Munafik adalah

Setiap manusia punya karakternya masing-masing ada yang baik atau buruk. Hanya saja Allah SWT tidak menyukai orang bersikap buruk salah satunya sifat munafik. Munafik adalah sebuah upaya untuk bertindak pura-pura percaya atau bahkan setia terhadap agama dan lainnya. Namun dalam pandangan lain bahwa munafik adalah sebuah terminologi dalam Islam.

Arti munafik dalam islam adalah sebuah terminologi di Islam dan merujuk pada mereka berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam. Meski sebenarnya hati mereka sedang memungkirinya. Maka dari itu, sikap munafik sangat dibenci banyak orang bahkan oleh Allah SWT.

Berikut ini ulasan artikel mengenai ciri-ciri orang munafik, penjelasan tentang munafik dalam Al-Quran sampai dengan contoh orang munafik. Yuk simak dan pahami.

BACA JUGA: 10+ Hadist Ciri-Ciri Orang Munafik Menurut Islam, Harus Diwaspadai

Apa itu munafik

munafik adalah
Istimewa

Setiap manusia diketahui punya sisi baik dan sisi buruk, namun dari kedua hal tersebut justru ada satu yang paling bisa ditonjolkan. Apakah itu sifat yang baik atau bahkan sifat buruk dari orang itu sendiri. Jika sifat buruk yang paling banyak ditampilkan, ada salah satu sifat bernama munafik. Sebuah sifat paling dibenci orang lain dan Allah SWT.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa munafik adalah orang yang berupaya melakukan tindakan pura-pura percaya, setia atau hal lain sebagainya terhadap agama dan lainnya. Meski demikian ternyata dalam hatinya tidak sesuai apa yang dibicarakan. Ada istilah lain yang menggambarkan tentang munafik adalah orang yang pandai bermain lidah. Dalam hal ini adalah lain di mulut lain pula di hati.

Munafik diartikan sebagi orang yang berpura-pura, hanya saja dalam Islam juga punya pandangan lain. Dalam Islam penjelasan tentang sikap munafik adalah sebuah pembahasan komplek, karena menyangkut tindakan paling tercela dan tidak disukai Allah SWT.

Munafik dalam Islam

munafik adalah
Galamedia

Penjelasan mengenai munafik selalu berkaitan dengan agama dan Islam selalui mempunyai pembahasan tersendiri mengenai ciri-ciri orang munafik dan contohnya. Arti munafik dalam Islam yaitu merujuk pada terminologi bahwa orang tersebut sengan melakukan tindakan berpura-pura. Sifat tercela ini sangat dibenci oleh Allah SWT.

Orang dengan sifat seperti ini selalu melakukan tindakan berpura-pura akan sebuah hal. Bahkan jik Sedulur mengetahuinya, sifat tercela ini selalu mengucapkan sebuah perkataan tidak sesuai tindakan atau bahkan kenyataannya. Pandangan mengena munafik dalam al-quran sebagii sifat tak terpuji ini sudah terangkum dalam Surat An- Nisa ayat 145.

Isi surat tersebut menjelaskan jika orang munafik akan ditempatkan di Neraka tingkatan paling bawah. Berikut ini adalah firmanya

Innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār, wa lan tajida lahum naṣīrā

Artinya: “Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.” (QS. An-Nisa: 145)

Menurut Kementrian Agama dalam tafsirnya pada surat tersebut adalah orang munafik akan disiksa di neraka paling bawah. Orang-orang munafik dijelaskan telah menipu Rasulullah SAW sampai dengan orang-orang mukmim. Maka sesungguhnya kelak mereka akan mendapatkan siksaan paling berat dan tidak akan ada seorangpun yang akan menolongnya.  

Ciri-ciri munafik dalam Islam

munafik adalah
Jurnalpalopo

Tindakan tercela ini merupakan sikap paling dibenci Allah SWT. Diketahui bahwa sifat tercela ini sama halnya dengan tindakan nifak. Sebuah perbuatan seseorang hanya menampakan sisi baiknya dibandingkan sisi buruknya. Orang dengan sifat seperti ini cenderung pintar dalam memainkan peran seperti halnya aktor. Bahkan memasang wajah tampak ceria di hadapan banyak orang alias punya sifat bermuka dua.

Dalam Islam orang dengan sifat munafik ialah orang dengan drajad paling rendah. Dibandingkan dengan orang muslim pada umumnya. Orang-orang dengan sifat seperti ini pandai mengatakan sesuatu dan tidak sesuai dengan ucapan ataupun tindakannya. Setidaknya ada 4 ciri –ciri orang munafik dalam Islam dan sudah tertuang dalam Al-Quran.

BACA JUGA: Riya: Pengertian, Jenis, Ciri, Contoh & Cara Menghindarinya

4 ciri-ciri orang munafik dalam Islam

munafik adalah
Umroh

Islam telah memberikan penjelasan panjang mengenai ciri-ciri orang munafik. Sebagai perbuatan paling tercela dan paling tidak disukai oleh Allah SWT,  maka ada baiknya Sedulur mengetahui beberapa ciri-ciri menurut Islam di bawah ini.

