Sedulur pastinya pernah mendengar tentang lapisan atmosfer. Lapisan tersebut merupakan lapisan pelindung makhluk-makhluk di bumi dan membawa banyak manfaat. Atmosfer terbagi menjadi 5 lapisan. Pada lapisan ini, sebagian meteor terbakar dan terurai sehingga bumi terlindungi dari meteor.

Penasaran tentang pembahasan lebih lanjut dari lapisan atmosfer dan fungsinya? Baca terus lapisan atmosfer dan penjelasannya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 7 Akibat Revolusi Bumi bagi Kehidupan di Dunia

Pengertian lapisan atmosfer

lapisan atmosfer
Depositphotos

Fenomena lapisan atmosfer adalah sebuah lapisan menyelimuti keseluruhan planet bumi yang kita tinggali ini. Atmosfer berupa gas yang berlapis-lapis, di mana setiap lapisnya berjarak hingga ribuan kilometer. Pada planet bumi, atmosfer digadang-gadang mempunyai ketebalan mencapai 1.000 km dari permukaan planet.

Pengertian yang serupa datang dari University Corporation for Atmospheric Research. Menurutnya, atmosfer merupakan campuran gas yang mengelilingi planet bumi. Atmosfer sangat membantu untuk memungkinkan jalannya kehidupan di bumi. 

Selain memberi kita oksigen untuk bernafas, atmosfer melindungi makhluk hidup dari sebagian radiasi sinar ultraviolet (UV) yang sangat berbahaya dari matahari. Atmosfer menghangatkan suhu permukaan planet, sekitar 33 derajat Celsius. Lapisan atmosfer juga dimiliki oleh planet-planet lain dalam tata surya yang kita tinggali ini, namun tidak ada lapisan yang serupa dalam hal rasio gas dan lapisan struktur dengan yang dimiliki oleh bumi.

Selanjutnya, pengertian tentang lapisan atmosfer diungkapkan oleh National Geographic. Badan tersebut menjelaskan bahwa atmosfer merupakan salah satu komponen utama dalam sistem fisik dari planet bumi. Atmosfer adalah lapisan gas yang mengelilingi planet bumi dan planet-planet lain. Di bumi, lapisan tersebut berupa 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% berupa gas-gas lainnya.

Atmosfer berperan penting dalam kehidupan di bumi seperti melindungi dari radiasi UV, menjaga planet tetap hangat, mencegah suhu ekstrem antara siang dan malam. Matahari memancarkan sinarnya ke permukaan atmosfer, di mana hal tersebut menyebabkan pergerakan udara dan pola cuaca di seluruh dunia.

Kandungan lapisan atmosfer

lapisan atmosfer
Depositphotos

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, lapisan atmosfer memiliki beberapa komposisi dan kandungan. Berikut merupakan penjelasan singkatnya.

  • Oksigen. Kadar oksigen di dalam atmosfer mencapai sekitar 20,95%. Oksigen dalam atmosfer ini berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup.
  • Karbon dioksida. Kandungan karbon dioksida di dalam bumi mencapai setidaknya 0,034%. Karbon dioksida dihasilkan oleh pernapasan dari makhluk hidup, pembakaran lahan hutan, serta asap dari industri. Karbon dioksida dapat menyebabkan kenaikan suhu di bumi. Maka dari itu, kita perlu menjaga agar kadar karbon dioksida ini tetap berada di batas normal, atau kita akan merasakan efek buruk dari global warming.
  • Nitrogen. Sebuah jenis gas yang dibutuhkan bumi untuk senyawa organik. Sekitar 78% lebih kandungan lapisan atmosfer merupakan nitrogen.
  • Gas mulia. Hal yang dimaksud dengan gas mulia adalah beberapa unsur gas yang terdiri dari Neon, Kripton, Argon, dan Xenon.
  • Ozon. Zat ini berfungsi menyerap radiasi sinar UV dari matahari.
  • Uap air. Zat ini dihasilkan dari penguapan yang dilakukan oleh wilayah-wilayah perairan di bumi seperti danau, sungai, dan hamparan laut luas. Selain itu, uap air juga dihasilkan oleh tanaman. Uap air ini berperan penting dalam proses perubahan iklim dan cuaca.

