humoris adalah

Humoris adalah sebuah sifat yang penuh dengan humor atau candaan. Seseorang yang humoris cenderung ekstovert dan disukai banyak orang. Kehadirannya sangat mempengaruhi suasana dan sangat dibutuhkan jika ada momen kumpulan, baik bersama teman, sahabat atau keluarga.

Karena humoris adalah sebuah sifat, apakah dapat dimiliki oleh seseorang? Nah, perihal ini sangat menarik. Bagi Sedulur yang merasa memiliki sifat kaku, ada baiknya simak penjelasan kali ini. Kita mulai dengan pembahasan humoris itu sendiri!

BACA JUGA: 50 Tebak Tebakan Gombal yang Romantis tapi Bikin Ketawa

Pengertian humoris

humoris adalah
Deposit Photos

Humoris adalah kata sifat yang berkaita dengan humor. Membahas humoris tentu tidak bisa lepas dari humor itu sendiri. Humor merupakan sebuah candaan atau jokes yang dapat membuat seseorang tertawa terpingkal. Maka dalam konteks ini, humoris merupakan sifat seseorang yang penuh canda dan tawa.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), humoris adalah seseorang yang memiliki rasa humur yang tinggi, yang dapat mempengaruhi suasana sekitar. Tidak heran kehadiran orang-orang humoris sangat dibutuhkan. Secara spesifik, terdapat pengertian lain.

Seperti misalnya arti humoris dalam cinta, dalam konteks percintaan baik cewek atau cowok humoris adalah seseorang yang santai dengan banyak candaan yang bisa menghangatkan hubungan asmara itu sendiri. Sehingga hubungan lebih hidup serta tentu saja lebih sehat.

Ciri-ciri seorang humoris

humoris adalah
GenPI

Dalam penjelasan di atas, disebutkan bahwa humoris merupakan sifat dari seseorang yang penuh dengan canda tawa. Tapi seperti apa ciri-ciri orang humoris secara spesifik? Berikut ini beberapa ciri-ciri dari orang humoris yang perlu Sedulur ketahui:

1. Ramah

Pertama, seorang humoris memiliki sifat yang ramah pada orang lain, bahkan kepada orang yang tidak dikenal atau baru dikenalnya. Seseorang yang humoris biasanya akan menyapa orang lain pertama kali ketika bertemu. Atau saat kenalan pun, seorang humoris akan lebih aktif bertanya terkait seseorang yang baru dikenalnya.

2. Murah senyum

Karena seorang humoris adalah seseorang yang penuh canda tawa, tidak heran jika salah satu ciri-ciri orang humoris adalah yang murah senyum dalam kondisi apapun. Mereka tidak segan untuk melemparkan senyum dengan lebar dan membagikan rasa senang dan bahagia kepada orang-orang sekitar. Tindakan ini tentu akan mempengaruhi suasana sekitar pula.

3. Senang berteman

Deposit Photos

Jangan heran, baik pria atau wanita humoris akan memiliki banyak teman. Ini disebabkan oleh sifatnya yang ramah dan tidak kaku. Serta mereka tidak akan segan-segan berkenalan dengan orang lain, meskipun tanpa tujuan atau kepentingan tertentu. Hal ini murni karena pembawaannya yang ramah dan santai, membuatnya senang untuk berteman.

4. Kreatif

Di awal telah dijelaskan bahwa keberadaan orang-orang humoris yang dibutuhkan, terutama ketika ada kumpulan bersama. Ini dikarenakan seorang yang humoris kreatif, bahkan ketika mereka berbicara mereka akan sangat kreatif dengan lelucon-lelucon yang membuat teman-temannya tertawa.

5. Lucu

Jelas, lucu merupakan sifat dan ciri-ciri dari orang yang humoris. Pembawaannya yang ramah dan santai, serta kebiasaannya untuk melempar senyum plus kreatifitasnya saat melemparkan candaan, membuat seorang yang humoris sangat lucu. Seperti contoh sikap humoris, ketika seorang humoris melemparkan candaan, tanpa pembawaan yang lucu, tidak akan mampu menyihir lingkungan sekitar dan menghasilkan tawa yang pecah.

