nama nama nabi

Sebagai seorang umat muslim, salah satu hal yang perlu dipelajari sejak dini adalah mengenal urutan nama-nama Nabi dan Rasul. Alasannya, Nabi dan Rasul merupakan utusan Allah SWT yang memiliki sifat tauladan baik dan bisa dijadikan panutan. 

Walaupun menghadapi berbagai macam rintangan yang berat, mereka tidak pernah mengabaikan tugas serta patah semangat. Hal itulah yang menjadikan Nabi dan Rasul dijadikan panutan oleh umat muslim. Yuk kita simak 25 nama nama Nabi serta mukjizat dan kisahnya yang bisa dijadikan teladan!

BACA JUGA: Kisah Sejarah Nabi Muhammad Dan Mukjizat yang Dimilikinya

1. Perbedaan Nabi dan Rasul

nama nama nabi
Unsplash

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai nama-nama nabi dan tugasnya, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu memahami perbedaan dari Nabi dan Rasul. Setiap Rasul adalah Nabi,sedangkan setiap Nabi belum tentu seorang Rasul.

Supaya umat muslim bisa semakin paham mengenai perbedaan antara keduanya, berikut adalah beberapa pengertiannya masing-masing seperti yang terdapat dalam buku karya Suprihadi berjudul Pintar Agama Islam.

  • Nabi merupakan sebutan bagi seorang laki-laki pilihan yang mendapatkan wahyu berupa syariat Islam dari Allah SWT untuk disampaikan kepada dirinya sendiri.
  • Sedangkan, Rasul merupakan sebutan bagi seorang laki-laki pilihan yang memperoleh wahyu berupa syariat Islam dari Sang Pencipta dan tugasnya adalah untuk menyampaikan wahyu kepada seluruh umat. 

2. Sifat Nabi dan Rasul

nama nama nabi
Unsplash

Tugas Rasul sebagai pesuruh dari Allah SWT adalah untuk memberikan petunjuk pada semua manusia serta untuk memperbaiki masyarakat. Maka dari itu, Rasul harus mempunyai berbagai sifat wajib dan mustahil sebagai berikut:

  • Benar/jujur atau shiddiq صِدْقٌ dan tidak mungkin menyukai kebohongan atau kidbun
  • Bisa dipercaya atau amanah dan tidak mungkin khianat
  • Dapat menyampaikan perintah serta larangan atau tabligh, serta tidak mungkin menyembunyikan ajaran atau kidman 
  • Cerdas atau fathanah dan tidak mungkin pelupa atau ghoflatin 

Dalam sebuah khutbah Jumat, seorang ustadz bernama Nur Rohmad menyampaikan bahwa para Nabi beserta pengikut mereka adalah beragama islam. Maka dari itu, tidak ada satu orang pun di antara mereka yang membawa agama lain selain Islam. Hal ini diperkuat dengan firman Allah yaitu:

لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا 

“Dan untuk tiap-tiap umat di antara kalian (umat Muhammad dan umat-umat sebelumnya), Kami berikan aturan dan jalan yang terang” (QS al-Ma’idah: 48).

3. Tugas Nabi

nama nama nabi
Unsplash

Nabi tidak diperingatkan untuk menyampaikan wahyu yang mereka terima kepada umat. Berbeda dengan Rasul yang menerima wahyu untuk diri mereka sendiri serta menyampaikannya pada kaumnya. Beberapa tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Menganjurkan iman kepada Allah serta mengesakan-Nya
  • Menganjurkan iman kepada Hari Akhir dan Hari Pembalasan
  • Menerangkan syariat demi kebahagiaan serta kemaslahatan manusia baik pada dunia serta akhirat.

