prisma segitiga

Jika Sedulur pernah mengamati atap rumah, maka Sedulur sudah menemukan salah satu contoh dari prisma. Prisma merupakan bangun ruang yang memiliki bidang alas dan bidang tutup yang sejajar dan kongruen. Prisma terdiri dari prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segienam, hingga prisma segidelapan.

Penamaan prisma didasarkan pada bentuk bangun datar yang menjadi alasnya. Sebagai contoh prisma segempat karena memiliki alas berbentuk segiempat. Sementara itu, bentuk tutup atau selimut prisma biasanya adalah bangun persegi panjang ataupun jajar genjang.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai prisma segitiga. Tertarik dengan informasinya? simak artikel berikut ini, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Hukum Pascal: Pengertian, Bunyi, Rumus, dan Penerapannya

Pengertian 

prisma segitiga
iStock

Perlu diketahui bahwa prisma merupakan bangun ruang yang memiliki bidang tutup serta bidang alas yang sejajar dan kongruen. Bentuk prisma ini biasanya memiliki alas berupa poligon atau segi banyak dan muka atau selimut berupa jajar genjang dan persegi panjang. Salah satunya adalah prisma segitiga.

Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki bentuk alas dan tutup yang berbentuk segitiga dengan selimut yang berbentuk persegi panjang. Alas prisma segitiga berbentuk segitiga sesuai dengan namanya.

BACA JUGA: Rumus Besaran Vektor Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya

Ciri-ciri 

prisma segitiga
iStock

Banyak yang bertanya mengenai prisma segitiga ada berapa sisi, prisma segitiga volumenya bagaimana, dan apa saja ciri-cirinya. Berikut adalah informasi mengenai ciri-ciri yang dapat menjawab pertanyaan- pertanyaan tersebut.

Ciri-ciri prisma segitiga.

  1. Prisma ini tentunya memiliki alas dan tutup yang berbentuk segitiga.
  2. Prisma ini juga memiliki selimut berbentuk persegi panjang.
  3. Terdapat 5 buah sisi, yaitu 2 sisi bagian alas dan atap yang berbentuk segitiga, dan 3 sisi di samping yang berbentuk persegi panjang.
  4. Prisma ini juga mempunyai 6 titik sudut.
  5. Prisma ini mempunyai 9 rusuk, dimana 3 diantara rusuk tersebut merupakan rusuk tegak.

Rumus

prisma
iStock

Untuk menghitung luas permukaan, luas alas, maupun volume suatu bangun ruang tentu membutuhkan sebuah rumus. Berikut adalah beberapa rumus yang dapat Sedulur gunakan untuk mempelajari prisma ini lebih lanjut.

Rumus prisma segitiga, terdiri dari:

1. Rumus luas alas prisma segitiga

Karena prisma ini memiliki alas yang berbentuk segitiga, maka luas alasnya mengikuti luas segitiga.

La = ½ x a x t

2. Rumus volume

Untuk menghitung volume dapat digunakan rumus dengan mengalikan luas alas dengan tinggi prisma. Berikut adalah rumus secara matematisnya.

V = La x tinggi

V = (½ x a x t) x tinggi

3. Rumus luas permukaan

Terdapat dua rumus yang bisa digunakan untuk menghitung luas permukaan, yaitu:

Rumus pertama dengan mengalikan dua kali luas alas kemudian menambahkannya dengan luas selimut. Berikut penulisan matematisnya.

Lp = (2 x La) + Ls

Luas selimut dapat dicari dengan mengalikan satu bidang tegak (dalam hal ini berbentuk persegi panjang) dengan jumlah rusuk tegak. Sehingga luas selimut dapat ditulis sebagai berikut.

Luas selimut = luas satu bidang tegak x 3

Ls = (p x l) x 3

Rumus kedua dengan mengalikan dua kali luas alas dan menambahkannya dengan hasil perkalian dari keliling alas dan tinggi prisma. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut.

Lp = (2 x La) + (keliling alas x tinggi prisma)

Keterangan:

  • La = luas alas
  • Ls = luas selimut
  • Lp = luas permukaan
  • V = volume 
  • t = tinggi
  • p = panjang
  • l = lebar

BACA JUGA: Rumus Luas Lingkaran dengan Cara Menghitung dan Contohnya

Contoh dalam kehidupan sehari-hari

kue
iStock

Berikut ini merupakan contoh penerapan prisma segitiga dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Potongan kue

Sepotong kue merupakan contoh mudah untuk menggambarkan prisma ini. Sepotong kue memiliki dua sisi berbentuk segitiga dan tiga sisi berbentuk persegi panjang.

2. Atap rumah

Contoh lainnya adalah atap rumah. Jika diamati dengan teliti, atap rumah juga memiliki dua sisi berbentuk segitiga yang biasanya berada pada bagian depan belakang, dan tiga sisi berbentuk persegi panjang pada samping kanan kiri dan tengahnya.

3. Tenda

Contoh selanjutnya yaitu tenda saat Sedulur pergi berkemah. Tenda juga memiliki dua sisi berbentuk segitiga sebagai pintu keluar masuk, dan tiga sisi berbentuk persegi panjang pada bagian kanan kiri dan alasnya.

Contoh soal 1

prisma
iStock

Berikut adalah contoh soal prisma segitiga sebagai latihan dalam belajar matematika.

1. Sebuah benda memiliki bentuk prisma segitiga memiliki tinggi 6 m, tinggi bidang alas 3 m, dan panjang bidang alas 4 m. Hitunglah luas permukaannya!

Jawab:

Diketahui:

t prisma = 6 m

t alas= 3 m

p alas = 4 m

Ditanya:

Luas permukaan ?

Dijawab:

Lp = (2 x La) + Ls

Lp = 2 x (1/2 x 4 x 3) + 3 x (4 x 6)

= 12 + 72

= 84 m2 

Jadi, luas permukaannya adalah 84 m2.

BACA JUGA: Rumus Luas Belah Ketupat Beserta Contoh & Cara Menghitung

Contoh soal 2

atap
iStock

2. Sebuah benda memiliki alas berbentuk segitiga dengan panjang bidang alas 10 cm dan tinggi 5 cm serta tinggi prisma itu  7 cm. Hitunglah volumenya!

Jawab:

Diketahui:

p bidang = 10 cm

t bidang = 5 cm

t prisma = 7 cm

Ditanya:

Volume ? 

Dijawab:

V = La x t

V = (1/2 x 10 x 5) x 7

V = 25 x 7

V = 150 cm³ 

Jadi, volume prisma segitiga tersebut adalah 150 cm³.

Sekian informasi mengenai prisma segitiga besrta ciri-ciri, rumus, contoh soal maupun contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam belajar matematika lebih baik lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!