Cara menjadi humoris

humoris adalah
Indiffs

Nah tentu Sedulur tertarik untuk menjadi seorang yang humoris. Bagi Sedulur yang sudah humoris, Sedulur tinggal mempertahankan saja. Namun bagi Sedulur yang jauh dari kata humoris, Sedulur bisa menerapkan tips-tips di bawah ini:

1. Harus murah senyum

Di atas disebutkan ciri-ciri orang humoris adalah murah senyum. Tentu untuk menjadi seseorang yang humoris, Sedulur harus membiasakan murah senyum. Senyum juga memberikan kesan bahwa kita adalah orang yang ramah dan terbuka dengan orang lain.

2. Jangan mudah menyerah

Karena orang humoris berkaitan dengan senyum dan melempar candaan-candaan. Ada kalanya candaan yang kita lempar tidak lucu. Nah untuk ini Sedulur tidak perlu cemas dan jangan patah semangat. Terus mencoba dan berusaha. Karena untuk menjadi lucu tidak mudah.

Candaan yang tidak lucu, bisa Sedulur evaluasi, dan bisa Sedulur kaji ulang kenapa candaan tersebut tidak lucu. Jangan sampai Sedulur hanya sekali mencoba dan kemudian gagal, lalu berhenti karena kapok.

3. Belajar tidak tahu malu

Woman Indonesia

Walaupun sering mengundang tawa, ada kalanya lelucon yang dilontarkan oleh orang lucu membuat suasana yang garing. Entah karena leluconnya tidak lucu atau keluar di waktu yang kurang tepat. Lelucon orang lucu terkadang malah menjadi sesuatu yang mengganggu dan terkesan tidak jelas bagi orang lain.

Inilah yang dimaksud jika orang lucu harus berani mengambil risiko dan sedikit tidak tahu malu. Jika Sedulur ingin menjadi orang yang lucu, Sedulur harus memiliki muka yang ‘tebal’ alias tidak takut malu. Orang yang lucu selalu tampil maksimal ketika sedang melucu. Mulai dari gerak, ekspresi wajah hingga suaranya.

Bayangkan jika Sedulur malu-malu untuk melontarkan leluconnya! Orang lain pasti akan menyadari hal itu dan malah merasa leluconmu kurang lucu.

4. Jangan baperan dan mudah tersinggung

Para pelawak yang Sedulur lihat di luar sana, merupakan pribadi yang terbuka dan tidak mudah tersinggung. Jika Sedulur ingin menjadi orang yang lucu, bersiaplah jadi pribadi yang santai alias tidak baperan. Ketika Sedulur terlalu serius dalam menilai segala hal yang terjadi di dunia ini, Sedulur akan kesulitan untuk melihat sisi kelucuannya.

Hal ini adalah penghalang utama seseorang untuk menjadi orang lucu dan humoris. Candaan mungkin justru berubah menjadi argumentasi serius yang membuat orang lain jadi kurang nyaman. Berbeda ketika terbuka akan banyak hal, Sedulur akan melihat banyak sisi yang bisa dijadikan lelucon.

5. Perbanyak referensi

Head Topics

Sedulur bisa meluaskan wawasan dengan memperbanyak referensi, mlai dari menonton film komedi, kartun, atau hingga menonton stand up komedi. Perhatikan bagaimana cara orang tersebut membawakan dirinya sehingga mengundang gelak tawa penonton.

Lihatlah bagaimana orang lucu menjadikan sebuah sisi sebagai suatu humor atau kelucuan. Bahkan, Sedulur bisa mencontoh bagaimana cara komedian tersebut memecah keheningan.  Jika menonton kartun, Sedulur juga bisa belajar bagaimana karakter-karakter di sana jadi lucu. Kalau perlu, catat semua hal itu dalam sebuah buku saku.

Dari catatan itu, bisa Sedulur jadikan sebagai materi atau teori untuk berlatih. Sedulur juga bisa menanyakan diri sendiri, mengenai apa yang membuatmu tertawa akan hal itu. Dengan mengetahui alasannya, bisa membantumu untuk mengetahui sisi.

6. Perhatikan orang yang diajak bercanda

Lelucon yang membuat seseorang tertawa, belum tentu orang lain juga tertawa. Lelucon itu juga berkaitan dengan usia seseorang, lho! Sedulur harus memperhatikan siapakah audiens atau orang yang Sedulur ajak bercanda. Lelucon untuk anak-anak akan berbeda dengan remaja.

Begitu pula lelucon remaja yang mungkin tidak cocok untuk mereka yang berusia lanjut. Sebagai orang yang lucu, Sedulur harus memahami perbedaan ini. Solusinya adalah dengan menyelami dunia mereka. Tontonlah kartun animasi untuk melihat bagaimana selera humor anak muda.