BACA JUGA: 9 Mukjizat & Kisah Nabi Musa AS yang Ada dalam Al Qur’an

4. Tugas Rasul

nama nama nabi
Unsplash

Berbeda dengan nabi, berikut adalah beberapa tugas Rasul yang bisa Sedulur pahami:

  • Menjadi teladan yang benar dan baik
  • Membimbing manusia pada jalan yang lurus
  • Memperingatkan manusia tentang adanya hari akhir
  • Menyatakan alasan supaya tidak membantah Allah SWT kepada manusia
  • Menyampaikan larangan serta perintah dari Allah SWT kepada umat
  • Menyerukan pada umat supaya hanya menyembah Allah SWT.
  • Membuat perhatian manusia menjadi lebih terfokus pada kehidupan di akhirat saja

5. Pengertian Ulul Azmi

Unsplash

Sebelum berlanjut pada pembahasan nama 25 nabi dan rasul secara berurutan dan tugasnya, ada beberapa nama Nabi yang termasuk dalam Ulul Azmi. Pada dasarnya, Ulul Azmi merupakan sebuah gelar khusus yang diperuntukkan kepada beberapa Nabi dan Rasul yang memiliki tingkat kesabaran dan ketabahan yang sangat luar biasa. Khususnya, ketika mereka sedang menjalankan dakwah dalam menyebarkan agama.

Istilah ini terdiri dari dua kata, yaitu Ulul dan Azmi. Ulu atau Uli artinya adalah memiliki. Sedangkan, Azmi artinya adalah keteguhan hati dan tekad yang kuat. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa arti dari Ulul Azmi adalah seseorang yang mempunyai tingkat kesabaran, ketabahan, serta keuletan yang luar biasa dalam menjalankan tugasnya walau harus menghadapi berbagai macam rintangan yang berat.

6. Nabi yang diberikan gelar Ulul Azmi

Unsplash

Setelah mengetahui pengertian yang sudah disebutkan diatas, maka berikut adalah nama nama Nabi Ulul Azmi yang bisa diketahui oleh Sedulur:

  • Nabi Nuh A.S
  • Nabi Ibrahim A.S
  • Nabi Musa A.S
  • Nabi Isa A.S
  • Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA: 5 Mukjizat Nabi Ibrahim AS yang Bisa Diajarkan pada Anak

7. 25 nama Nabi

Unsplash

Sebenarnya, jumlah nabi yang diutus oleh Sang Pencipta cukup banyak, yaitu mencapai 124.000 orang. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini:

 عَنْ أَبِي أُمَامة قَالَ: قُلْتُ: يَا نَبِيَّ اللَّهِ، كَمِ الْأَنْبِيَاءُ؟ قَالَ: “مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا، مِنْ ذَلِكَ ثَلَاثُمِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا”. 

Dari Abu Umamah yang menceritakan hadis berikut: Aku bertanya, “Wahai Nabi Allah, 

berapakah jumlah para nabi itu?” Nabi Saw. menjawab, “Seratus dua puluh empat ribu orang, dari jumlah itu ada tiga ratus lima belas orang (rasul). Jumlah yang cukup banyak.” 

Akan tetapi, dari 124.000 nabi dan 315 rasul yang diutus oleh Allah, hanya 25 yang wajib diimani. Berikut nama-nama nabi beserta sifat dan mukjizatnya yang wajib diimani:

a. Nabi Adam As

Seperti yang sudah banyak orang tahu, Nabi Adam merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT untuk menjadi Khalifah atau pemimpin di bumi. Proses penciptaannya dilakukan pada hari Jumat. Sebelum itu, Allah SWT mengatakan kepada para malaikat sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya yaitu:

 وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اِنِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةًۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ 

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau!” Tuhan berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.”

  • Rohnya langsung ditiupkan Allah SWT
  • Allah SWT bertindak secara langsung dalam penciptaannya
  • Allah SWT secara langsung mengajarkan kepada Nabi Adam mengenai banyak hal
  • Allah SWT memberikan perintah kepada malaikat untuk sujud kepada Nabi Adam

b. Nabi Idris As

Selanjutnya adalah Nabi Idris As yang merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam. Beliau adalah putra dari Yazid bin Mahlail bin Qoinan bin Anusy bin Syith bin Adam AS. Nabi Idris juga merupakan keturunan pertama yang dikaruniai kenabian setelah Adam dan Syith. Wahyu yang diterima dari Allah SWT melalui malaikat Jibril sebanyak 30 shahifah dan memiliki isi ajaran agama untuk umat. Kisahnya dimulai ketika menerima tugas berdakwah untuk anak dan cucu dari Qabil. Kemudian, beliau selalu mengajak mereka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta menjauhi larangan-Nya. Namun, anak dan cucu Qabil justru menolak ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Idris AS.

