rumus volume tabung

Rumus volume tabung merupakan salah satu rumus dalam matematika yang berhubungan dengan menghitung bangun ruang. Bangun ruang sendiri merupakan bangunan yang memiliki ruang dengan sebuah volume. Oleh karena itu, perlu sebuah rumus untuk menghitung volume tabung sebuah ruang.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa rumus volume tabung itu sendiri. Namun bukan hanya membahas rumus, kita juga akan bahas pengertian hingga contoh soal dan pembahasannya. Tanpa berlama-lama, mari kita mulai pembahasannya di bawah ini.

Pengertian tabung

rumus volume tabung
Semut Aspal

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait rumus volume tabung dengan diameter, lebih baik kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian tabung. Tabung adalah sebuah bangun ruang yang mempunyai sisi lengkung dan terdiri dari 3 sisi dan dua buah rusuk.

Bidang sisi yang ada pada tabung terletak pada bagian alas atau alas tabung yang terdiri dari 1 buah sisi serta 1 sisi lagi terletak pada bidang lengkung bangun ruang tabung. Bidang lengkung yang terdapat pada tabung dikenal dengan istilah selimut tabung karena menutupi semua badan tabung.

Sedulur juga perlu tahu mengenai jumlah rusuk yang ada di dalam bangun ruang tabung agar dapat mengetahui rumus volume tabung tanpa tutup. Dalam tabung terdapat jumlah rusuk yaitu 2. Rusuk tabung terletak pada bagian kanan dan kiri bidang lengkung tabung atau selimut tabung.

Rusuk tabung ini bisa dibilang sebagai garis yang berpotongan antara sisi tabung. Hal yang perlu digaris bawahi dari bangun ruang tabung ini terletak pada bagian bagian alas tabung dan tutup tabung yang merupakan bentuk bangun datar lingkaran yang harus memiliki bangun ruang (lingkaran) yang sama dan sejajar.

BACA JUGA: Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Konsep dan Contoh Soalnya

Oleh karena itu, ketika menghitung volume hampir sama dengan cara menghitung bangun datar lingkaran. Meskipun pada bagian bidang sisi lengkung tabung terdapat dua rusuk, tetapi pada kenyataannya, tabung itu sendiri tidak memiliki titik sudut.

Dengan mengetahui pengertian di atas, Sedulur akan lebih mudah memahami rumus volume tabung miring. Akan lebih mudah lagi ketika Sedulur mengetahui ciri-ciri tabung. Setidaknya ada tiga ciri-ciri tabung itu sendiri, yaitu:

1. Mempunyai 3 sisi

Ali Express

Dalam satu bangun ruang tabung terdapat 3 sisi di dalamnya. Dengan adanya 3 sisi tersebut, maka bangun ruang tabung bisa terbentuk. Selain itu, ketiga sisi yang ada pada bangun ruang tabung, kita juga bisa menghitung volume pada tabung.

Adapun 3 sisi bangun ruang pada tabung terletak pada bagian sisi alas tabung, bagian sisi tutup tabung, dan bagian sisi selimut tabung. Pada bagian sisi alas tabung dan sisi tutup tabung merupakan kunci dari terbentuknya bangun ruang tabung.

2. Memiliki 2 buah rusuk

rumus volume tabung
Ali Express

Ciri kedua dari bangun ruang tabung adalah memiliki 2 buah rusuk yang letaknya berada di bagian alas dan tutup tabung dan berupa lengkungan garis lingkaran. Dengan adanya dua buah rusuk ini, kita jadi tahu bahwa garis lengkungan ini akan mempengaruhi ukuran jari-jari bangun ruang tabung.

Selain itu, tanpa adanya dua buah rusuk, kita tidak akan tahu letak lingkaran berada di mana karena tidak ada garis lengkungan. Ciri tabung yang satu ini bisa dibilang sebagai pemberitahu letak dari lingkaran itu berada.

