laptop tidak mau menyala

Laptop tidak mau menyala menjadi salah satu masalah yang biasa terjadi. Meskipun sering membuat panik, penyebab laptop tidak menyala bisa jadi bukan karena masalah yang besar. Namun, tetap saja ada beberapa kasus yang disebabkan oleh masalah yang serius.

Saat mengalami masalah ini, hal penting yang harus Sedulur lakukan adalah mengetahui penyebab kerusakan laptop, sebelum memikirkan solusi untuk memperbaikinya. Hal ini harus dilakukan karena setiap penyebab kerusakan akan memiliki cara mengatasi yang berbeda-beda.

Nah, ingin tahu apa saja penyebab laptop tidak mau menyala beserta cara mengatasinya? Berikut adalah informasi selengkapnya. Simak dengan baik, yuk!

BACA JUGA: Cara Mengatasi Unknown USB Device di Laptop & PC

1. Baterai habis total

laptop tidak mau menyala
iStock

Masalah sepele yang sering membuat panik adalah kondisi baterai yang habis total. Dalam kondisi ini, laptop tentu saja tidak akan memberikan respon ketika dinyalakan. Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah mengisi daya laptop. 

Setiap laptop memiliki lampu indikator baterai yang biasanya berada pada bagian samping. Lampu ini dapat Sedulur gunakan untuk mengetahui masih tidaknya baterai pada laptop. Jika lampu menyala pada saat pengisian daya, maka kemungkinan besar penyebab laptop tidak mau menyala adalah karena baterai yang habis total.

2. Kerusakan charger

laptop tidak mau menyala
iStock

Penyebab laptop tidak menyala berikutnya adalah adanya kerusakan pada charger. Masalah ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada laptop. Mengapa demikian? Karena charger yang rusak akan menghasilkan tegangan arus listrik yang tidak stabil, yang mana bisa membuat laptop menjadi sangat panas dan mati dengan sendirinya.

Penggunaan charger yang rusak akan berpotensi merusak dan memperparah kondisi laptop dan baterai. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti charger baru secepatnya. Agar lebih tepercaya, Sedulur bisa membeli charget baru di servis center sesuai dengan merk laptop masing-masing. 

3. Adaptor bermasalah

laptop tidak mau menyala
iStock

Selain masalah pada charger, laptop tidak mau menyala juga disebabkan oleh adanya masalah pada adaptor. Bagian yang berperan untuk menyalakan dan mengisi daya pada laptop ini dapat membuat baterai laptop tidak dapat diisi dayanya jika mengalami kerusakan. 

Untuk mengetahui rusak tidaknya adaptor, Sedulur dapat menyambungkan kabel daya pada adaptor dan melihat lampu indikator baterai di bagian samping. Jika lampu tidak menyala, maka bisa dipastikan adaptor mengalami kerusakan. Cara mengatasi masalah ini adalah pergi ke servis center terdekat agar masalah bisa diperbaiki oleh ahlinya.

BACA JUGA: Mengenal Fungsi Keyboard Laptop & PC Beserta Pengertiannya

4. RAM kotor atau rusak

laptop tidak mau menyala
iStock

RAM merupakan komponen penting yang ada pada laptop. Kerusakan pada bagian ini ternyata juga bisa membuat laptop tidak mau menyala. Oleh karena itu, perlu diketahui masalah apa yang terjadi pada RAM, entah itu karena kotor atau karena rusak.

Jika RAM kotor, maka Sedulur dapat membersihkannya dengan cara mengusapkan tisu yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih atau minyak kayu putih pada bagian RAM yang kotor. Sedulur juga bisa membersihkan bagian kuningan RAM dan kuningan HDD/SSD agar komponen tersebut semakin bersih.

Saat membersihkan komponen ini, Sedulur juga bisa sekalian mengamati ada tidaknya tanda kerusakan. Jika ternyata ada bagian yang retak atau patah, maka komponen tersebut harus segera diganti dengan komponen yang baru. Dengan demikian, Sedulur harus membawanya ke servis center untuk memperbaikinya. 

5. Ada masalah pada sistem

laptop tidak mau menyala
iStock

Adanya masalah pada sistem juga bisa membuat laptop tidak menyala saat akan dinyalakan. Kondisi yang sering dikenal sebagai gagal boot ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada sistem yang mengganggu proses booting pada laptop.

Untuk mengatasi masalah ini, Sedulur bisa melakukan proses booting ke safe mode Windows. Cara ini dinilai efektif dan berhasil untuk mengatasi masalah laptop yang tidak mau dinyalakan ini. Langkah-langkah melakukan booting dengan safe mode Windows adalah sebagai berikut.