Sedulur bisa mengobrol dengan orang yang lebih tua untuk menangkap lelucon yang membuat mereka tertawa. Meskipun begitu, ada juga lelucon yang mampu menjangkau semua usia. Sedulur harus benar-benar teliti dan jeli untuk menemukannya.

7. Harus peka terhadap sekitar

Woman Indonesia

Tidak semua hal bisa dijadikan lelucon. Sedulur harus peka akan hal ini jika ingin menjadi orang yang lucu. Beberapa topik mungkin akan sangat sensitif untuk dijadikan lelucon, seperti agama atau politik.

Tunjukkan simpati dengan tidak menjadikan orang disabilitas sebagai bahan candaan. Bukannya terhibur, lelucon dengan topik ini malah bisa memicu perdebatan yang kurang menyenangkan. Dampaknya Sedulur dianggap sebagai orang yang menyebalkan.

Bisa dibilang, ini adalah hal yang sulit, mengingat lelucon itu sifatnya juga subyektif. Ada juga komedian yang menggunakan politik sebagai bahan leluconnya, namun mampu membuat banyak orang tertawa.

Jika Sedulur tetap ingin menjadikan ini sebagai materimu, maka Sedulur  harus benar-benar memperhatikan setiap kalimat yang akan Sedulur sampaikan. Hal terpenting, Sedulur harus siap dengan risikonya dan bertanggung jawab akan sebua risiko yang ditimbulkan.

8. Menyimak obrolan

Tips lain yaitu harus menyimak obrolan. Seorang humoris adalah seseorang yang memperhatikan obrolan. Seorang humoris biasanya akan memunculkan pemikiran yang kreatif terkait obrolan yang sedang berlangsung antara orang-orang di sekitar kita.

Nah, Sedulur  juga dapat memperhatikan respon teman-teman pada saat Sedulur melemparkan lelucon, apakah teman-temanmu tertawa atau malah diam. Hal ini bisa dilakukan melalui jam terbang.

9. Temukan selera humor yang tepat

Deposit Photos

Selera humor setiap orang berbeda-beda, ada yang suka melalui celotehan, tindakan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebelum melemparkan sebuah lelucon untuk membuat orang lain bahagia. Sedulur terlebih dahulu bisa menemukan selera humor yang disukai seperti apa.

BACA JUGA: 65+Pertanyaan Truth or Dare Untuk Gebetan Yang Bikin Kaget!

Kekurangan sifat humoris

humoris adalah
Woman Indonesia

Jika dari penjelasan di atas, kita bisa sadar bahwa seorang humoris memiliki sifat yang disukai banyak orang. Namun hal ini membuatnya tidak lepas dari kekurangan. Namanya juga manusia, kekurangan merupakan hal lumrah dan menjadi fitrah. Adapun beberapa kekurangan seseorang yang humoris adalah:

1. Sulit diajak serius

Karena pembawaannya yang santai dan sering becanda, seorang humoris adalah seseorang yang sangat sulit sekali diajak serius. Bukan tidak bisa, namun sangat sulit diajak serius. Ketika dalam kondisi serius, mereka akan memelintirkan obrolan dan selalu bercanda. Padahal kondisi tengah genting dan dibutuhkan keseriusan. Seakan mereka sangat sulit jika tidak bercanda.

2. Sering bicara pedas

Seorang humoris adalah seseorang yang memiliki omongan yang pedas. Karena mereka pada dasarnya orang yang jujur apa adanya. Membuat sebuah kondisi menjadi lebih cair dengan candaan, bahkan seringkali menjadikan seseorangan sebagai bahan candaan dan tidak pelak membuat seseorang tersinggung. Humor sangat berkaitan erat dengan ketersinggungan.

3. Membuat pacar cemburu

Dalam konteks asmara, seseorang yang humoris sering mendapatkan ujian dalam hubungan. Karena sifat seorang humoris yang disukai banyak orang, ini menimbulkan risiko cemburu bagi pasangannya. Namun, hal ini tidak berlaku bagi semua pasangan, hanya pada beberapa pasangan saja, itupun sangat jarang.

Nah, itulah tadi pengertian sifat humoris beserta dengan cara menjadi seseorang yang humoris. Bagi Sedulur yang ingin memiliki sifat lebih cair lagi, sifat humoris adalah pembawaan yang tepat. Semoga dari penjelasan di atas, ada pelajaran hidup yang bisa Sedulur petik untuk dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.