Dua buah rusuk menjadi penting karena lingkaran merupakan salah satu bangun datar yang dapat membentuk bangun ruang tabung dan lingkaran sudah menjadi bagian dari jaring-jaring tabung.

3. Adanya lingkaran pada bagian alas dan tutup tabung

Ali Express

Ciri ketiga dari bangun ruang tabung adalah adanya alas dan tutup pada tabung yang berbentuk lingkarang. Pada bagian sisi alas dan sisi tutup tabung berupa lingkaran. Uniknya lagi, lingkaran yang dijadikan alas dan tutup tabung pasti memiliki ukuran yang sama satu sama lain.

BACA JUGA: Rumus Luas Belah Ketupat Beserta Contoh & Cara Menghitung

Dalam volume tabung, terdapat juga istilah jaring-jaring tabung. Volume tabung memiliki dua buah lingkaran dan satu buah persegi panjang. Jaring-jaring tabung ini merupakan hal yang membentuk tabung itu sendiri. Bukan hanya tabung, setiap ruang bangun pasti memiliki jaring-jaring itu sendiri.

Terdapat beberapa jenis-jenis tabung yang akan memudahkan rumus volume tabung, berikut ini adalah beberapa jenis-jenis tabung yang dimaksud:

1. Tabung terbuka

rumus volume tabung
Ali Express

Jenis tabung pertama adalah tabung terbuka. Tabung terbuka adalah jenis tabung yang di mana salah satu sisi tutupnya atau sisi alasnya terbuka atau sisi alas dan sisi tutupnya dua-duanya terbuka. Tabung ini juga terdapat rumus untuk menghitungnya.

2. Tabung tertutup

Ali Express

Jenis kedua adalah tabung tertutup, jenis tabung ini merupakan tabung yang sering dihitung dan sering dijadikan contoh soal dalam perhitungan volume tabung. Tabung tertutup adalah jenis tabung yang di mana seluruh bagian dan sisinya semuanya tertutup.

BACA JUGA: Rumus Luas Lingkaran dengan Cara Menghitung dan Contohnya

Rumus volume tabung

Deposit Photos

Pertama adalah rumus volume tabung. Volume pada sebuah bangun ruang dapat dihitung dengan rumus di bawah ini:

  • V = luas alas x tinggi
  • V = x r2 x t

Rumus luas permukaan tabung

rumus volume tabung
Deposit Photos

Selain rumus volume tabung, terdapat juga rumus luas permukaan tabung. Berikut ini adalah rumus luas permukaan tabung yang dimaksud:

  • Luas permukaan tabung = Luas alas + Luas tutup + Luas selimut tabung
  • Luas alas =  x r2
  • Luas tutup = x r2
  • Luas selimut tabung = 2 x x r x t
  • L = 2 . r (r+t)

Rumus keliling alas atau tutup tabung

Frisco

Terakhir terdapat rumus volume tabung yaitu untuk menghitung keliling alas atau tutup tabung. Berikut ini adalah rumus yang dapat Sedulur gunakan untuk menghitungnya:

  • K = 2r

Contoh soal volume tabung

Deposit Photos

Praktik diperlukan agar rumus tersebut bisa Sedulur pahami, termasuk merupakan cara atau kalkulator volume tabung untuk dapat menghitungnya. Misalkan sebuah tabung diketahui jari-jarinya 6 cm, tingginya 7 cm, dan pi = 22/7. Hitunglah volume tabung tersebut. Maka pembahasannya yaitu:

  • Rumus volume tabung adalah V = πr² x t
  • V = 22/7 x 6² x 7
  • = 22/7 x 252
  • = 792 cm³
  • Jadi, volume tabung tersebut adalah 792 cm kubik atau 792 cm³

 

Nah itulah rumus volume tabung yang bisa Sedulur pelajari lagi untuk menyegarkan ingatan Sedulur terkait perhitungan volume tabung yang mungkin pernah Sedulur pelajari ketika duduk di bangku sekolah atau bangku kuliah. Semoga penjelasan di atas bisa semakin menambah wawasan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!