bentang alam benua asia

Bentang alam di Benua Asia menjadi sesuatu hal yang menarik dipahami, terutama Benua Asia merupakan benua yang paling luas yang ada di dunia ini. Jika dibentangkan, luas Benua Asia mencapai 44,5 juta kilometer persegi.

Dari luas bentang alam Benua Asia tersebut menjadikannya menguasai sepertiga wilayah daratan di dunia. Karena luasnya yang sama dengan sepertiga daratan dunia, tentu terdapat bentang alam yang unik di Benua Asia. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama hal tersebut. Tanpa berlama-lama, yuk, langsung kita mulai pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Prinsip Geografi Beserta Konsep & Contohnya

Letak geografis Benua Asia

Kumparan

Bentang alam Benua Asia terdiri atas daratan tinggi, dataran rendah, dan wilayah gurun pasir dengan didominasi oleh pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Misalnya adalah Pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya yaitu Gunung Everest atau Mount Everest di Nepal. Menurut data dari berbagai sumber, puncak Gunung Everest berada pada ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Berikut ini daftar perbatasan dari Benua Asia itu sendiri, yang juga bisa menjadi gambaran dari kondisi bentang alam di Benua Asia, yaitu:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering.
  • Sebelah barat berbatasan dengan benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, dan Laut Merah.

Pembagian bentang alam Benua Asia

bentang alam di benua asia
Kumparan

Disampaikan sebelumnya, bentang alam di Benua Asia adalah sebagian besar didominasi oleh rangkaian pegununngan dengan sirkum mediteranian. Di sisi lain, Benua Asia juga terbagi menjadi beberapa kawasan sebagai berikut.

  • Asia Timur
  • Asia Selatan
  • Asia Barat
  • Asia Tengah
  • Asia Tenggara
  • Asia Utara

Kawasan Asia Barat dan Asia Tengah lebih dikenal dengan sebutan wilayah Timur Tengah yang bersamaan dengan bagian sebelah utara Benua Afrika dan bagian Tenggara Benua Eropa. Kawasan Timur Tengah merupakan kawasan Asia dan sebagain Afrika dan Eropa yang didominasi oleh penduduk muslim dan rumpun bangsa Arab. Sementara itu, Asia Utara didominasi oleh kawasan yang secara administrasi kewilayahan masuk dalam wilayah kekuasaan Rusia dan beberapa negara-negara pecahan Uni Soviet.

BACA JUGA: Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis & Geografis

Lantas bagaimana dengan kondisi bentang alam kawasan Benua Asia lainnya seperti Asia Tenggara, Timur, Barat, Selatan, hingga Utara? Berikut rangkuman informasi selengkapnya.

1. Dataran rendah di bagian utara

Kompas

Pertanyaan terkait apa bentang alam di Benua Asia di bagian utara? Jawabannya, di bagian utara di dominasi oleh dataran rendah. Daerah yang mencakup kawasan Siberia, yang terdiri dari tiga lembah sungai besar, yaitu Sungai Ob, Sungai Yenisai, dan Sungai Lena yang bermuara ke Laut Es Utara.

Akibat cuaca yang sangat dingin dan suhu udara rendah di daerah kutub utara, membuat muara sungai di bagian utara ini akan membeku ketika musim dingin tiba.

2. Daerah lipatan pegunungan muda

bentang alam di benua asia
Imujio

Selanjutnya, bentang alam di kawasan Asia Timur, Tengah, dan Selatan merupakan lipatan pegunungan muda mediteranian. Daerah lipatan pegunungan muda membentuk dua simpul, yaitu simpul Armenia di barat daya Asia dan simpul Pamir di bagian selatan Asia.

Di simpul Armenia tersebar menjadi beberapa rangkaian pegunungan, seperti Pontic, Taurus, Elburz, dan Zagros. Sedangkan di simpul Pamir, terdapat pegunungan Hindustan, Kaukasus, Sulaiman, Himalaya, Karakoram, Kunlun, dan Tien Shan.

Bukan hanya itu, di antara rangkaian pengungan muda tersebut, terdapat beberapa plato, ledok, dan gurun yang dibatasi oleh pengunungan dengan rincian sebagai berikut.

  • Plato Turki, dipagari Pegunungan Pontic dan Taurus.
  • Plato Iran, dipagari Pegunungan Zagros, Sulaiman, dan Elburz.
  • Plato Tibet, dipagari Pegunungan Himalaya dan Kunlun.
  • Ledok Tarim, dipagari Pegunungan Altyn Tagh dan Tien Shan.
  • Gurun Gobi, dipagari Pegunungan Nan Shan, Tien Shan, dan Altai.

Sekadar informasi, plato adalah dataran tinggi yang luas dengan lembah dan bukit di sana sini akibat pengikisan. Sementara ledok adalah daerah cekungan atau lembah.

BACA JUGA: Contoh Negara di Kawasan Benua Afrika Beserta Ibu Kotanya

3. Plato-plato tua

IDN Times

Bentang alam yang terdapat di benua Asia selanjutnya yaitu terdiri dari plato-plato tua yang merupakan batuan kristalin tua dan keras seperti granit. Daerah plato-plato tua tersebut mencakup beberapa wilayah, yaitu:

  • Plato Arabia yang memiliki lereng curam ke arah laut Merah, serta melandai ke arah timur sampai berakhir di lembah Sungai Tigris.
  • Plato Dekan terdapat di Semenanjung India. Lerengnya yang curam ke arah barat, sehingga membentuk pegunungan barat.
  • Plato Yunan membentang mulai dari Shan States di Myanmar menuju ke arah timur (Vietnam) dan selatan (Malaysia).

4. Lembah dan sungai besar

bentang alam di benua asia
Republika

Benua Asia juga didominasi oleh lembah dan sungai besar di mana daerah tersebut diisi oleh sebagian besar batuan dan tanah alluvial yang relatif subur. Wilayah tersebut meliputi:

  • Dataran rendah Mesopotamia di lembah sungai Tigris dan Euphrat.
  • Dataran rendah Hindustan di lembah sungai Indus, Gangga, dan Brahmaputra.
  • Lembah sungai Irawadi.
  • Lembah sungai Yangtze.
  • Lembah sungai Mekhong dan sebelah sungai Hoang Ho.

Nah, itulah penjelasan untuk menjawab pertanyaan terkait bagaimana bentang alam di Benua Asia. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur memahami bagaimana kondisi alam dan geografi Benua Asia yang merupakan benua tempat Indonesia berada.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.