silsilah nabi muhammad

Bagi seorang muslim yang taat, alangkah baiknya kita tahu dan paham akan berbagai hal mengenai Rasul kita sendiri, salah satunya adalah silsilah Nabi Muhammad. Semua manusia itu dilahirkan dari rahim ibu, kecuali manusia pertama Nabi Adam AS.

Nah, hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini diperingati dengan Maulud atau Maulid Nabi yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Selain hari lahirnya, kita juga perlu tahu akan nasab Nabi Muhammad SAW.

Nasab sendiri diambil dari kata “al qorobah” yang artinya kerabat. Sedangkan kerabat juga identik dengan kata silsilah. Lalu bagaimana silsilah keluarga Nabi Muhammad secara lengkap? Langsung saja, simak penjelasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Rukun Islam Beserta Contohnya

Silsilah keturunan Nabi Muhammad hingga Adnan

silsilah nabi muhammad
pexels

Yang pertama ada dilihat dari silsilah atau nasab Rasulullah SAW dari beliau “Nabi Muhammad SAW” hingga ke Adnan.

Muhammad SAW bin Abdullah bin Abdul Muthallib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadl bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas ‘Alaihi Sallam bin Mudlar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.

Silsilah Nabi Muhammad SAW dari Adnan hingga Nabi Ibrahim As

silsilah nabi muhammad
pexels

Untuk silsilah yang kedua, dilihat dari Adnan sampai ke Nabi Ibrahim As.

Adnan bin ‘Adad bin Humaisa’ bin Salaaman bin ‘Iwadh bin Buuz bin Qimwal bin Abi Awwam bin Naasyid bin Hiza bin Buldas bin Yadhaf bin Thabiikh bin Jaahim bin Naahisy bin Maakhi bin ‘Iid bin Abqor bin ‘Ubaid bin Addi’a bin Hamdaan bin Sunbur bin Yatsribi bin Yahzan bin Yalhan bin Ar’awi bin ‘Iid bin Disyaan bin ‘Aishar bin Afnaad bin Ayhaam bin Miqshar bin Naahits bin Zaarih bin Sumay bin Mizzi bin Uudah bin ‘Uram bin Qoidzar bin Ismail as bin Ibrohiim alaihis salaam.

Silsilah Nabi Muhammad dari Nabi Ibrahim As hingga Nabi Adam

silsilah nabi muhammad
pexels

Kemudian untuk yang ketiga, ada silsilah Nabi Muhammad dari Nabi Ibrahim As sampai Nabi Adam As seperti berikut ini.

Nabi Ibrohiim ‘alaihis salaam bin Taarih (Aazar) bin Nnahuur bin Saaruu bin Raa’uw bin Faalikh bin ‘Aabir bin Syaalikh bin Afkhasyad bin Sam bin Nuh ‘alaihiss salaam bin Laamiik bin Mutwisylakh bin Akhnukh (ada yang berpendapat Nabi Idris as.) bin Yarid bin Mahlaaiil bin Qoinaan bin Aanuusyah bin Syits as bin Adam ‘alaihis salaam.

Silsilah Nabi Muhammad sampai Nabi Adam di atas, telah dijelaskan dalam kitab al-Sîrah al-Nabawiyyah yang ditulis oleh Imam Ibnu Hisyam.

BACA JUGA: 10 Nama & Tugas Malaikat Dalam Islam yang Wajib Kamu Tahu

Silsilah nabi muhammad dari ibu

pexels

Seperti yang telah diketahui, Rasulullah SAW memiliki ibunda bernama Aminah binti Wahb. Di kalangan Quraisy, Aminah binti Wahb adalah sosok wanita yang paling baik jika dilihat dari dari nasab dan kedudukannya. Beliau mempunyai nama lengkap Aminah binti Wahb bin Abdu Manaf bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luai bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah.

Ibu Aminah adalah Barrah binti Abdul Uzza bin Utsman bin Abduddaar bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luai bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr. Sementara itu, neneknya adalah Ummu Habib binti Asad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luai bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr. Ummu Habib adalah putri Barrah binti Auf bin Ubaid bin Uwaij bin Adi bin Ka’ab bin Luai bin Ghalib bin Rhr.”

“Jadi Rasulullah SAW adalah anak keturunan Adam yang paling mulia keturunannya dan nasabnya dari jalur ayah dan ibunya. Semoga Allah memberikan shalawat-Nya kepadanya, memuliakannya, dan mengagungkannya,” menurut seorang penulis bernama Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam.

Perbedaan pendapat mengenai silsilah Rasulullah

pexels

Imam Ibnu Hisyam memang menyebutkan silsilah Rasulullah secara lengkap dan juga runtut dari Abdullah hingga Nabi Adam As. Hanya saja, terdapat sejumlah ahli sejarah serta ulama yang memiliki perbedaan pendapat tentang nasab atau silsilah Rasulullah di atas Adnan.

Para ulama memang menyepakati nasab Rasulullah dari Abdullah hingga Adnan. Namun untuk nasab dari Adnan ke atas, masih banyak ulama yang berbeda pendapat.

Sholawat silsilah Nabi Muhammad

silsilah nabi muhammad
pexels

Mungkin sedulur mendengar sholawat yang menyebutkan nasab Rasulullah SAW. Ya, beginilah kira-kira lirik atau bacaan sholawat tersebut:

Maulãya Sholli Wa Sallim Dãiman Abadã, ‘Alal-Habiibika Khoiril-Kholqi Kullihimi

Huwal-Habiibul-Ladzii Turjã Syafã’atuhu, LiKulli Haulin Minal-Ahwãli Muqtahimi

Sayidunã MUHAMMAD bin ABDULLAH bin ABDUL MUTHOLIB bin HASYIM bin ABDU MANÃF bin QUSHOY bin KILAB bin MURROH bin KA’AB bin LU’AY bin GHÕLIB bin FIHIR bin MALIK bin NADHOR bin KINÃNAH bin KHUZAIMAH bin MUDRIKAH bin ILYÃS bin MUDHÕR bin NIZÃR bin MA’AD bin ‘ADNÃN

BACA JUGA: Pengertian Qada & Qadar dan Hikmah Mengimaninya Dalam Islam

Dengan mengetahui nasab atau silsilah Nabi Muhammad SAW, tentu saja menjadi salah satu tanda rasa cinta kita kepada Rasulullah. Ini akan membuat kita merasa lebih dekat dengan rasul penyelamat kita di akhirat kelak.

Oleh sebab itu, pahami dan terus ingat informasi yang sudah dijelaskan di atas. Walaupun masih ada perdebatan dari para ulama mengenai nasab Rasulullah, namun paling tidak kita sudah berusaha untuk mengamalkannya.