  • Nyalakan laptop dengan menekan tombol power seperti biasa.
  • Ketika muncul blue screen atau logo laptop, segera tekan F8 berkali-kali sampai muncul menu.
  • Pada menu yang muncul, pilih Safe Mode.
  • Restart kembali laptop.
  • Jika proses berhasil, laptop akan kembali menyala dengan baik.

6. Motherboard rusak

laptop tidak mau menyala
iStock

Penyebab laptop tidak mau menyala juga bisa disebabkan oleh kerusakan motherboard. Bagian yang berfungsi sebagai penghubung komponen satu dengan komponen lain pada laptop ini merupakan perangkat keras yang penting, jadi bila terjadi kerusakan, bisa dipastikan fungsi laptop tidak akan berjalan semestinya.

Kerusakan motherboard bisa jadi karena prosesor yang terlalu panas, kekurangan atau kelebihan suplai listrik, kerusakan pada IC, dan adanya air yang masuk. Untuk mengatasinya, Sedulur bisa datang ke servis center terdekat untuk mendapatkan bantuan dari ahlinya. 

BACA JUGA: Penyebab Laptop atau PC Blue Screen & Cara Mengatasinya

7. Mengalami overheat

laptop tidak mau menyala
iStock

Overheat atau panas yang berlebihan juga dapat mengakibatkan laptop tidak mau menyala. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh adanya debu dan kotoran yang menumpuk pada sela-sela saluran udara. Jika tidak dibersihkan, maka sirkulasi udara panas pada bagian bawah laptop akan menjadi terhambat.

Penyebab lainnya adalah kipas laptop yang terlalu kotor. Jika dibiarkan terus menerus, kinerja kipas akan menjadi tidak optimal saat mencegah terjadinya panas. Dengan begitu, sistem sensor panas pada laptop akan mati secara otomatis.

Untuk mengatasi masalah ini, Sedulur dapat memeriksa saluran udara pada bagian bawah dan kipas laptop secara rutin. Jika merasa ragu, Sedulur juga bisa membawanya ke servis center terdekat untuk dibantu membersihkan. 

8. Bermain game berlebihan

laptop tidak mau menyala
iStock

Pola penggunaan laptop yang tidak sesuai spesifikasi juga akan membuat laptop tidak mau menyala. Hal ini sering terjadi pada laptop yang tidak memiliki spesifikasi standar untuk gaming, namun tetap dipaksa menjalankan berbagai macam permainan oleh penggunanya.

Apalagi dengan waktu bermain game yang berlebihan, laptop akan mudah mengalami hang dan mati secara mendadak. Untuk mengatasi masalah ini, Sedulur perlu membaca spesifikasi laptop dengan benar dan menggunakannya secara profesional. Jika memang menginginkan laptop untuk gaming, maka Sedulur bisa membelinya lagi dengan spesifikasi tersebut. 

9. Adanya virus atau malware

laptop tidak mau menyala
iStock

Malware atau virus pada laptop memang sudah menjadi masalah sejak lama. Hal ini karena serangan virus atau malware bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi terhambat, sistem cepat panas, hingga membuat laptop mati mendadak. Untuk mengatasi hal ini, Sedulur perlu menggunakan software antivirus terpercaya. Melakukan scan laptop dengan antivirus yang selalu diupdate juga bisa meningkatkan proteksi pada laptop. 

BACA JUGA: 3 Cara Reset Windows 10 dan Menyimpan File di PC & Laptop

10. Upgrade RAM yang tidak sesuai dengan sistem

laptop tidak mau menyala
iStock

Selain RAM yang kotor atau rusak, penyebab laptop tidak mau menyala juga bisa disebabkan oleh upgrade RAM yang tidak sesuai dengan sistem laptop saat ini. RAM merupakan bagian yang memiliki peran penting dalam perangkat laptop, sehingga upgrade RAM adalah solusi terbaik untuk meningkatkan performa laptop yang mulai lemot.

Namun, dalam proses upgrade RAM ini, para pengguna seringkali lupa dengan spesifikasi laptop miliknya sendiri, sehingga malah melebihi kapasitas. Hal itu tentu saja akan menyebabkan masalah baru, seperti RAM yang tidak bisa diakses, kinerja laptop yang bekerja lebih keras, hingga laptop yang mati secara tiba-tiba.

Untuk itu, cara mengatasi masalah ini adalah dengan melepas kembali RAM yang baru saja diupgrade dan memasang kembali RAM dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan laptop. Jika masalah tidak selesai, Sedulur bisa membawa laptop ke servis center untuk diperbaiki oleh petugas yang lebih ahli. 

Itulah 10 penyebab laptop tidak mau menyala beserta cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Sedulur yang sedang mengalami masalah dengan laptop yang tidak mau menyala atau tiba-tiba mati. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.