Lapisan atmosfer dan fungsinya

Depositphotos

Manfaat dan fungsi dari lapisan atmosfer telah sedikit disebutkan pada bagian pembukaan artikel tadi. Atmosfer ini memang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, hewan, tanaman, serta planet bumi itu sendiri. Berikut merupakan penjelasan singkat dari manfaat lapisan atmosfer.

  • Manfaat pertama dari atmosfer adalah melindungi bumi dari panas matahari. Singkatnya, tanpa lapisan atmosfer, panas matahari seluruhnya akan terpapar ke bumi. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kita dan makhluk lain penghuni planet. Sedangkan dengan perlindungan dari atmosfer, paparan panas sinar matahari hanya mencapai 46% saja, sisanya dipantulkan kembali ke angkasa dan diserap sendiri oleh atmosfer.
  • Manfaat kedua dari atmosfer adalah melindungi bumi dari ancaman benda asing luar angkasa. Benda-benda asing di angkasa tertarik ke gravitasi dan jatuh ke bumi akhirnya bisa terkonversi atau hancur berkeping-keping lebih dahulu ketika melewati lapisan atmosfer.
  • Manfaat ketiga dari atmosfer adalah bisa menghasilkan berbagai macam unsur gas nitrogen, oksigen, karbon dioksida yang bermanfaat bagi makhluk hidup, termasuk manusia.
  • Manfaat keempat dari atmosfer adalah berfungsi mengatur cuaca di planet bumi. Hujan, salju, panas, dan angin, semuanya dipengaruhi oleh lapisan atmosfer.

BACA JUGA: 8 Akibat Rotasi Bumi Bagi Kehidupan di Dunia

Lapisan-lapisan atmosfer

Depositphotos

Terdapat lima lapisan yang ada di atmosfer planet kita, antara lain troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer), dan eksosfer. Berikut merupakan penjelasan dan ciri-ciri lapisan atmosfer tersebut.

1. Troposfer

Pada lapisan troposfer ini manusia masih memungkinkan untuk bernapas. Sehingga, tidak mengherankan apabila kita melihat para pendaki gunung masih bisa bertahan pada lapisan ini. Namun, tentu saja, udara pada lapisan troposfer dapat menyebabkan rasa lelah dan keringat dingin.

Fenomena-fenomena alam seperti perubahan cuaca dan iklim terjadi pada lapisan troposfer. Lapisan ini mengandung dua senyawa kimia utama yaitu karbon dioksida dan uap air. Kedua senyawa tersebut yang paling banyak ditemukan pada lapisan troposfer dibandingkan lapisan lain.

Lapisan troposfer paling tinggi terletak pada ketinggian 0 km sampai 12 km di atas permukaan bumi. Troposfer merupakan lapisan paling dasar, sekaligus menjadi lapisan paling dekat dengan permukaan bumi. Maka, secara garis besar troposfer berfungsi untuk menjaga kestabilan udara di bumi.

2. Stratosfer

Lapisan stratosfer merupakan lapisan bersuhu dingin dan hanya didiami oleh ozon. Lapisan ini utamanya berfungsi sebagai pelindung dari gelombang radiasi UV yang sangat membahayakan jika terkena kulit manusia dan makhluk hidup lain.

Lapisan ozon kemudian akan menipis dan memudar jika banyak kegiatan di bumi yang melakukan perusakan seperti penebangan pohon secara masif dan menggunakan sumber energi konvensional terlalu banyak (batu bara, minyak bumi). Lapisan stratosfer memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.

  • Tempat lapisan O3 atau lapisan ozon

Lapisan ozon merupakan bagian dari lapisan stratosfer. Lapisan ozon terletak pada jarak 35 km di atas permukaan bumi. Perbedaan-perbedaan akan mulai terasa pada lapisan ini, contohnya perbedaan tekanan, udara, dan tentunya suhu. Lapisan ini memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kehidupan planet. Pada lapisan ini, cahaya dari matahari tidak akan langsung masuk permukaan bumi, melainkan akan diserap secara berproses.

