Asy Syams surat ke-91 di dalam Al-Quran terdiri dari 15 ayat dan masuk dalam surat Makkiyah, yaitu surat yang turun di kota Mekkah. Ketika shalat berjamaah atau shalat sendiri, surat ini kerap kali jadi pilihan untuk dibacakannya.

Dalam arti dan pengertian  Asy Syams latin, surat ini dibuka engan sumpah Allah SWT terkait fenomena-fenomena astronomi, seperti matahari, bulan, siang, malam, langit, dan bumi. Setelah itu, pada ayat 7-11 fokus pembahasan adalah jiwa manusia yang senantiasa perlu disucikan dari kepekatan atau kejatahan.

BACA JUGA: Arti dan Makna Alif Lam Mim Dalam Pembuka Surat Al Quran

Bacaan surat lengkap

asy syam
iStock

Bagaimana bacaan surat asy syams ayat 1-10 secara lengkap? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini:

Ayat 1

وَالشَّمْسِ وَضُحٰىهَاۖ – ١

wasy-syamsi wa ḍuḥāhā 

Ayat 2

وَالْقَمَرِ اِذَا تَلٰىهَاۖ – ٢

wal-qamari iżā talāhā

Ayat 3

وَالنَّهَارِ اِذَا جَلّٰىهَاۖ – ٣

wan-nahāri iżā jallāhā

Ayat 4

وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىهَاۖ – ٤

wal-laili iżā yagsyāhā

Ayat 5

وَالسَّمَاۤءِ وَمَا بَنٰىهَاۖ – ٥

was-samā`i wa mā banāhā

Ayat 6

وَالْاَرْضِ وَمَا طَحٰىهَاۖ – ٦

wal-arḍi wa mā ṭaḥāhā

Ayat 7

وَنَفْسٍ وَّمَا سَوّٰىهَاۖ – ٧

wa nafsiw wa mā sawwāhā

Ayat 8

فَاَلْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَتَقْوٰىهَاۖ – ٨

fa al-hamahā fujụrahā wa taqwāhā

Ayat 9

قَدْ اَفْلَحَ مَنْ زَكّٰىهَاۖ – ٩

qad aflaḥa man zakkāhā

Ayat 10

وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسّٰىهَاۗ – ١٠

wa qad khāba man dassāhā

Ayat 11

كَذَّبَتْ ثَمُوْدُ بِطَغْوٰىهَآ ۖ – ١١

kadżdżabaṡ ṡamụdu biṭagwāhā

Ayat 12

اِذِ انْۢبَعَثَ اَشْقٰىهَاۖ – ١٢

idżimba’aṡa asyqāhā

Ayat 13

فَقَالَ لَهُمْ رَسُوْلُ اللّٰهِ نَاقَةَ اللّٰهِ وَسُقْيٰهَاۗ – ١٣

fa qāla lahum rasụlullāhi nāqatallāhi wa suqyāhā

Ayat 14

فَكَذَّبُوْهُ فَعَقَرُوْهَاۖ فَدَمْدَمَ عَلَيْهِمْ رَبُّهُمْ بِذَنْۢبِهِمْ فَسَوّٰىهَاۖ – ١٤

fa każżabụhu fa ‘aqarụhā fa damdama ‘alaihim rabbuhum biżambihim fa sawwāhā

Ayat 15

وَلَا يَخَافُ عُقْبٰهَا ࣖ – ١٥

wa lā yakhāfu ‘uqbāhā

Terjemanah dan Asy Syams artinya

iStock

Setelah Sedulur membaca suratnya secara lengkap di atas, berikut ini adalah terjemahannya:

Demi matahari dan sinarnya pada pagi hari, demi bulan apabila mengiringinya, demi siang apabila menampakkannya, demi malam apabila menutupinya (gelap gulita), demi langit serta pembinaannya (yang menakjubkan), demi bumi serta penghamparannya, demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)nya, maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya, sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu), dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.

(Kaum) samud telah mendustakan (rasulnya) karena mereka melampaui batas (zalim), ketika bangkit orang yang paling celaka di antara mereka, lalu Rasul Allah (Saleh) berkata kepada mereka, “(Biarkanlah) unta betina dari Allah ini dengan minumannya.” Namun mereka mendustakannya dan menyembelihnya, karena itu Tuhan membinasakan mereka karena dosanya, lalu diratakan-Nya (dengan tanah), dan Dia tidak takut terhadap akibatnya.

BACA JUGA: Arti Lauhul Mahfudz dan Sifatnya yang Disebut Dalam Al Quran

Keutamaan surat Asy Syams arab

iStock

Surat Asy Syams dan surat Adh Dhuha merupakan surat yang biasa dibaca saat melaksanakan shalat sunat Dhuha. Dilansir dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim, sabda Rasulullah SAW terkait keutamaan surat ini yaitu:

Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim).

Pahala dari Al-Quran yaitu dapat menolong setiap umat muslim di hari kiamat. Maka dari itu, sebaik-baiknya penolong di alam kubur dan ketika hari kiamat bagi umat muslim, adalah amalan membaca Al-Quran itu sendiri.

 

Nah Sedulur, itulah penjelasan terkait Surat Asy Syams berapa ayat dan sekaligus terjemahan serta keutamaannya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk mengamalkan surat dan salah satu bacaan Al-Quran ini ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.