Ingkar janji

Tindakan yang umum sering ditampilkan orang-orang dengan sifat tercela itu adalah ingkar janji. Sangat sulit menerima segala jawaban perkataan yang keluar dari mulut orang munafik. Sebab, mereka sering memutarbalikan perkataan bahkan berkata tidak sesuai kenyataan. Tidak hanya itu, sikap paling ditonjolkan oleh orang dengan perbuatan tercela semacam ini adalah sifat ingkar janji.

Dalam agama Islam penjelasan mengenai sikap ingkar janji yang dilakukan oleh orang munafik sudah tercantum dalam QS. An-Nahl ayat 91 dan artinya adalah:

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.”

Dusta

Sikap lain dari ciri-ciri orang munafik adalah Dusta dan sifat ini juga sangat tidak disukai oleh Allah SWT. Penjelasan mengenai sikap dusta oleh para kaum tercela tercela tersebut bahkan sudah tertuang pada HR Bukhari dan Muslim. Berikut ini adalah isi dari hadis riwayat.

“Tanda orang munafik ada tiga, salah satunya adalah jika berbicara dia dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak sekali motif orang untuk berbohong, namun terlepas dari apapun itu, bahwa sikap berbohong adalah tindakan tercela. Saat seseorang melakukan tindakan berbohong berarti dilakukan dalam keadaan sadar. Umumnya banyak orang berbohong untuk mencari aman dan terhindar dari masalah.

Sikap berbohong kepada sesama dan hanya akan membawa kerugian. Berikut ini penjelasan tentang berbohong dalam Al-Quran.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 24 yang artinya:

“Supaya Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan menyiksa orang munafik jika dikehendaki-Nya, atau menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Khianat

Tindakan tidak terpuji selanjutnya dan paling tidak disukai oleh Allah SWT adalah sikap khianat.  Khianat atau sikap berkhianat merupakan lawan dari amanah, sehingga jika seseorang tidak amanan dalam menjalankan tugasnya, maka bisa dipastikan orang tersebut bersifat khianat.

Berkhianat sangat merugikan banyak orang dan ciri khasnya adalah melakukan tindakan curang atau bahkan membatalkan sebuah kewajiban. Sifat inilah yang dinamakan dengan ciri-ciri orang munafik Sedulur. Allah SWT telah memberikan firman mengenai sifat orang khianat ini Sedulur. Semuanya tertuang pada QS. An-Nisa ayat 58.

Sesungguhnya Allah menyuruh kalian menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya….”

Orang munafik adalah mereka akan selalui mengingkari setiap perbuatannya. Bahkan tugas mulia dari orang lain alias amanah, tidak dijalankan sebagaimana dengan mestinya. Itulah sifat dari orang-orang tercela.

Tidak beribadah

Beribadah merupakan tindakan paling mulia dan sangat disukai oleh Allah SWT. Melaksanakan sholat lima waktu adalah tanda, bahwa seseorang selalui ingat akan perintah Nya. Namun berbeda hanya dengan orang bersifat tercela seperti munafik. Di mana mereka tidak atau bahkan malas melaksanakan ibadah.

Penjelasan ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Qs An-Nisa ayat 142 artinya adalah sebagai berikut:

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Orang munafik sering menganggap salat adalah beban yang berat untuk dijalani. Jadi, apa susahnya jika seseorang untuk menyisihkan sedikit waktu untuk melaksanakan salat wajib?

BACA JUGA: Bacaan Tahmid, Takbir, Tasbih, Tahlil Keutamaan & Manfaaatnya

3 Ciri-ciri orang munafik

munafik adalah
Griya Al Quran

Pembahasan mengenai orang munafik tidak selalui dijelaskan dalam Islam, sebab ada pula penjelasan secara umumnya. Berikut ini adalah ciri utama dan wajib Sedulur memahami tentang ciri-ciri orang munafik.

Bermuka dua

Orang-orang dengan sifat tercela seperti di atas umumnya sering menampakan wajah atau bermuka dua. Orang bermuka dua dapat diartikan bahwa orang tersebut tidak punya pendirian. Orang dengan sifat seperti ini akan mengubah perkataannya dari yang sebelumya buruk menjadi baik dan sebaliknya dari baik menjadi buruk.

Tidak hanya itu, orang dengan sifat seperti ini sulit mendapat kepercayaan dari orang lain. Sebab, mereka tidak punya pendirian bahkan cenderung sering memutarbalikan sebuah fakta. Misalnya adalah saat Sedulur ditunjuk untuk menjadi bendahara pada organisasi. Seharusnya Sedulur dapat menjalankan amanah dengan baik, malah uang pada organisasi digelapkan.

