optimis adalah

Optimis adalah salah satu sikap positif yang dimiliki oleh seorang individu. Pastinya Sedulur sudah tidak asing lagi dengan sikap yang satu ini. Istilah optimis juga sering diucapkan pada banyak kesempatan, terutama dalam kalimat-kalimat penyemangat. 

Walaupun begitu, tidak semua orang sadar bahwa sikap optimis tersebut ada di dalam diri mereka. Lantas, apa yang dimaksud dengan optimis? Berikut ini merupakan penjelasan dari optimis adalah, beserta ciri-ciri dan manfaatnya.

BACA JUGA: Pengertian Limit Fungsi Aljabar Beserta Sifat & Contoh Soalnya

Definisi optimis adalah

optimis adalah
Depositphotos

Secara garis besar, optimis adalah sebuah keyakinan dalam diri seseorang dalam mengharapkan sesuatu. Istilah ini sering digunakan pada kalimat-kalimat tentang keberhasilan atau kesuksesan. 

Lebih lanjut lagi, optimis dapat diartikan sebagai sebuah bentuk pengharapan. Tentunya, individu tersebut akan berharap tentang hal-hal baik agar terjadi kepadanya. Selain pengharapan agar hal baik terjadi kepadanya, individu tersebut juga berharap agar segala masalah yang sedang menimpanya akan segera berakhir.

Sebagai makhluk hidup, pastinya tiap-tiap dari kita memiliki sikap optimis ini. Sikap optimis tersebut secara tidak langsung sudah terpatri pada akal. Diri kita pun secara otomatis akan selalu berharap dan percaya bahwa setiap tujuan yang direncanakan akan berhasil di kemudian hari.

Dengan pola pikir yang diselimuti oleh sikap optimis, hidup pun akan senantiasa bersemangat dan bergairah. Optimis adalah sikap yang biasanya dikaitkan dengan berbagai macam hal kebaikan, seperti optimis diterima kerja, optimis masuk ke perguruan tinggi idaman, optimis mendapatkan nilai yang bagus, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah disinggung tadi, optimis merupakan suatu sifat yang sejatinya sudah terpatri di dalam akal manusia. Sikap tersebut umumnya akan timbul dan tumbuh pada kondisi-kondisi tertentu. Namun, pada kenyataannya terdapat sebagian orang juga yang kesulitan untuk menemukan optimisme dalam dirinya.

Hal tersebut dapat terjadi karena banyak faktor dan latar belakang. Perlu diakui bahwa setiap orang memiliki cara pikir dan kondisi yang berbeda-beda. Pun terdapat faktor terselubung lainya yang dapat mempengaruhi kadar optimisme seseorang, contohnya seperti faktor masalah psikologis yang sedang dialami.

BACA JUGA: Naturalisme: Pengertian, Ciri-Ciri, Tokoh Beserta Contohnya

Definisi optimis adalah menurut para ahli

optimis adalah
Depositphotos

Setelah sedikit-sedikit memahami tentang sikap optimis adalah di atas, pada pembahasan kali ini Sedulur akan diajak untuk mempelajari definisi optimis menurut para ahli. Pengertian-pengertian di bawah ini dapat berfungsi sebagai pelengkap dari definisi optimis secara umum yang telah dijabarkan sebelumnya.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa optimis adalah orang yang selalu berpengharapan atau memiliki pandangan baik dalam menghadapi segala hal.

2. M. Daraei dan A. R. Ghaderi

Dalam sebuah artikel jurnal yang berjudul Impact of Education on Optimism or Pessimism yang dipublikasikan dalam Journal of Indian Academy of Applied Psychology, M. Daraei dan A. R. Ghaderi menjelaskan definisi optimis adalah salah satu komponen dari hal psikologi. 

Optimisme memiliki kaitan yang erat dengan perilaku positif dan emosi positif. Menurut M. Daraei dan A. R. Ghaderi, sifat optimis dapat memiliki dampak baik, yaitu meningkatkan kesehatan. Dalam kasus ini, kesehatan yang dimaksud adalah dalam aspek psikisnya. Contohnya adalah seperti hidup dengan bebas dari stres, serta memiliki fungsi sosial dan hubungan sosial yang baik.

3. Daniel Goleman

Daniel Goleman, penulis dari Working With Emotional Intelligence menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan optimis adalah orang yang selalu memiliki harapan yang kuat. Harapan tersebut ditujukan pada keseluruhan hal yang akan individu tersebut hadapi dalam kehidupan.

Dengan berpegang teguh pada sikap optimis, seseorang secara tidak langsung akan selalu berpikir bawah segala masalah nantinya juga akan teratasi dengan baik. Walaupun pada kenyataannya individu tadi sedang tidak berada dalam kondisi yang baik. Alhasil sikap optimis pun akan membuat semua mudah untuk dijalani.

