memasukkan data pribadi di platform online. Tidak semua aplikasi online aman dan terpercaya. Platform yang tidak aman bisa digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab dan data akan dijual kepada spammer.

BACA JUGA: Pengertian Morfologi adalah Cabang dari Ilmu Linguistik

Cara mencegah dan mengatasi spam

spam adalah
Freepik

Setelah mengetahui penyebab email atau nomor ponsel sering mendapatkan spam, kini Sedulur perlu memahami cara mencegah dan mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan.

  • Jangan membuka pesan spam. Jika Sedulur menemukan pesan spam pada kotak masuk email atau ponsel, jangan membukanya karena spammer akan tahu bahwa nomor atau email yang dituju aktif dan akan mengirimkan lebih banyak pesan lagi ke depannya.
  • Tandai pesan misterius sebagai spam. Dengan cara ini, email spam akan terdeteksi sebagai pesan tidak dikenal dan platform email akan mendeteksi hal tersebut secara otomatis.
  • Gunakan antivirus/anti­-malware. Dengan menggunakan antivirus atau anti-malware, sistem akan secara otomatis menghapus dan menandai pesan yang tidak diinginkan sebagai spam. Sedulur bisa menggunakan antivirus atau anti-malware yang bisa diunduh gratis maupun berbayar untuk menerapkan cara ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai spam, mulai dari pengertian, jenis, penyebab, hingga cara mengatasinya. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!