  • Lapisan pembatas stratopause

Sama seperti pada lapisan troposfer, lapisan stratosfer juga memiliki lapisan pembatas. Lapisan atmosfer berdasarkan temperatur relatif lebih stabil di pembatas stratopause dengan kisaran 5 derajat Celsius. Bagian-bagian pembatas stratopause kemudian dapat dibagi menjadi lapisan isoterm, lapisan panas, dan lapisan campuran teratas.

3. Mesosfer

Lapisan mesosfer berada pada ketinggian 50 km sampai dengan 75 km di atas permukaan bumi. Lapisan yang menjadi lapisan ketiga dalam susunan atmosfer ini mengalami penurunan suhu yang cukup signifikan setiap bertambah ketinggian dibanding lapisan-lapisan lain yang terdapat pada atmosfer.

Suhu pada lapisan mesosfer bisa mencapai setidaknya 0,4 derajat Celsius dengan setiap ketinggian per 100 meter. Lapisan ini berperan menghancurkan benda-benda asing dari luar angkasa. Hal tersebut terjadi karena pada lapisan ini suhu rendah dapat berkisar 10 derajat Celsius dan tertinggi dapat bersuhu -120 derajat Celsius.

Lapisan mesosfer memiliki ciri-ciri yaitu ketinggian lapisan antara 50 kilometer sampai 75 kilometer. Kemudian suhu yang tidak stabil, setiap jarak 100 meter maka suhu akan berkurang 0,4 derajat Celsius.

BACA JUGA: Struktur Lapisan Bumi Beserta Pengertiannya

4. Termosfer (Ionosfer)

Termosfer merupakan lapisan di mana terjadinya ionisasi partikel-partikel, ionisasi tersebut akan memberikan efek pada perambatan atau pemantulan gelombang radio. Gelombang-gelombang radio tersebut dapat berupa frekuensi rendah atau tinggi. Lapisan termosfer terletak pada ketinggian 80 kilometer sampai 100 kilometer dari atas permukaan bumi. Berikut beberapa bagian dari lapisan termosfer.

  • Lapisan Kennelly Heavyside
  • Lapisa Appleton
  • Lapisan Atom

5. Eksosfer

Eksosfer adalah lapisan terakhir yang menyelimuti bumi sebagai bagian dari lapisan atmosfer. Jarak lapisan eksosfer dengan jarak permukaan adalah antara 800 kilometer sampai dengan 3.260 kilometer. Pada lapisan ini terjadi berbagai interaksi antar gas yang terdapat di luar angkasa.

Gravitasi atau gaya tarik bumi pada lapisan ini sangatlah rendah mengingat jaraknya yang cukup jauh dari permukaan bumi. Di lapisan eksosfer, banyak terjadi interaksi yang sangat keras antara susunan gas-gas yang ada di luar angkasa.

Sebenarnya, sangat sedikit gas yang dapat ditemukan pada lapisan ini. Terkadang juga terdapat cahaya redup pada lapisan ini yang disebabkan oleh sedikitnya unsur hidrogen. Cahaya redup ini dikenal dengan cahaya zodiakal dan gegenschein.

Cahaya redup yang muncul pada lapisan eksosfer ini pada dasarnya adalah hasil refleksi dari cahaya matahari, di mana cahaya tersebut kemudian dipantulkan oleh partikel debu meteoritik yang tidak terhitung jumlahnya. Lapisan ini merupakan lapisan paling panas di antara susunan lapisan lain pada atmosfer karena posisinya yang paling atas dan langsung bersentuhan dengan sinar matahari. Lapisan ini sering disebut pula dengan ruang antar-planet dan geostasioner. Lapisan eksosfer sangat berbahaya bagi manusia karena merupakan hancurnya meteor-meteor dari angkasa luar.

Nah, itu tadi merupakan pembahasan dari lapisan atmosfer, manfaat-manfaat, serta beberapa bagian 7 lapisan atmosfernya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!