4. Robert E. Franken

Mengutip dari Human Motivation, sebuah buku karangan dari Robert E. Franken, ia dengan gamblang menyatakan bahwa pengertian optimis adalah suatu cakupan dari beberapa variabel-variabel biologis. Menurut Robert E. Franken, optimisme sendiri akan dianggap sebagai output dari gaya penjelasan tertentu atau explanatory style. Output dari explanatory style tadi lebih mengarah kepada pendekatan kognitif.

BACA JUGA: Komunikasi adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Fungsinya

Ciri-ciri orang optimis

Depositphotos

Orang-orang dengan sikap optimis pasti akan menunjukkan beberapa karakteristik yang dapat dilihat dan diperhatikan. Ciri ciri orang optimis adalah hal yang bisa dilihat secara kasat mata. Berikut ini contoh optimis adalah hal positif yang bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Orang optimis akan selalu beranggapan bahwa di balik hal atau peristiwa negatif pasti akan datang hal-hal yang baik.
  • Orang optimis akan selalu melihat suatu tantangan atau hambatan sebagai kesempatan untuk belajar.
  • Orang optimis akan selalu merasa bersyukur atas semua hal baik yang pernah terjadi pada dirinya.
  • Orang optimis akan selalu mencari jalan agar bisa memanfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik mungkin.
  • Orang optimis tidak akan pernah membiarkan satu pengalaman buruk menjadi penghambat untuk meraih harapannya di masa depan.
  • Orang optimis akan selalu merasa percaya diri terhadap kemampuannya menghadapi berbagai tantangan hidup.
  • Orang optimis akan selalu merasa dan yakin dengan sepenuh hati bahwa hal-hal baik akan terjadi nanti di masa depan.
  • Orang optimis akan selalu yakin bahwa masa depan akan terlihat cerah walaupun saat ini kondisinya berbanding terbalik 180 derajat.
  • Orang optimis akan selalu mengembangkat sikap positif pada diri sendiri dan juga pada orang lain.
  • Orang optimis akan selalu bertanggung jawab atas semua kesalahan yang dilakukan, belajar dari kesalahan tersebut dan tidak menjadikan beban di masa depan nanti.
  • Orang optimis akan selalu percaya bahwa segala sesuatunya pasti akan berjalan dengan baik-baik saja.

BACA JUGA: Instansi adalah? Berikut Pengertian, Jenis & Contohnya

Manfaat optimis

Everypixel

Setelah mengetahui definisi umum dan definisi dari para ahli mengenai sifat optimis kemudian disambung dengan ciri-cirinya, pada bagian ini kita akan bersama-sama mengulik lebih dalam tentang manfaat dari sikap optimis. Secara dasar, manfaat optimis adalah agar seseorang bisa bersemangat dalam menjalani setiap aktivitasnya sehari-hari. Namun, menurut sejumlah ahli optimis bisa berdampak lebih besar dari itu. Berikut ini manfaat lainnya.

1. Dapat memotivasi diri sendiri

Mereka yang memiliki optimisme tinggi pastinya dapat memotivasi diri sendiri. Mereka akan lebih condong untuk melihat sisi peluang ketimbang sisi masalah. Walaupun dihadang oleh segudang masalah, mereka dapat bangkit dan memotivasi diri sendiri.

2. Dapat menciptakan lingkungan sekitar yang positif

Mereka yang memiliki optimisme tinggi pastinya dapat menciptakan lingkungan sekitar yang positif. Orang-orang yang selalu optimis akan membawa energi positif dimanapun mereka berada

3. Dapat memperjuangkan apa yang diinginkan

Mereka yang memiliki optimisme tinggi pastinya dapat memperjuangkan apa yang diinginkan. Orang-orang optimis cenderung realistis dalam hal menetapkan target sesuatu. Apabila dirasa terlalu tinggi, maka mereka tidak sungkan untuk menurunkan targetnya dan selalu memperjuangkan target tersebut.

4. Dapat mengambil hikmah dari sebuah masalah

Mereka yang memiliki optimisme tinggi pastinya dapat mengambil hikmah dari sebuah masalah. Walaupun masalah datang silih berganti, tetapi mereka tidak begitu saja menyerah. Justru orang-orang dengan optimisme tinggi akan selalu belajar dari masalah-masalah yang dihadapi.

5. Dapat jujur kepada diri sendiri

Mereka yang memiliki optimisme tinggi pastinya dapat jujur kepada diri sendiri. Mereka tidak takut untuk mengakui kesalahannya sendiri. Jika membuat masalah, mereka tidak akan melimpahkan kesalahan tersebut ke orang lain. Justru mereka akan mencari hikmah dari kesalahan tersebut, dan berusaha menghindari kesalahan serupa di masa depan.

Di atas merupakan uraian singkat mengenai pengertian optimis adalah dan ciri-ciri serta manfaat dari sikap positif tersebut. Dalam ajaran agama pun, sikap optimis sangat dianjurkan dan jadi salah satu yang wajib dimiliki setiap manusia. Namun, jika Sedulur mencari tahu optimis adalah dalam Islam itu seperti apa maka akan dibahas dalam artikel lainnya. Semoga artikel ini dapat mengubah cara pandang Sedulur akan kehidupan menjadi ke arah yang lebih baik, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.