c. Nabi Nuh As

Nabi Nuh AS adalah satu dari lima bergelar Ulul Azmi karena kesabaran serta ketabahannya dalam menjalankan misi dakwah Allah SWT. Usia dari Nabi Nuh diperkirakan mencapai 950. Atas izin dari Allah SWT, beliau bisa membuat kapal yang besar dan membuatnya selamat dari banjir bandang yang merupakan sebuah azab. 

d. Nabi Hud As

Salah satu nabi yang diutus untuk menyerukan kaum Aad supaya beriman kepada Allah SWT adalah Nabi Hud As. Beliau merupakan putra dari Abdullah bin Ribah bin Syam bin Nuh. Nabi Hud hidup sekitar 2320-2450 sebelum Masehi. Beberapa mukjizat yang dimiliki oleh beliau adalah sebagai berikut:

  • Dapat menurunkan hujan lebat disertai angin kencang.
  • Atas izin dari Allah SWT, beliau berhasil selamat dari azab pada Kaum Ad yang kemudian membinasakan golongan itu.
  • Atas izin Allah pula, beliau bisa mengeluarkan hawa panas dan mendatangkan angin dingin selama tujuh hari tujuh malam.

e. Nabi Saleh As

Nabi Saleh As merupakan utusan Allah SWT untuk mengajak Kaum Tsamud menjadi beriman kepadaNya. Mukjizat dari Nabi Saleh As adalah bisa memunculkan unta betina dari sebuah batu. Hal ini tercantum pada Al-Quran Surah Al A’raf ayat 73 yang berbunyi:

وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَٰلِحًا ۗ قَالَ يَٰقَوْمِ ٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مَا لَكُم مِّنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُۥ ۖ قَدْ جَآءَتْكُم بَيِّنَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ ۖ هَٰذِهِۦ نَاقَةُ ٱللَّهِ لَكُمْ ءَايَةً ۖ فَذَرُوهَا تَأْكُلْ فِىٓ أَرْضِ ٱللَّهِ ۖ وَلَا تَمَسُّوهَا بِسُوٓءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Artinya: Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih.”

f. Nabi Ibrahim As

Nabi Ibrahim adalah penghulu para nabi yang lahir dari keturunan Nabi dan Rasul. Beliau juga merupakan salah satu yang bergelar Ulul Azmi berkat keteguhan dan kesabarannya dalam berdakwah dan mengajak untuk menyembah Allah SWT. 

Mukjizatnya yang paling menakjubkan adalah tubuh yang tidak terbakar walaupun sedang dibakar oleh Raja Namrud dalam kobaran api besar selama 40 hari. Beliau berhasil hidup pada masa Raja Namrud yang mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan. Mukjizat lainnya dari Nabi Ibrahim adalah bisa memiliki anak bersama sang istri, Siti Sarah, dalam usia yang cukup tua, kurang lebih 99 tahun.

g. Nabi Luth As

Nama nama Nabi berikutnya adalah Nabi Luth As. beliau merupakan keponakan dari Nabi Ibrahim dan diutus oleh Allah SWT untuk bisa melakukan dakwah pada kaum Sodom. Kaum Sodom adalah kaum yang terkenal dengan perilaku seksnya yang menyimpang, yaitu sesama jenis. Dakwah dari Nabi Luth pun ditentang oleh mereka. Setelah mereka mengusir Nabi Luth, seketika itu juga Allah SWT membinasakan kaum tersebut dengan adanya angin kencang serta gempa bumi yang dahsyat.

