Komunikasi non verbal dan komunikasi verbal adalah dua jenis komunikasi yang biasa kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari. Keduanya merupakan aktivitas dimana suatu individu atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan/menggunakan informasi agar dapat terkoneksi dengan lingkungan atau satu sama lain. Maka dari itu, komunikasi menjadi bagian penting karena ia digunakan untuk bersosialisasi dengan individu lain.

Komunikasi verbal dan non verbal memiliki tujuan serta fungsinya masing-masing. Pada artikel ini, Sedulur akan diajak untuk mendalami tentang dua jenis komunikasi tersebut. Sedulur juga akan menemukan beberapa contoh dari kedua jenis komunikasi tersebut pada akhir pembahasan di artikel ini.

BACA JUGA: Rooster Bowl atau Mangkok Ayam Jago, Bukan dari Indonesia!  

Pengertian komunikasi verbal adalah

komunikasi verbal adalah
Depositphotos

Komunikasi verbal adalah interaksi suatu individu yang memanfaatkan bantuan kata-kata atau pesan yang berbentuk linguistik. Komunikasi verbal ini dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. 

Ketika dilakukan secara tidak langsung, atau menggunakan media, ia tetap termasuk ke dalam jenis verbal. Hal tersebut dikarenakan media komunikasi tidak membatasi pembagian jenis asalkan informasi tetap tersampaikan. Maka dari itu, bahasa isyarat juga termasuk sebagai komunikasi verbal.

Interaksi satu individu dengan individu lain secara verbal tidak hanya terbatas pada  pembicaraan antara keduanya saja. Asalkan penerima informasi dapat memperoleh pesan yang disampaikan, maka proses penyampaian tersebut termasuk ke dalam komunikasi verbal.

Komunikasi verbal dibagi lagi menjadi beberapa kategori sesuai proses yang dilakukannya. Jenis-jenis komunikasi verbal adalah sebagai berikut.

  • Komunikasi intrapersonal – Komunikasi dengan diri sendiri atau di dalam pikiran.
  • Komunikasi interpersonal – Komunikasi yang terjadi antara dua individu.
  • Komunikasi kelompok – Komunikasi yang terjadi antara lebih dari dua individu.
  • Komunikasi publik – Komunikasi pada jumlah orang yang besar. 

BACA JUGA: Passing Grade adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Pengertian komunikasi non verbal adalah

Depositphotos

Istilah komunikasi non verbal pertama kali populer pada tahun 1950-an. Ia diperkenalkan oleh seorang psikiater yang bernama Jurgen Ruesch dan seorang penulis yang bernama Weldon Kees dalam buku mereka, Nonverbal Communication: Notes on the Visual Perception of Human Relations.

Komunikasi non verbal sendiri merupakan pertukaran informasi yang menggunakan bahasa tubuh, seperti kontak mata, ekspresi wajah, dan juga gerakan tubuh. Komunikasi non verbal ini layaknya seperti pelengkap dari komunikasi verbal. Dengan menggunakan keduanya, kemampuan komunikasi Sedulur akan terlihat lebih daripada rata-rata.

Komunikasi non verbal ternyata tidak kalah bermanfaatnya dengan komunikasi verbal. Komunikasi non verbal dapat menambah kejelasan konteks dari sebuah informasi yang kita sampaikan melalui komunikasi verbal. Komunikasi non verbal juga membuat Sedulur agar lebih paham dengan situasi dan perasaan lawan bicara Sedulur. Selain itu, komunikasi non verbal dapat menunjukkan kepercayaan diri, antusiasme, dan profesionalisme pada saat sedang berkomunikasi.

BACA JUGA: Pengertian Pencucian Uang Beserta Cara Menghindarinya

Contoh-contohnya

Depositphotos

Nah, setelah Sedulur mendapatkan pemahaman mengenai komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, berikut ini merupakan beberapa contoh dari kegiatan komunikasi yang masuk ke dalam kedua kategori tersebut. 

BACA JUGA: Cash Flow adalah: Pengertian, Jenis dan Tips Mengaturnya

  1. Contoh komunikasi verbal

Contoh komunikasi verbal adalah percakapan biasa antara suatu individu dengan individu yang lain, diskusi grup, public speaking, dan lain sebagainya.

  1. Contoh komunikasi non verbal
  • Ekspresi wajah.
  • Gestur tubuh.
  • Bahasa tubuh.
  • Sentuhan.
  • Penampilan seseorang.

Nah Sedulur, di atas merupakan pembahasan singkat mengenai komunikasi non verbal dan komunikasi verbal adalah. Keduanya merupakan jenis komunikasi yang sangat sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Komunikasi verbal mengacu kepada kegiatan komunikasi yang menggunakan lisan. Sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi yang menggunakan ‘alat bantu’ selain mulut atau lisan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.