sifat bayangan cermin cembung

Cermin adalah benda kaca bening yang sisinya dicat dengan cairan khusus sehingga dapat memantulkan bayangan dari benda di depannya. Ada tiga jenis cermin yang umum dipakai, yaitu cermin datar, cekung, dan cembung. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing yang membuat sifat bayangan juga berbeda-beda tiap cermin. Misal, sifat bayangan cermin cembung berbeda dengan sifat bayangan dari cermin datar ataupun cekung.

Lantas, bagaimanakah sifat bayangan dari masing-masing cermin tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Pengertian Fisika Kuantum Beserta Fakta-Fakta Menariknya

Mengenal jenis-jenis cermin dan karakteristiknya

Unsplash

Cermin merupakan barang yang banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring mendefinisikan cermin sebagai kaca bening yang salah satu mukanya dicat dengan air raksa dan sebagainya sehingga dapat memperlihatkan bayangan benda yang ditaruh di depannya.

Sementara itu, terdapat tiga jenis cermin di sekitar kita. Ketiga jenis cermin tersebut adalah cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Nah, selain mencari tahu soal sifat bayangan cermin cembung, datar, dan cekung, ada baiknya Sedulur juga menyimak informasi tentang karakteristik masing-masing cermin. Berikut penjelasan mengenai ciri cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.

1. Cermin datar

sifat bayangan cermin cembung
Kompas

Jenis cermin yang pertama adalah cermin datar. Sederhananya, cermin datar adalah cermin yang bagian mengkilapnya datar atau memiliki permukaan yang datar. Contoh cermin datar banyak dijumpai di sekitar dalam bentuk cermin rias dan cermin periskop.

a. Ciri dan sifat bayangan cermin datar

Ciri-ciri cermin datar adalah memiliki permukaan datar di mana cahaya yang datang akan dipantulkan kembali memenuhi hukum pemantulan. Selain itu, cermin datar juga menghasilkan bayangan bersifat maya dengan jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin. Oleh karenanya, bisa diuraikan bahwa sifat bayangan cermin datar adalah sebagai berikut.

  • Maya atau semu
  • Tegak
  • Sama besar, ukuran bayangan sama dengan ukuran benda
  • Terbalik

b. Rumus cermin datar

Rumus jumlah bayangan pada dua cermin datar

n = (360 : θ) – 1

keterangan:

  • n adalah jumlah bayangan
  • θ adalah sudut yang dibentuk oleh dua cermin

Rumus panjang minimum cermin datar

p = (1 : 2) x tinggi benda

keterangan:

  • p adalah panjang atau tinggi cermin (m)
  • tinggi benda adalah tinggi benda dalam meter (m)

BACA JUGA: Rumus Kalor Beserta Cara Menghitung & Contoh Soalnya

2. Cermin cekung

Guru Pendidikan

Jenis cermin berikutnya adalah cermin cekung, yaitu cermin yang permukaannya lengkung dan bagian yang berkilap berada di sisi dalam. Dikutip dari Sciencing via Detik.com, cermin cekung juga didefinisikan sebagai cermin sferis yang terdiri atas permukaan reflektif dengan sisi melengkung lebih dekat ke arah mata daripada permukaan tengahnya.

Sementara, contoh cermin cekung dapat ditemukan pada lampu senter, lampu sorot pada mobil, permukaan sendok, dan kompor tenaga surya.

a. Ciri-ciri

Telah diketahui bersama bahwa cermin cekung adalah jenis cermin yang memiliki permukaan cekung. Ciri lainnya adalah cermin cekung terbagi menjadi beberapa ruang, yaitu ruang I yakni antara cermin dan titik fokus, ruang II antara titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin, ruang III di depan titik kelengkungan hingga titik tak terhingga, dan ruang IV yang merupakan bagian belakang cermin cekung.

Selain itu, cermin cekung memiliki sifat konvergen atau mengumpulkan sinar. Cermin cekung juga dapat membentuk bayangan nyata dan semu.

b. Sifat bayangan cermin cekung

Sifat bayangan pada cermin cekung dipengaruhi oleh letak atau posisi benda dan cerminnya. Namun secara umum, sifat bayangan cermin cekung yang terbentuk di ruang IV adalah maya dan tegak. Sementara bayangan yang terbentuk selain di ruang IV memiliki sifat nyata dan terbalik.