h. Nabi Ismail As

Nabi Ismail adalah anak dari Nabi Ibrahim dengan istrinya, Hajar. Salah satu mukjizatnya adalah air zam zam, serta sempat menerima perintah Allah untuk disembelih oleh ayah kandungnya sendiri. Akan tetapi, Allah menggantinya dengan kambing ketika sang ayah akan menyembelihnya. Hal itulah yang menjadi awal mula qurban pada Hari Raya Idul Adha.

i. Nabi Ishaq As

Nabi Ishaq AS adalah anak dari Nabi Ibrahim dengan Sarah. Beliau lahir 14 setelah Ismail. Disebutkan dalam Al Quran bahwa Ishaq merupakan hamba yang memiliki perbuatan baik, berakhlak mulia, serta memiliki ilmu. Dari keturunannya, lahir nabi-nabi yang berasal dari Bani Israil.

j. Nabi Yakub As

Nabi Yakub adalah anak dari Ishaq dan digambarkan sebagai sosok yang mempunyai keimanan yang luar biasa dan karakter yang kuat. Bahkan, sebelum wafat dan terbaring lemah pun, beliau berwasiat kepada para putranya agar tetap menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

k. Nabi Yusuf As

Yusuf merupakan putra dari Yakub yang pernah mendapatkan sebuah mimpi dimana matahari, bulan, serta bintang bersujud kepadanya. Sejak saat itu, Yaqub mengetahui bahwa sang putra akan menjadi seorang yang besar di masa depan. Mukjizatnya adalah:

  • Atas izin Allah, beliau mampu menafsirkan mimpi. Beliau pernah menafsirkan mimpi seorang raja yang akhirnya diangkat sebagai pejabat di Mesir.
  • Mempunyai paras yang tampan. Bahkan, para wanita pernah mengiris jarinya sendiri ketika sedang terpesona terhadap ketampanan yang dimiliki oleh Nabi Yusuf.

l. Nabi Ayyub As

Ayyub merupakan sosok yang saleh dan terkenal karena kesabarannya. Kisahnya menjadikan semangat orang yang sedang ditimpa oleh ujian. Beliau memiliki banyak harta serta berakhlak mulia. Walaupun begitu, beliau tetap berbuat baik dan tidak pernah sombong.

Allah pun kemudian menguji dengan kehilangan harta, anak, serta menderita penyakit kulit. Akan tetapi, Ayub tetap sabar dan tabah serta selalu berdoa kepada Sang Pencipta. Selain mempunyai kesabaran yang luar biasa, beliau juga bisa mengeluarkan air dari tanah yang menjadi pengobat penyakit yang dideritanya.

m. Nabi Syuaib As

Nabi Syuaib diutus oleh Allah untuk memberikan dakwah kepada kaum Madyan, karena mereka suka membangkang dan menipu. Akan tetapi, mereka tetap tidak mau mengikuti ajaran Syuaib. Kemudian, Allah memberikan ujian berupa gempa bumi dan awan hitam yang membinasakan.

n. Nabi Musa As

Satu dari nama-nama nabi dalam Al-Qur’an berikutnya adalah Nabi Musa. Beliau adalah yang memerangi Raja Firaun yang tamak. Mukjizat yang beliau miliki diantaranya adalah bisa menghidupkan orang meninggal, bisa membelah laut Merah, mempunyai tongkat yang bisa berubah menjadi ular, serta dianugerahi kitab Taurat yang isinya adalah 10 firman Allah bagi Bani Israil.

o. Nabi Harun As

Kisah dari Harun sering dikaitkan dengan Musa. Hal ini karena beliau dikarunia kemampuan bahasa yang cukup baik. Kemudian, beliau juga berjuang untuk bisa memberantas berhala yang dipimpin oleh tukang sihir dari kerajaan milik Firaun, Samiri.

p. Nabi Dzulkifli As

Zulkifli adalah nabi yang bertempat tinggal di Irak. Beliau dikenal tetap sabar dan tegar untuk menyembah Allah walaupun sempat dirantai, disiksa, bahkan dipenjara.