Tindakan di atas merupakan contoh sikap tercela dari sifat munafik. Sehingga sangat tidak disukai orang atau bahkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, agar mendapat kepercayaan dari atasan, maka sudah sewajarnya menjunjung tinggi amanah.

Riya

Jika Sedulur ingin mengetahui apakah orang tersebut munafik atau tidak, bisa dilihat dari perbuatannya. Riya adalah sikap paling sering ditonjolkan oleh orang-orang dengan perbuatan tercela seperti ini. Orang seperti ini akan menunjukan sikap baik dalam waktu-waktu tertentu saja. Tentunya hanya untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

Riya merupakan sikap sombong dan masuk dalam perbuatan munafik. Dia selalu menujukan sifat sombong terhadap segala pencapaiannya. Sifat seperti ini merupakan sifat dari setan dan sangat tidak disukai oleh Allah SWT.

Membuat kerusakan di bumi

Penambangan liar, penggundulan hutan bahkan perusakan lingkungan adalah salah satu ciri dari orang munafik. Sebab, secara tidak langsung orang tersebut sudah merusak karya cipta tuhan yang Maha Esa. Tidak hanya itu merusak alam hanya akan membawa dampak kerugian untuk banyak orang.

Maka dari itu, perusakan lingkungan merupakan perbuatan tercela dan sangat tidak disukai. Sehingga sebagai umat manusia dan diciptakan dari sari pati tanah, untuk senantiasa menjaga alam supaya tetap lestari. Bahkan agar tidak mengalami kerusakan yang mana bisa merugikan banyak orang.

Tuhan telah menciptakan alam segenap dengan isinya, sehingga sebagai umat manusia hanya bertugas untuk melindungi dan menjaganya saja. Tidak boleh melakukan perusakan atau bahkan menghancurkan.

Contoh orang munafik

angkuh
Okezone

Banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang mana masuk dalam golongan orang munafik. Hanya saja kita belum mengetahui dengan pasti seperti apa sifat yang mereka tonjolkan. Namun berikut ini adalah contoh orang munafik.

Ingkar janji

Saat kamu sedang ada acara bertemu sahabat lama, pacar atau kerabat, pasti sering membuat janji. Nah, janji menjadi bukti bahwa acara pertemua harus benar-benar dijalankan dan tidak boleh ditunda. Jika salah satu di antara Sedulur, kerabat, pacar atau saudara tidak menepati janjinya maka bisa dipastikan bahwa hal tersebut merupakan sifat tercela.

Suka menipu

Menipu adalah contoh dari orang dengan sifat munafik. Mengapa demikian, karena perbuatan menipu secara langsung dapat merugikan banyak orang. Di mata orang dengan sifat tercela, menipu bisa menjadi solusi untuk mencari aman dan terhindar dari masalah. Adapun surat yang membahas berkaitan dengan sikap menipu terdapat Al-Baqarah ayat 8-10 artinya:

Dan di antara manusia ada yang berkata, “ Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka bukanlah orang-orang yang beriman. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu, dan mereka mendapatkan azab yang pedih, karena mereka berdusta.”

Punya sifat sumpah serapah

Saat Sedulur menemui orang dan sering mengumbar sumpah di hadapanmu, namun tidak pernah merealisasikan sumpah tersebut, maka bisa dipastikan mereka adalah orang dengan sifat tercela. Perbuatan sumpah serapah ini pun sudah dijelaskan secara nyata dalam surat Al Munafiqun ayat 2.

Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan.

Cara menghindarkan diri dari sifat munafik

Perbuatan tercela
Cahaya Islam

Ada banyak cara agar kita bisa terhindar dari persoalan sifat paling tercela ini. Berikut ini adalah penjelasan supaya terhindar dari perbuatan tercela.

Selalu bersyukur

Tindakan paling sederhana supaya terhindar dari tindakan munafik adalah selalu bersyukur. Mungkin terlihat sederhana, namun dampaknya luar biasa karena menghindarkan kita dari sifat kufur, dengki hingga menghindarkan dari amarah.

Belajar menepati janji

Orang munafik senang bermain lidah, dan tindakan paling ditonjolkan oleh mereka adalah sifat ingkar janji. Agar kita terhindar dari perbuatan tercela itu, sudah semestinya kita senantiasa menepati janji. Kewajiban menepati janji tersebut sudah tertuang dalam surat An-Nahl ayat 91 artinya:

Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.

Kesimpulan

Sombong
Suara Bekaci

Sebagai manusian sudah sewajarnya kita menghindarkan diri dari segala macam sifat tercela khususnya munafik. Sebab, sikap munafik sangat tidak disukai orang dan bahkan sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebagai langkah menghindarinya, maka kita diwajibkan selalu bersyukur, amanan dan selalu menepati janji.

Orang munafik adalah seseorang yang berupaya melakukan tindakan pura-pura. Sikap paling dibenci dalam Islam dan oleh Allah SWT. Semoga kita bisa terhindar dari sifat buruk ini ya Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!