Tak berhenti sampai di situ, apabila ruang bayangan lebih besar daripada ruang benda, maka sifat bayangan diperbesar. Sedangkan jika ruang bayangan lebih kecil dari ruang benda, sifat bayangan diperkecil. Perhatikan uraian berikut untuk memahaminya dengan lebih mudah.

  • Benda di ruang I akan membentuk bayangan di ruang IV, sehingga bayangannya maya, tegak, dan diperbesar.
  • Benda di ruang II akan membentuk bayangan di ruang III, sehingga bayangannya nyata, terbalik, diperbesar.
  • Benda di ruang III akan membentuk bayangan di ruang II, sehingga bayangannya nyata, terbalik, diperkecil.

c. Rumus cermin cekung

Persamaan umum cermin cekung

1/f = 1/s + 1/s’

Keterangan:

  • f adalah fokus
  • s adalah jarak benda
  • s’ adalah jarak bayangan

Rumus perbesaran bayangan cermin cekung

M = s’/s + h’/h

Keterangan:

  • M adalah perbesaran bayangan
  • s’ adalah jarak bayangan
  • s adalah jarak benda
  • h’ adalah tinggi bayangan
  • h adalah tinggi benda

BACA JUGA: Rumus Besaran Vektor Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya

3. Cermin cembung

sifat bayangan cermin cembung
Kompas

Terakhir, Sedulur juga perlu mengetahui soal cermin cembung yang juga banyak ditemukan di sekitar kita. Singkatnya, cermin cembung adalah cermin yang permukaannya lengkung dan bagian yang berkilap berada di sisi luar. Dengan kata lain, cermin cembung merupakan cermin sferis yang permukaan pantulnya melengkung ke arah luar. Contoh cermin cembung adalah kaca spion kendaraan dan cermin di tikungan jalan atau safety mirror.

a. Ciri-ciri

Dapat dikatakan, cermin cembung merupakan kebalikan dari cermin cekung. Telah diketahui bahwa cermin cekung memiliki ciri yakni bersifat konvergen atau mengumpulkan sinar. Sebaliknya, cermin cembung memiliki karakteristik yaitu bersifat divergen atau menyebarkan sinar. Selain itu, cermin cembung hanya dapat membentuk bayangan maya dari benda yang ada di depannya.

b. Sifat bayangan cermin cembung

Berkaitan dengan pembentukan bayangan, cermin cembung juga dibagi menjadi empat ruang. Namun, benda hanya dapat diletakkan di ruang IV yang merupakan bagian depan cermin. Sedangkan bayangan terletak di ruang 1, 2, atau 3.

Sifat bayangan cermin cembung ruang 1, 2, dan 3 adalah tidak nyata atau maya (semu). Sebab ruang tersebut berada di dalam cermin. Di samping itu, cermin cembung juga memantulkan tiga sinar istimewa, yaitu sinar 1 yang datang sejajar dengan sumbu utama, sinar 2 yang datang menuju fokus, dan sinar 3 yang datang menuju titik pusat kelengkungan. Berdasarkan prinsip tersebut, sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung adalah maya, tegak, dan diperkecil.

c. Rumus sifat bayangan cermin cembung

Persamaan umum cermin cembung

1/f = 1/s + 1/s’

Keterangan:

  • f adalah fokus
  • s adalah jarak benda
  • s’ adalah jarak bayangan

Rumus perbesaran bayangan

Kompas

 

 

Keterangan:

  • M adalah perbesaran bayangan
  • h’ adalah tinggi bayangan
  • h adalah tinggi benda
  • s’ adalah jarak bayangan
  • s adalah jarak benda

Demikian tadi pembahasan tentang jenis-jenis cermin yang meliputi cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Dapat dipahami bahwa setiap cermin memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini menyebabkan ketiganya memiliki sifat bayangan yang berbeda-beda pula. Diketahui bahwa sifat bayangan cermin datar adalah maya, tegak, terbalik, dan sama besar. Sedangkan sifat bayangan cermin cekung ditentukan berdasar letak bayangan dan benda. Sementara itu, sifat bayangan cermin cembung adalah maya, tegak, dan diperkecil.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.