q. Nabi Daud As

Nabi Daud merupakan keturunan dari Ibrahim ke 12. Beliau menjadi seorang raja setelah Raja Thalut terbunuh. Beberapa mukjizatnya adalah mempunyai suara merdu, dianugerahi kitab Zabur, dan suaranya bisa membuat orang sakit menjadi sembuh ketika membaca kitab Zabur.

r. Nabi Sulaiman As

Satu diantara nabi yang terkenal sebagai raja yang kaya dan punya kekuasaan besar adalah Sulaiman. Atas izin dari Allah SWT, beliau memiliki beberapa mukjizat seperti bisa menundukkan angin, mengalirkan tembaga dari perut bumi, mempunyai bala tentara dari jin, manusia dan hewan, dan bisa berbicara dengan binatang.

s. Nabi Ilyas As

Nabi Ilyas menghadapi kaum yang suka menyembah berhala bernama Ba’al. Walaupun telah menerima dakwah, mereka menolak dan tetap ingkar. Pada akhirnya, Allah menurunkan azab yaitu kekeringan yang tak kunjung usai.

t. Nabi Ilyasa As

Nabi Ilyasa merupakan anak angkat dari Ilyas. Ilyasa diberikan tugas untuk bisa melanjutkan dakwah dari Ilyas untuk Bani Israil. Mukjizat yang diterima beliau adalah bisa menghidupkan orang yang meninggal atas izin dari Allah.

u. Nabi Yunus As

Beliau merupakan salah satu yang diutus Allah untuk menyadarkan kaum Assyira yang menyembah berhala di kota Niniwe. Saat naik kapal dengan para pengikutnya, ada badai besar dan menyebabkan para penumpang mengorbankan Nabi Yunus dan menenggelamkan beliau ke laut. Allah pun tetap menyelamatkannya walau sempat ditelan oleh ikan paus.

v. Nabi Dzakaria As

Dzakaria adalah keturunan dari Daud dan Sulaiman. Menurut beberapa riwayat, beliau mempunyai sikap yang rendah hati serta selalu bersyukur atas apapun yang diberikan Allah. Mukjizatnya adalah seperti Ibrahim, yaitu memiliki keturunan ketika usianya sudah cukup tua.

w. Nabi Yahya As

Yahya merupakan putra dari Dzakaria. Beliau merupakan seorang yang suci dan terhormat. Kemudian, Allah memberikan anugerah yaitu kemampuan untuk mengetahui syariat. Beliau merupakan sosok yang gemar membaca dan rajin.

x. Nabi Isa As

Seperti yang banyak diketahui oleh masyarakat, Nabi Isa tidak memiliki ayah karena lahir dari wanita suci bernama Maryam. Beberapa mukjizat yang dimiliki adalah bisa berbicara ketika bayi, menurunkan hidangan dari langit, menghidupkan orang yang telah meninggal, serta dianugerahi kitab Injil.

y. Nabi Muhammad SAW

Muhammad merupakan Nabi terakhir dan tidak ada yang lainnya ketika beliau wafat. Banyak peristiwa yang terjadi ketika beliau lahir, seperti runtuhnya berhala yang terdapat di dekat Kabah, serta padamnya api yang disembah oleh kaum Majusi. Beliau memiliki beberapa mukjizat, diantaranya adalah bisa membelah bulan, bisa mengalirkan air dari jari tangannya, dan yang terbesar adalah Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam.

8. Hikmah iman kepada Nabi

Unsplash

Allah sudah memberikan kewajiban kepada umatNya untuk beriman kepada para Rasul. Beberapa hikmah yang dapat diambil dari penjelasan nama nama nabi di atas dan beriman kepada Nabi dan Rasul adalah menjadikannya sebagai teladan yang baik dalam hidup, menyempurnakan rukun iman keempat, dan tidak kehilangan contoh serta arah dalam menjadi manusia yang baik.

Demikianlah rangkuman nama nama nabi beserta mukjizat dan kisah singkatnya yang bisa diteladani oleh Sedulur sebagai umat muslim. Semoga bisa dijadikan sebuah panutan dan arah dalam hidup, ya. Semoga bermanfaat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!